Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteTeknologi WebYarn adalah: Package Manager Alternatif untuk Node.js

Yarn adalah: Package Manager Alternatif untuk Node.js

-

Saat ada developer yang membuat aplikasi, biasanya ia akan memerlukan bantuan komponen pihak ketiga untuk mencapai tujuannya. Komponen pihak ketiga ini harus diinstal dengan benar agar fungsi yang ingin dicapai dapat berjalan dengan baik. Untuk mempermudah pengelolaan komponen ini, diperlukan package manager yang akan mengerjakan tugas di balik layar seperti mengunduh, memeriksa, menginstal, atau memperbaruinya agar senantiasa dapat berjalan sesuai fungsinya. Untuk Anda yang sedang mengembangkan aplikasi web dengan JavaScript, yarn adalah salah satu pilihan package manager yang paling populer selain Node.js. Di artikel kali ini, kami akan membahas sedikit tentang yarn dan dasar-dasar penggunaannya. Yuk, kita cari tahu lebih lanjut!

Apa itu yarn?

yarn adalah

Yarn adalah solusi alternatif package manager selain npm untuk Node.js. Yarn yang merupakan singkatan dari yet another resource negotiator hadir dengan keamanan, kecepatan, dan kompatibilitas dengan sistem lain. Tujuan awal dikembangkannya Yarn adalah untuk mengatasi masalah yang ada pada npm. Seiring perkembangannya, fitur yang dimiliki kedua package manager ini semakin serupa, namun Yarn tetap menjadi pilihan beberapa pengguna JavaScript

Keunggulan Yarn

1. Performa yang cepat

Yarn memiliki implementasi cache yang membuatnya bekerja lebih cepat, Saat menginstal paket, yarn akan menampungnya dalam cache dan menggunakannya saat pengguna meminta kembali untuk menginstal paket tersebut di proyek lain, sehingga tidak perlu menunggu untuk pengunduhan ulang. Yarn juga mengeksekusi unduhan dalam beberapa thread yang bekerja dalam satu waktu sehingga memanfaatkan kapasitas sistem dengan lebih baik.

2. Keamanan

Setiap kali suatu package diinstal dan akan dijalankan, yarn akan memverifikasi apakah paket tersebut berasal dari sumber yang terpercaya dari checksum yang terdapat dalam paket. Pengecekan checksum juga dilakukan saat paket ditampung dalam cache untuk memastikan proses tersebut telah berjalan dengan sukses. Saat checksum yang dicek salah, paket akan diunduh ulang dari sumber.

Artikel Terkait  Aplikasi Virtual Tour Berbasis Web
Artikel Terkait  Panduan Belajar Git Bash Bagi Developer Pemula (Lengkap)

3. Dapat diandalkan

Yarn menggunakan file lock yang ringkas serta mekanisme penginstalan yang telah ditentukan. File yarn.lock akan diperbarui setiap ada package yang diubah, diperbarui atau dihapus. Hal ini membuat Yarn dapat memastikan penginstalan pada suatu sistem juga bisa berjalan pada sistem lainnya.

4. Dapat berjalan secara offline

Karena setiap penginstalan paket disimpan dalam cache, paket tersebut dapat diinstal bahkan jika tidak ada koneksi internet. Hal ini berguna untuk sistem yang menggunakan Continuous Integration (CI), karena tidak perlu bergantung pada koneksi internet dan registry dari npm, serta masih bisa diuji bahkan saat npm sedang tidak bisa diakses.

5. Workspace

Yarn adalah package manager yang sangat cocok digunakan dalam monorepo atau sebuah repository yang memiliki beberapa proyek di dalamnya, karena memiliki fitur workspace yang mempermudah pengelolaan dependensi pada proyek-proyek di dalam monorepo tersebut.

6. Mendukung Plug n Play dan Zero Installation

Yarn memiliki file .pnp.cjs yang me-mapping modul yang digunakan dalam proyek secara otomatis. File ini dapat menyederhanakan struktur dependency dan juga mempercepat waktu instalasi serta launching proyek. Fitur lainnya adalah Zero Installation yang juga menggunakan file .pnp.cjs untuk mapping paket yang disimpan di cache, yang mempercepat pengambilan dan penginstalan paket yang sebelumnya sudah pernah disimpan.

Bagaimana cara instal Yarn?

Mekanisme yang banyak digunakan untuk menginstal Yarn adalah melalui Node Package Manager atau npm. Jika belum memiliki npm atau node, Anda dapat mengikuti langkah-langkah instal node yang telah kami bahas di artikel terdahulu (NPM adalah? Bagaimana Cara Installnya? | APPKEY). Anda dapat memastikan apakah npm sudah terinstal dalam komputer Anda dengan membuka command prompt atau terminal, kemudian ketikkan npm -v.

Selanjutnya, langkah-langkah menginstal Yarn adalah dengan mengetik perintah berikut, masih di command prompt atau terminal:

npm install -g yarn

Artikel Terkait  XAMPP adalah? Pengertian dan Fungsinya

Perintah tersebut akan menginstal Yarn (versi 1) secara global di komputer Anda. Kemudian untuk memastikan bahwa Yarn sudah terinstal dengan baik, ketikkan perintah berikut untuk memunculkan versi Yarn yang terinstal di komputer Anda:

Artikel Terkait  XAMPP adalah? Pengertian dan Fungsinya

yarn –version

Perbandingan command Yarn dan npm

Banyak perintah pada Yarn yang sama dengan npm, namun ada juga beberapa perintah dasar yang berbeda antara kedua package manager ini. Misalnya, perintah yarn (tanpa tambahan argumen) setara dengan perintah npm install. Perintah yarn akan membaca file package.json pada proyek Anda, mendapatkan package dari npm registry dan meletakkannya dalam folder node_modules, serta membuat file yarn.lock.

Terdapat beberapa perbedaan antara perintah yarn dan npm terdapat beberapa perbedaan, terutama perintah untuk menginstal dan memperbarui paket. Perbedaannya dapat dilihat di bawah ini:

npm install [nama package] yarn add [nama package]
npm install [nama package] –save-dev yarn add [nama package] –dev
npm uninstall [nama package] –save yarn remove [nama package]
npm update –save yarn up

Namun, banyak perintah di npm yang sama di Yarn:

npm init yarn init
npm link yarn link
npm outdated yarn outdated
npm publish yarn publish
npm run yarn run
npm cache clean yarn cache clean
npm login yarn npm login
npm logout yarn npm logout
npm test yarn test

Selain itu, ada perintah yang hanya dimiliki oleh Yarn. Misalnya, yarn why diikuti dengan nama package berguna untuk memberitahu mengapa sebuah paket diinstal dan apa saja paket yang bergantung padanya.

Dasar-dasar penggunaan Yarn

Sebelum menggunakan Yarn pada proyek Anda, Anda mungkin perlu mengatur Yarn lebih lanjut. Seperti jika Anda ingin menggunakan versi Yarn yang berbeda dengan yang diinstal secara global, jalankan salah satu perintah berikut pada terminal yang sudah diarahkan ke folder proyek Anda:

yarn set version latest

atau

yarn set version stable

atau

yarn set version berry

dimana “berry” adalah versi Yarn yang saat ini aktif dikembangkan. Ketiga perintah tersebut akan sama-sama menginstal versi terbaru dari Yarn, menyimpannya dalam direktori .yarn/releases/ pada proyek Anda, serta mengatur konfigurasi file .yarnrc.yml.

Artikel Terkait  WhatsApp Web Adalah? Fungsi dan Cara Penggunaannya

Jika Anda memulai suatu proyek dari awal, Anda dapat membuat file yang dibutuhkan oleh Yarn dengan perintah:

Artikel Terkait  Captcha Artinya? Pengertian dan Fungsinya untuk Website

yarn init

Perintah ini akan membuat file package.json yang berisi konfigurasi dan daftar dependency yang akan diperlukan dalam proyek Anda, serta file yarn.lock yang “mengunci” kumpulan dependency tersebut agar versinya tetap sesuai dengan yang Anda gunakan saat mengembangkan proyek, sehingga proyek Anda dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Jika Anda memiliki suatu proyek Yarn yang sudah ada sebelumnya, hal yang perlu dilakukan adalah menginstal seluruh module yang terdapat pada proyek tersebut. Untuk melakukannya, cukup ketikkan perintah:

yarn install

Untuk menambah module baru ke dalam proyek, jalankan perintah berikut:

yarn add [nama-package-yang-akan-diinstal]

Setiap dependency yang diunduh akan otomatis diperbarui pada file package.json dan yarn.lock pada direktori proyek Anda.

Jika perlu bantuan dalam menggunakan Yarn, Anda dapat mengetikkan perintah yarn –help untuk mengetahui lebih lanjut tentang perintah-perintah yang ada pada Yarn serta apa yang dijalankan oleh setiap perintahnya. Ingin tahu lebih lanjut tentang suatu perintah tertentu? Ketikkan perintah yarn [perintah] –help untuk mengetahui opsi, rincian dan contoh penggunaan perintah tersebut. Misalnya jika ingin tahu lebih lanjut tentang perintah yarn install, tinggal ketikkan perintah yarn install –help.

Selain perintah-perintah dasar di atas, Yarn masih memiliki banyak command lainnya yang dijabarkan secara lengkap pada halaman Yarn CLI.

Penutup

Sekian artikel kami kali ini yang membahas tentang Yarn, yaitu salah satu pengelola paket untuk JavaScript. Jadi, dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki Yarn, apakah harus berpindah dari NPM ke Yarn? Tidak juga, semua disesuaikan dengan kebutuhan Anda serta yang mana yang terbiasa Anda gunakan.

Untuk mendapatkan informasi lainnya tentang pengembangan aplikasi dan web, yuk ikuti terus web kami di appkey.id agar tidak ketinggalan!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya