Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design UI Alasan User Interface Penting dalam Pengembangan Aplikasi, Developer Harus...

Alasan User Interface Penting dalam Pengembangan Aplikasi, Developer Harus Baca!

-

Setiap orang memiliki alasan tersendiri untuk terus menggunakan suatu aplikasi tertentu. Bagaimana dengan Anda? Apakah yang membuat Anda tertarik untuk menggunakan sebuah aplikasinya?

Apakah isi dan fitur atau desainnya? Jika prioritas Anda adalah tampilan yang catchy dan friendly, maka artinya hal yang Anda utamakan adalah user interface (UI). User Interface memang menjadi suatu hal yang sangat penting dalam dunia pengembangan aplikasi, sehingga sebagai seorang programmer harus memiliki pengetahuan yang up-to-date tentang hal yang satu ini.

Alasan pentingnya UI dalam sebuah aplikasi dapat dilihat dari berapa jumlah user yang setia menggunakan aplikasi tersebut. Seringnya user yang pernah menggunakan aplikasi akan beralih menggunakan aplikasi lain jika ia memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan pada saat menggunakan sebuah aplikasi.

Contohnya ialah penggunaan desain UI yang tidak dapat dimengerti dan sering terjadi bug dan error, kedua hal ini adalah penyebab user beralih ke aplikasi lain. Selain dua hal di atas, apa saja yang menjadi alasan pentingnya UI dalam pengembangan sebuah aplikasi? Simak penjelasannya hinga akhir, ya!

Apa itu User Interface?

User Interface atau UI adalah sebuah proses menciptakan atau membuat tampilan dengan menggunakan perangkat komputer dan software tertentu yang fokusnya ialah pada desain aplikasi. Desain UI ini merupakan proses pembuatan prototype sebuah aplikasi sebelum benar-benar diluncurkan atau dibuat nantinya.

Seorang desainer UI harus memiliki keahlian memahami desain tampilan UI yang menarik. Mulai dari design display hingga voice control sehingga menghasilkan desain yang akan memanjakan penggunanya.

Artikel Terkait  User Research | Mengenal Perilaku User dan Kebutuhannya Terhadap Aplikasi

Pentingnya UI atau User Interface

user-interface-1

Alasan utama pentingnya UI dalam sebuah aplikasi ialah dapat menarik penggunaan sehingga dapat meningkatkan traffic. Peningkatan traffic ini akan berpengaruh secara langsung pada jumlah pengguna yang mengunjungi website Anda.

Ketika pertama kali mengunjungi atau menggunakan aplikasi user baik, maka dengan sendirinya user akan terus menggunakan aplikasi buatan Anda bahkan merekomendasikannya ke pada pengguna lain.

Tidak hanya terbatas pada pembuatan sesuatu yang krusial, sesederhana penggunaan, warna, dan ukuran tombol dalam aplikasi juga menjadi hal yang sangat penting dalam desain aplikasi.

Sebab pemilihan tombol yang tepat akan mempengaruhi seseorang dapat mengklik atau tidak tombol yang ada. Berangkat dari hal sederhana seperti pemilihan tombol ini, maka tentunya Anda sudah memiliki gambaran pentingnya UI dalam pengembangan website.

Apalagi jika aplikasi tersebut berkategori ecommerce atau toko online, desain user interface menjadi sangat vital peranannya. Sebab semakin banyak jumlah kunjungan website Anda maka semakin besar pula keuntungan yang mungkin Anda dapatkan nantinya.

Untuk lebih jelasnya, berikut 3 alasan pentingnya UI bagi perkembangan aplikasi Anda.

1. Mencerminkan Kualitas Perusahaan Anda

Dengan mudahnya seseorang untuk mengakses internet,  banyak orang yang memiliki ketertarikan pada suatu aplikasi akhirnya mmengeksplore aplikasi tersebut melalui internet. Hal ini banyak dilakukan pengguna agar pada saat telah menginstal sebuah aplikasi tidak merasa kecewa karena aplikasi yang tidak sesuai dengan harapan.

Setelah mengetahui tampilan aplikasi melalui internet barulah seseorang memutuskan untuk menginstal atau tidak.

Untuk itu, mendesain website atau aplikasi menjadi sangat penting, selain itu ini juga akan mencerminkan seberapa kompeten perusahaan yang meluncurkan atau membuat aplikasi tersebut.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi user yang mengunjungi situs web atau aplikasi Anda. Caranya ialah dengan menyediakan tampilan desain yang menarik dan serta dpaat digunakan dengan mudah.

Komponen-komponen dalam user interface seperti warna, tipografi, white space, tombol, dan masih banyak lagi komponen lainnya harus dibuat menarik. Dengan begitu, akan sangat membantu proses branding perusahaan Anda sehingga user percaya dengan kualitas perusahaan yang Anda miliki.

Artikel Terkait  Cara Mendesain Splash Screen Terbaik untuk Aplikasi Anda

2. Berfungsi sebagai Alat Pemasaran

Alasan pentingnya UI berikutnya ialah dapat menjadi alat pemasaran yang ampuh. Hal ini karena dalam pemasaran, memiliki dua komponen yang sangat penting, yaitu Komunikasi dan interkasi. Komunikasi dan interaksi ini dapat terbangun secara tidak langsung melalui desain User Interface yang Anda buat.

Sebab desain UI sendiri ada untuk membantu Anda menyajikan berbagai konten yang menarik. Melalui konten-konten yang Anda sajikan, maka secara tidak langsung terjadi interaksi dan komunikasi dengan konsumen melalui berbagai konten yang Anda sediakan.

Mulai dari konten tulisan, video, hingga gambae-gambar menarik yang informatif. Seluruh informasi yang perlu Anda sampaikan dapat dituangkan dalam desain User Interface yang menarik.

3. Menciptakan Pengalaman Pengguna yang Menakjubkan

Alasan terakhir pentingnya UI ialah dapat menciptakan pengalaman yang baik bagi pengguna aplikasi yang Anda kembangkan. Hal ini menjadi alasan utama mengapa User Interface penting dalam dunia pemrograman, karena dengan pengalaman menyenangkan yang dirasakan user maka dengan sendirinya pengguna yang memilih menggunakan aplikasi Anda akan terus bertambah.

Dengan desain UI yang baik akan membuat pengunjung lebih mudah dalam melakukan navigasi aplikasi untuk kemudian mencari informasi ataupun melakukan berbagai kegiatan yang didukung aplikasi Anda.

Bagaimana Ciri User Interface yang Menarik?

user-interface-3

1. Jelas

Desain yang jelas adalah ciri utama karena  merupakan elemen yang sangat penting dalam proses pembuatan desain UI sebuah aplikasi. Dalam UI, tujuan utama yang ingin dicapai ialah kemampuan menciptakan desain yang jelas dan mudah digunakan sehingga user dapat mengeksplor aplikasi dengan mudah dan lancar.

Jika dalam desain yang dibuat terdapat menu atau tombol yang tidak jelas, kemungkinan user akan langsung menutup aplikasi dan beralih pada aplikasi lain sangat besar. Tentunya Anda tidak menginginkan adanya user yang memilih untuk tidak lagi mengunakan aplikasi buatan Anda bukan?

Namun perlu diperhatikan, jelas di sini tidak berarti Anda harus membuat penjelasan atau rincian dengan menambahkan pop-up yang berisi pesan yang panjang. Kuncinya ialah gunakan kaimat atau kata yang efektif sehingga meski hanya depan penjelasan beberapa kata saja user sudah memahami aplikasi Anda.

2. Singkat

Sepertinya sudah disinggung di atas, kejelasan memang kunci utama dalam pembuatan desain UI yang baik, namun bukan berarti dalam memberikan penjelasan harus sangat panjang. Ini akan membuat pengguna bingung dan pusing dengan penjelasan tersebut. Selain itu, penjelasan yang panjang akan mempengaruhi tampilan aplikasi Anda.

Bukannya menjadi menarik malah akan merusak desain indah yang sudah susah payah dibuat. Jika Anda memang harus memberikan penjelasan yang cukup panjang, Anda dapat menggunakan diagram atau infographic sebagai solusinya. Menggunakan video juga dapat menjadi solusi yang lebih baik.

3. Familiar

Buatlah tampilan untuk user interface yang bersifat intuitif, yaitu tampilan yang dapat dipahami secara alami oleh user hanya dengan perasaan saja, tanpa harus berpikir terlebih dahulu.

Misalnya, buatlah tampilan aplikasi yang di mana Anda mengetahui apa yang harus diklik tanpa harus berpikir maksud tombol tersebut apa. Tampilan yang memiliki ciri seperti di atas disebut juga dengan tampilan yang familiar karena sudah sangat sering dan umum digunakan di berbagai aplikasi.

4. Responsif

User interface yang baik dan menarik haruslah responsif, artinya dapat diakses dengan cepat dan memberikan feedback. Seorang pengguna akan merasa terganggu atau tidak nyaman jika menggunakan aplikasi yang membutuhkan waktu lama ketika membuka tombol navigasi.

Sehingga pastikan aplikasi Anda memiliki kecepatan akses yang baik. Selain masalah kecepatan, feedback yang diberikan setelah mengklik sebuah navigasi juga merupakan hal yang penting, jangan sampai user menganggap alikasi Anda mengalami stuck atau lag.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan aplikasi Anda responsif adalah dengan cara memberikan tulisan loading dan persentase sehingga user tahu seberapa lama mereka masih harus menunggu.

Artikel Terkait  Prototype adalah: Sebuah Panduan untuk UX yang Fungsional

5. Konsisten

Dalam proses pengembangan desain UI, konsistensi pada pembuatan tampilan aplikasi akan membantu user memahami pola pada aplikasi Anda. Dengan satu UI saja, user telah mampu memahami tombol, tabs, hingga icon dan berbagai elemen lainnya yang terdapat dalam interface.

Terutama jika Anda membuat beberapa aplikasi, maka menggunakan desain UI yang konsisten akan lebih memudahkan user. Selain itu, konsistensi ini dengan sendirinya akan membranding perusahaan Anda karena telah memiliki ciri khas tersendiri. Contoh aplikasi yang menerapkan hal ini ialah Microsoft Office.

6. Efisien

Jika diibaratkan, User Interface adalah sebuah kendaraan yang digunakan user untuk mengantarkan mereka menjelajahi aplikasi yang sedang digunakan. Oleh karena itu, membuat tampilan user interface yang efisien. Caranya ialah dengan dengan memahami apa yang diinginkan user dan membuat mereka sampai pada tujuan yang mereka inginkan.

7. Forgiving

User tidak selalu dapat menggunakan aplikasi dengan benar, terkadang user melakukan berbagai kesalahan yang tidak disengaja. Maka user interface yang baik dan menarik adalah dapat memberikan “forgiving” kepada para pengguna. Ini akan menjadi solusi bagi user yang tidak sengaja melakukan kesalahan.

Contohnya ialah ketika user tidak sengaja menghapus akun emailnya, maka user interface yang baik akan memberikan forgiving dengan solusi undo. Ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi user sehingga akan terus menggunakan aplikasi yang Anda kembangkan.

Itulah alasan pentingnya UI dalam pengembangan aplikasi. User Interface adalah bagian yang sangat penting dalam pembuatan aplikasi karena hal inilah yang akan menjadi penghubung dan penarik user untuk menggunakan aplikasi Anda.

Sekian artikel tentang pentingnya user interface kali ini, terima kasih telah mengikuti hingga akhir. Sampai jumpa di artikel berikutnya, semoga membantu!

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya