Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi Android Bisakah Merubah Aplikasi Web Menjadi Aplikasi Android? Yuk Intip...

Bisakah Merubah Aplikasi Web Menjadi Aplikasi Android? Yuk Intip Caranya!

-

Di masa sekarang ini hampir setiap orang memiliki smartphone, mulai dari kalangan muda hingga tua, tidak memandang gender, dan berbagai hal lainnya. Smartphone yang paling banyak digunakan ialah smartphone berbasis android. Dengan kenyataan tersebut, kemudian para developer atau pengembang aplikasi berlomba-lomba membuat aplikasi android dengan kategori yang sangat beragam.

Hampir berbagai hal mulai dibuatkan aplikasi untuk membantu pekerjaan manusia atau menjadi media untuk mendapatkan hiburan. Aplikasi android dibuat semenarik mungkin untuk mendapatkan banyak pengguna.

Selain aplikasi android dalam format apk terdapat juga aplikasi web, pernahkah Anda berpikir untuk merubah aplikasi web ke android? Yup, Anda dapat merubah aplikasi web menjadi aplikasi android dengan cukup mudah, tidak serumit ketika Anda membangun aplikasi native android dari awal dengan koding yang rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Merubah aplikasi web ke android dapat dilakukan, nantinya aplikasi yang dihasilkan disebut dengan aplikasi mobile hybrid.

Apa itu Aplikasi Mobile Hybrid?

Aplikasi mobile hybrid adalah aplikasi yang hanya dapat diakses ketika terdapat sambungan internet. Sehingga dalam proses merubah aplikasi ini, yaitu merubah aplikasi web menjadi android tanpa harus melakukan koding, harus dilakukan dengan memiliki sambungan internet. Untuk mengubah aplikasi web menjadi android sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara. Seperti melalui website yang menyediakan fitur merubah aplikasi, jika melalui PC dapat dilakukan dengan bantuan android studio, dan dapat juga langsung mellaui handphone atau smartphone dengan bantuan aplikasi sketchware.

Ketika Anda telah berhasil merubah aplikasi web ke android, aplikasi yang dihasilkan tersebut nantinya disebut dengan webview. Namun pada dasarnya webview sendiri adalah fitur yang terdapat dalam android studio. Dengan menggunakan fitur ini, ketika Anda memasukkan alamat sebuah website Anda akan melihat halaman web tersebut. Ada dua cara yang akan kami bahas kali ini tentang bagaimana mengubah aplikasi berbasis web menjadi aplikasi android. Ikuti terus untuk menemukan jawabannya.

Artikel Terkait  Kemungkinan Penyebab Aplikasi Anda ditolak Dalam Proses Ulasan Apple Store
Artikel Terkait  10 Aplikasi Antivirus Gratis, Ringan dan Terbaik di 2020

Cara Merubah Aplikasi Web Menjadi Aplikasi Android

merubah-aplikasi-2

1. Menggunakan Website Appsgeyser

Sesungguhnya ada beberapa aplikasi website yang dapat Anda gunakan untuk mengubah aplikasi web menjadi android. Namun kali ini yang akan dibahas adalah website Appsgeyser. Namun sebelum membahas lebih jauh, pastikan untuk memilih satu aplikasi website yang ingin Anda ubah menjadi aplikasi android. Perlu diperhatikan, website yang potensial dan baik dijadikan aplikasi android adalah memiliki design yang bersifat responsif dan memiliki kecepatan akses yang baik dan stabil. Desain yang responsif adalah standar template yang ukurannya mampu menyesuaikan diri dengan platform yang digunakan.

Langkah pertama tentu saja mengunjungi situs website Appsgeyser pada alamat https://www.appsgeyser.com/ lalu Anda dapat mengamati dan mempelajari berbagai fitur yang tersedia di dalamnya. Aplikasi dengan slogan “membuat aplikasi gratis hanya dalam waktu dua menit” ini akan membantu Anda merubah aplikasi dengan sangat mudah. Untuk mulai bekerja, klik tombola tau menu “create now for me.” Selanjutnya Anda akan diarahkan menuju halaman di mana Anda dapat menemukan beberapa pilihan menu, silahkan klik menu “website.”

Selanjutnya Anda akan menuju halaman untuk mengisi form untuk melengkapi identitas aplikasi yang akan Anda ubah tersebut. Hal terpenting yang harus diisi adalah alamat website. Selanjutnya Anda juga bisa memilih wakra yang akan digunakan. Untuk melihat preview hasil, Anda tinggal mengklik gambar android lalu klik layar tersebut. Berikutnya Anda tinggal mengklik tombol next untuk menuju step berikutnya.

Setelah mengklik tombol next Anda akan menuju halaman baru yang berisi instruksi untuk memilih nama untuk aplikasi tersebut. Buatlah nama yang menarik dan sesuai dengan aplikasi yang Anda buat, sesuaikan juga dengan nama website atau blog yang Anda ubah. Lalu kembali klik tombol next untuk menuju halaman tempat Anda memasukkan deskripsi aplikasi yang Anda buat. Namun karena sebelumnya Anda telah memasukkan alamat website, sistem akan secara otomatis mengambil meta divisi sesuai dengan yang ada pada website.

Artikel Terkait  Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Mudah
Artikel Terkait  Pengetahuan Dasar Push Notifikasi. 3 Manfaat Push Notifikasi Untuk Memaksimalkan Efektivitas Aplikasi

Langkah berikutnya adalah klik tombol create. Langkah berikutnya adalah Anda harus mendaftar akun atau jika sudah memiliki akun Anda tinggal login saja. Untuk login Anda dapat menggunakan akun Facebook atau Google yang Anda miliki. Setelah menyelesaikan proses login, Anda berikutnya akan diarahkan menuju halaman baru. Pada proses ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama, jadi Anda tidak perlu khawatir dan berpikir proses merubah aplikasi web ke android Anda bermasalah. Proses ini memakan waktu lebih lama karena merupakan proses yang akan mengubah aplikasi web menjadi aplikasi berdasarkan alamat website dan identitas yang Anda isikan sebelumnya.

Setelah proses tersebut selesai, Anda akan dibawa menuju halaman dashboard. Pada langkah ini Anda harus mengkonfirmasi email yang Anda gunakan terlebih dahulu. Jika sudah, Anda tinggal mengunduh aplikasi yang telah Anda ubah dari web ke aplikasi android tersebut. Setelah mengunduh Anda sudah dapat langsung menginstall aplikasi tersebut. Apabila proses installasi telah selesai, tinggal jalankan aplikasi tersebut di perangkat atau smartphone android Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Hermit – Lite Apps Browser

merubah-aplikasi

Cara atau metode kdua untuk merubah aplikasi web ke android adalah dengan menggunakan aplikasi bantuan, Hermit – Lite Apps Browser. Aplikasi ini dapat Anda unduh di Google Play Store secara gratis. Nah, untuk memulai mengubah aplikasi web menjadi aplikasi android silahkan unduh dan install aplikasi tersebut pada perangkat Anda. Setelah menginstall buka aplikasi tersebut dan klik menu Feature Tour. Anda akan menemukan enam halaman yang akan menjelaskan kelebihan dari aplikasi satu ini. Hal ini baik dilakukan agar Anda memahami aplikasi yang Anda gunakan ini.

Setelah memahami kelebihan aplikasi ini, selanjutnya Anda dapat mengklik ikon tambah yang terletak pada bagian bawah kanan aplikasi. Langkah berikutnya adalah memasukkan url atau alamat website yang akan diubah.

Artikel Terkait  Apa itu Multitasking? Bagaimanakah Cara Untuk Melakukan Multitasking Pada Iphone dan Android?

Di aplikasi Hermit – Lite Apps Browser ini Anda akan mendapatkan rekomendasi website populer untuk Anda ubah. Setelah itu Anda akan menuju halaman di mana Anda dapat mengganti nama aplikasi yang dibuat. Setelah memasukkan nama aplikasi Anda akan melihat pop up yang muncul untuk mengkonfirmasi nama yang telah Anda masukkan, klik tombol create jika sudah benar. Maka aplikasi yang Anda buat telah jadi dan dapat Anda lihat di homescreen smartphone Anda.

Artikel Terkait  Apa itu Multitasking? Bagaimanakah Cara Untuk Melakukan Multitasking Pada Iphone dan Android?

Tidak hanya sampai di sana, dengan Hermit – Lite Apps Browser Anda dapat mengkostum aplikasi yang sudah dibuat. Fitur ini dapat Anda gunakan dengan cara menyalakan dan menggunakan fitur pull to refresh, scroll to top, full-screen, dan frameless.

Untuk berbagai konten yang terdapat dalam aplikasi, Anda juga dapat melakukan kustom, misalnya load images, open links in lite app, deskstop dite, sampai data saver mode. Selain itu, Anda juga dapat mengatur berbagai perizinan yang dibutuhkan aplikasi seperti mengakses lokasi perangkat dan menyalakan kamera.

Nah, itulah tadi pembahasan menarik tentang bagaimana merubah aplikasi web ke android dengan cara yang sangat mudah dan cepat. Tidak sulit bukan? Tanpa koding yang rumit dan waktu yang sangat singkat, sehingga dapat menghemat waktu Anda agar dapat digunakan untuk urusan lain. Mengubah aplikasi website menjadi aplikasi android dilakukan oleh seseorang dengan berbagai tujuan yang berbeda.

Salah satunya adalah banyak aplikasi yang menggunakan banyak memori jika di install di smartphone. Maka cara ini adalah cara paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Sekian artikel tentang cara mengubah aplikasi web menjadi aplikasi android, erima kasih telah mengikuti hingga akhir. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, semoga membantu!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya