Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteFront endGatsby JS, static site generator dengan memanfaatkan ReactJS

Gatsby JS, static site generator dengan memanfaatkan ReactJS

-

Perkembangan internet telah mendorong hampir semua pihak untuk memiliki eksistensi di dunia maya ini. Salah satu cara untuk mempertegas eksistensi tersebut adalah dengan situs web milik sendiri. Jika Anda sedang mencari cara untuk membuat web sederhana, saat ini telah muncul solusi static site generator atau SSG yang mampu mempercepat pembangunan dan pengelolaan situs web Anda. Salah satu layanan SSG adalah Gatsby JS yang kali ini akan kami bahas. Penasaran ingin tahu lebih lanjut? Simak artikel kami berikut ini!

Apa itu Gatsby JS Static Site Generator?

gatsby js

Sebelum membahas lebih lanjut, mungkin ada baiknya kita mengenal sedikit tentang situs web statis. Website statis adalah situs web yang kontennya bersifat statis dan sepenuhnya diproses di sisi klien, jadi kontennya sama untuk seluruh pengunjung. Situs web statis cocok diterapkan jika Anda memiliki konten yang tidak memerlukan pemrosesan data pengguna. Contohnya seperti situs web yang memuat informasi dasar tentang suatu perusahaan atau situs web yang isinya kebanyakan artikel dan berita.

Saat ini, banyak yang memanfaatkan static site generator (SSG) untuk pembuatan website statis karena dapat mempercepat performa situs web dan membebaskan penggunanya untuk membuat konten dengan berbagai format. Hal ini karena pada situs yang dibuat dengan SSG, konten-konten  dan template situs web dipisahkan dengan jelas. Saat halaman web di-build, konten dan template baru akan digabungkan untuk kemudian dikirim ke web server atau object storage service seperti Amazon S3, Netlify atau Gatsby Hosting. Arsitektur website seperti ini disebut Jamstack. Pada Jamstack, sisi frontend yang memuat JavaScript, HTML dan CSS serta backend yang berisi content API dipisahkan. Konten-konten di situs web akan masuk ke dalam API sehingga dapat digunakan oleh berbagai aplikasi dan layanan seperti SSG untuk menghasilkan halaman web.

Artikel Terkait  Vue.js : Framework untuk Pengembangan UI pada Sebuah Website
Artikel Terkait  Javascript dan CSS : Tutorial Simpel Membuat Website Dark Mode

Beberapa keunggulan yang dimiliki arsitektur Jamstack yaitu tidak menggunakan basis data untuk menyimpan konten sehingga aman dari serangan database, serta dapat di-hosting di web server biasa atau menggunakan layanan manajemen konten pihak ketiga.

Gatsby JS adalah salah satu framework yang memungkinkan pembuatan website statis dengan memanfaatkan React dan platform Gatsby Cloud yang membuat website dapat dibangun dan dipublikasi dengan cepat. Gatsby JS memadukan fungsi-fungsi dari React untuk antarmuka JavaScript dan GraphQL untuk pemrosesan data. Selain itu, Gatsby didukung dokumentasi dan komunitas yang mumpuni serta banyak plugin pihak ketiga yang dapat membantu pembuatan situs web.

Gatsby JS dapat mengolah dari berbagai sumber, seperti Content Management System (CMS), Markdown, dan lain-lain. Selain itu, Gatsby juga mampu membuat performa website lebih cepat. Untuk mencapainya, Gatsby hanya akan memuat elemen-elemen HTML, CSS, JavaScript, serta data-data yang penting saja. Setelah proses pemuatan selesai, Gatsby akan segera menyiapkan data-data pada halaman lainnya, sehingga pengunjung dapat menjelajahi situs web tanpa perlu menunggu lama.

Fitur-fitur Gatsby

1. Kombinasi data dari mana saja

Gatsby membuat pengembang situs web dapat memadukan data dari sumber-sumber berbeda dan memprosesnya di satu tempat. Pembuat situs dapat mengambil data untuk website dari Shopify, WordPress, Stripe dan sumber lainnya..

2. Situs dapat dimuat lebih cepat

Dalam membuat website statis, Gatsby mengutamakan pemuatan halaman web dan konten-konten yang penting serta menunda pemuatan elemen yang kurang penting. Dengan mekanisme ini website Gatsby akan memiliki performa yang jauh lebih tinggi dan SEO yang baik.

Artikel Terkait  Teknik Dasar jQuery JavaScript untuk membuat Website yang Menarik!

3. Aman dan dapat berkembang sesuai kebutuhan

Gatsby memiliki jaringan cloud hosting yaitu Gatsby Cloud yang memiliki kemampuan skalabilitas terkini, sehingga dapat menangani lalu lintas data yang besar, melindungi data dari celah-celah keamanan, dan membuat pengaksesan website menjadi lebih cepat untuk pengunjung.

Artikel Terkait  Apakah Perbedaan Website dengan Web App? Yuk Simak!

4. Proses pembangunan yang mudah

Pembangunan aplikasi web dengan Gatsby dapat dilakukan lebih mudah dengan memanfaatkan  tema yang memuat komponen-komponen siap pakai atau dari starter yaitu situs web setengah jadi, serta dukungan plugin yang beragam. Plugin yang tersedia di antaranya untuk data dari CMS seperti WordPress atau Contentful, integrasi tools, dan pengelola gambar.

Memulai membangun website dengan Gatsby JS

Pada bagian ini kami akan membahas sedikit tentang pembangunan website menggunakan Gatsby. Langkah-langkah yang kami paparkan di sini dikutip dari tutorial resmi Gatsby JS yang memuat setiap tahapan dengan lebih lengkap.

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah menginstal Node.js, Git, text editor untuk koding, dan Gatsby CLI. Untuk Gatsby CLI bisa Anda instal menggunakan node package manager (npm) yang sudah termasuk dalam Node.js. Penginstalan Gatsby CLI dilakukan dengan mengetik perintah berikut pada command prompt atau terminal di komputer Anda:

npm install -g gatsby-cli

Anda dapat memulai pembuatan website Gatsby dengan starter seperti gatsby-starter-default. Starter adalah situs web setengah jadi yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Namun jika ingin membangun semuanya dari awal, Anda bisa mengeksekusi perintah berikut pada direktori tempat proyek Anda akan dibangun (masih di command prompt):

gatsby new

Setelah menjalankan perintah di atas, Anda akan diarahkan ke proses setup interaktif untuk menentukan nama website, folder untuk tempat aset website, pilihan untuk menggunakan JavaScript atau TypeScript, penambahan CMS dan styling system, serta penginstalan plugin. Setelah proses pembuatan situs berhasil, jalankan situs Anda dengan mengeksekusi perintah:

gatsby develop

Situs Anda akan dapat dilihat pada server pengembangan lokal (komputer tempat Anda menjalankan perintah di atas) dengan mengunjungi alamat yang tertera pada hasil eksekusi perintah di web browser, biasanya http://localhost:8000. Situs akan terus aktif selama server pengembangan tersebut berjalan. Untuk menghentikannya, buka kembali command prompt, kemudian tekan Ctrl+C secara bersamaan pada keyboard.

Artikel Terkait  HTML 5 adalah? Pengertian dan Fungsi HTML
Artikel Terkait  Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Untuk mengaktifkan website Anda menggunakan Gatsby Cloud, langkah-langkahnya secara garis besar adalah sebagai berikut:

  1. Buat akun di Gatsby Cloud.
  2. Manfaatkan akun GitHub untuk membuat repository khusus untuk website Gatsby JS, lalu push proyek website Gatsby Anda ke repository tersebut (langkah-langkahnya dapat Anda temukan pada artikel kami sebelumnya).
  3. Hubungkan akun Gatsby Cloud Anda dengan GitHub.
  4. Pilih situs yang ada pada repository GitHub website Anda ke Gatsby Cloud.
  5. Sesuaikan beberapa pengaturan yang diminta jika diperlukan, klik Next, lalu klik Build Site.
  6. Anda akan kembali dibawa ke dashboard akun Gatsby Cloud dimana Anda dapat melihat situs web yang sedang di-deploy, lengkap dengan alamat situs yang dapat dikunjungi oleh siapa saja.

Setelah proses deployment, situs Anda akan diperbarui secara otomatis setiap kali ada push ke cabang main di repository situs Gatsby Anda.

Penutup

Itulah sedikit pembahasan kami mengenai Gatsby JS, salah satu solusi yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat situs web statis. Keunggulan Gatsby di antaranya memungkinkan  performa website yang tinggi dan memungkinkan Anda untuk mengelola dan menyebarkan konten dengan cara Anda sendiri. Jadi bagaimana, tertarik menggunakan Gatsby untuk website Anda?

Jangan lupa untuk selalu ikuti appkey.id agar tidak ketinggalan pembahasan terbaru mengenai pengembangan aplikasi dan web!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya