Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign UIDesigning User Interface Website Lebih Mudah Dengan Halfmoon

Designing User Interface Website Lebih Mudah Dengan Halfmoon

-

Ada banyak sekali framework CSS yang banyak digunakan untuk designing user interface. Beberapa contoh framework CSS yang terkenal adalah Bootstrap, Tailwind CSS, atau Bulma CSS. Meskipun sebagian besar pustaka dan kerangka kerja UI hadir dengan beberapa gaya dan komponen yang telah ditentukan sebelumnya, beberapa di antaranya kurang dalam hal penyesuaian.

Hal ini biasanya disebabkan oleh framework yang memaksakan style, keputusan desain, dan pola pada developer. Kustomisasi dinamis penting jika Anda ingin dapat dengan cepat mendefinisikan ulang gaya, keputusan desain, dan pola yang disediakan secara default.

Salah satu UI framework CSS terbaik yang digunakan untuk berbagai penyesuaian ketika designing user interface adalah Halfmoon.  Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan Anda pada Halfmoon dan apa saja fitur-fitur yang tersedia pada Halfmoon. Ini dia penjelasannya.

Baca juga : 10 Graphic Design App untuk Membuat UI/UX Design Dengan Mudah

Apa itu Halfmoon?

designing-user-interface-2

Halfmoon adalah front end framework untuk designing user interface website. Di antara fitur-fiturnya, salah satu fitur yang paling menarik adalah fitur dark mode bawaan. Fitur ini memungkinkan Anda membuat tema yang dapat dialihkan dari mode gelap ke terang dengan mudah. Framework ini menyediakan setiap elemen dengan serangkaian gaya yang berbeda dalam mode gelap.

Halfmoon hadir dengan banyak komponen mobile-first, responsif, yang memiliki kit UI Framework yang pasti seperti Bootstrap. Namun, itu dapat dengan mudah dikustomisasi karena kerangka kerja dibangun seluruhnya menggunakan variabel CSS (juga dikenal sebagai properti kustom CSS).

Ada hampir 1.500 variabel CSS yang menyediakan fitur kustomisasi di Halfmoon. Hal ini berarti hampir seluruh komponen dalam user interface Halfmoon dapat dikustomisasi hanya dengan mengganti properti di file CSS. Ini pun membuatnya sangat mudah untuk mengubah tema Halfmoon untuk situs web atau produk Anda.

Fitur dark mode diterapkan ke setiap elemen turunan saat atribut kelas dari elemen induk berisi nama kelas .darkmode. Halfmoon mengimplementasikan dan menyediakan interface toggleDarkMode untuk designing user interface pada objek Halfmoon untuk memicu transisi dari mode terang ke dark mode.

Fungsi bawaan ini, halfmoon.toggleDarkMode(), memfasilitasi alur kerja yang bersih dan sederhana untuk menambahkan kelas .dark-mode ke elemen induk dari front end framework ini.

Halfmoon dapat digunakan untuk membuat hampir semua jenis situs web. Selain fitur mode gelap, Halfmoon juga menyediakan komponen standar tinggi yang tajam dan dapat digunakan kembali di berbagai panel admin, dasbor, navbar, dan dropdown. Yang terbaik dari semuanya, komponen ini dapat disesuaikan.

Artikel Terkait  Hati-Hati Merugi! Inilah Kesalahan Desain Olshop yang Sering Anda Tidak Sadari

Apa Saja Fitur-Fitur Halfmoon untuk Designing User Interface?

Halfmoon memiliki beragam fitur yang sangat berguna untuk designing user interface. Lihat penjelasan tentang fitur-fitur Halfmoon berikut ini.

1. Dapat disesuaikan sepenuhnya menggunakan variabel CSS

Halfmoon dibangun sepenuhnya menggunakan variabel CSS (juga dikenal sebagai properti khusus CSS). Ada hampir 1.500 variabel CSS, yang berarti bahwa hampir semuanya dapat dikustomisasi dengan mengganti properti, membuatnya sangat mudah untuk membuat tema Halfmoon agar sesuai dengan merek Anda.

2. Bagus untuk membuat dasbor serta tools

UI Framework Halfmoon dapat digunakan untuk membuat sebagian besar jenis situs web. Namun, itu benar-benar bersinar dalam hal membangun dasbor dan alat lainnya (seperti panel admin). Ini berkat fitur berikut:

  • Tampilan dan nuansa yang sangat standar untuk komponen. Semuanya dirancang untuk menjadi tajam dan sangat bermanfaat.
  • Dark mode bawaan yang disebutkan di atas. Setidaknya setengah dari pengguna sekarang mengharapkan dasbor dan alat mereka memiliki dark mood karena lebih nyaman, dan Halfmoon menyediakan ini secara default.
  • Kemampuan penyesuaian yang besar berkat variabel CSS (seperti yang dijelaskan di atas).
  • Ketersediaan berbagai jenis navbars, lima jenis sidebars, dropdown omnidirectional, toasts, banyak utilitas, dan lain sebagainya. Semua hal ini sangat berguna dalam hal membangun alat di web.
  • Pintasan bawaan yang digunakan untuk beralih mode gelap, dan untuk beralih dari side bar

Selain itu, Anda juga akan menemukan bahwa sebagian besar contoh dalam dokumen ditujukan untuk dasbor dan alat. Misalnya, lihat contoh ini (terbuka di tab baru) di bagian sistem kisi dokumen. Dengan semua yang dikatakan, perlu diulangi bahwa Halfmoon pasti dapat digunakan untuk membangun jenis situs web lain juga.

3. Optional JavaScript Library

Banyak komponen yang ditemukan di Halfmoon dibuat untuk bekerja tanpa JavaScript, termasuk hal-hal seperti modals dan tooltips. Namun, Halfmoon hadir dengan perpustakaan JS yang kuat yang mengimplementasikan semua fungsi yang diperlukan dalam satu file kecil untuk designing user interface.

Hal ini juga mencakup hal-hal seperti pintasan keyboard yang disebutkan di atas — + untuk mengaktifkan mode gelap, dan + untuk mengaktifkan bilah sisi. Harap dicatat, pintasan tidak mengganggu input, dan dimatikan secara default.

Lihat pustaka JavaScript inti (terbuka di tab baru) untuk detailnya. Anda juga dapat mengunduhnya (bersama dengan semua hal lainnya) dari halaman unduhan (terbuka di tab baru). Selain itu, tidak ada ketergantungan pada jQuery, dan semuanya murni, JavaScript vanilla.

4. Kelas yang seperti Bootstrap

Halfmoon dirancang untuk memiliki kelas yang sangat mirip dengan yang ditemukan di Bootstrap, yang sejauh ini merupakan CSS UI Framework paling populer di dunia. Ini karena sebagian besar desainer sudah akrab dengan nama kelas tersebut, dan karena itu dapat langsung terjun ke Halfmoon.

Sebagian besar komponen yang umum digunakan, seperti tombol, tabel, input, dropdown, peringatan, modals, pagination, breadcrumb, lencana, dan lain-lain yang sepenuhnya serupa (dalam hal nama dan struktur kelas).

5. Kompatibilitas dengan lintas-browser

Halfmoon kompatibel dengan hampir semua browser yang tersedia, termasuk beberapa browser lama yang masih digunakan. Beberapa contohnya:

  • Google Chrome
  • Safari
  • Mozilla Firefox
  • Microsoft Edge (termasuk versi lama yang sudah dikemas sebelumnya dengan beberapa mesin)
  • Internet Explorer 11 (hampir sepenuhnya didukung)

dan banyak lagi. Seperti disebutkan di atas, Halfmoon memiliki kompatibilitas yang hampir penuh dengan IE11. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang ini di bagian dukungan Internet Explorer (terbuka di tab baru) dari dokumen.

Artikel Terkait  Panduan Lengkap Teknik Desain Aplikasi Mobile

6. Ringkas dan berkinerja

Inti dari Halfmoon front end framework adalah satu file CSS, dan satu file JavaScript (tanpa ketergantungan). Kurangnya bloat, dan penggunaan teknologi browser asli (CSS lama biasa dan vanilla JS) menghasilkan pemuatan halaman yang cepat dan kinerja yang baik secara keseluruhan. Semuanya dirancang agar terasa tajam dan responsif.

Download Halfmoon

Jika Anda tertarik untuk designing user interface dengan Halfmoon, sekarang Anda bisa download Halfmoon di https://www.gethalfmoon.com/docs/download/. Di sana telah tersedia berbagai pilihan penggunaan Halfmoon.

Dokumentasi download dan instalasi juga telah tersedia di sana. Anda pun tidak akan merasa kebingungan saat menginstal Halfmoon di perangkat Anda.

Itulah penjelasan tentang Halfmoon, UI Framework untuk designing user interface yang dapat disesuaikan. Jika Anda tertarik untuk tahu lebih banyak tentang tips dan trik dalam designing user interface, jangan lupa kunjungi Web App di https://appkey.id/ dan dapatkan berbagai informasi terbaru seputar pengembangan web, aplikasi, serta berbagai desain user interface-nya. Yuk kunjungi sekarang!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya