Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi AndroidRekomendasi Software Photo Editing Gratis di 2023

Rekomendasi Software Photo Editing Gratis di 2023

-

Last Updated on August 18, 2023 by

Photo editing atau edit foto adalah salah satu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Apalagi sekarang banyak orang yang membagikan kenangan atau meng update tentang hidupan sehari-hari di sosial media.

Ada masanya kita merasa kalau foto yang kita ambil langsung tidak sesuai harapan kita, maka dari itu photo editing adalah jalan keluar untuk masalah ini. Berikut adalah rekomendari software yang gratis yang berguna untuk membantu kalian mengedit foto. Yuk simak selengkapnya!

photo editing

Photo by Le Buzz Studio on Unsplash

GIMP

GIMP adalah singkatan dari “GNU Image Manipulation Program.” adalah perangkat lunak penyunting grafis raster yang gratis dan bersifat sumber terbuka yang digunakan untuk tugas seperti penyempurnaan foto, photo editing, komposisi gambar, dan pembuatan gambar. GIMP menawarkan berbagai alat dan fitur yang mirip dengan perangkat lunak penyunting grafis berbayar seperti Adobe Photoshop.

GIMP mendukung berbagai format file dan menyediakan alat-alat untuk tugas seperti meresize gambar, memotong, koreksi warna, pelapisan, menambahkan teks dan lainnya. Ini adalah alat yang kuat yang digunakan oleh seniman, desainer, fotografer dan siapa pun yang perlu bekerja dengan gambar dan grafis.

Sebagai perangkat lunak sumber terbuka, GIMP tersedia untuk beberapa sistem operasi dan secara aktif dikembangkan dan dijaga oleh komunitas sukarelawan. Fleksibilitas dan aksesibilitasnya telah membuatnya menjadi pilihan populer bagi mereka yang membutuhkan kemampuan penyuntingan gambar yang tangguh tanpa biaya yang terkait dengan perangkat lunak propietari.

photo editing

Photo by Nikias Tinner on Unsplash

Kelebihan GIMP

Berikut adalah beberapa kelebihan GIMP.

Gratis dan Sumber Terbuka: GIMP dapat diunduh dan digunakan tanpa biaya membuatnya tersedia bagi siapa saja tanpa harus membayar lisensi.

Fitur Lengkap: GIMP menyediakan beragam alat dan fitur yang serupa dengan perangkat lunak penyunting gambar komersial, seperti lapisan, pemilihan, perbaikan warna dan efek khusus.

Komunitas Besar: Sebagai perangkat lunak sumber terbuka, GIMP didukung oleh komunitas pengembang dan pengguna yang aktif. Ini berarti ada sumber daya, tutorial dan dukungan yang banyak tersedia secara online.

Artikel Terkait  Emoji: Atasi Rasa Bosan dengan Aplikasi Android Berikut

Dukungan Format File: GIMP mendukung banyak format file gambar populer, termasuk format berkecepatan tinggi seperti RAW.

Fleksibel dan Kustomisasi: GIMP dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pengguna melalui pengaturan, plugin, dan skrip yang dapat dibuat sendiri.

Multiplatform: GIMP dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti Windows, macOS dan Linux.

Pengolahan Teks dan Grafis: GIMP memiliki kemampuan untuk menambahkan teks dan membuat grafis vektor sederhana.

Kekurangan GIMP

Berikut adalah kekurangan GIMP.

Antarmuka Pengguna yang Rumit: Beberapa pengguna mungkin menganggap antarmuka GIMP lebih rumit atau sulit dibandingkan dengan perangkat lunak komersial tertentu.

Kurangnya Beberapa Fitur Lanjutan: Meskipun GIMP memiliki banyak fitur, beberapa fitur lanjutan mungkin tidak seterjangkau perangkat lunak komersial tertentu.

Kinerja: Pada beberapa tugas yang sangat kompleks, GIMP mungkin bisa sedikit lebih lambat dibandingkan dengan perangkat lunak komersial yang dioptimalkan.

Ketersediaan Pelatihan Resmi: Meskipun ada banyak sumber daya online, GIMP mungkin tidak memiliki sumber daya pelatihan resmi sekomprehensif seperti yang ada pada beberapa perangkat lunak komersial.

Kompatibilitas dengan Dokumen Adobe: Beberapa fitur atau format yang spesifik untuk produk Adobe mungkin tidak sepenuhnya terdukung dalam GIMP.

Paint.NET

Paint.NET adalah perangkat lunak pengeditan gambar raster yang dikembangkan untuk platform Windows. Paint.NET adalah perangkat lunak gratis yang dirancang untuk memberikan alat photo editing yang lebih canggih daripada program Paint bawaan Windows tetapi lebih sederhana daripada perangkat lunak profesional seperti Adobe Photoshop.

Kelebihan Paint.NET

Berikut adalah kelebihan Paint.NET

Gratis: Paint.NET adalah perangkat lunak gratis yang dapat diunduh dan digunakan tanpa biaya.

Antarmuka yang Intuitif: Antarmuka pengguna yang mudah dipahami membuatnya cocok untuk pengguna pemula dan yang lebih berpengalaman.

Plugin Tambahan: Dukungan untuk plugin memungkinkan pengguna untuk menambahkan fitur dan efek sesuai kebutuhan mereka.

Kekurangan Paint.NET

Berikut adalah kelemahan Paint.NET

Hanya untuk Windows: Paint.NET hanya tersedia untuk platform Windows sehingga tidak dapat diakses oleh pengguna macOS atau Linux.

Tidak Sebanyak Fitur Adobe Photoshop: Meskipun Paint.NET memiliki banyak fitur, ia tidak seterperinci dan sekomprehensif Adobe Photoshop dalam hal fungsionalitas pengeditan yang lebih lanjut.

Pixlr

Pixlr adalah aplikasi photo editing dan gambar online yang dapat diakses melalui browser web atau diunduh sebagai aplikasi berbasis perangkat seluler. Ini merupakan salah satu solusi populer untuk melakukan pengeditan gambar dengan cepat dan mudah tanpa perlu menginstal perangkat lunak pengeditan gambar yang kompleks.

Artikel Terkait  Website Development Adalah? Pengembang Web?

Kelebihan Pixlr

Berikut adalah kelebihan dari Pixlr.

Akses Mudah: Tidak perlu mengunduh atau menginstal perangkat lunak, cukup akses melalui browser web atau aplikasi seluler.

Antarmuka User-Friendly: Antarmuka yang mudah digunakan menjadikannya ramah bagi pengguna dengan berbagai tingkat pengalaman.

Cocok untuk Penggunaan Cepat: Bagi mereka yang memerlukan pengeditan gambar cepat dan sederhana, Pixlr merupakan pilihan yang baik.

Kekurangan Pixlr

Berikut adalah kekurangan dari Pixlr.

Keterbatasan Fungsionalitas: Meskipun memiliki berbagai alat pengeditan, Pixlr mungkin tidak menyediakan fitur sekomprehensif perangkat lunak pengeditan gambar profesional.

Dibutuhkan Koneksi Internet: Akses web diperlukan untuk menggunakan platform ini.

Photoshop Express

Adobe Photoshop Express adalah aplikasi pengeditan foto yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Ini adalah versi ringan dari perangkat lunak pengeditan gambar yang lebih kuat dan kompleks, yaitu Adobe Photoshop. Photoshop Express dirancang untuk memberikan pengguna pengalaman pengeditan yang lebih sederhana dan cepat dengan fokus pada pemrosesan gambar dasar dan efek.

Kelebihan Photoshop Express

Berikut adalah kelebihan dari Photoshop Express.

Sederhana dan Intuitif: Antarmuka yang mudah digunakan cocok untuk pengguna dengan berbagai tingkat keahlian.

Pengeditan Cepat: Cocok untuk pengguna yang ingin melakukan pengeditan gambar sederhana secara cepat.

Dukungan Seluler: Tersedia dalam bentuk aplikasi seluler sehingga memungkinkan photo editing di ponsel.

Kekurangan Photoshop Express

Berikut adalah kekurangan dari Photoshop Express.

Keterbatasan Fungsionalitas: Tidak sekompleks Photoshop asli, Photoshop Express lebih berfokus pada pengeditan gambar dasar.

Dibutuhkan Adobe ID: Untuk menggunakan beberapa fitur dan untuk menyimpan gambar, pengguna memerlukan Adobe ID.

Adobe Lightroom Mobile App

Adobe Lightroom Mobile App adalah aplikasi pengeditan foto yang dikembangkan oleh Adobe Systems, dirancang khusus untuk perangkat seluler (smartphone dan tablet). Ini adalah versi seluler dari perangkat lunak pengeditan gambar profesional Adobe Lightroom yang lebih lengkap. Lightroom Mobile App memungkinkan pengguna untuk mengedit, mengatur dan berbagi foto secara efisien di perangkat seluler mereka.

Kelebihan Adobe Lightroom Mobile App

Berikut adalah kelebihan dari Adobe Lightroom Mobile App

Pengeditan Lanjutan: Menyediakan alat pengeditan canggih yang lebih dekat dengan versi desktop Lightroom.

Sinkronisasi Cloud: Kemampuan untuk menyimpan dan mengakses foto dan pengaturan dari berbagai perangkat.

Mobilitas: Memungkinkan pengguna untuk melakukan pengeditan foto yang signifikan di perangkat seluler mereka.

Artikel Terkait  Tutorial Mudah Membuat ListView Android Studio

Kekurangan Adobe Lightroom Mobile App

Berikut adalah kekurangan dari Adobe Lightroom Mobile App

Kompleksitas: Meskipun disederhanakan untuk perangkat seluler, pengeditan foto lanjutan masih memerlukan pemahaman tentang pengaturan dan konsep dasar pengeditan.

Langganan Creative Cloud: Beberapa fitur mungkin memerlukan langganan Creative Cloud untuk digunakan.

Kesimpulan

Artikel ini telah membahas berbagai perangkat lunak pengeditan foto yang dapat digunakan untuk mengedit gambar dan foto. Pada zaman di mana berbagi momen dan konten di media sosial menjadi umum, pengeditan foto menjadi hal penting untuk menciptakan hasil yang sesuai dengan harapan kita. Beberapa perangkat lunak yang direkomendasikan untuk pengeditan foto adalah GIMP, Paint.NET, Pixlr, Photoshop Express dan Adobe Lightroom Mobile App.

GIMP singkatan dari “GNU Image Manipulation Program,” adalah perangkat lunak photo editing gratis dan sumber terbuka yang menawarkan alat dan fitur serupa dengan perangkat lunak komersial seperti Adobe Photoshop. Meskipun memiliki antarmuka yang kuat dan beragam fitur, GIMP mungkin lebih rumit dan kurang memiliki beberapa fitur lanjutan.

Paint.NET adalah perangkat lunak pengeditan gambar raster yang sederhana dan gratis cocok untuk pengguna Windows yang mencari alat pengeditan yang lebih canggih daripada Paint bawaan Windows tetapi lebih sederhana daripada Photoshop.

Pixlr adalah aplikasi pengeditan foto online yang dapat diakses melalui browser web atau sebagai aplikasi seluler. Ini adalah solusi cepat dan mudah untuk pengeditan gambar meskipun mungkin tidak sekomprehensif perangkat lunak pengeditan gambar profesional.

Adobe Photoshop Express adalah versi ringan dari Adobe Photoshop yang dirancang untuk pengeditan gambar dasar dan efek. Meskipun tidak sekompleks versi penuh Photoshop, aplikasi ini menyediakan alat pengeditan yang sederhana dan cepat.

Adobe Lightroom Mobile App adalah aplikasi pengeditan foto yang cocok untuk perangkat seluler dan memungkinkan pengguna untuk melakukan pengeditan lanjutan dan sinkronisasi antara perangkat dengan versi desktop Adobe Lightroom.

Penting untuk memilih perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keahlian kalian dalam photo editing.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya