Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi GameSejarah Game: Ternyata Game Pertama di Dunia Bukan Snake

Sejarah Game: Ternyata Game Pertama di Dunia Bukan Snake

-

Last Updated on February 5, 2024 by APPKEY-YOGI

Bermain game merupakan salah satu cara efektif untuk menghibur diri ditengah-tengah penatnya kehidupan. Dari game era dahulu yang sangat sederhana sampai game kompleks yang kita kenal saat ini. Kalau era dulu, sekitar era tahun 90-an hingga 2000-an, kalian pasti tidak asing dengan “snake”. Yang mana merupakan permainan jadul dimana kita harus mengarahkan ular “snake” ke arah “makanannya”.

Semakin banyak snake memakan “makanannya”, badan ular tersebut semakin panjang.  Namun agar kita tidak kalah, kita harus bisa menghindari kepala ular menyentuh badan ular. Lantas, apakah “snake” merupakan game pertama yang tercipta di dunia? Yuk kita simak kisah sejarahnya dibawah ini!

game, snake

Awal Mula: Tahun 1950-an hingga 1970-an

Sejarahnya berawal dari eksperimen sederhana di era komputer awal. Awal mula perjalanan menarik ini dimulai ketika William Higinbotham menciptakan “Tennis for Two” pada tahun 1958. Meski primitif menurut standar modern, namun merupakan langkah awal revolusioner.

Dirancang untuk oscilloscope, “Tennis for Two” memungkinkan dua pemain untuk mengontrol bar vertikal di layar untuk memantulkan bola. Mirip dengan tenis meja. Ini menandai salah satu peristiwa pertama untuk menggunakan teknologi elektronik sebagai hiburan interaktif.

Pada tahun 62-an, seorang programmer di Massachusetts Institute of Technology (MIT) bernama Steve Russell, menciptakan “Spacewar!”. Permainan ini dijalankan pada komputer PDP-1, menampilkan dua pesawat ruang angkasa yang berduel di antara gravitasi bintang. “Spacewar!” secara luas diakui sebagai game komputer pertama yang sebenarnya karena memberikan pengaruh signifikan pada pengembangan permainan elektronik berikutnya.

Era permainan video mulai benar-benar bergulir pada tahun 1972 ketika Nolan Bushnell dan Ted Dabney mendirikan Atari. Mereka merilis “Pong”, yaitu sebuah permainan elektronik yang meniru tenis meja. Sederhana dalam konsepnya, “Pong” memiliki dua bar vertikal yang mengontrol paddle untuk memantulkan bola bolak-balik di layar.

Artikel Terkait  Alat Pengembangan Game Seluler Terbaik yang Harus Anda Ketahui

Era Konsol dan Permainan Arcade: Tahun 1980-an

Era 1980-an dikenal sebagai masa keemasan permainan arcade dan awal munculnya konsol rumahan. Pada dekade ini, arcade menjadi pusat hiburan populer dengan permainan seperti “Pac-Man”, “Donkey Kong” dan “Space Invaders” tidak hanya mendominasi ruang-ruang arcade, tetapi juga meresap ke dalam budaya populer secara luas. “Pac-Man,” yang diluncurkan pada tahun 1980 oleh Namco yang menjadi sensasi global dengan karakter utamanya yang ikonik. Permainan ini menawarkan gameplay yang adiktif dan menarik berbagai demografi sehingga menjadikannya salah satu game paling berpengaruh sepanjang masa.

“Space Invaders,” dirilis oleh Taito pada tahun 1978, mencapai puncak popularitasnya di tahun 1980-an. Dengan invasi alien yang harus dihentikan oleh pemain, permainan ini menjadi salah satu shooter terawal dan paling berpengaruh serta meletakkan dasar bagi banyak game yang akan datang.

Di sisi lain konsol rumahan mulai tumbuh dengan Nintendo Entertainment System (NES) yang dirilis pada tahun 1985 di Amerika Utara sebagai permulaannya. NES menghidupkan kembali industri video gaming rumahan yang sempat mengalami kemunduran. Game seperti “Super Mario Bros” dan “The Legend of Zelda” menjadi sangat populer karena tidak hanya karena gameplay yang inovatif tetapi juga karena cerita dan karakter yang menyenangkan.

“Super Mario Bros”, salah satu game paling terkenal sepanjang masa, menjadi tolok ukur yang menetapkan standar untuk game platform.”The Legend of Zelda” memperkenalkan elemen petualangan dan eksplorasi yang lebih luas serta memberikan pengalaman bermain yang lebih kaya dan kompleks.

Era 16-Bit dan Perang Konsol: Tahun 1990-an

Pertengahan tahun 1990-an ditandai dengan “perang konsol” antara Sega dan Nintendo. Sega Mega Drive/Genesis dan Super Nintendo Entertainment System (SNES) bersaing ketat. Era ini kita juga melihat kemunculan Sony PlayStation dan Nintendo 64 yang mengintroduksi grafis 3D. Permainan seperti “Sonic the Hedgehog” dan “Street Fighter II” menjadi sangat populer, sementara “Final Fantasy VII” membantu mempopulerkan genre RPG di Barat.

Artikel Terkait  Game Google: Dapat Dimainkan Gratis Saat Bosan Browsing

Revolusi 3D dan Online Gaming: Akhir 1990-an hingga 2000-an

Akhir 1990-an hingga 2000-an menandai era signifikan dalam sejarah video game, di mana terjadi revolusi grafis 3D dan munculnya online gaming. Konsol seperti Sony PlayStation, PlayStation 2, Microsoft Xbox dan Nintendo GameCube membawa inovasi yang mengubah wajah industri game.

PlayStation Sony memperkenalkan grafis 3D yang realistis, merombak cara game dirancang dan dinikmati. Judul seperti “Final Fantasy VII” dan “Metal Gear Solid” membawa narasi yang kaya dan mendalam serta mengubah persepsi terhadap potensi naratif dalam video game. PlayStation 2 melanjutkan kesuksesan ini dengan judul seperti “Grand Theft Auto: San Andreas” yang menawarkan dunia terbuka luas dan mengesankan, menggabungkan cerita yang mendalam dengan kebebasan eksplorasi.

Microsoft memasuki arena dengan Xbox pada tahun 2001, memperkenalkan “Halo: Combat Evolved.” Permainan ini tidak hanya memukau dengan grafisnya, tetapi juga dengan gameplay dan cerita yang menarik. Ini mendorong popularitas Xbox Live, layanan online yang memungkinkan multiplayer global berkomunikasi antar pemain, yang menjadi dasar untuk gaming online modern.

Nintendo GameCube meskipun kurang fokus pada grafis realistis, game tersebut tetap berinovasi dengan judul seperti “The Legend of Zelda: The Wind Waker” yang menawarkan pendekatan unik dalam grafis 3D dan gameplay inovatif.

Sementara itu, di ranah PC, online gaming meledak dengan kepopuleran melalui MMO seperti “World of Warcraft” yang diluncurkan pada tahun 2004. Permainan ini menciptakan dunia virtual yang mendetail dan komunitas online yang kuat serta menciptakan interaksi yang intens dalam video game.

game, snake

Era Modern: 2010-an hingga Sekarang

Era modern ditandai dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, seperti grafis hiper-realistis dan realitas virtual. Konsol seperti PlayStation 4 dan 5, Xbox One dan Series X/S serta Nintendo Switch menawarkan pengalaman yang lebih imersif dan beragam.

Gaming indie juga mulai berkembang dengan judul seperti “Minecraft” dan “Among Us” yang beberapa waktu lalu mencapai popularitas global. Selain itu, fenomena esports tumbuh secara eksponensial dengan turnamen profesional yang menarik jutaan penonton.

Artikel Terkait  Unreal Engine 5 : Apa yang Baru dari Engine Generasi Kelima?

Kesimpulan

Dalam beberapa dekade, industri video game telah bertransformasi dari hobi sederhana menjadi salah satu bentuk hiburan paling populer dan inovatif. Mulai dari “Tennis for Two” pada tahun 58-an yang membuka gerbang bagi hiburan interaktif, sampai munculnya “Spacewar!” pada 1962 sebagai game komputer pertama. Era 1970-an diwarnai oleh peluncuran “Pong,” yang memulai era permainan arcade dan konsol rumahan.

Tahun 1980-an, dikenal sebagai masa keemasan arcade, melahirkan judul-judul ikonik seperti “Pac-Man” dan “Donkey Kong,” serta perkenalan Nintendo Entertainment System yang menghidupkan kembali industri gaming rumahan. Pada tahun 1990-an, “perang konsol” antara Sega dan Nintendo serta kemunculan Sony PlayStation dan Nintendo 64 menandai awal dari era grafis 3D.

Periode akhir 1990-an hingga 2000-an ditandai dengan revolusi grafis 3D dan berkembangnya online gaming dipimpin oleh konsol seperti Sony PlayStation 2 dan Microsoft Xbox. Era ini juga menyaksikan popularitas “World of Warcraft” yang mengubah wajah gaming online.

Di era modern, kita dapat mengetahui kemajuan teknologi seperti grafis hiper-realistis dan realitas virtual, selain itu di era ini juga menandai pertumbuhan permainan indie dan fenomena esports.

Setelah kita lihat penjelasan diatas, sekarang jadi tahu ‘kan, kalau game pertama di dunia bukan snake pada handphone nokia jadul. Ada yang masih ingat dengan permainan snake? apakah ada diantara kalian yang sudah pernah memenangkan permainan snake? atau sudah pernah memainkan game-game yang disebutkan diatas?

Ikuti WEBAPP untuk mendapatkan update artikel terbaru dan menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga website! Klik https://appkey.id/ agar tetap update dan tak ketinggalan info menarik dan artikel terbaru terkait teknologi serta pengembangan aplikasi setiap harinya! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya