Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cross-platform Flutter untuk Windows Dirilis: Kompilasi Aplikasi Desktop, Plugin Windows...

Flutter untuk Windows Dirilis: Kompilasi Aplikasi Desktop, Plugin Windows dan Lainnya

-

Windows tetap menjadi pilihan populer untuk perangkat desktop dan laptop, dengan Microsoft melaporkan lebih dari satu miliar perangkat aktif yang menjalankan Windows 10. Menurut statistik sendiri menunjukkan bahwa lebih dari separuh developer menggunakan Flutter untuk Windows, jadi ini adalah target alami untuk Flutter.

Dukungan desktop asli membuka berbagai kemungkinan menarik untuk Flutter, termasuk perkakas pengembang yang ditingkatkan, mengurangi gesekan untuk pengguna baru, dan tentu saja aplikasi yang dapat menjangkau perangkat apa pun yang mungkin dimiliki pengguna dari satu basis kode flutter untuk windows.

Hari ini, dengan senang hati kami membahas Flutter, dengan rilis alfa dukungan Flutter untuk Windows.

Menambahkan Windows ke Flutter

menambah-windows-flutter

Seperti yang dijelaskan, Flutter adalah perangkat UI lintas platform yang dirancang untuk memungkinkan kode digunakan kembali di seluruh sistem operasi seperti iOS dan Android, sekaligus memungkinkan aplikasi untuk berinteraksi langsung dengan layanan platform yang mendasarinya.

Sasarannya adalah untuk memungkinkan developer menghadirkan aplikasi berkinerja tinggi yang terasa alami di berbagai platform, merangkul perbedaan di tempat mereka ada sambil berbagi kode sebanyak mungkin.

Inti dari Flutter adalah mesin, yang mendukung primitif yang diperlukan untuk mendukung semua aplikasi Flutter untuk windows. Ini menyediakan implementasi level rendah dari API inti Flutter untuk windows, te rmasuk grafik, tata letak teks, file dan jaringan I / O, dukungan aksesibilitas, arsitektur plugin, dan runtime Dart dan toolchain kompilasi.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Aplikasi Android Online Shop Terpercaya

Setiap platform baru yang ditambahkan ke Flutter memperluas kerangka kerja inti dengan layanan baru untuk memungkinkannya bersinar di platform itu. Memulai di Android dan iOS dengan Desain Material serta interface pengguna berbasis sentuhan dan berpusat pada seluler yang dirancang untuk menjadi piksel sempurna di kedua platform seluler.

Menambahkan dukungan untuk faktor bentuk desktop dengan web, Windows, macOS, dan Linux menghadirkan rangkaian layanan yang benar-benar baru, termasuk dukungan yang kuat untuk keyboard, mouse, roda mouse dan pengontrol di sisi input serta widget yang menyesuaikan atau bahkan bekerja paling baik di ukuran layar yang lebih besar yang disertakan dengan aplikasi web dan desktop.

Selain itu, setiap platform baru tidak hanya memengaruhi framework dan engine Flutter, tetapi juga banyak hal lainnya:

  • Pembaruan Toolchain: menambahkan target baru ke alat CLI dan IDE (dalam hal ini Windows)
  • Shell: dukungan untuk menangani masukan dari Windows melalui WM_*pesan dan keluaran melalui ANGLE, yang menggunakan Skiauntuk merender dengan kecepatan asli ke permukaan DirectX yang mendasarinya
  • Runner: setiap proyek mendapatkan aplikasi shell untuk target yang didukung. Untuk Windows, ini adalah program Win32 / C ++ yang memuat kode Flutter Anda dan menjalankannya pada waktu proses. Ini adalah tempat yang baik untuk menambahkan kode native ke aplikasi Anda jika Anda membutuhkannya.
  • Plugin: Plugin adalah campuran kode Dart dan kode asli untuk setiap platform yang didukung plugin. Kode asli tersebut perlu ditambahkan untuk setiap plugin yang dikompilasi ke dalam aplikasi Flutter Anda di Windows.

Rilis alfa ini menawarkan dasar yang kokoh yang akan distabilkan selama beberapa bulan mendatang. Dengan dukungan untuk Windows 7 dan yang lebih baru.

Menjelajahi Beberapa Aplikasi Sampel

Untuk melihat dukungan Flutter untuk Windows beraksi, Anda mungkin ingin mencoba beberapa contoh aplikasi yang telah dibuat yang berjalan dengan baik di Windows dengan dukungan yang baru ditambahkan.

Yang pertama, aplikasi Flokk, dibuat bersama dengan para desainer dan pengembang di gskinner.com . Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa Flutter telah siap untuk desktop dengan membuat aplikasi desktop Flutter yang inovatif dan indah.

Flokk adalah aplikasi yang bekerja dengan data Google Kontak Anda yang sebenarnya serta menampilkan aktivitas kontak Anda di GitHub dan Twitter.

Memulai Flutter untuk Windows

memulai-flutter-untuk-windows

Untuk memulai flutter untuk windows mulailah dengan memasang Flutter SDK sesuai dengan petunjuk pemasangan Windows. Untuk menargetkan desktop Windows, Anda perlu menginstal perkakas yang dijelaskan di dokumen desktop terlebih dahulu . Secara default, Flutter berasumsi bahwa Anda sedang membuat perangkat lunak produksi dan tidak dikonfigurasi untuk mengembangkan aplikasi Windows. Namun, itu mudah diperbaiki dari baris perintah:

$ flutter channel dev
$ flutter upgrade
$ flutter config --enable-windows-desktop

Artikel Terkait  Bisakah Merubah Aplikasi Web Menjadi Aplikasi Android? Yuk Intip Caranya!

Perintah pertama menyetel Flutter untuk menggunakan saluran “dev” kualitas eksperimental (bukan saluran “stabil”, yang merupakan default). Ini memungkinkan Anda menggunakan dukungan platform yang masih dalam versi alfa, seperti Windows. Perintah kedua menarik bit terbaru di saluran itu. Perintah ketiga memungkinkan pengembangan aplikasi Windows di PC Anda.

Setelah Anda menyiapkannya, setiap kali Anda membuat aplikasi Flutter baru, menggunakan dukungan ekstensi untuk Android Studio atau Visual Studio Code , atau dari baris perintah, itu membuat subfolder windows.

Dan terakhir, setelah Anda membuat aplikasi, membangunnya akan membuat mode rilis, file EXE asli serta DLL pendukung yang diperlukan.

Plugin untuk Windows

Meskipun baru saja mencapai rilis alfa, komunitas Flutter telah mengerjakan plugin untuk Windows. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • url_launcher: meluncurkan URL di browser dari aplikasi Anda
  • path_provider: temukan jalur ke arah khusus pada mesin pengguna seperti Documents atau temp
  • shared_preferences: pertahankan preferensi pengguna serial pada disk di antara sesi aplikasi Anda
  • biometric_storage: penyimpanan yang dienkripsi oleh biometrik
  • flutter_audio_desktop: memutar audio dari aplikasi desktop Anda

Manfaat menggunakan plugin ini adalah sebagian besar dari mereka juga mendukung platform Flutter untuk windows lainnya, yang memungkinkan Anda menargetkan aplikasi Anda di Android, iOS, web, dll.

Serta Windows. Lebih jauh, sementara sekitar sepertiga dari paket yang tersedia di pub.dev (manajer paket untuk Dart dan Flutter) adalah plugin dengan kode khusus platform, sebagian besar tidak.

Misalnya, banyak paket dengan kualitas terbaik dan paling sering digunakan adalah bagian dari program Flutter Favorite dan sebagian besar berfungsi di Windows. Jika Anda ingin melihat daftar lengkap paket yang berjalan di Windows, Anda dapat menjalankan kueri ini di pub.dev.

Interop dengan Windows

Jika Anda ingin membuat plugin Anda sendiri untuk Windows, Anda bisa. Setelah Anda berada di saluran dev dan Anda mengaktifkan Windows untuk mesin Anda, Anda dapat memulai dengan perintah berikut:

$ flutter buat --template plugin --platforms windows hello_plugin

Pada saat itu, Anda akan dapat menambahkan kode Flutter Anda ke libsubfolder dan kode Windows Anda ke windowssubfolder di proyek plugin Anda.

Anda akan berkomunikasi antara dua tumpukan menggunakan Saluran Platform , yang pada dasarnya adalah pesan yang lewat antara kode Dart dan C ++ Anda. Untuk contoh yang dibuat dengan baik, lihat implementasi url_launcher.

Artikel Terkait  Instalasi RUBY dengan OS Windows; untuk aplikasi Desktop dan Web

Namun, Saluran Platform bukan satu-satunya pilihan Anda untuk interop dengan Windows. Jika mau, Anda dapat menggunakan Dart FFI (Foreign Function Interface) untuk memuat pustaka dan memanggil API gaya-C, seperti Win32 API. Tidak seperti url_launcher, yang menggunakan Platform Channels, plugin path_provider diimplementasikan menggunakan FFI, seperti yang Anda lihat di repo GitHub.

Alih-alih bolak-balik antara Dart dan C ++, FFI memungkinkan Anda menulis kode untuk mengimpor API yang Anda inginkan secara langsung. Misalnya, berikut kode untuk memanggil API MessageBox:

Kode ini tidak menimbulkan overhead transisi antara dua utas seperti Saluran Platform. FFI menyertakan dukungan untuk berbagai jenis API, termasuk Win32, WinRT, dan COM. Tetapi sebelum Anda menjalankan dan membungkus seluruh API Windows berbasis C, silakan periksa plugin win32, yang sudah dalam perjalanan untuk melakukan hal itu. Faktanya, plugin path_provider sendiri diimplementasikan menggunakan plugin win32.

Kesimpulan

Dengan rilis ini menghadirkan kekuatan Flutter untuk Windows, dengan kerangka kerja deklaratif, dapat disusun, reaktif untuk produktivitas pengembang, penerapan spesifikasi Material yang dapat disesuaikan, sehingga Anda juga dapat membuat aplikasi Anda terlihat dan terasa seperti yang Anda inginkan. sebagai set lengkap alat pengembangan dan debugging Flutter.

Setelah selesai, aplikasi Anda akan dikompilasi ke kode 64-bit asli yang dapat Anda paketkan dan bawa ke mesin Windows lain seperti aplikasi asli lainnya. Dan terakhir, Anda dapat menggunakan basis kode yang sama untuk membuat aplikasi yang menargetkan Android, iOS, web, macOS, dan Linux.

Jika Anda lebih suka menggunakan keahlian Windows Anda untuk membangun implementasi Windows dari plugin populer , atau membangun beberapa perkakas Windows-sentris untuk Flutter (mungkin CLI yang membuat MSIX dari keluaran flutter build windowsperintah…), itu juga diterima!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya