Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi GameMengenal Amazon Lumberyard, Game Engine yang Bisa Dikustomisasi

Mengenal Amazon Lumberyard, Game Engine yang Bisa Dikustomisasi

-

Anda ingin menjadi seorang game developer dan ingin menggunakan game engine yang bisa dikustomisasi? Pertimbangkan untuk menggunakan engine dari Amazon ini, Amazon Lumberyard. Amazon Lumberyard adalah engine untuk game yang lintas platform freeware yang sekarang telah digantikan yang dikembangkan oleh Amazon dan berdasarkan CryEngine.

Apa itu CryEngine? Pada penjelasan ini kami tidak hanya membahas tentang Lumberyard dari Amazon tetapi juga CryEngine yang menjadi dasar pembuatan Lumberyard. Inilah penjelasan lengkap tentang Lumberyard.

Amazon Lumberyard : Game Engine yang Bisa Dikustomisasi dari Amazon

amazon-lumberyard..

Amazon Lumberyard adalah game engine 3D, lintas platform sehingga dapat dipakai PlayStation 4, Xbox One, Windows, Linux, iOS, dan Android secara gratis. Dalam game engine ini, Amazon menyertakan editor, serta fitur-fitur canggih seperti editor Script Canvas, editor Animasi, Mode pratinjau VR, asset processor, Real-Time Gameplay Editing, Fur Shader, Modular Gems dan banyak lagi.

Selain itu, game engine Lumberyard terhubung ke cloud publik AWS, di mana cloud ini bagus untuk bermain online dan terintegrasi secara native dengan Switch untuk interaksi dalam game. Lumberyard dikenal juga karena dukungannya untuk game multipemain. Selain itu, ia memberikan dukungan asli yang baik untuk C++.

Lumberyard diluncurkan pada 9 Februari 2016 dan diaktifkan pada 14 Maret di tahun tersebut. Teknologinya didasarkan pada CryEngine, namun, Amazon meningkatkan banyak fitur CryEngine dan menambahkan yang lain, termasuk kode jaringan Double Helix. Pada tahun 2019, mereka telah merilis pembaruan besar, meningkatkan arsitektur mesin, memberikan dukungan untuk NVIDIA’s PhysX 4.1, dan mengeluarkan Editor Animasi Emotion FX untuk memungkinkan pengguna membuat simulasi animasi dinamis.

Amazon Lumberyard dan CryEngine

Amazon Lumberyard adalah game engine yang dibuat berdasarkan CryEngine. Apa itu CryEngine? CryEngine adalah game engine multi-platform dan gratis. CryEngine banyak digunakan di berbagai platform seperti PlayStation 4, Xbox One, Windows, Oculus Rift, OSVR, PSVR, dan HTC Vive oleh pengembang game, Crytek.

CryEngine juga banyak digunakan oleh banyak judul Crytek dan game pihak ketiga, seperti Far Cry yang terkenal, Ghost Warrior 2, Crysis, Hunt: Showdown, dan SNOW. Mesin game CRYENGINE memiliki reputasi sangat sukses di game fotorealistik, atau dengan kata lain, visual yang bagus, dan game orang pertama terutama untuk game-game penembak. Selain itu, ini memberi penggunanya akses ke kode sumber dan banyak studio menggunakan akses itu untuk memodifikasi mesin sesuai kebutuhan mereka.

Tetapi sekarang Amazon Lumberyard sekarang berdiri kokoh di atas kakinya sendiri, setelah secara bertahap meninggalkan dari CryEngine. Sejak rilis awal, 70% dari basis kode asli telah dirombak, kata Amazon baru-baru ini. Mesin tersebut masih dalam versi beta dan iterasi terbaru, 1,26, dirilis pada Oktober 2020.

Integrasi asli Lumberyard dari Amazon Web Services dan Twitch adalah salah satu nilai jual unik dari game engine ini. Tetapi jika Anda masih ragu di antara keduanya, Anda dapat menuju ke panduan CryEngine kami untuk membaca penyegaran.

Tidak seperti CryEngine, Lumberyard tidak bergantung pada sistem royalty, karena ini adalah mesin gratis, termasuk kode sumbernya. Itu karena monetisasinya didorong oleh biaya Amazon Web Services, yang bervariasi tergantung pada alat yang dipilih pengembang untuk digunakan.

Pada Juli 2021, Amazon mengumumkan bahwa mesin tersebut akan menjadi open source, dengan nama Open 3D Engine (O3DE) di bawah lisensi Apache 2.0. Pratinjau untuk pengembang sudah tersedia di GitHub, dengan rilis penuh direncanakan untuk akhir 2021.

Kelebihan Amazon Lumberyard

1. Lumberyard sangat fleksibel

Lumberyard mampu menghasilkan game AAA dengan grafis 3D fidelitas tinggi, yang membuatnya cocok untuk proyek besar. Namun, kemampuan beradaptasi telah menjadi bagian dari DNA-nya, sehingga cocok untuk semua jenis proyek. Inilah yang membuat Amazon Lumberyard banyak dipakai di berbagai game-game besar.

2. Lumberyard unggul dalam permainan yang membutuhkan banyak layanan

Game engine dari Amazon ini menyediakan ekosistem yang kuat dari alat dan layanan online yang terintegrasi dengan mulus, menjadikannya pilihan yang baik untuk game cloud atau judul dengan komponen sosial.

Lumberyard hadir dengan Amazon Web Services out-of-the-box, pemimpin pasar layanan infrastruktur cloud, dan juga dapat memanfaatkan GameLift. Yang terakhir berjalan seiring dengan AWS, sebagai layanan untuk menerapkan, mengoperasikan, dan menskalakan server game khusus untuk game multipemain berbasis sesi. Dan kemudian, tentu saja, Twitch terintegrasi penuh di Lumberyard, sejak Amazon membeli perusahaan streaming langsung pada tahun 2014.

Artikel Terkait  Cara Membuat Game Multiplayer Android Sederhana Tanpa Ngoding

3. Lumberyard memiliki alat ramah pemula

Layaknya kebanyakan game engine lain, seperti Unreal with Blueprint atau Unity with Bolt, Lumberyard memiliki sistem skrip visual, yang disebut Script Canvas. Hal ini memungkinkan siapa pun untuk membuat prototipe atau memberikan logika permainan tanpa harus mempelajari bahasa skrip.

Lumberyard menggunakan teknologi Script Canvas yang merupakan skrip visual kuat untuk desainer game. Ini memungkinkan Anda untuk membuat dan mengulangi prototipe dengan sangat cepat, dan bahkan menyelesaikan mekanika game tanpa dukungan kode apa pun.

Ini menjadikan Lumberyard alat yang mudah digunakan dan sekali lagi menonjolkan modularitasnya. Melalui penyesuaian dan fleksibilitasnya, game engine ini memungkinkan pengembang untuk membuat prototipe secara efisien sambil juga menyediakan alat dan kerangka kerja untuk mengembangkan proyek dengan skala yang lebih tinggi.

4. Amazon Lumberyard dapat digunakan secara gratis

Salah satu keuntungan terbesar Lumberyard adalah harganya. Meskipun ada beberapa kendala seperti pengguna perlu membayar untuk menggunakan AWS, jika mereka membutuhkan layanannya. Tetapi jika Anda tidak membutuhkan komponen online, itu akan sepenuhnya gratis atau royalti, dan Anda bahkan tidak memerlukan akun AWS.

Tentu saja, integrasi AWS adalah salah satu daya tarik terbesar game engine ini, jadi jika Anda tidak sedang mengerjakan game online, Anda mungkin ingin melihat mesin lain.  Jika proyek Anda memerlukan Amazon Web Services, perusahaan memiliki Kalkulator Harga AWS untuk membuat perkiraan berdasarkan kebutuhan Anda. Biaya bervariasi dari waktu ke waktu dan tergantung pada lokasi.

5. Amazon Memberikan Dukungan yang Baik pada Lumberyard

Meskipun dimiliki oleh salah satu perusahaan terbesar di planet ini, Lumberyard tergolong masih kecil. Secara paradoks, itu menguntungkan pengguna dalam hal dukungan resmi karena Amazon memberikan dukungan yang baik kepada engine ini.

6. Upgrade Amazon Lumberyard mudah diterapkan

Integrasi versi Lumberyard yang lebih baru sangat mudah, yang merupakan keuntungan yang tidak dapat disangkal untuk mesin yang masih dalam versi beta dan mendapat pembaruan rutin. Arsitektur Lumberyard memungkinkan pengembang untuk memperluas mesin injeksi berat ke dalam kode itu sendiri.

Artikel Terkait  15 Software 3D Terbaik Untuk Para Animator Pemula

Kekurangan Amazon Lumberyard

1. Lumberyard tidak dimaksudkan untuk proyek sederhana

Sekarang Anda akan mengetahui bahwa Lumberyard adalah mesin yang besar dan kuat, cocok untuk menangani proyek-proyek besar dengan banyak komponen online. Apocalypse Games saat ini menggunakan Lumberyard untuk mengembangkan Deadhaus Sonata, RPG aksi multipemain co-op langsung dengan integrasi Twitch langsung.

Madworld dari Carbonated Games adalah pemain-lawan-pemain waktu-nyata yang memanfaatkan GameLift.

Frag Lab sedang mengerjakan FPS online gratis untuk dimainkan. Manis Bandit ‘Deceive Inc adalah permainan mata-mata multipemain. Semua studio ini telah dibuat oleh mantan staf AAA, dengan pengalaman seperti Activision Blizzard, Electronic Arts, dan Crytek. Jadi, jika proyek Anda adalah game indie 2D, Anda mungkin ingin mencari di tempat lain seperti GameMaker, Monogame, Construct, atau Godot.

2. Lumberyard tidak memiliki banyak sumber daya online

Karena basis penggunanya yang lebih kecil  dibandingkan dengan Unity atau Unreal, Lumberyard tidak memiliki banyak saluran tempat Anda dapat menemukan bantuan dan dokumentasi. Ketika Anda menemukan sumber daya, mereka mungkin menjadi usang dengan cukup cepat.

3. Amazon Lumberyard belum sepenuhnya matang

Lumberyard adalah game engine masih dalam versi beta, dan saat ini belum ada tanggal rilis versi terbaru yang pasti, yang berarti ada risiko yang melekat dengan mengadopsinya sebagai mesin pilihan Anda.

Itulah penjelasan tentang Amazon Lumberyard yang perlu Anda pahami sebelum Anda beralih untuk menggunakannya dalam proyek-proyek Anda. Jika tertarik untuk tahu informasi terbaru seputar teknologi game kunjungi selalu Web App di https://appkey.id/ atau download aplikasinya di Google Play Store secara gratis!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya