Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Teknologi Web 8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

-

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang keperpustakaan dengan membaca buku, majalah, artikel koran, dan referensi lainnya yang disediakan untuk menemukan informasi yang dibutuhkan.

Seiring berjalannya waktu, teknologi pun semakin berkembang. Kini, pencarian informasi bisa dilakukan secara mudah, hanya melalui perangkat smartphone yang terhubung internet. Lalu memasukan kata kunci kesebuah search engine adalah dengan menekan satu klik. Maka, seketika search engine akan menampilkan hasil pencarian berupa informasi-informasi yang tersedia dari beberapa website yang relevan dengan permintaan pencarian.

Artikel Terkait  Apa Itu Composer? Bagaimana Menggunakannya untuk Manajemen Proyek PHP?

Salah satu contoh search engine membuat segala informasi apapun, menjadi mudah dan cepat ditemukan. Apalagi, sekarang ini telah banyak pilihan search engine yang tersedia. Meski, ratingnya masih jauh dibawah google, setidaknya bisa menjadi bahan pertimbangan dan sebagai alternatif terbaik dalam pencarian.

Sampai saat ini, ada 8 contoh search engine terbaik dan terpopuler di Indonesia. Namun, sebelum menilik kedelapan search engine tersebut. Ada baiknya, kita bahas pengertian search engine terlebih dahulu.

Pengertian Search Engine

pengertian-search
Ketika berbicara mengenai search engine adalah entah mengapa pikiran kebanyakan orang masih tertuju kepada google. Walaupun, memang google adalah salah satu dari search engine yang ada diinternet.

Tetapi, untuk menjelaskan pengertian search engine secara umum, tidak hanya google sebagai acuannya. Supaya tidak salah persepsi. Yuk, simak pengertian search engine berikut ini. Search engine, jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, artinya mesin pencari.

Mesin pencari adalah sistem software yang digunakan untuk proses pencarian data atau informasi diworld wide web (WWW). Hasil pencarian yang diterima user berupa kumpulan informasi dari beberapa website. Hasil pencarian dari search engine inilah yang disebut dengan SERPs.

Selain informasi dari website, informasi yang diberikan bisa dalam bentuk gambar, video, berita, maps, dan suara. Search engine besar seperti google, melakukan pendataan informasi secara akurat dengan menggunakan bantuan algoritma.

Menurut pengertian yang lain, search engine adalah software yang diakses internet yang digunakan untuk mencari database informasi. Hasil pencarian yang diberikan search engine berupa daftar informasi yang paling relevan sesuai dengan permintaan pencarian user.

Sistem Kerja Search Engine

Search engine didalamnya berisi jutaan atau miliaran halaman web yang tersimpan. Search engine akan menampilkan hasil pencarian terbaik dari beberapa halaman web yang paling sesuai dengan permintaan pencarian pencari. Hasil pencarian yang diberikan kepada si pencari, ditentukan oleh berbagai algoritma yang bekerja.

Artikel Terkait  Mengetahui Penggunaan Fungsi Explode dan Implode Pada PHP

Sebagai ilustrasi, semua data didalam search engine merupakan data yang telah dikumpulkan spider atau crawler. Spider atau Crawler mengunjungi setiap laman internet dan mengumpulkan informasinya sekaligus membuat jaringan.

Setelah halaman dicrawl, data yang terdapat dalam halaman web akan diproses dan disimpan pada indeks atau katalog. Data yang sudah dikumpulkan akan diproses dan digunakan untuk menentukan urutan halaman web dalam hasil pencarian.

Setelah data diproses, data dibagi lagi menjadi beberapa file atau berkas, lalu dimasukan dan disimpan didalam database atau disimpan di memori search engine. Kemudian, data akan diakses lagi, ketika ada permintaan pencarian.

8 Contoh Search Engine Terbaik di Indonesia

google
Berdasarkan data yang diambil dari statcounter Indonesia, ternyata ada banyak macam search engine yang digunakan oleh pengguna internet di Indonesia. Berikut 8 contoh search engine terbaik yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Google

Siapa yang tak kenal dengan google. Hampir semua pengguna internet diseluruh dunia, termasuk di Indonesia pasti kenal dan pernah menggunakan search engine raksasa yang satu ini.

Google merupakan search engine paling besar dan populer yang mendunia. Di Indonesia, market share google sebesar 97.97%. Hal ini menunjukkan bahwa google search engine paling banyak di Indonesia.

Mengapa google menjadi search engine yang paling populer dan paling banyak digunakan dari dulu hingga sekarang? Hal ini karena, hasil pencarian yang diberikan kepada pengguna paling relevan dibandingkan dengan search engine yang lain, sehingga banyak dipercaya oleh pengguna internet kebanyakan.

Begitu dipercayanya google dalam memberikan segala informasi dan tahu segalanya. Maka tak heran, di Indonesia google disebut “Mbah Google”. Hingga tahun 2020 search engine google mempunyai 8 algoritma yang sangat canggih.

Kedelapan algoritma itu adalah Bert, EAT, YMYL, panda, penguin, pigeon, hummingbird, dan rank brain. Algoritma tersebut selalu diupdate secara terus-menerus untuk meningkatkan relevansi pencarian.

Bing

Bing salah satu contoh search engine terbaik lainnya. Search engine paling tepat sebagai pengganti google. Saat ini, Bing semakin banyak digunakan user internet di Indonesia. Bing adalah produk yang diluncurkan microsoft sebagai “jawaban” untuk google dalam pengembangan search engine.

Kelebihan Bing

• Interface yang dapat diubah sendiri oleh para penggunanya.

• Search engine ini memiliki fitur reading mode yang digunakan untuk mengatur tampilan full screen saat membaca.

• Memiliki potensi pasar yang sangat besar, mengingat bing merupakan search engine default pada sistem operasi windows.

Terlepas dari kelebihan, sejatinya perjalanan bing masih panjang untuk dapat bersaing dengan google, terutama dalam hal relevansi hasil pencarian. Bing merupakan rebranding dari search engine microsoft yang sebelumnya, seperti MSN search, windows live search, dan live search.

Yahoo!

Pada awalnya, nama yahoo sudah dipatenkan oleh perusahaan saus barbeque dan perusahaan karet. Oleh sebab itu, namanya terpaksa diubah dengan menambahkan tanda seru pada nama yahoo, maka menjadi yahoo!.

Yahoo penyedia layanan email yang sudah lama dikenal diseluruh dunia. Selain penyedia layanan email gratis, yahoo juga mempunyai layanan search engine yahoo! search. Halaman hasil pencarian yahoo! search lebih mirip portal berita pada halaman hasil pencarian google.

Jika tadi disebutkan, bing bersaing dengan google. Faktanya, dalam tingkat popularitas bing lebih bersaing dengan yahoo! search. Persentase market share yahoo! di Indonesia sampai dengan Mei 2020 sebesar 0,8%. Sedangkan, market share bing di Indonesia sampai dengan Mei 2020 sebesar 0,3%. Dengan demikian, yahoo berada diurutan kedua setelah google.

DuckDuckGo (DDG)

DDG
Selanjutnya, ada search engine duckduckgo salah satu alternatif search engine untuk google, jika google sedang mengalami traffic. DuckDuckGo tidak mempunyai indeks atau katalog pencarian sendiri.

Hasil pencarian yang diberikan kepada pengguna internet diambil dari berbagai sumber lain seperti dari google, yahoo, atau bing. Hal ini jelas, menjadikan DuckDuckGo masih jauh jaraknya dengan google.

Kelebihan DuckDuckGo adalah interface yang baik, tidak banyak iklan, dan tidak melacak identitas penggunanya. Tentunya, hal ini merupakan komitmen dari DDG untuk menjaga privasi para penggunanya.

Hal sama dengan slogannya yang bertuliskan “The search engine that doesn’t track you”. Dengan kelebihan yang ditawarkan, maka tak heran DDG cukup populer di Indonesia. Persentase market share DuckDuckGo di Indonesia sampai dengan Mei 2020 sebesar 0.22%, sehingga menempatkan DDG berada diurutan keempat teratas statcounter Indonesia tahun 2020.

Baidu

Baidu adalah contoh search engine dari Cina yang produk dan layanannya mirip dengan google. Oleh karena itu, disebut dengan google Cina.

Dinegara asalnya, baidu merupakan search engine yang paling menguasai ketimbang yang lainnya. Hal itu terbukti dengan persentase market share baidu di Cina lebih dari 80%, unggul jauh dari google dan bing.

Sementara itu, sejak tahun 2013, tingkat popularitas baidu di Indonesia masih terbilang kecil, dengan persentase market share 0.03%. Baidu menyediakan berbagai fasilitas untuk pencarian berupa website, gambar, video, dan file audio dalam bahasa Mandarin.

Yandex

Yandex diluncurkan pada tahun 1997 di Russia. Contoh search engine ini menjadi raja di Rusia dan paling mendominasi dibeberapa negara sekitarnya seperti di Ukraina, Belarus, Kazakhstan, dan Turki.

Sedangkan, persentase market share yandex di Indonesia semakin terus naik, dengan persentase per Mei 2020 sebesar 0.68 %. Hal ini menjadikan Yandex menempati urutan ketiga sebagai search engine yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia.

Cara menggunakan search engine ini cukup mudah bagi para pengguna internet diluar negara berbahasa Rusia. Search engine ini menawarkan berbagai layanan seperti mail, maps, images, video, dan translate.

Ask

Search engine ini sebelumnya dikenal nama Ask Jeeves. Seperti search engine yang lainnya, ask berfungsi untuk memberikan segala informasi. Tetapi, tingkat akurasi hasil pencariannya masih kalah jauh dibandingkan dengan google, yahoo, dan bing.

Sistemnya berdasarkan pada format tanya-jawab atau jajak pendapat. Dimana sebagian besar pertanyaan akan djiawab oleh pengguna lain.

Ecosia

Ecosia adalah contoh search engine dari Berlin, Jerman. Teknologi search enginenya seperti google. Tetapi dari sisi lain, perusahaan ecosia adalah perusahaan sosial yang mendonasikan 80%.

Keuntungan yang diperoleh dari bisnis dan iklan untuk menjalankan program penanaman pohon dan pemberdayaan masyarakat diseluruh dunia, seperti di Ethiopia, Spanyol, Indonesia, Brazil, dan di berbagai belahan dunia lainnya.

Artikel Terkait  Apa itu RPL? Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Jurusan RPL

Hasil pencariannya dari bing dan disempurnakan oleh algoritma ecosia sendiri. Saat ini, tersedia sebagai web browser atau aplikasi mobile pada Android, iOS, PC, dan Mac. Ecosia adalah contoh search engine yang menjaga privasi para penggunanya.

Penelusuran dienkripsi, pengguna tidak harus membuat profil pribadi, dan tidak menggunakan alat pelacakan eksternal seperti google analytics. Para pengguna internet di Indonesia yang bosan dengan search engine yang sudah mainstream, bisa mencoba search engine yang satu ini.

Kesimpulan

Pada artikel kali ini, telah kami jelaskan bahwa ada 8 contoh search engine terbaik yang ada di Indonesia. Adapun dari kedelapan search engine itu 5 diantaranya memiliki tingkat popularitas yang tinggi dan berada diurutan teratas berdasarkan statcounter Indonesia.

Sedangkan, 3 search engine lain yang menurut kami adalah search engine terbaik, namun masih diluar 5 besar statcounter, karena popularitasnya masih rendah. Selain dari kedelapan search engine tersebut, sebenarnya masih ada nama-nama search engine lain yang bisa dijadikan alternatif seperti startpage, AOL, dan search engine produk lokal geevv.

Setidaknya kita tahu bahwa didunia, khususnya di Indonesia, selain google ternyata ada juga search engine yang lain yang bisa dijadikan alternatif untuk searching informasi diinternet. Beberapa alternatif search engine ini memiliki penggemarnya tersendiri yang sudah merasa nyaman memakainya.

Tidak salah, jika kita pun mencoba beberapa alternatif search engine tersebut untuk searching diinternet. Terutama untuk geevv, ada baiknya seluruh masyarakat Indonesia yang suka berselancar didunia maya mencoba search engine buatan lokal ini.

Supaya Geevv semakin tumbuh dan berkembang lagi kedepannya. Minimal dapat 2 persen market share Indonesia, maka itu akan membantu geevv untuk tetap ada dan tidak digilas oleh dominasi raksasa search engine lain seperti google. Demikianlah, informasi yang sedikit ini kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.
[jasa-pembuatan-website]


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya