Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cross-platform 3 Jenis Aplikasi Mobile Paling Populer dan Sukses Saat...

3 Jenis Aplikasi Mobile Paling Populer dan Sukses Saat ini

-

Di era teknologi saat ini, ada ratusan hingga jutaan aplikasi yang beredar di masyarakat. Setiap aplikasi mempunyai jenis, tujuan dan kegunaan yang berbeda-beda, tergantung pada permasalahan yang mendasari penciptaannya. Begitupun dengan kesuksesan suatu aplikasi berbeda-beda, sebab ditentukan dari kualitas serta kuantitas penggunaanya.

Sistem kesuksesan aplikasi ini bekerja selayaknya mata rantai yang saling berkesinambungan. Sebuah aplikasi berkualitas baik otomatis akan memiliki kuantitas pengguna yang banyak, dan sebaliknya. Semakin banyak pengguna aplikasi, maka akan semakin besar keuntungan yang dapat diraih oleh perusahaan.

Kira-kira, aplikasi mobile apa saja yang paling populer dan sukses saat ini? Bagaimana juga cara terbaik agar aplikasi ciptaan Anda dapat menjadi yang tersukses di pasaran? Yuk simak ulasan lengkap berikut ini untuk mencari tahu jenis aplikasi yang paling menguntungkan plus cara-cara jitu agar aplikasi Anda memenangkan persaingan di masyarakat.

Artikel Terkait  Jasa App Android Terpercaya + Website Profesional

3 Jenis Aplikasi Mobile Paling Sukses di 2020

olshop-

Saat ini kita mengenal ratusan ragam dan jenis aplikasi yang beredar di masyarakat. Mulai dari aplikasi bisnis, pendidikan, hiburan, olahraga, transportasi dan masih banyak lagi lainnya. Namun dari semua kategori aplikasi, terdapat 3 jenis aplikasi mobile yang paling sukses tahun 2020 di Indonesia. Apa sajakah? Berikut ulasannya.

1. Aplikasi Online Shop (E-Commerce)

Tahun 2020 menjadi masa keemasan bagi aplikasi online shop atau e-commerce. Perkembangan teknologi yang canggih disertai dukungan situasi di mana masyarakat harus mengarantina diri di rumah lantaran pandemi virus menjadi faktor pertumbuhan aplikasi online shop yang semakin pesat kala ini. Sebab untuk dapat memenuhi kebutuhan harian atau mendapatkan pundi-pundi rupiah lewat berdagang, masyarakat Indonesia kini bergantung pada bantuan aplikasi online.

Beragam jenis aplikasi e-commerce yang dapat Anda temukan di toko aplikasi antara lain Shopee, Tokopedia, Bukalapak, JD.ID, dan masih banyak lagi. Di toko-toko ini, Anda dapat menemukan beragam barang kebutuhan harian seperti makanan, alat-alat elektronik, perlengkapan rumah tangga, pakaian, dan lainnya.

2. Aplikasi Transportasi Online/Ojek Online

Industri transportasi menjadi aplikasi selanjutnya yang sedang naik daun di kalangan masyarakat Indonesia di tahun 2020. Aplikasi transportasi online ini juga dikenal dengan nama ojek online. Aplikasi ojek online meroket di masyarakat sebab banyak membantu kebutuhan transportasi di kalangan masyarakat yang suka bepergian namun tidak memiliki kendaraan pribadi.

Lebih jauh lagi selain memberikan jasa tumpangan, aplikasi ojek online juga membuka jasa pengantaran barang dan delivery makanan secara online. Alhasil, konsumen turut terbantu apabila hendak mengirim barang ke orang lain yang masih dalam satu wilayah kota, atau ingin membeli makanan tanpa perlu pergi ke luar rumah.

Kesempatan Anda masih terbuka lebar untuk menciptakan aplikasi di bidang transportasi sebab aplikasi ojek online yang berkembang di Indonesia baru Gojek dan Grab saja. Jika Anda serius ingin merilis aplikasi di bidang transportasi, cobalah untuk menggali lebih dalam. Masih ada banyak fitur pelayanan di industri ini yang bisa Anda gali dan kembangkan.

3. Aplikasi Mobile Banking (M-Banking)

Jenis aplikasi terakhir yang populer di tahun 2020 adalah m-banking. Aplikasi ini lahir dari kebutuhan masyarakat untuk melakukan transaksi perbankan yang simpel, praktis dan hemat tenaga serta waktu.

Saat ini, aplikasi m-banking telah berkembang dan memiliki banyak fitur mulai dari cek saldo, tarik dan setor tunai, melunasi tagihan, hingga transaksi saham. Oleh sebab itulah, aplikasi yang satu ini masih diminati oleh banyak orang. Tertarik untuk mencoba membuat aplikasi yang sama?

Artikel Terkait  Harga Membuat Aplikasi Android dan iOS

Cara Terbaik Agar Aplikasi Unggul di Pasar

unduhan-google-play

Setiap hari, para developer aplikasi berlomba-lomba agar aplikasi buatan mereka menjadi yang terunggul di kalangan masyarakat. Setiap perusahaan berusaha semaksimal mungkin meluncurkan beragam inovasi, solusi, dan penawaran pelayanan konsumen lainnya agar aplikasi mereka digunakan oleh sebanyak-banyaknya orang. Hal ini dikarenakan keuntungan akan semakin besar jika ada semakin banyak orang yang menggunakan suatu aplikasi.

Apakah Anda juga ingin agar aplikasi ciptaan Anda menjadi unggulan di masyarakat? Tips-tipsnya ternyata sederhana, lho! Anda bisa menempuh 3 tahap berikut ini agar aplikasi buatan perusahaan bisa mengungguli pasar persaingan:

1. Bergerak Mengikuti Tren

Apakah aplikasi mobile yang sedang menjadi tren masa kini? Apakah itu aplikasi kesehatan, aplikasi media sosial, atau aplikasi bisnis online?

Tren adalah sesuatu hal yang sedang menjadi sorotan di masyarakat. Tren selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan adanya perubahan gaya hidup, isu permasalahan, serta selera dan kebutuhan masyarakat. Jadi, apapun yang sedang menjadi tren saat ini belum tentu akan menjadi tren di waktu yang akan datang.

Salah satu cara agar aplikasi Anda bisa cepat terkenal adalah dengan bergerak mengikuti tren di masyarakat tersebut. Semisal Anda membuat suatu aplikasi bisnis online. Kemudian saat ini sedang ada tren gaya hidup sehat di masyarakat. Maka Anda dapat berinovasi dengan memberikan pelayanan dan harga khusus untuk barang-barang yang mendukung gaya hidup sehat seperti makanan sehat, obat-obatan, dan peralatan olahraga.

Aplikasi mobile yang senantiasa bergerak mengikuti tren akan selalu mendapat posisi di masyarakat sebab masyarakat menggemari hal-hal yang bersifat up to date. Nyatanya, masyarakat memiliki kecenderungan sifat untuk mencari dan mencoba hal baru. Oleh sebab itu, tren di masyarakat pun akan selalu bergonta-ganti. Lalu bagaimana caranya agar bisa tetap up to date dengan tren?

Solusi terbaiknya adalah dengan melakukan penelitian dan riset terkait tren dan situasi masyarakat. Anda bisa menggunakan bantuan situs-situs khusus yang membahas seputar permasalahan ini seperti Google Trends. Dengan bantuan mesin pencari, maka Anda bisa lebih mudah mencari tahu tren terbaru di masyarakat. Jika aplikasi Anda sudah senantiasa berinovasi mengikuti tren, jumlah pengguna aplikasi dijamin akan terus bertambah.

2. Berorientasi Pada Solusi Untuk Konsumen

Saat membuat sebuah aplikasi, tanamkan mindset bahwa aplikasi Anda ditujukan untuk memberi solusi pada konsumen. Aplikasi mobile yang berorientasi pada kebutuhan konsumen akan cepat meroket di masyarakat. Selain itu, Anda juga dapat meraup keuntungan lebih cepat jika berhasil memberikan solusi nyata untuk mengatasi permasalahan konsumen.

Semisal permasalahan yang ada di masyarakat adalah tingginya angka pengangguran karena efek pandemi virus. Jadi, Anda membuat aplikasi mobile yang memungkinkan orang-orang berjualan online dan bekerja dari rumah. Semakin banyak transaksi yang berlangsung dalam platform ciptaan Anda otomatis akan menambah jumlah keuntungan yang perusahaan Anda dapatkan.

Bagaimana cara menentukan permasalahan mana yang hendak diselesaikan oleh aplikasi? Jawabannya kembali lagi dengan melakukan penelitian dan survey terhadap situasi dan kondisi di lapangan. Berusahalah untuk mencari sebanyak-banyaknya informasi terkait jenis permasalahan yang paling dominan dirasakan oleh masyarakat. Kemudian, carilah jawaban terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Sebagai referensi tambahan, Anda juga bisa melakukan penelitian dan pengamatan terhadap aplikasi mobile milik kompetitor yang bergerak untuk menyelesaikan permasalahan serupa. Pelajari bagaimana cara mereka menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat. Jangan lupa juga untuk menelaah kelebihan dan kekurangan dari aplikasi milik para pesaing tersebut. Informasi ini nantinya akan berguna sebagai wawasan Anda agar mengetahui cara terbaik untuk menghadirkan solusi baru di masyarakat.

Saat menganalisis aplikasi buatan para pesaing, selalu pikirkan apakah Anda bisa membuat versi yang lebih baik dibandingkan punya mereka. Semisal, bisakah Anda menawarkan solusi yang serupa atau lebih baik ke masyarakat namun dengan harga jauh lebih murah dibanding harga dari kompetitor? Selamat mencoba!

3. Menyasar Pasar Target yang Tepat

target-audience

tips sekaligus langkah terakhir agar aplikasi mobile Anda dapat unggul di kalangan konsumen adalah dengan menyasar pasar target yang tepat. Aplikasi yang beredar cocok dengan pasar yang membutuhkannya otomatis akan lebih cepat terkenal dan unggul.

Semisal Anda membuat aplikasi membaca buku yang dipublikasikan kepada pasar yang tidak senang membaca. Apakah aplikasi Anda akan digunakan oleh masyarakat? Jawabannya bisa jadi masih mungkin, namun jumlah penggunanya tentu tidak akan banyak. Alih-alih, aplikasi Anda akan otomatis melejit diunduh dan digunakan jika dipromosikan kepada masyarakat yang gemar membaca.

Menentukan pasar target bisa menjadi hal yang susah-susah gampang. Jadi tipsnya adalah, saat menentukan pasar target, buatlah rincian atau spesifikasi yang jelas terkait karakteritistik konsumen yang cocok dengan aplikasi Anda. Semakin rinci spesifikasi pasar target, maka Anda akan lebih mudah untuk berpromosi ke kelompok yang tepat. Efeknya, aplikasi Anda akan berpotensi lebih besar untuk diunduh lalu bertumbuh pesat. Namun jangan lupa untuk memastikan aplikasi mobile Anda memiliki kemampuan berkembang yang kuat di masyarakat, ya.

Artikel Terkait  Cara Membuat Mobile Apps dengan Mudah

3 Industri Aplikasi Unggulan: Inspirasi Segar untuk Developer

Mewujudkan target untuk membuat aplikasi unggulan di masyarakat memang susah-susah gampang. Jika Anda baru hendak memulai project pembuatan aplikasi, bisa jadi Anda akan kebingungan menentukan aplikasi mobile jenis apa yang berpotensi untuk eksis dan unggul di pasaran.

Oleh sebab itu, kami telah menyiapkan 3 bidang industri yang sering melahirkan aplikasi unggulan di masyarakat. Ketiga industri ini merupakan aspek kehidupan yang sangat dekat dan selalu mendapat posisi di masyarakat. Jadi tidak ada salahnya untuk Anda mencoba membuat sebuah aplikasi dari 3 industri berikut ini:

1. Industri Hiburan dan Entertainment

Industri hiburan dan entertainment memang tidak ada matinya di masyarakat. Alhasil, aplikasi-aplikasi yang lahir dari ranah industri satu ini akan selalu mendapat tempat spesial di benak konsumen.

Aktivitas masyarakat yang padat dan sibuk menjadikan mereka selalu membutuhkan hiburan untuk melepas rasa penat. Itulah yang mendasari lahirnya beragam aplikasi dari bidang entertainment. Ada banyak contoh aplikasi di bidang entertainment seperti aplikasi game, streaming film, dan media sosial. Lebih bagus lagi, jika Anda mengembangkan aplikasi entertainment, maka Anda akan memiliki target pasar yang sangat besar dan luas karena hampir semua orang di dunia menyukai hiburan.

2. Bisnis

Industri aplikasi terbaik selanjutnya adalah industri bisnis. Sebagai makhluk hidup yang perlu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, manusia akan terus bekerja dan mendapatkan uang. Nantinya, uang tersebut akan dipakai untuk berbelanja kebutuhan. Aktivitas transaksi inilah yang menggerakkan roda ekonomi dan bisnis di masyarakat, sekaligus menjadikan industri bisnis sebagai lahan empuk untuk pembuatan aplikasi unggulan.

Aplikasi Anda akan cepat dimanfaatkan masyarakat jika berhasil memenuhi kebutuhan dan memberi solusi atas permasalahan di masyarakat. Contoh dari aplikasi di bidang bisnis adalah aplikasi e-commerce, e-wallet, dan m-banking. Ketiga aplikasi ini lahir sebagai jawaban atas kebutuhan dan permasalahan masyarakat di bidang bisnis; Aplikasi e-wallet lahir karena masyarakat merasa kerepotan untuk berbelanja dengan uang tunai, terlebih jika toko tersebut sedang tidak memiliki uang kembalian. Dengan e-wallet, konsumen cukup membayar lewat proses scan dan uang saldo akan dipotong sesuai harga belanjaan.

Aplikasi m-banking diciptakan karena masyarakat kesusahan untuk melakukan transaksi di bank yang cenderung memakan waktu. Daripada repot-repot mengantri lama-lama di bank, kini masyarakat dapat mengirim uang, mengecek saldo, dan membayar tagihan keperluan rumah tangga lewat mobile banking alias m-banking.

Sama halnya dengan aplikasi e-commerce alias bisnis online. Di masa pandemi dan masyarakat dianjurkan untuk tetap tinggal di rumah, berbelanja via online di e-commerce menjadi solusi terbaik agar kebutuhan rumah tangga tetap terpenuhi. Selain ketiga contoh di atas, masih ada banyak tipe aplikasi lain yang bisa dikembangkan dari industri bisnis. Bagaimana, tertarik untuk turut membuat sebuah aplikasi bisnis?

3. Kesehatan

Aplikasi-aplikasi unggulan juga datang dari industri kesehatan. Tak peduli seberapa modernnya kehidupan masyarakat, industri kesehatan tetap akan menjadi hal penting bagi masyarakat. Sebab industri ini memegang keberlangsungan hidup masyarakat itu sendiri. Jika seseorang sakit, maka sudah pasti ia akan langsung mengunjungi instansi medis untuk berobat.

Aspek dalam industri kesehatan tak hanya terbatas pada konsultasi dokter dan pemberian obat. Aplikasi-aplikasi diet, olahraga dan terapi kesehatan mental juga merupakan hasil ciptaan dari industri ini.

Cobalah gali lebih mendalam untuk menemukan aplikasi terbaru yang berpotensi untuk dikembangkan dari dunia kesehatan. Jika Anda berhasil menemukannya, segera buat dan pasarkan ke masyarakat! Bisa jadi, aplikasi ciptaan Anda mampu menjawab permasalahan seputar kesehatan masyarakat yang belum ditemukan solusinya.

Demikianlah artikel kali ini terkait aplikasi mobile paling populer dan sukses saat ini. Terima kasih sudah membaca. Semoga ulasan, tips dan inspirasi yang kami berikan membantu untuk menambah wawasan Anda guna menciptakan aplikasi terbaik di masyarakat. Jangan lupa untuk membagikan informasi menarik ini kepada teman-teman dan keluarga, ya!

[jasa-pembuatan-aplikasi]


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya