Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi Game Developer Aplikasi Game Berkualitas di Indonesia

Developer Aplikasi Game Berkualitas di Indonesia

-

Bermain game di smartphone menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh masyarakat saat sedang merasa bosan atau memiliki waktu luang. Apakah Anda juga demikian?

Salah satu fitur favorit masyarakat dari smartphone atau gadget adalah game. Terlebih saat pandemi virus di tahun 2020 di mana masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah, otomatis kita akan memiliki begitu banyak waktu luang, bukan? Bermain game di smartphone pun menjadi pilihan oleh banyak orang untuk mengusir kebosanan dan mengisi waktu luang kala berada di rumah saja.

Smartphone memang dibuat dan didesain dengan banyak fitur untuk membantu aktivitas keseharian penggunanya. Beragam aplikasi dapat Anda unduh dari toko aplikasi Google Play Store (untuk Android) atau Apple App Store (untuk iOS), mulai dari aplikasi untuk membantu belajar, bekerja, mengurusi gaya hidup, hingga game mobile.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan ragam jenis dan genre dari aplikasi game di smartphone juga berkembang. Semisal dulu, kita hanya mengenal permainan Tetris dan Snake klasik ala Nokia. Sekarang, kita mengenal permainan yang lebih canggih, menantang, hingga dapat dimainkan beramai-ramai semacam Pokemon Go, Icon Pop, Fruit Ninja, dan Mobile Legends. Bisnis game smartphone memang menjadi suatu hal yang tak pernah mati di pasaran, sekaligus selalu menjanjikan keuntungan dari tahun ke tahun. Mengapa bisa demikian?

Hal ini dikarenakan ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh sebuah perusahaan developer game. Keuntungan tersebut tentunya datang dari game yang mereka buat dan digunakan oleh masyarakat, seperti pembelian fitur-fitur dan item yang menjadi “kebutuhan premium” dalam permainan, pemasangan iklan dalam game, hingga game berbayar untuk menikmati versi premium-nya. Jadi, sangat masuk akal jika banyak perusahaan start-up di bidang game smartphone akhirnya bermunculan, baik di dalam ataupun luar negeri.

Sering kali, kita asyik memainkan game buatan luar negeri, seperti The Sims Mobile, Temple Run, Candy Crush, dan lainnya. Tetapi, tahukah Anda bahwa ada banyak sekali aplikasi game yang tak kalah menarik dan dibuat oleh developer lokal Indonesia?

Yuk simak artikel kali ini terkait para developer aplikasi permainan smartphone berkualitas di Indonesia yang produk-produk game-nya wajib untuk dicoba! Selain itu, kami juga sudah menyiapkan 8 rekomendasi game terbaik karya anak bangsa yang terkenal mendunia. Dijamin, smartphone Anda akan menjadi lebih seru dengan kehadiran aplikasi game-game ini!

6 Developer Aplikasi Permainan Berkualitas dari Indonesia

Berkat kecanggihan teknologi, kini Anda dapat mencari dan menemukan ratusan hingga ribuan game di toko aplikasi Google Play Store ataupun Apple App Store. Cukup dengan mengetikkan kata kunci dari jenis game yang diinginkan, maka Anda sudah bisa mendapatkan banyak aplikasi permaiman menarik di hasil pencarian.

Apa game smartphone favorit Anda? Siapakah nama developer yang bergerak di balik game kesukaan Anda tersebut? Darimanakah asal perusahaan developer game kesukaan Anda? Apakah dari dalam ataukah luar negeri?

Nah, buang jauh-jauh mindset bahwa tidak ada developer aplikasi permainan yang berkualitas dari dalam negeri. Justru, ada banyak sekali developer game smartphone asal Indonesia yang wajib Anda kenal dan coba mainkan karya-karyanya. Berikut ini kami sajikan 6 developer game asal Indonesia yang game buatannya telah mendunia. Siapa sajakah?

1.Menara Games

Siapakah developer game ponsel pertama di Indonesia? Jawabannya tak lain tak bukan adalah Menara Games. Menara Games terkenal atas karyanya di bidang permainan RPG dan genre casual. Developer game yang satu ini telah hadir dan membuat beragam software game dari tahun 2005 sampai sekarang. Salah satu karyanya yang populer di platform Android dan iOS adalah Ninja Fishing.

Artikel Terkait  7 Aplikasi Buat Aplikasi Android Secara Offline

2.Tinker Games

Start-up developer game ternama berikutnya adalah Tinker Games yang berasal dari Bandung. Tinker Game sudah pernah merilis banyak game smartphone untuk Windows Phone, Android dan iOS.

Permainan yang dirilis oleh Tinker Game memiliki alur cerita yang erat dengan ragam kebudayaan asli Indonesia. Seperti dalam game buatan mereka yang berjudul Inheritage. Game ini dibuat menggunakan konsep shooter adventure dan telah terbukti sukses mencuri perhatian masyarakat.

Inheritage merupakan kesuksesan ternama dari Tinker Game sebab telah diunduh dan dimainkan oleh begitu banyak pecinta game petualangan.

3.Touchten Games

Developer aplikasi permainan asli anak bangsa berikutnya adalah Touchten Games. Perusahaan ini menjadi satu-satunya developer asal Indonesia yang sukses merilis game populer hingga kancah internasional sekaligus menduduki seri B untuk perputaran pembiayaan.

Pernahkah Anda melihat game Ramen Chain, Infinite Sky, dan Train Legend di toko aplikasi Google ataupun Apple? Atau Anda sudah pernah memainkannya langsung? Nah, ketiga permainan tersebut adalah contoh aplikasi buatan Touchten Games. Di antara ketiganya, Ramen Chain adalah aplikasi permainan smartphone yang paling digandrungi masyarakat.

Ramen Chain merupakan game yang mengusung tema pengaturan waktu atau time management. Keunggulan dari game satu ini terletak pada plot cerita dan grafisnya yang sempurna sehingga masyarakat pun “kecanduan” untuk memainkannya.

4.Toge Productions

mobile-game-3

Toge Productions adalah developer aplikasi permainan berkualitas asal Indonesia yang sudah tak diragukan lagi. Meskipun nama developer aplikasi ini terdengar lucu dan mengingatkan pada salah satu jenis sayuran, nyatanya, Toge Production adalah pihak di belakang game populer “Infectonator”!

Perusahaan aplikasi permainan smartphone ini berdiri di Jakarta pada tahun 2007. Hingga hari ini, Toge Productions masih sangat aktif membuat beragam game yang dapat Anda unduh di Google Play Store ataupun Apple App Store. Salah satunya adalah Infectonator. Game ini telah sukses diunduh oleh sekitar 159 juta pengguna dari seluruh dunia. Fantastis!

5.Kidalang

Start-up developer game asal Indonesia selanjutnya adalah Kidalang. Sesuai namanya, setiap game buatan Kidalang selalu mengandung konsep cerita khas para dalang dan wayang. Pengembang aplikasi permainan smartphone ini juga pernah memenangkan kompetisi Tizen App Challenge untuk kategori game RPG terbaik.

Developer Kidalang memang unggul di bidang game RPG. Game RPG yang terkenal buatan Kidalang adalah Sage Fusion dan Sage Fusion 2. Kedua aplikasi game ini sama-sama mengusung sistem RPG dan bergenre science fiction.

6. Alegrium

Developer game lokal ternama yang terakhir adalah Alegrium. Developer game ini berbasis di Jakarta dan sudah ada sejak tahun 2011. Hingga saat ini, Alegrium sudah sukses merilis banyak game terkenal seperti Icon Pop Quiz dan Icon Pop Song. Series Icon Pop bahkan telah diunduh oleh jutaan pengguna di seluruh dunia!. Kini permainan buatan Alegrium sudah dapat Anda temukan di platform Android dan iOS.

Artikel Terkait  Aplikasi Pengatur Keuangan - Aplikasi Pengatur Keuangan Seluler Terbaik untuk Keuangan Pribadi dan Bisnis

8 Aplikasi Game Terbaik Buatan Developer Indonesia, Wajib Dicoba!

Bosan karena aplikasi permainan di smartphone Anda hanya itu-itu saja? Ingin mencoba permainan baru namun tidak tahu aplikasi permainan mana yang bagus, menarik dan menantang? Jangan khawatir! Kami sudah menyiapkan 8 rekomendasi aplikasi game terbaik buatan developer lokal Indonesia. Anda yang pecinta game wajib mencoba game-game berikut ini.

1.Icon Pop Quiz

Apakah Anda pecinta game teka-teki? Rekomendasi aplikasi permainan Android terbaik pertama dari developer Indonesia adalah permainan teka-teki bernama Icon Pop Quiz. Permainan ini dirilis oleh developer Alegrium, yang telah banyak merilis game asyik dan menarik untuk Android yang bisa Anda unduh di Google Play Store.

Sesuai namanya, Icon Pop Quiz akan menguji pengetahuan Anda tentang pop culture, seperti nama artis ternama, judul film terkenal, brand populer dunia dan masih banyak lainnya. Lalu bagaimana cara bermainnya? Ternyata cukup mudah! Anda cukup menebak ikon atau gambar yang menjadi ciri khas seorang selebritis, judul film ataupun brand ternama dunia. Jika sudah mengetahui jawabannya, Anda harus mengetikkan jawaban tersebut di kolom yang tersedia.

Namun selayaknya permainan teka-teki pada umumnya, game Icon Pop Quiz bisa jadi penuh “jebakan” yang akan memusingkan. Jadi, siap-siap untuk bermain sambil belajar lewat game Icon Pop Quiz, ya! Tertarik untuk mencoba?

2.Tebak Gambar

Anda sudah pernah mencoba Icon Pop Quiz? Ingin mencoba game lain yang sejenis dengan Icon Pop Quiz? Yuk coba mainkan Tebak Gambar!

Tebak Gambar adalah game untuk Android yang sempat booming karena sukses membuat para pemainnya merasa “gregetan”. Cara bermain game Tebak Gambar ini tergolong sederhana, di mana Anda hanya diminta untuk merangkai sebuah kalimat atau kata dari gambar yang telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan beragam petunjuk.

Meskipun terkesan gampang, ternyata game yang satu ini cukup menguras otak, daya kreativitas pemain, dan membuat pemainnya ketagihan! Bagaimana? Anda tertarik untuk mengasah daya pikir otak melalui game Tebak Gambar?

3.Icon Pop Song

Rekomendasi aplikasi permainan berikutnya adalah Icon Pop Song, yang masih “bersaudara” dengan game Icon Pop Quiz. Game ini cukup terkenal di Indonesia, di mana Anda akan bermain sekaligus belajar dan diuji wawasannya terkait dunia musik. Oleh sebab konsepnya yang unik inilah, game Icon Pop Song yang juga dirilis oleh developer Alegrium cepat meroket dan naik daun di masyarakat.

Saat memainkan Icon Pop Song, Anda akan diberikan sejumlah video klip yang harus Anda tebak milik siapa. Selain itu ada juga quiz dan pertanyaan seputar vokalis yang membawakan lagu tersebut atau judul lagunya. Jika Anda tidak tahu itu lagu siapa, maka Anda bisa meminta bantuan atau memilih tombol skip. Asyik, ya, bermain sambil menambah wawasan tentang lagu? Bukan tidak mungkin juga, jika lewat aplikasi game ini, Anda bisa menemukan lagu baru untuk dimasukkan ke playlist MP3 Anda.

4. Fishing Town

Bisakah Anda menebak tema permainan yang satu ini? Betul, Fishing Town adalah game seputar memancing ikan! Jika Anda adalah penggemar aplikasi permainan dengan tema memancing ikan, maka Fishing Town wajib untuk dicoba!

Permainannya cukup sederhana, di mana Anda hanya diminta untuk memancing ikan. Namun jangan salah, untuk bisa mendapatkan skor tertinggi, Anda dituntut untuk bisa menangkap ikan jenis-jenis langka dan berkualitas. Wah, cukup menantang, ya!

Fishing Town merupakan salah satu game RPG rilisan developer Touchten yang sudah banyak diunduh dan dimainkan oleh masyarakat. Game ini terbukti memiliki kualitas yang terbaik dibandingkan aplikasi game bertema memancing yang lainnya. Keunggulan mencolok dari game Fishing Town adalah kualitas grafisnya yang sangat baik, alhasil game ini pun sukses masuk ke dalam daftar permainan yang tak boleh dilewatkan!

5.Puzzle Armor Academy

Rekomendasi aplikasi game selanjutnya ditujukan untuk para pencinta teka-teki puzzle. Game ini bernama Puzzle Armor Academy, yang sangat seru dan menantang untuk para pecinta permainan puzzle. Game ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengisi waktu luang sambil melatih daya ketangkasan otak untuk berpikir cepat.

Puzzle Armor Academy memiliki 3 jenis permainan yakni Sum it Up,  Shape It Up, dan Weight Up!. Lebih menariknya lagi, Anda bisa memainkan permainan Puzzle Armor Academy baik sendirian (single mode player) atau bertanding melawan teman (multi-mode players). Permainan akan semakin seru sebab Anda dan teman-teman dapat saling bersaing untuk mendapatkan skor tertinggi!

Tahukah Anda bahwa game teka-teki Puzzle Armor Academy ini ternyata dibuat oleh kolaborasi banyak tim asal Indonesia? Tim tersebut menamai dirinya sebagai Koalisi Kemakmuran. Dalam tim ini, terdapat sejumlah developer game lokal Indonesia yang hebat dan terkenal seperti Mojiken, Toge Productions, Creacle Studio, Amagine Interactive, dan masih banyak lagi. Keren!

Artikel Terkait  Macam-Macam Software dan Fungsinya | Yang Nomor 4 Bakal Bikin Kamu Terkejut!

6.Warung Chain: Go Food Express

Nama aplikasi permainan yang satu ini memang unik sekaligus menarik, ya? Dari namanya saja, Anda mungkin sudah bisa menebak tema utama yang diangkat oleh aplikasi game Warung Chain: Go Food Express. Ya, benar! Warung Chain: Go Food Express adalah aplikasi permainan simulasi restoran.

Warung Chain: Go Food Express dibuat dan dirilis oleh developer Indonesia bernama Touchten. Game ini cocok bagi Anda yang menyukai tantangan dan konsentrasi tinggi, sebab untuk bisa memenangkan setiap levelnya, Anda harus mengandalkan ingatan, ketepatan sekaligus kecepatan. Seru dan menantang sekali, bukan? Game ini tersedia di Google Play Store secara gratis!

7. Pixel Super Heroes

Rekomendasi aplikasi game selanjutnya adalah buatan Toge Productions dan Lyto Mobi yang berjudul Pixel Super Heroes. Pixel Super Heroes adalah game Android bertemakan endless running dari karakter yang dimainkan oleh pengguna. Jika Anda adalah pemain Infectonator: Survivors yang merupakan game terkenal buatan Toge Productions mungkin Anda akan merasa kaget karena Pixel Super Heroes ini jauh lebih sederhana dibanding game tersebut.

Meski demikian, Pixel Super Heroes masih sangat asyik untuk dimainkan, terutama jika Anda adalah penggemar aplikasi game yang simpel dan berbalut hiburan komedi di dalamnya. Recommended!

8.Vimala: Defense Warlords

Rekomendasi aplikasi game smartphone terakhir buatan Indonesia adalah Vimala: Defense Warlords. Game Vimala tergolong kompleks, seru dan menantang sebab memadukan konsep permainan turn-based RPG dan game tower defense. Game ini terbukti laku dan diminati cukup banyak pemain game, meskipun dirilis oleh platform developer yang tergolong baru di Tanah Air yakni MassHive Media. Nah, untuk Anda pecinta game RPG yang bergenre action, sudahkah Anda mencoba memainkan Vimala: Defense Warlords?

Demikianlah pembahasan kali ini terkait developer game terbaik di Indonesia plus rekomendasi aplikasi game smartphone terbaik! Semoga referensi ini berguna bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi game untuk dimainkan selama masa di rumah saja. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya dari kami!

[jasa-pembuatan-aplikasi]


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya