Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile ProgrammingFlutter Tutorial : Tips dan Trik Membuat Program Flutter...

Flutter Tutorial : Tips dan Trik Membuat Program Flutter yang Efektif

-

Flutter adalah framework berbasis bahasa pemrograman Dart yang bisa Anda pakai untuk membuat aplikasi lintas platform dengan mudah. Saat ini Flutter sudah menjadi 11 besar software terbaik dan paling banyak digunakan di GitHub.

Framework Flutter diperkenalkan oleh Google di tahun 2015 dan versi beta yang lebih stabil pun dirilis pada tahun 2018. Sejak saat itu Flutter terus bertumbuh menjadi software yang semakin baik dan semakin populer di kalangan developer karena kemudahan yang ditawarkannya.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur untuk membangun aplikasi di Android dan iOS kode dasar yang sama. Aplikasi ini merupakan aplikasi open-source dengan dukungan komunitas yang besar serta terus berkembang. Ingin tahu lebih banyak tentang Flutter dan cara kerjanya bisa dilihat pada artikel ini.

Artikel Terkait  Masa Depan Swift Berdasarkan Situasi Penggunaannya Kini

Flutter Tutorial: Tips dan Trik

flutter-2

Flutter bisa dibilang sebagai framework yang masih baru. Jika Framework Java seperti Spring Framework bekerja dengan kelas, maka Flutter bekerja dengan widget. Hal inilah yang membuat Flutter menjadi lebih mudah dari pada Framework lainnya.

Framework ini juga menawarkan performa luar biasa yang bisa dikompilasikan ke kode native. Flutter Framewwork juga kompatibel dengan berbagai sistem operasi seperti Windows atau Linux. Flutter juga mendukung pengembangan aplikasi dengan cepat tanpa reload. Menarik kan?

Dikarenakan Flutter Framework masih tergolong platform yang baru, maka Web App akan memberikan sejumlah tips dan trik untuk Anda bekerja atau belajar dengan Framework Flutter. Ini dia Flutter Tutorial serta Tips dan Trik Flutter yang bisa Anda coba gunakan.

1. Gunakan Flutter Snippet

Flutter tutorial untuk programming flutter yang pertama adalah menggunakan Flutter Snippet. Jika Anda membutuhkan produktivitas Anda bisa coba gunakan Flutter Snippet. Anda dapat dengan mudah membuat kelas dan metode Flutter yang umum digunakan. Misalnya, Anda dapat membuat StreamBuilder Widget atau SingleChildScrollView Widget dengan mengetik masing-masing pintasan streamBldr dan singleChildSV. Anda dapat menggunakan cuplikan flutter di Android Studio atau VSCode.

2. Nikmati Dependensi dengan Menggunakan get.it

Berkali-kali, Anda perlu menambahkan dependensi saat dan saat diperlukan dalam logika aplikasi saat programming Flutter. Anda dianjurkan untuk memisahkan widget Anda dari dependensi langsung. Alasan mengapa Anda harus melakukan ini adalah karena ini memungkinkan Anda menguji dan men-debug kode dengan mudah. get.it memungkinkan Anda melakukan hal yang persis sama.

Latihan yang baik dalam Flutter adalah dengan menempatkan logika aplikasi Anda di kelas yang terpisah dari Widget Anda dan kemudian menambahkan dependensi tersebut di mana pun diperlukan.

Misalnya, salah satu aplikasi saya, kita perlu mengakses kelas Prefmanger dari beberapa tempat untuk membaca dan memperbarui status pengguna yang disimpan di penyimpanan lokal. Pada contoh ini, kami menggunakan get_it sehingga kelas ini dapat disuntikkan sebagai dependensi. Lihatlah Flutter Tutorial di bawah ini yang menerapkan get.it.

GetIt locator = GetIt.instance;
void setupLocator() async {
 var instance = await PrefManager.getInstance();
 locator.registerSingleton<PrefManager>(instance,signalsReady: true);
 FirebaseDatabase database = FirebaseDatabase.instance;
 database.setPersistenceEnabled(true);
 locator.registerSingleton<DatabaseReference>(database.reference());
}
//Sekarang Anda bisa dengan mudah mengakses kelas Anda seperti ini:
locator<PrefManager>().color = 12 ;

 

3. Gunakan kembali data menggunakan Singleton Pattern

Tips dan trik selanjutnya yang harus Anda ketahui untuk mempermudah programming flutter adalah dengan menggunakan pola singleton. Singleton adalah kelas yang hanya memiliki satu instance dan juga menyediakan titik akses global ke mana pun.

Penggunaan Singleton ini juga mudah salah jika Anda tidak menggunakannya dengan hati-hati. Kita perlu mengakses ThemeColorclass kita (mode gelap atau mode terang) lagi dan lagi untuk mengatur warna tema kita di widget.

4. Hindari penggunaan widget yang dibangun kembali dengan menggunakan const Constructor

Jika Anda ingin mencegah pembuatan ulang widget yang tidak diinginkan dalam programming flutter, selalu gunakan konstruktor const. Dalam kode tutorial Flutter di bawah ini, instance BoxDecoration akan tetap sama meskipun setState dipanggil.

Container(
 width: 250,
 height: 250,
 decoration: const BoxDecoration(
     borderRadius: BorderRadius.only(
         bottomLeft: const Radius.circular(30.0),
         bottomRight: const Radius.circular(30.0))),
child:…..
);

 

5. Menambahkan Slower Animation

Jika Anda bekerja dengan segala jenis animasi di Flutter maka Anda harus tahu tentang hal ini. Seperti namanya, Slower Animation berguna memperlambat animasi dan dapat membantu Anda menemukan masalah apa pun. Animasi Kompleks memungkinkan Anda memikirkan animasi dalam mode lambat bahkan sebelum mengimplementasikannya. Cara membuatnya adalah:

  • Klik Flutter Inspector
  • Klik ‘Slower Animation’.

6. Selalu Gunakan Variabel Final di widget Stateless Anda

flutter-3

Flutter Tutorial selanjutnya yang paling penting adalah menggunakan widget stateless. Terkadang, kita mungkin tergoda untuk membuat instance variabel non-final di widget stateless, tetapi hal itu adalah sesuatu yang harus selalu Anda hindari karena widget stateless tidak dapat diubah yang artinya tidak boleh berubah sedikit pun!

Jika Anda membutuhkan variabel non-final, pertimbangkan untuk menggunakan widget Stateful sebagai gantinya!

7. Gunakan Introduction Screen untuk pengalaman yang dapat disesuaikan

Jangan membuat diri Anda repot dalam merancang Introduction Screen yang unik. Buat layar pengenalan yang indah menggunakan Introduction Screen yang sudah tersedia di dalam Flutter pada saat peluncur dalam sekejap. Anda dapat menyesuaikannya dengan cara apa pun yang Anda inginkan untuk proyek Anda.

8. Ekstensi Kustom untuk Mengurangi Duplikat

Jangan biarkan kode Anda memiliki banyak duplikat. Jangan ulangi hal-hal yang tidak dirasa perlu.  Oleh karena itu, Anda tidak boleh mengulangi fungsi yang sama di banyak tempat. Pada contoh berikut ini, Codekey memerlukan konversi tag HTML untuk ditampilkan di UI karena Flutter yang perkasa masih enggan mendukung tag HTML. Codekey perlu mengulangi kode di bawah ini di beberapa tempat.

Itu sebabnya saya membuat metode ekstensi yang dapat digunakan di mana saja diperlukan. Ini dia kode tutorial Flutter untuk mengurangi duplikat:

String get renderHtml {

return this

.replaceAll(“&ensp;”, “ “)

.replaceAll(“&nbsp;”, “ “)

.replaceAll(“&emsp;”, “ “)

.replaceAll(“<br>”, “\n”)

.replaceAll(“<br/>”, “\n”)

.replaceAll(“&lt;”, “<”);

}

9. Debugging Efisien dengan Performance Overlay

Performance Overlay menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan setiap frame untuk membangun dan di bagian atas ada waktu GPU (Raster Thread) dan di bagian bawah adalah UI Time (UI Thread). Jika Anda melihat bilah merah di grafik UI, kode Dart menjadi “too expensive” . Jika bilah vertikal merah muncul di grafik GPU, adegan “too expensive” untuk dirender.

10. Format kode yang mudah menggunakan dartfmt

Seperti yang kita semua tahu, masalah sebenarnya terletak ketika Anda harus mengedit koma dalam kode yang ada. Namun, dartfmt sangat memudahkan Anda untuk memformat kode Flutter Anda. Anda dapat menambahkan tanda koma tanpa mengganggu seluruh alur kode.

Itulah penjelasan tentang Flutter Tutorial serta tips dan trik untuk Anda yang ingin melakukan programming Flutter dengan mudah. Flutter adalah pilihan software terbaik dalam hal mengembangkan aplikasi yang menarik di iOS dan android.

Tips dan trik untuk pengembangan aplikasi Flutter ini akan membantu Anda untuk membangun aplikasi, bersama dengan tips dan trik yang menambah kecepatan. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang Flutter, cobalah untuk membaca artikel ini: https://appkey.id/pembuatan-aplikasi/cross-platform/flutter-tutorial/ atau download Aplikasi WebApp untuk mendapat informasi terbaru di dunia pemrograman.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya