Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cross-platform Apa itu Notion? Mengenal Notion Workspace All-in-One untuk Kalian...

Apa itu Notion? Mengenal Notion Workspace All-in-One untuk Kalian Para Developer

-

Notion adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk menghubungkan komponen untuk membuat suatu sistem sebagai manajemen pengetahuan, melakukan manajemen data, manajemen proyek, dan berbagai proyek lainnya.

Beberapa komponen yang disediakan oleh Notion adalah database, Kanban boards, wiki, kalender, serta reminder.

Aplikasi ini merupakan kolaborasi platform dengan modifikasi yang disupport markdown  serta terintegrasi dengan Kanban Board, wiki, tugas, dan database.

Perusahaan pengembang Notion mengklaim Notion adalah aplikasi workspace serba guna untuk mengambil catatan, pengetahuan, manajemen data, manajemen proyek dan tugas.

Bagaimana Notion Bekerja?

Cara kerja Notion adalah dengan menambahkan berbagai kotak (block) dan mereka pun dapat menjadi berbagai hal yang Anda inginkan seperti teks, gambar, checklist, bullet points, bahkan hingga sebuah kode.

Notion sendiri adalah tools berbasis web yang memang ditujukan untuk menyederhanakan berbagai hal secara online yang biasanya digunakan untuk berkolaborasi. Saat ini Notion dapat di unduh di berbagai sistem operasi termasuk Android dan iOS.

Sejatinya, Notion cocok digunakan oleh berbagai kalangan, tidak terbatas pada desainer web maupun developer atau desainer web dan aplikasi, bahkan mahasiswa juga dapat menggunakannya. Namun, Notion bisa menjadi pilihan bagi para developer maupun desainer dalam mengerjakan berbagai tugas pengembangan dengan berbagai fitur yang dimilikinya.

Manfaat Notion App

notion-app-2

Notion App dapat menjadi salah satu aplikasi yang disarankan bagi Anda para developer untuk mengorganisir pekerjaan Anda. Adapun fungsi-fungsi Notion yang bisa Anda dapatkan ketika menginstalnya:

1. Anda dapat dengan mudah membuat manajemen proyek

Notion memiliki kemampuan untuk membuat proyek manajemen. Dengan Notion, Anda dapat membuat block atau kotak yang bisa digeser dan diisi dengan berbagai hal yang ingin Anda isi, misalnya daftar pekerjaan yang harus Anda lakukan hari itu.

Notion memberi Anda kesempatan untuk berkolaborasi, mengelola, dan menciptakan apa pun yang Anda butuhkan. UI/UX yang dimiliki oleh Notion sangat cantik dengan desain minimal dan juga sederhana, bersih, dan aplikais ini pun menjelaskan dengan baik bagaimana cara penggunaanya.

Dengan fitur-fitur tersebut, Anda dapat dengan mudah mengganti notepad, aplikasi daftar agenda, perangkat lunak manajemen tim untuk berbagi atau mengelola dokumen.

Artikel Terkait  4 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dalam Push Notifications

2. Notion menyediakan template yang cukup banyak

Notion menyediakan berbagai template, sehingga catatan Anda pun semakin menarik. Anda juga dapat memyimpan berbagai hal yang Anda temukan atau membuat ensiklopedia sendiri. Dengan template ini Anda dapat membuat berbagai catatan dengan tampilan yang lebih baik dan menarik.  Saat membuka Notion dan menambahkan halaman baru, Anda akan langsung ditawari berbagai template yang bisa Anda coba.

3. Notion App cocok digunakan untuk berkolaborasi dalam mengerjakan proyek

Anda dapat mengerjakan berbagai proyek bersama dengan Notion. Anda dapat meminta rekan tim Anda untuk melihat hasil proyek Anda tanpa perlu membuka aplikasi yang baru. Di sini Anda juga dapat membuat daftar hal yang harus dikerjakan, serta jadwal mengerjakan hal bersama dan dapat dilihat oleh seluruh rekan Anda.

Dokumen apa pun dapat Anda bagikan dengan aplikasi ini. Anda dapat membuat dokumen dengan cepat dan membagikannya dengan orang tertentu dengan mudah. Dokumen tersebut bisa berupa dokumen pribadi yang hanya dibagikan dengan anggota tim, atau dengan seseorang yang sama sekali di luar tim. Atau saya dapat membuat dokumen dapat dilihat oleh semua orang.

Bagi UI/UX Desainer, Notion telah mendukung dua platform besar yang sangat populer dalam bidang desain UI/UX. Anda dapat menghubungkan Notion Anda dengan prototipe Figma maupun Invision ke halaman yang Anda buat dan memeriksa dengan detail yang relevan. Anda dapat menggunakan fitur ini dengan mengetik ‘/Figma’ atau ‘/Invision’ pada aplikasi Notion Anda.

4. Developer dapat memanfaatkan Notion App untuk mengingat kebutuhan produk

Notion memiliki fitur pages in pages sehingga Anda dapat membuat link yang terhubung dengan notes lain di dalam satu notes khusus. Sebagai developer, Anda dapat memasukkan seluruh link halaman kebutuhan produk di dalam satu catatan.

Jika ternyata ada bug, kemudian fitur tertentu, hingga copywriting dapat Anda lakukan tanpa perlu membuka banyak catatan di aplikasi yang berbeda.

5. Anda dapat membuat draft post di blog Anda dengan menggunakan Notion App

Anda dapat mencoba untuk menyimpan semua draf entri blog Anda di Notion. Dengan begitu, draft Anda dapat dibagikan dengan sangat mudah secara individu dan Anda dapat menelusuri semua ide yang terkumpul sekaligus. Mengekspor postingan keluar sebagai Markdown juga, dan itu bagus untuk draf postingan blog karena draft blog tersebut akan diterjemahkan dengan sangat baik.

6. Dapat membuat laman sederhana dengan Notion App

Banyaknya informasi yang beredar mungkin membuat Anda kesulitan mengaturnya. Jangan khawatir! Notion bisa menjadi solusi Anda untuk mengelola ini. Anda pun dapat membuat laman ini menjadi lebih menarik mirip seperti laman web.

Caranya pun sangat mudah. Anda dapat membuat laman dengan klik menu Add a Page di menu sebelah kiri, lalu klik New Page di menu kiri bawah makan akan muncul berbagai kotak yang bisa Anda isi di sana. Misalnya menambahkan icon atau cover, membuat nama page, dan konten yang ingin Anda isi di dalamnya.

Di kotak nomor 2 pada laman iti, Anda akan diberi pilihan untuk membuat halaman kosong atau menggunakan template. Di sinilah Anda dapat mengaturnya sehingga terlihat seperti blog atau web. Untuk menambahkan element lain seperti list, link, atau text, Anda dapat mengeklik tanda titik-titik atau tanda plus yang ada pada halaman tersebut. Anda bisa mengkustomisasinya sesuai kebutuhan Anda.

Artikel Terkait  Hal-hal yang Penting Diperhatikan Dalam Membuat Aplikasi yang Digunakan Sehari-Hari

7. Anda dapat membuat database dengan Notion

Dengan Notion Anda juga dapat membuat database. Caranya adalah, klik Add a Page pada menu, maka akan muncul halaman baru. Kemudian isi nama database yang Anda inginkan. Lalu pilih format database yang Anda inginkan, misalnya format tabel. Secara default, Notion akan membuat tabel dengan tiga kolom data.

Pada kolom-kolom tersebut, Anda dapat mengedit atau menghapus dengan cara klik nama kolom lalu akan muncul pilihan-pilihan edit atau hapus kolom tersebut. Database pada notion ini pun memiliki fitur cukup beragam, seperti fitur membuat view, filter, atau sortir database, serta database relation dan yang lainnya.

Demikianlah penjelasan tentang Notion App. Anda dapat menjadikan Notion sebagai pilihan aplikasi Workspace yang dapat memudahkan Anda dalam pengorganisasian tugas, serta banyak lagi hal lainnya. Selain itu, Notion juga cocok digunakan oleh para developer maupun desainer aplikasi dan web untuk memudahkan pekerjaannya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya