Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign UIApa itu Teori Gestalt? Dan Penerapannya Pada Desain UI...

Apa itu Teori Gestalt? Dan Penerapannya Pada Desain UI Maupun UX

-

Secara umum, prinsip Gestalt membantu kita memahami bagaimana kita memproses informasi visual dengan memulai dari keseluruhan dan kemudian menuju ke bagian-bagian desain atau dengan mencoba memecah keseluruhan yang membingungkan menjadi bagian-bagian komponen yang lebih sederhana.

Dalam artikel ini, kami menguraikan apa itu teori Gestalt, enam prinsip desain Gestalt, dan bagaimana menerapkannya pada pekerjaan Anda.

Apa itu Teori Gestalt?

Teori Gestalt adalah teori yang melihat persepsi manusia. Teori ini berasal dari Austria dan Jerman pada awal abad ke-20 sebagai kontra terhadap prinsip-prinsip psikologi elementalis dan strukturalis. Max Wertheimer, Wolfgang Köhler, dan Kurt Koffka adalah pelopor teori tersebut.

6 Prinsip Desain Web Gestalt

desain-ui-ux-2

Ketika sampai pada interpretasi kita terhadap rangsangan visual, kita selalu mencari cara yang paling sederhana untuk memahami sesuatu. Penemu Gestalt menyebutnya: Hukum Pr Pgnanz (alias “figur yang baik” atau “hukum kesederhanaan”).

Jadi, alih-alih melihat desain logo Olimpiade sebagai sekumpulan lingkaran, kita hanya melihat susunan lingkaran yang saling mengunci.

Sesuai Hukum Prägnanz, kita melihat logo Olimpiade sebagai lingkaran yang saling mengunci, bukan sekumpulan bentuk rumit yang tidak berarti.

Anda dapat mencoba untuk melihat susunan yang lebih kompleks, tetapi membutuhkan lebih banyak usaha mata Anda hanya ingin kembali ke pola yang lebih sederhana.

Ada enam prinsip Gestalt pada web desain:

  1. Prinsip kedekatan
  2. Prinsip kesamaan
  3. Prinsip kesinambungan
  4. Prinsip persepsi
  5. Prinsip organisasi
  6. Prinsip simetri

Sekarang setelah Anda memiliki gagasan umum tentang enam prinsip desain Gestalt, mari selami lebih dalam masing-masing prinsip tersebut.

Artikel Terkait  Tidak Perlu Pusing Lagi! Ini Dia Platform Terbaik untuk Temukan Inspirasi Desain Web

1. Prinsip kedekatan

Prinsip kedekatan teori gestalt adalah ketika kita melihat objek yang dekat satu sama lain lebih terkait daripada objek yang berjauhan. Secara visual, jarak mendefinisikan keterkaitan. Benda-benda yang berdekatan akan dianggap berhubungan sedangkan benda-benda yang berjauhan tidak.

Kedekatan membantu kita menjaga hubungan kompleks yang berperan dalam gambar ini tetap lurus. Anda juga dapat menggabungkan kedekatan dan common region untuk menciptakan efek yang lebih kompleks. Mari coba akses situs Appshop, situs tersebut merupakan situs yang menampilkan produk yang telah perusahaan kami, Appkey kembangkan.

Appshop besutan Appkey merupakan situs yang menampilkan paket aplikasi native yang dilengkapi dengan fitur dari CMS dan keunggulannya sebagai berikut :

  1. Dapat melakukan berbagai macam editing pada aplikasi Appshop
  2. Template aplikasi ini menggunakan native
  3. Biaya untuk mengembangkan aplikasi impian Anda terjangkau dengan paket special.

Prinsip kedekatan yang dapat Anda jadikan contoh adalah beranda website Appkey.id karena menampilkan semua fitur yang paling Anda butuhkan.

2. Prinsip Kesamaan

Prinsip kesamaan adalah ketika kita melihat elemen yang memiliki karakteristik yang sama sebagai lebih terkait daripada yang tidak.

Anda telah melihat beberapa contoh kesamaan dalam tindakan (lihat bagian keterhubungan yang seragam dan dalam desain Appshop klinik). Template aplikasi ini membantu Anda yang ingin merancang sebuah aplikasi untuk klinik Anda, membantu Anda dalam merepresentasikan keinginan Anda dan dapat membuat calon pasien Anda mudah untuk mengaksesnya.

Di sini, ikon halaman web dengan latar belakang tampilan berbagai fitur appshop klinik berfungsi untuk menghubungkan isi pada fiturnya yang saling terkait dan tentunya mempermudah pasien memperjelas bahwa mereka adalah jenis posting yang sama.

Fakta bahwa warna yang sama muncul di tombol Berlangganan di bagian bawah mungkin membuat Anda berpikir itu juga terkait, tetapi bentuk dan teks yang berbeda membantu membedakannya.

3. Prinsip Kontinuitas

Prinsip kontinuitas adalah ketika kita melihat elemen yang berada pada garis atau kurva lebih terkait daripada elemen yang tidak pada garis atau kurva.

Kita tahu bahwa ketiga titik itu terkait karena kelanjutannya.

Pada beberapa ilustrasi oleh website, garis dan kurva membantu kita memahami hubungan juga. Seperti yang dapat Anda lihat pada tangkapan layar di atas website yang Anda akses, jelas bahwa titik-titik pada lingkaran kasar itu terkait erat satu sama lain setidaknya, lebih dari itu dengan teks di area halaman lainnya.

4. Prinsip Persepsi

Prinsip persepsi adalah ketika orang secara naluriah melihat objek sebagai sosok (titik fokus) atau tanah (latar belakang). Ketika beberapa objek disandingkan, kita secara alami menciptakan rasa hubungan spasial di antara mereka, bahkan tanpa adanya isyarat visual yang jelas. Itu berarti bahwa pengaturan objek yang sangat sederhana pun dapat digunakan untuk menciptakan rasa hubungan dan bahkan dengan sedikit narasi yang menjelaskan.

Salah satu cara kita melakukannya adalah dengan membandingkan dua (atau lebih) ukuran objek, secara otomatis menilai objek yang lebih kecil dengan gambar dan yang lebih besar menjadi tanah. Anda dapat melihat bahwa pada setiap gambar apapun warnanya, kita selalu melihat persegi panjang yang lebih kecil sebagai gambarnya yang lebih besar sebagai latar belakangnya.

Kami juga cenderung cukup kreatif dalam menafsirkan hubungan semacam itu, menggunakan pengalaman masa lalu untuk menanamkan konten visual dengan narasi. Sebagai contoh pada website Appshop terdapat dua warna berbeda sebagai latar belakang judul. Dua warna itu dipadukan dengan cantik dan seolah menyatu saat kita melihatnya.

Anda dapat memanfaatkan ini dalam desain situs web Anda untuk mengalihkan fokus dari elemen yang lebih besar ke elemen yang lebih kecil. Itulah salah satu alasan mengapa tombol berlangganan yang diletakkan di atas gambar full-bleed menarik perhatian untuk diklik.

Anda juga dapat menggunakan isyarat visual seperti bayangan jatuh untuk memperjelas hubungan spasial antara elemen yang berbeda. Itu sebabnya Anda akan menemukan begitu banyak bayangan dalam pedoman teori gestalt desain material Google.

5. Prinsip organisasi

Ada lima prinsip yang berada di bawah payung organisasi: keterhubungan yang seragam, common region, nasib yang sama (sinkronisasi), paralelisme, dan titik fokus.

a. Keterhubungan seragam

Keterhubungan yang seragam terjadi ketika kita melihat elemen yang terhubung secara visual lebih terkait daripada elemen tanpa koneksi.

gambar-1

Bentuk di sebelah kiri tampak lebih terkait daripada di sebelah kanan bahkan jika bentuknya sama!

Pada gambar di atas, persegi panjang biru besar dan lingkaran biru yang lebih kecil di sebelah kiri tampak lebih terkait daripada bentuk di sebelah kanan meskipun pengulangan warna biru juga menunjukkan adanya hubungan.

Perhatikan bahwa elemen penghubung (persegi di atas) tidak harus benar-benar menyentuh objek lain untuk menciptakan rasa hubungan ini. Itu menjelaskan mengapa panah sering digunakan untuk menghubungkan teks ke gambar.

Tanpa panah, mungkin untuk menghubungkan “Click Here” ke gambar yang sesuai, tetapi itu akan memerlukan beberapa kesimpulan di pihak pemirsa untuk memahami bahwa satu “di sini” mengacu pada produk yang ditawarkan, yang lain ke bagaimana cara menghubungi admin. Panah membuat hubungan antara salinan dan gambar lebih jelas, membuat semuanya lebih mudah.

b. Common Region

Common Region terjadi saat Anda melihat elemen sebagai bagian dari grup jika mereka diapit dalam wilayah yang sama.

Anda melihat situs web menggunakan trik visual ini sepanjang waktu. Bahkan, hal itu menjadi salah satu ciri yang banyak dikecam orang seiring meningkatnya homogenitas desain web. Tapi itu tidak mengurangi kekuatan teknik dalam memperjelas hubungan antara berbagai kelompok elemen desain.

Prinsip common region membantu kita menghubungkan headline, body copy, dan gambar ke dalam sebuah cerita.

Artikel Terkait  Membuat Trend Desain Minimalis pada Website Untuk Menarik Minat Pengguna

 c. Sinkronisasi

Sinkronisasi terjadi ketika kita melihat elemen teori gestalt yang bergerak ke arah yang sama lebih terkait daripada elemen yang diam atau bergerak ke arah yang berbeda. Dengan semua gerakan yang terjadi.

d. Paralelisme

Paralelisme terjadi ketika kita melihat elemen paralel lebih terkait daripada elemen non-paralel.

Di tengah campur aduk teks yang kacau ini, Marinetti sesekali menawarkan kejelasan (relatif) dan keterkaitan dengan mengatur beberapa baris tipe sejajar satu sama lain. Garis paralel ini menciptakan ketegangan dengan teks yang tersebar, tetapi juga menciptakan kelegaan dengan memulihkan sejenak pengalaman membaca normal ke komposisi dinamis.

e. Titik fokus

Titik fokus adalah titik perhatian, penekanan atau perbedaan yang menangkap dan mempertahankan perhatian kita.

Titik fokus berfungsi sebagai kunci untuk begitu banyak elemen desain web sehingga rasanya aneh untuk menunjukkannya. Tetapi sentralitas itu membuatnya semakin penting untuk secara cerdas dan sengaja menerapkan penekanan dan perbedaan.

Tentu saja, ada berbagai cara untuk menciptakan penekanan dalam sebuah desain, termasuk:

  • Perubahan warna yang dramatis, seperti saat tombol CTA atau tautan lain diberi warna yang sangat kontras
  • Perubahan ukuran yang dramatis, seperti tajuk utama pahlawan yang ditetapkan pada 72pt
  • Penekanan tipografi, seperti huruf tebal, miring, huruf besar semua, dll.
  • Spasi putih yang dramatis, seperti saat Anda menempatkan titik fokus dalam isolasi total dari elemen lain

Dan masih banyak lagi.

6. Prinsip simetri

Prinsip simetri dalam teori gestalt adalah ketika orang menganggap elemen simetris sebagai bagian dari kelompok yang bersatu.

Seharusnya tidak mengherankan bahwa orang cenderung mencari keteraturan dalam objek dan simetri adalah salah satu cara untuk melakukan itu. Itulah mengapa simetri sangat memuaskan bagi kita.

Ini adalah aturan sederhana dan harmonis yang menyampaikan rasa keteraturan dan kebenaran dalam segala hal. Mungkin itulah mengapa simetri terbukti sangat populer di gedung-gedung pemerintahan di seluruh dunia.

Sementara bentuk simetris memuaskan, mereka juga bisa tampak agak statis atau old karena semua keharmonisan itu. Terkadang mereka tidak memiliki rasa gerakan atau dinamisme.

Menerapkan Teori Gestalt Pada Pengembangan Aplikasi

desain-ui-ux

Apa artinya itu untuk desain Anda? Artinya, Anda bisa bermain dengan membuat susunan kompleks dari bentuk-bentuk sederhana pada teori gestalt asalkan mereka bersatu membentuk satu kesatuan yang mudah dipahami.

Appkey adalah perusahaan yang memberikan cara termudah untuk membangun situs web ataupun aplikasi yang cantik tanpa harus Anda bingung menyusun kode programnya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya