Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Wordpress Kupas Tuntas Wordpress.com dan Wordpress org | Perbedaan...

Kupas Tuntas WordPress.com dan WordPress org | Perbedaan Keduanya

-

WordPress adalah website pembuatan blog yang menggunakan sistem manajemen konten, atau CMS, dan layanan web hosting. Pembagian ini terkadang dijelaskan menggunakan dua nama domain: WordPress.org (CMS) dan WordPress.com (layanan hosting web).

Jadi apa perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org?

  • wordpress.com adalah layanan komersial tempat Anda dapat menghosting situs web menggunakan versi CMS WordPress yang sangat dimodifikasi. Anda akan memiliki sedikit kendali atas situs ini, tetapi akan lebih mudah untuk menyiapkannya.
  • wordpress.org adalah tempat Anda mengunduh WordPress, CMS sumber terbuka. Ini adalah alat yang sepenuhnya gratis yang dapat Anda gunakan untuk membangun situs web yang dapat Anda kendalikan sepenuhnya, tetapi tergantung Anda untuk menemukan tempat untuk situs web itu hidup.

Sebagian besar waktu, ketika orang mengatakan WordPress terutama dalam konteks bisnis kecil, Anda dapat berasumsi bahwa mereka mengacu pada CMS. Namun, masih perlu diketahui apa perbedaannya, jadi mari kita uraikan sedikit lagi.

Tunggu, apakah WordPress.com dan WordPress.org dijalankan oleh perusahaan yang sama? jawabannya adalah tidak persis.

WordPress.com dijalankan oleh Automatic, sebuah perusahaan swasta yang juga memiliki beberapa plugin WordPress terkemuka, termasuk Akismet dan WooCommerce. WordPress.org, dan CMS WordPress-nya, dikelola oleh yayasan nonprofit WordPress Foundation.

Automatic memang menyumbangkan kode ke proyek WordPress open source, tetapi mereka tidak memiliki proyek tersebut, dan mereka menyumbangkan nama merek “WordPress” ke yayasan pada tahun 2010.

WordPress.com adalah host web yang menggunakan CMS WordPress

wordpress

Secara umum, ada dua jenis host situs web. Ada perusahaan yang kurang lebih hanya menangani hosting dan mengharapkan Anda membangun situs web sendiri. Bluehost atau DreamHost, menyiapkan situs web pada layanan ini biasanya membutuhkan sejumlah pengetahuan.

Artikel Terkait  Codeigniter Adalah? Mana yang Lebih Baik Dibandingkan dengan Laravel

Plus, Anda akan bekerja dalam dua sistem: host web dan CMS pilihan Anda. Tetapi Anda akan menghemat uang dan memiliki kendali penuh atas situs tersebut setelah Anda selesai.

Artikel Terkait  Buat Website di Google Bisnisku Secara Gratis

Lalu ada host web yang menyediakan CMS khusus yang berfokus pada kemudahan penggunaan. Anda akan membayar sedikit lebih banyak dan tidak akan memiliki kendali penuh atas semuanya, tetapi pengaturan semuanya akan cepat dan sederhana.

Kategori ini pada dasarnya mencakup pembuat situs web apa pun yang pernah Anda dengar diiklankan melalui podcast atau di YouTube, Squarespace atau Wix.

WordPress.com adalah termasuk dalam kategori host web kedua menawarkan cara yang efisien untuk menyiapkan situs web. Satu-satunya perbedaan adalah, alih-alih menawarkan CMS berpemilik, WordPress.com menawarkan situs web yang dibangun di atas versi modifikasi dari CMS WordPress.

Ada fokus nyata pada kemudahan penggunaan. Anda dapat membuka WordPress.com sekarang dan menyiapkan situs web dalam beberapa menit. Bahkan ada versi gratis, artinya Anda tidak perlu membayar untuk memulai.

Versi gratis ini adalah alasan mengapa WordPress.com adalah tempat yang sangat populer bagi orang-orang untuk membuat blog (meskipun Anda dapat membangun lebih dari sekedar blog di atasnya).

Namun selain menampilkan iklan di halaman Anda dan tidak memberi Anda domain khusus, versi gratis WordPress.com adalah tidak terlalu dapat disesuaikan, terutama jika dibandingkan dengan versi yang dihosting sendiri. Beberapa tema dan plugin tersedia untuk semua pengguna, tetapi sebagian besar terkunci di balik paywall.

Melihat sekilas halaman harga mengungkapkan ini: paket mulai dari $ 4 per bulan, tetapi paket premium $ 8 per bulan diperlukan jika Anda ingin melakukan hal-hal seperti proses pembayaran. Paket Bisnis $ 25 per bulan diperlukan jika Anda ingin memasang tema dan plugin khusus.

Sulit untuk membandingkan ini secara langsung dengan biaya menjalankan instance WordPress yang dihosting sendiri karena biayanya bergantung pada host web Anda tetapi pada dasarnya, Anda membayar lebih untuk layanan yang lebih mudah digunakan.

WordPress.com adalah khususnya, menawarkan dukungan, yang berarti bahwa jika Anda mengalami kebuntuan, Anda memiliki seseorang untuk dikirimi email atau, tergantung pada seberapa banyak Anda membayar, menelepon.

Artikel Terkait  Buat Website Toko Online | Jual Web Toko Online
Artikel Terkait  Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

WordPress.com adalah penyedia layanan hosting blog yang tepat. WordPress.com tidak terkait langsung dengan WordPress.org yang merupakan rumah dari perangkat lunak CMS open source paling populer, WordPress. Meskipun layanan hosting blog WordPress.com menggunakan WordPress pada intinya, ada beberapa batasan pada WordPress.com.

Anda tidak dapat menginstal plugin di situs WordPress.com Anda yang merupakan salah satu fitur terbaik dalam menggunakan WordPress. Kami telah mendengar dari banyak pengguna yang beralih dari WordPress.com ke situs WordPress.org yang dihosting sendiri karena mereka tidak ingin dibatasi dalam hal apa yang dapat mereka lakukan dengan situs mereka.

Anda juga tidak dapat menggunakan tema khusus di WordPress.com. Di atas semua itu, Anda dibatasi dalam hal monetisasi. Anda tidak dapat menggunakan platform iklan seperti Google Adsense di situs WordPress.com Anda untuk menghasilkan uang darinya.

Dapatkah saya bermigrasi dari WordPress.com ke WordPress yang dihosting sendiri? Atau sebaliknya?

wordpress

WordPress.com adalah website yang berbeda dari self-host, yang berarti itu mungkin untuk bermigrasi posting Anda, halaman, dan sisanya dari data antara dua jenis website.

WordPress.com sebenarnya menawarkan panduan untuk bermigrasi ke instance WordPress yang dihosting sendiri dan satu untuk memigrasi situs WordPress yang dihosting sendiri ke WordPress.com. Keduanya adalah titik awal yang sangat baik jika Anda berpikir untuk pindah ke satu arah atau yang lain.

WordPress.org adalah sistem manajemen konten gratis dan fleksibel

Sistem manajemen konten adalah perangkat lunak yang dapat Anda gunakan untuk mengelola situs web. Tidak ada yang menghentikan Anda untuk belajar membuat kode dalam HTML dan membangun situs web dari awal, lalu menambahkan posting dan halaman baru dengan membuat lebih banyak halaman HTML secara manual. Tetapi sistem manajemen konten berarti Anda tidak perlu melakukan itu.

WordPress adalah CMS paling populer di dunia sekitar 38 persen dari semua situs web dibuat menggunakannya sebagian besar karena gratis. Selain itu dapat disesuaikan ada ratusan ribu tema yang dapat Anda unduh untuk mengubah tampilan situs web Anda. Beberapa di antaranya gratis, beberapa harus Anda bayar.

Artikel Terkait  Menghasilkan Uang dengan Google Adsense adalah Hal yang Mudah, Coba Lakukan dengan Cara Ini!
Artikel Terkait  Menghasilkan Uang dengan Google Adsense adalah Hal yang Mudah, Coba Lakukan dengan Cara Ini!

Anda bahkan bisa menyewa seorang desainer untuk membuatkan sesuatu yang sesuai untuk Anda. Situs web WordPress dapat terlihat seperti yang Anda inginkan.

WordPress juga mendukung plugin, yang memungkinkan Anda menambahkan fitur khusus ke situs web Anda, seperti kapabilitas E-Commerce, formulir kontak, opsi pelacakan, dan banyak hal lain yang dapat Anda bayangkan.

Ada beberapa plugin gratis yang tersedia untuk sebagian besar kemampuan yang dapat Anda pikirkan, di samping banyak opsi berbayar dengan lebih banyak fitur.

Anda dapat membuka WordPress.org dan mengunduh semuanya sekarang  hanya 12 megabyte. Masalahnya: situs web Anda harus ada di suatu tempat sehingga orang dapat mengaksesnya. Anda harus mencari host untuk situs Anda, seperti DreamHost atau Bluehost. Kemudian Anda harus menginstal WordPress, dan tema atau plugin apa pun yang Anda inginkan, sendiri.

Ini tidak sesulit kedengarannya, dan sebagian besar host akan menawarkan dokumentasi atau bahkan penyihir yang membuat pengaturan ini menjadi sangat mudah. Tetapi Anda harus membaca, atau mempekerjakan orang lain yang tahu bagaimana melakukannya.

Haruskah saya menggunakan WordPress.com dan WordPress.org?

Manakah dari dua layanan ini yang harus Anda gunakan? semua itu pada akhirnya tergantung pada kebutuhan Anda.

  • Anda harus menggunakan WordPress.org jika Anda ingin bekerja untuk membangun situs web yang sangat disesuaikan sendiri, atau jika Anda ingin melihat-lihat dan menemukan nilai terbaik untuk hosting.
  • Anda harus menggunakan WordPress.com jika Anda ingin menyiapkan sesuatu dengan cepat, aman-aman saja dengan fleksibilitas yang lebih sedikit, dan bersedia membayar sedikit lebih banyak untuk dukungan dan kemudahan penggunaan.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya