Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi Android5 Aplikasi Untuk Mengecek Kualitas Udara, Selamatkan Ragamu

5 Aplikasi Untuk Mengecek Kualitas Udara, Selamatkan Ragamu

-

Last Updated on August 19, 2023 by

Kualitas udara merupakan hal yang perlu diperhatikan agar kita dapat mengantisipasi hal-hal apa saja yang perlu kita lakukan untuk menjaga diri kita agar tetap selalu sehat. Seperti kata pepatah “Kesehatan itu mahal”. Jika kita selalu sehat, semua aktifitas kita akan berjalan dengan lancar dan tidak akan melewatkan momen berharga dalam hidup.

Lalu bagaimana jika kita sakit? Semua kegiatan keseharian kita akan menjadi kacau balau, alih-alih kita dapat bekerja untuk mendapatkan uang, justru ketika sakit, kita akan mengeluarkan uang yang cukup banyak dan itupun belum tentu sembuh hanya dengan satu kali datang ke dokter.

Untuk mencegah, mengatasi atau menghindari hal tersebut, kita membutuhkan sesuatu yang dapat kita gunakan untuk mengukur kualitas udara. Di zaman yang serba modern saat ini, terdapat beberapa aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk mengecek kualias udara. Mau tahu apa saja aplikasi tersebut? Yuk simak!

kualitas udara

Photo by Anne Nygard on Unsplash

Plume Labs

Aplikasi ini dikembangkan oleh Perusahaan yang bernama serupa yaitu Plume Labs. Perusahaan ini adalah perusahaan teknologi yang fokus pada solusi berbasis data untuk masalah lingkungan dan kesehatan. Mereka dikenal terutama karena pengembangan produk dan layanan yang mengukur dan menganalisis polusi udara serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang kualitas udara di sekitar mereka.

Aplikasi Plume Labs ini umumnya terkait dengan pemantauan dan informasi mengenai kualitas udara. Aplikasi ini dapat memberikan pengguna informasi real-time tentang tingkat polusi udara di lokasi mereka, memberikan peringatan tentang kondisi udara yang buruk dan membantu pengguna membuat keputusan yang lebih baik terkait aktivitas luar ruangan berdasarkan data kualitas udara yang terukur.

Air Visual

AirVisual adalah sebuah aplikasi yang menyediakan informasi tentang kualitas udara di berbagai lokasi di seluruh dunia. Aplikasi ini memantau dan melaporkan tingkat polusi udara, konsentrasi partikel PM2.5 dan indeks kualitas udara (AQI) untuk membantu pengguna memahami seberapa baik atau buruk kualitas udara di sekitar mereka.

Aplikasi AirVisual biasanya menggunakan data dari berbagai sumber termasuk sensor udara, pengamat cuaca dan stasiun pemantauan udara resmi untuk memberikan informasi yang akurat dan terkini tentang polusi udara.

Artikel Terkait  Membuat Aplikasi Online Shop dan Delivery Profesional

Melalui aplikasi AirVisual, pengguna dapat memantau perubahan kualitas udara dari waktu ke waktu, menerima peringatan jika ada perubahan signifikan dalam kondisi udara dan mengambil tindakan yang sesuai untuk melindungi kesehatan mereka terutama pada hari-hari dengan kualitas udara yang buruk. Aplikasi ini juga dapat memberikan rekomendasi tentang kapan sebaiknya menggunakan masker anti-pollutant atau mengurangi aktivitas di luar ruangan.

AirVisual tidak hanya memberikan informasi tentang kualitas udara saat ini tetapi juga dapat memberikan perkiraan kualitas udara untuk beberapa hari ke depan. Dengan demikian aplikasi ini membantu pengguna merencanakan aktivitas mereka dengan lebih bijak berdasarkan kondisi udara yang ada.

kualitas udara

Photo by Tim van der Kuip on Unsplash

Air Care

Air Care App adalah aplikasi mobile yang dirancang untuk memberikan informasi tentang kualitas udara di suatu area atau lokasi tertentu. Aplikasi semacam ini biasanya mengumpulkan data tentang tingkat polusi udara, konsentrasi partikel, zat kimia berbahaya dan parameter lain yang mempengaruhi kualitas udara.

Aplikasi Air Care sering kali memberikan pengguna dengan informasi real-time atau perkiraan tentang seberapa bersih atau tercemar udara di sekitar mereka. Hal ini dapat membantu individu atau komunitas untuk mengambil langkah-langkah untuk melindungi kesehatan mereka dengan menghindari area yang memiliki kualitas udara buruk atau berpartisipasi dalam upaya untuk mengurangi polusi udara.

Beberapa fitur umum yang dapat dimiliki oleh aplikasi Air Care yaitu:

Indeks Kualitas Udara: Aplikasi dapat memberikan indeks atau peringkat tentang seberapa baik atau buruk kualitas udara pada suatu lokasi sering kali dengan warna kode yang mudah dipahami.

Data Pemantauan: Aplikasi dapat menampilkan data aktual dari stasiun pemantau udara, termasuk tingkat partikel PM2.5, PM10, ozon, nitrogen dioksida dan zat lainnya.

Ramalan Kualitas Udara: Beberapa aplikasi dapat memberikan ramalan tentang bagaimana kualitas udara diperkirakan akan berubah dalam beberapa jam atau hari mendatang.

Saran dan Rekomendasi: Aplikasi mungkin memberikan saran tentang tindakan yang bisa diambil untuk melindungi diri dari polusi udara seperti menghindari aktivitas luar ruangan saat kualitas udara buruk.

Artikel Terkait  Membentuk Tim Pengembangan Aplikasi Android dengan Tepat

Pemetaan Data: Aplikasi dapat memetakan area-area dengan kualitas udara baik dan buruk, memberikan panduan visual bagi pengguna.

Air Quality & Pollen

Air Quality & Pollen app adalah aplikasi yang dirancang untuk memberikan informasi tentang kualitas udara dan tingkat serbuk sari (pollen) di suatu wilayah atau lokasi tertentu. Aplikasi ini biasanya mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti lembaga lingkungan, stasiun pemantauan udara dan prediksi cuaca untuk memberikan pengguna informasi tentang tingkat polusi udara, komposisi udara serta potensi alergi akibat serbuk sari.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat memantau tingkat kualitas udara di sekitar mereka, memahami risiko kesehatan yang terkait dengan polusi udara dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri mereka sendiri. Aplikasi semacam ini juga dapat memberikan peringatan atau rekomendasi saat tingkat polusi udara atau serbuk sari mencapai tingkat yang berpotensi berdampak buruk pada kesehatan.

Nafas

Aplikasi ini dibuat oleh Piotr Jakubowski dan Nathan Roestandy. Dibutuhkan setidaknya dua tahun untuk mengembangkan aplikasi ini. Cikal bakal dari aplikasi ini adalah ketika Piotr dan Nathan sedang berada di China mereka menyadari pentingnya pengukur kualitas udara karena pada masa itu perhatian dunia tertuju pada China yang memiliki kualitas udara yang buruk. Lalu Nathan mengukur kualitas udara di Indonesia dan hasilnya cukup buruk.

Aplikasi Nafas dapat memberitahukan kita mengenai tingkat polusi udara dan apa yang harus kita lakukan. Informasi pada aplikasi ini akan diperbarui setiap sepuluh menit. Aplikasi ini juga dapat memerikan saran mengenai perlu tidaknya ventilasi di rumah seseorang atau tempat yang baik untuk para pengguna untuk melakukan kegiatan seperti olahraga.

Kesimpulan

Kualitas udara adalah aspek yang penting untuk diperhatikan dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan. Memastikan kualitas udara yang baik membantu kita menjalani hidup yang lebih sehat dan produktif.

Penyakit dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan mengakibatkan beban finansial sehingga penting untuk mencegah, mengatasi atau menghindari masalah tersebut. Di era modern ini, terdapat beberapa aplikasi yang menawarkan solusi untuk memantau kualitas udara dan memungkinkan individu membuat keputusan terhadap tingkat kesehatan kualitas udara tersebut.

Artikel Terkait  8 Aplikasi Untuk Mengembalikan Foto yang Terhapus Di Android | Cepat dan Mudah

“Plume Labs” adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada solusi lingkungan dan kesehatan terutama dalam pengukuran dan analisis polusi udara. Aplikasi mereka memberikan informasi secara real-time tentang tingkat polusi udara, memberikan peringatan, dan membantu pengguna membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data kualitas udara.

“AirVisual” menawarkan informasi tentang kualitas udara di seluruh dunia, memantau tingkat polusi udara dan memberikan laporan indeks kualitas udara (AQI). Ini memberdayakan pengguna untuk memahami kualitas udara lokal dan mengambil tindakan yang sesuai untuk melindungi kesehatan mereka. Aplikasi ini juga memberikan perkiraan dan rekomendasi untuk aktivitas di luar ruangan.

Aplikasi “Air Care” mengumpulkan data tentang tingkat polusi udara dan memberikan informasi secara real-time atau perkiraan tentang kualitas udara di area tertentu. Aplikasi ini menawarkan fitur seperti indeks kualitas udara, data pemantauan, ramalan kualitas udara, saran, dan peta visual area dengan kualitas udara baik dan buruk.

Aplikasi “Air Quality & Pollen” fokus pada kualitas udara dan tingkat serbuk sari (pollen) di wilayah tertentu. Aplikasi ini mengumpulkan data dari berbagai sumber untuk memberikan informasi tentang polusi udara, komposisi udara dan potensi alergi akibat serbuk sari. Aplikasi semacam ini memberikan wawasan untuk membantu pengguna memahami risiko dan melindungi kesehatan mereka.

Aplikasi “Nafas” dikembangkan oleh Piotr Jakubowski dan Nathan Roestandy. Aplikasi ini memberikan pembaruan secara real-time tentang tingkat polusi udara, memberikan saran tentang tindakan yang harus diambil berdasarkan pembacaan kualitas udara.

Pada masa ini aplikasi-aplikasi ini berperan penting dalam meningkatkan kesadaran dan membantu individu membuat keputusan berdasarkan informasi untuk meningkatkan kualitas udara dan kesejahteraan.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/  agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya