Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile ProgrammingNo Code Platform, Bikin Aplikasi Tanpa Koding

No Code Platform, Bikin Aplikasi Tanpa Koding

-

Perangkat lunak aplikasi seakan menjadi hal yang sudah lumrah digunakan sehari-hari karena dapat mempermudah berbagai pekerjaan. Namun, aplikasi tentunya tidak akan bisa dihadirkan tanpa pembuat aplikasi atau biasa disebut developer-nya. Nah, bagaimana jika saat ini Anda membutuhkan suatu aplikasi, tapi tidak memiliki kemampuan untuk mengembangkan aplikasi dengan bahasa pemrograman? Saat ini ada yang namanya no code platform yaitu layanan yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi dengan mudah, bahkan jika tidak mengerti bahasa pemrograman! Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, yuk simak artikel kami kali ini!

Apa itu No Code Platform?

no code platform

No Code Platform adalah layanan yang memungkinkan penggunanya membangun aplikasi lebih cepat, tanpa perlu pengetahuan yang dalam tentang koding seperti pengembangan aplikasi biasanya. No code development platform juga memungkinkan lebih banyak orang – bahkan yang bukan berprofesi sebagai pengembang perangkat lunak, seperti misalnya para analis, administrator di kantor, dan pemilik bisnis skala kecil – untuk membuat aplikasi, tanpa perlu banyak tahu tentang bahasa pemrograman, kode yang berjalan dalam mesin dan hal-hal sejenisnya. Beberapa penyedia layanan pengembangan aplikasi no code seperti Bubble, Airtable, Nintex, Google AppSheet, dan masih banyak lagi.

Pembahasan tentang no code platform biasanya sering diikuti juga dengan low code platform alias pembangunan aplikasi dengan sedikit koding. Kedua model pengembangan ini hadir untuk menjawab masalah para bisnis yang memerlukan berbagai aplikasi dengan segera, namun dengan terbatasnya jumlah developer. No-code dan low-code platform juga biasanya memiliki fitur untuk eksperimen, prototyping, pengujian, dan pengaplikasian ke sistem (deployment).

Artikel Terkait  Redis adalah : Panduan Pemula dan Caching dengan Node JS

Bagaimana caranya membuat aplikasi tanpa koding?

Model pengembangan aplikasi no code biasanya memiliki graphical user interface (GUI) alias antarmuka yang dirancang sedemikian rupa. Untuk membuat aplikasi dengan no code platform, pengguna tinggal memilih-milih dan mencocokkan komponen yang disediakan dengan application programming interface (API) pihak ketiga dengan antarmuka drag-and-drop sampai dihasilkan aplikasi yang mereka butuhkan. Pembuat aplikasi dapat membuat aplikasi layaknya ia merancang alur jalannya proses pada bisnis, alih-alih membuat baris-baris kode untuk membuat fungsi dan kemampuan.

Artikel Terkait  Arti Branch pada Git serta cara penggunaannya

Pengguna no code platform tidak perlu melakukan koding untuk membuat aplikasi, karena keseluruhan hal di balik layar sudah ditangani oleh penyedia platform tersebut. Platform pembuatan aplikasi no code biasanya memungkinkan pembuat aplikasi untuk langsung melihat bagaimana tampilan aplikasi yang mereka buat di berbagai macam perangkat, seperti smartphone, desktop atau tablet.

Perbedaan No Code Platform dan Low Code Platform

Kedua model pengembangan ini sering dibicarakan bersamaan dan membawa manfaat yang sama, namun di antara keduanya ada perbedaan yang sebenarnya dapat dilihat dari namanya.

No Code Platform ditujukan untuk pengguna yang tidak memiliki pengetahuan koding, namun mengerti alur dan kebutuhan bisnis. Pengguna tinggal menentukan aplikasi apa yang ingin dibangun dan fungsi-fungsi apa saja yang ada di dalamnya.

Sedangkan Low Code Platform ditujukan untuk pengguna yang memiliki pengetahuan tentang koding dan programming agar dapat membangun aplikasi dengan lebih cepat dengan kegiatan koding yang lebih sedikit daripada pembuatan aplikasi secara tradisional. Low Code Development dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang sederhana sehingga dapat memiliki fitur lebih banyak.

Mengapa menggunakan No Code Platform?

no code platform

Ada beberapa situasi yang membuat model pengembangan tanpa koding menjadi pilihan yang tepat. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin menggunakan No Code Development:

  • Pembuatan aplikasi menjadi lebih cepat: Keadaan saat ini menuntut bisnis untuk dapat menghadirkan solusi kepada pelanggan dengan segera. Pembuatan aplikasi dengan no code dapat mempermudah serta mempercepat bisnis untuk menghadirkan solusi-solusi tersebut – proses yang memakan waktu berbulan-bulan bisa jauh lebih dipersingkat.
  • Memungkinkan semua orang untuk membuat aplikasi: platformpembuatan aplikasi no code memungkinkan semua orang untuk membuat aplikasi, bahkan jika mereka belum menguasai ilmu pemrograman. Hal ini membuat lebih banyak orang dapat terlibat dalam menyelesaikan masalah-masalah terkait sehingga tujuan bisnis dapat tercapai dengan lebih cepat.
  • Fokus ke tujuan aplikasi: pengembangan no-codememungkinkan developer untuk fokus kepada tujuan dan menggambarkan apa yang perlu ada dalam suatu aplikasi tanpa perlu banyak memikirkan bagaimana cara untuk membuat aplikasi tersebut.
  • Menghemat biaya: membangun aplikasi biasanya memerlukan banyak biaya, belum lagi diperlukan biaya untuk menggaji developer yang mengembangkan dan me-maintain aplikasi tersebut. Pengembangan no codememungkinkan Anda untuk membuat aplikasi dengan biaya yang lebih sedikit, karena hal-hal di balik layar biasanya sudah diurus oleh platform pengembangan aplikasi no code itu sendiri.
  • Lebih mudah membangun proof of concept dan prototype: jika dalam sebuah situasi Anda perlu menunjukkan konsep dari suatu ide ke dalam bentuk aplikasi dengan segera, Anda dapat memanfaatkan no code platform ini untuk memvisualisasikan ide dan melakukan prototypingdengan lebih cepat.
Artikel Terkait  Alur dan Proses Dasar Pengembangan Aplikasi
Artikel Terkait  Cara Membuat Aplikasi Bisnis Dengan Mudah

Apa kekurangan No Code Platform?

Meski punya banyak keuntungan, beberapa kekurangan dari pengembangan aplikasi dengan no code platform berikut ini juga harus Anda pertimbangkan:

  • Sulit dikembangkan di luar komponen yang tersedia: Dalam no code development biasanya disediakan beberapa templatedan komponen yang siap dipakai untuk banyak situasi. Namun, jika bisnis Anda memiliki contoh kasus yang tidak dicakup dalam seluruh komponen yang tersedia, akan lebih sulit bagi Anda untuk mengembangkan aplikasi karena harus menyesuaikan berbagai hal sebagai solusi sementara.
  • Kurangnya kendali bagi Anda: aplikasi no code dirancang untuk langsung dipakai sesuai kegunaannya, namun seringkali aplikasi tersebut hanya dirancang untuk kegunaan tersebut. Banyak aplikasi no code tidak memungkinkan Anda untuk melihat dan mengubah apa saja yang berjalan di balik layar, sehingga akan sangat sulit untuk mengembangkan fungsinya di luar komponen-komponen yang tersedia. Parahnya lagi, kebijakan seperti ini dapat membuat penyedia platform no codememasukkan fungsi-fungsi yang membahayakan keamanan sistem Anda.
  • Tidak bisa pindah ke solusi lainnya: aplikasi yang dibuat secara no codetidak dapat “dipindah” begitu saja atau dibangun dengan cara yang berbeda. Seluruh komponen dalam aplikasi biasanya hanya tersedia pada platform dimana aplikasi itu dibangun dan tidak cocok dengan platform Tidak hanya itu, ada beberapa resiko yang dapat terjadi saat Anda tidak bisa pindah platform, misalnya saat solusi tersebut mengadakan perubahan secara sepihak yang membuat aplikasi Anda berjalan lebih buruk, atau bahkan saat solusi tersebut memutuskan untuk tutup operasional sehingga aplikasi Anda tidak dapat berjalan lagi.
Artikel Terkait  Kivy Python Framework, Lebih Baik dari Tkinter?
Artikel Terkait  Arti Branch pada Git serta cara penggunaannya

Kehadiran layanan pengembangan aplikasi no code sendiri bisa dipastikan tidak akan menggeser kehadiran software developer yang memiliki pengetahuan di bidang pemrograman. Meskipun memungkinkan pembuatan aplikasi dengan lebih mudah, namun model pengembangan aplikasi secara tradisional dengan koding masih dibutuhkan bagi mereka yang perlu aplikasi dengan kebutuhan yang mungkin tidak dapat terpenuhi dengan model pengembangan no code, seperti pengelolaan data dengan infrastruktur khusus atau penambahan suatu fitur yang spesifik.

Penutup

Demikian pembahasan kami mengenai no code platform. Seiring dengan berkembangnya kebutuhan bisnis dan pengguna, kehadiran model pengembangan aplikasi tanpa koding semakin banyak dipilih karena dapat mempercepat berbagai proses, menghemat biaya, dan memungkinkan siapa saja untuk membangun aplikasi meskipun tidak memiliki pengetahuan tentang pemrograman.

Penasaran tentang informasi lainnya tentang pengembangan software dan situs web? Yuk terus ikuti situs kami di appkey.id agar tidak ketinggalan semua yang paling baru dari kami!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya