Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi GamePanduan Membuat Game Android Terbaik Beserta Tipsnya

Panduan Membuat Game Android Terbaik Beserta Tipsnya

-

Berdasarkan data dari Statcounter GlobalStats, jumlah pengguna Android mencapai 90.66% dari 345,3 juta smartphone yang digunakan di Indonesia. Angka ini menunjukkan, populasi pengguna Android di Indonesia sangatlah tinggi.

Tingginya jumlah pengguna Android ini dibarengi dengan tingginya minat terhadap game Android. Anda mungkin salah satu orang yang ingin menciptakan game android terbaik untuk para pengguna Android di Indonesia.

Tidak hanya di Indonesia, secara global industri game berkembang sangat pesat di dunia dan telah mengungguli industri film saat ini.  Pada tahun 2020, industri game gabungan bernilai $ 162,32 dolar. Angka ini pun diperkirakan akan tumbuh menjadi $295,63 miliar pada tahun 2026. Sementara itu untuk mobile game diperkirakan telah mencapai sekitar 46% dari total pangsa pasar.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang panduan cara membuat game Android terbaik untuk Anda para game developer pemula. Inilah panduan membuat Game Android untuk Anda.

Panduan Membuat Game Android Terbaik

Pengembangan game android adalah pekerjaan impian bagi banyak orang dan hobi menciptakan suatu hal yang mengasyikan. Anda mungkin salah satu orang tersebut! Inilah panduan membuat game Android terbaik untuk para pemula.

Dalam membangun sebuah game android terbaik, ada audiens, alat dan pustaka, game engine, optimisasi dan praktik, serta layanan dan distribusi. Ini dia masing-masing penjelasannya.

1. Audiens

Sebelum mengembangkan sebuah game, Anda harus memahami audiens atau target pasar dari game yang akan Anda buat. Tanpa mengetahui siapa target audiens, game Anda akan sulit dikenal serta sulit untuk memasarkannya.

2. Tools dan Library

Bagian alat dan pustaka berisi produk dan fitur pengembangan game Android, seperti berikut ini:

  • Android Game Development Kit: Kumpulan inti alat dan pustaka pengembangan game Android, yang mencakup integrasi game C/C++, penyetelan performa, audio performa tinggi, dan fitur tambahan untuk menggunakan atau menyesuaikan mesin game.
  • Android Game Development Extension (AGDE): Ekstensi Visual Studio yang memungkinkan Anda mengembangkan game di Visual Studio yang menyertakan Android sebagai platform target.
  • Android GPU Inspector (AGI): Alat profil grafis dan sistem canggih yang menyediakan penelusuran dan analisis ekstensif setiap frame.

3. Gunakan Game Engine

Game Android Terbaik yang ada saat ini dibuat dengan game engine. Beberapa game engine telah mengintegrasikan komponen AGDK, sehingga Anda dapat membuat game Android tanpa memodifikasi mesin game.

Untuk informasi tentang menggunakan game engine yang menyertakan kemampuan pengembangan Android ini, lihat menggunakan mesin permainan yang tidak dimodifikasi. Anda juga dapat menggunakan AGDK untuk mengembangkan atau menyesuaikan sendiri mesin game. Lihat mengembangkan atau menyesuaikan mesin game untuk informasi lebih lanjut.

4. Pengoptimalan dan Latihan

Setelah membuat game android Anda sendiri, perlu dilakukan pengoptimalan dan praktik terbaik yang menjelaskan cara melakukan tugas pengoptimalan dan menggunakan praktik terbaik yang memprioritaskan karakteristik, seperti kinerja, masa pakai baterai, atau ruang penyimpanan sambil menargetkan rentang terluas perangkat Android dan jenis layar.

Beberapa pengoptimalan dan praktik terbaik adalah:

  • Mode permainan yang menargetkan peningkatan kinerja atau masa pakai baterai
  • Pengoptimalan Vulkan dan OpenGL ES
  • Praktik terbaik Android NDK
  • Sistem, GPU, dan profil bingkai GPU
  • Penyesuaian kinerja
  • Pengoptimalan aset 3D

Artikel Terkait  Bebas Main Game Berjam-Jam dengan Emulator Android Ringan Ini

5. Layanan Game dan Distribusi

Bagian distribusi dengan Google Play menjelaskan cara menambahkan layanan lintas platform ke game Anda dan kemudian mendistribusikannya di Google Play Store. Beberapa fiturnya antara lain sebagai berikut:

  • Pemutaran dan distribusi lintas perangkat ke Android, Windows, dan Chrome OS
  • Game yang disimpan di cloud
  • Perlindungan integritas untuk berbagai platform
  • Pratinjau game tanpa instalasi
  • Gameplay selama unduhan game
  • Pembaruan dalam aplikasi
  • Penagihan, pembelian dalam aplikasi, dan langganan
  • Ulasan pengguna dan keterlibatan sosial

Tips Membuat Game Android Terbaik Sendiri

Setelah mengetahui panduan cara membuat game Android sendiri, sekarang kami akan memberikan Anda sejumlah tips jika ingin membuat game Android terbaik.

Pengembangan game berbasis Android bisa dikatakan cukup mudah dengan pangsa pasar yang sangat luas. Mengembangkan game android bisa memberikan Anda berbagai keuntungan yang besar. Jika Anda ingin mengembangkan game sendiri. Ini dia tipsnya untuk Anda.

1. Pikirkan daya tarik unik game Anda

Cobalah pikirkan, apa yang istimewa dari permainan Anda? Apa sih yang membuat game buatan Anda menjadi salah satu game yang unik dan beda dari yang lain? Mengembangkan permainan yang unik lebih penting dari apapun.

Jika aplikasi game Anda gagal memberikan pengalaman out-of-the-box, pengunjung Anda akan meninggalkannya dalam waktu singkat. Hal ini pun akan semakin dipersulit dengan banyaknya pesaing lainnya. Oleh karena itu, cobalah untuk mempertimbangkan berbagai daya tarik serta hal unik dari game Anda.

2. Mempersingkat waktu tunggu (loading)

60% dari gamer yang rajin harus menghabiskan waktu mereka menunggu game mereka dimuat. Sebagai pengembang, Anda bertanggung jawab untuk mempersingkat waktu tunggu atau loading ini sehingga membuat pengguna tetap terhubung ke aplikasi game Anda.

3. Merumuskan strategi monetisasi

Karena Anda mendedikasikan banyak upaya, banyak waktu, dan investasi untuk membuat game, sangat penting untuk mengetahui tip monetisasi yang kuat.

Buat rencana yang tepat dan pastikan Anda menerapkan strategi yang tepat. Bahkan jika Anda sedang mengerjakan model freemium, fitur pembelian dalam aplikasi akan efektif untuk menghasilkan uang dari game Anda.

4. Tekankan pada branding

Saat membuat aplikasi game, fokuslah untuk mengembangkannya sebagai merek dan bukan hanya game sederhana. Hal itu akan menarik calon pengguna dan gamer yang tertarik, sehingga mempopulerkan aplikasi game Anda di seluruh pasar.

Buatlah model branding dan marketing yang kuat untuk game Anda, maka banyak orang akan berbondong-bondong mendownloadnya. Sesuaikan juga game ini dengan target pasar Anda.

5. Masalah perkembangan keseimbangan

Saat menggunakan model freemium, sebagian besar gamer gagal mendapatkan pengalaman bermain game yang menyenangkan. Oleh karena itu, fitur berbayar bisa menjadi solusi untuk pengalaman bermain yang lebih baik.

Namun, jika ingin menyediakan versi berbayar, Anda harus pastikan mereka mendapatkan pengalaman yang diinginkan saat beralih dari model freemium ke versi berbayar

Artikel Terkait  MMORPG Adalah : Bagaimana Game “Among Us” Bekerja?

6. Pilih komunitas game

Jika ingin membuat game Android terbaik, Anda harus mengembangkan aplikasi game Anda tersebut dan bekerja dalam komunitas. Ini adalah kunci untuk memahami preferensi pengguna sehingga menciptakan strategi akuisisi pelanggan yang tepat.

Ulasan dan masukan pengguna akan memberi Anda peluang yang lebih baik untuk meningkatkan fungsionalitas aplikasi Anda. Membangun komunitas yang kuat, akan memberikan basis pengguna yang kuat juga.

Itulah panduan cara membuat game Android terbaik serta tipsnya. Jika Anda ingin mendapatkan informasi terbaru lainnya seputar pengembangan game, jangan lupa kunjungi Web App di https://appkey.id/ dan dapatkan berbagai informasi terbaru seputar pengembangan game, website, serta aplikasi.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya