Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiPentingnya Software Architecture dalam Software Development

Pentingnya Software Architecture dalam Software Development

-

Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Software architecture atau arsitektur perangkat lunak menjadi bagian yang tidak boleh lepas dalam pengembangan perangkat lunak. Apa yang dimaksud dengan arsitektur perangkat lunak dan mengapa menjadi penting? Pada artikel ini akan dibahas lebih dalam mengenai definisi hingga mengapa dibutuhkan.

software architecture

Arsitektur perangkat lunak dalam sistem informasi adalah representasi bergambar dari struktur sistem. Dapat dikatakan, ini menjelaskan cara kerja sistem perangkat lunak secara bergambar. Selain itu, arsitektur perangkat lunak menggambarkan komponen sistem informasi dan bagaiamana berkomunikasinya. Sebuah arsitektur perangkat lunak yang baik harus menyederhanankan aspek abstrak dari pengembangan perangkat lunak.

 

Tujuan Arsitektur Perangkat Lunak

Beberapa tujuan dibuatnya software architecture adalah sebagai berikut.

  1. Menjelaskan struktur dan dari sistem perangkat lunak tanpa masuk ke detail implementasi.
  2. Untuk menciptakan fondasi sistem informasi yang memmenuhi kebutuhan fungsional.
  3. Untuk mengkomunikasikan secara bergambar bagaiamana suatu sistem itu akan memenuhi kebutuhan fungsional dari berbagai pemangku kepentingan.
  4. Untuk menjelaskan bagaimana sistem perangkat lunak akan memenuhi kebutuhan kualitas atau kebutuhan non-fungsional atau Non-Functional Requirements (NFR).
  5. Untuk mengoptimalkan atribut fungsional dan kualitas dari sistem.
  6. Mengkomunikasikan keputusan arsitektur dan komponen kepada pemangku kepentingan yang relevan.

Artikel Terkait  Alur dan Proses Dasar Pengembangan Aplikasi

Mengapa Dibutuhkan Arsitektur Perangkat Lunak?

Sebagian besar proyek pengembangan dalam industri perangkat lunak memiliki tingkat kompleksitas yang bervariasi. Dengan membangun software architecture yang baik, kompleksitas yang dihadapi dapat dikelola dengan lebih baik pula. Selain itu, adanya arsitektur perangkat lunak yang tepat akan sangat membantu untuk menyampaikan kebutuhan fungsional dengan efektif. Di samping itu, Anda juga butuh arsitektur sistem yang tepat untuk menyampaikan NFR seperti skalabilitas, performa, keamanan, pemeliharaan, dan pengujian.

 

Siapa yang Membuat Arsitektur Perangkat Lunak?

Software architecture dibuat oleh seorang software architect. Seorang software architect adalah orang yang memiliki peran senior dalam tim pengembangan perangkat lunak. Ada beberapa keahlian yang perlu dimiliki, seperti ahli dalam pemrograman dan bahasa pemrograman, database, tools yang digunakan, paham dalam proses pengembangan perangkat lunak dan life cycle-nya, serta proyek manajemen.

Selain itu, karena mendokumentasikan arsitektur perangkat lunak merupakan pekerjaan yang kompleks, maka dibutuhkan pula keahlian yang cukup besar pula dan kebutuhan skill yang lebih tinggi untuk sistem yang kompleks. Tidak hanya ahli dalam skill tersebut, tetapi juga mampu menjadi pemimpin untuk orang lain atau tim.

AWS Certified Solution Architect, Axelos ITIL Master Certification, Google Professional Cloud Architect merupakan beberapa sertifikasi arsitektur perangkat lunak yang dapat Anda coba jika Anda tertarik dalam menekuni bidang ini.

 

Prinsip dalam Membuat Arsitektur Perangkat Lunak

Ada beberapa prinsip penting yang harus diikuti oleh software architect selama proses membuat software architecture. Prinsip ini terdiri dari lima hal yang dikenal dengan prinsip “SOLID”. Berikut adalah uraian masing-masing bagiannya.

  1. Single responsibility, prinsip ini dimaksudkan sebagai sebuah layanan dalam sistem perangkat lunak harus memenuhi satu tujuan saja.
  2. Open-closed principle, pada prinsip ini pengembang harus dapat memperluas fungsional suatu komponen tanpa merusak fungsinya.
  3. Liskov substitution principle, yaitu prinsip yang mana classdalam aplikasi memiliki subclass (harus dapat mewakiliki penggunaan dari base class-nya)
  4. Interface segregation principle, software engineer harus memiliki user interfaceyang lebih kecil dan tidak seharusnya memiliki interface yang besar. Jadi, sebuah class tidak perlu lagi mengimpelementasikan metode yang tidak relevan.
  5. Depedency inversion principle, komponen harus bergantung pada abstraksi, maka tidak seharusnya bergantung pada modul tingkat yang lebih tinggi pada modul tingkat yang lebih rendah. Anda tidak seharusnya memiliki ketergantungan pada detail implementasi konkret saat merancang komponen perangkat lunak.

 

Karakteristik dari Arsitektur Perangkat Lunak

Ada beberapa karakteristik dalam software achitecture, yaitu:

  1. Operational architectureyang meluputi availability, performance, reliability, low fault tolerance, dan scalability.
  2. Structural architectureyaitu meliputi configurability, extensibility, supportability, portability, dan maintainability.
  3. Cross-cutting architecturemeiliputi accessibility, security, usability, privacy, dan feasibility.

 

Keuntungan Membuat Arsitektur Perangkat Lunak

Ada banyak keuntungan jika membuat software architecture, yaitu:

  1. Anda dapat membuat prototipe dari sistem aplikasi dengan mudah.
  2. Membantu dalam melakukan component-widedari pengembangan perangkat lunak.
  3. Dapat mengelola perubahan sistem perangkat lunak lebih baik.
  4. Meningkatkan kejelasan, arsitektur perangkat lunak dapat memberikan pemahaman umum tentang sistem yang diusulkan kepada pemangku kepentingan. Hal ini dapat meningkatkan peluang sukses secara keseluruhan.
  5. Dapat mengelola NFR secara lebih baik.
  6. Jika dibuat dengan efektif, arsitektur perangkat lunak ini dapat membuat proses pengembangan perangkat lunak menjadi lebih hemat biaya.

 

Tantangan Membuat Arsitektur Perangkat Lunak

Selain memiliki keuntungan, tentunya ada tantangan yang dihadapi ketika membuat software architecture, yaitu:

  1. Arsitektur perangkat lunak merupakan suatu disiplin yang standarnya masih berkembang.
  2. Ada banyak ahli memiliki pandangan yang berbeda tentang arsitektur perangkat lunak ini sehingga hal ini membuat pekerjaan seorang arsitek perangkat lunak menjadi lebih sulit. Selain itu.
  3. Sulit membuat arsitektur perangkat lunak yang efektif dengan keterbatasan tools.

 

Pola Arsitektur Perangkat Lunak yang Populer

Ada beberapa software architecture yang paling menonjol, yaitu:

  1. Arsitektur Layered (N-Tier)

Pola arsitektur ini termasuk dalam pola yang paling populer. Pola ini memiliki beberapa layer. Data input akan masuk melalui layer paling atas, kemudian layer tengah akan meliputi logika bisnis. Database akan berada pada layer yang paling dalam. Salah satu contoh layer architecture ini dikenal dengan nama Model-View-Controller atau MVC.

  1. Arsitektur Event Driven

Pola arsitektur perangkat lunak yang kedua adalah arsitektur event driven yang cocok untuk aplikasi yang menunggu input dari pengguna. Anda dapat membuat central unit pada aplikasi yang nantinya menangani data input. Unit ini akan mendelegasikan tugas ke program yang berbeda berdasarkan tipe datanya.

  1. Arsitektur Microkernel

Pola arsitektur selanjutnya dikenal dengan nama arsitektur microkernel dalam mengembangkannya sering melakukan serangkaian operasi dasar. Pola arsitektur ini mengelompokkan task ke dalam microkernel. Anda dapat menganggap semua fungsi aplikasi lainnya sebagai plugin.

  1. Arsitektur Microservice

Lalu ada pola yang dinamakan dengan arsitektur microservice. Pola ini membantu dalam mengembangkan aplikasi yang memiliki layanan yang sangat berbeda dan independen. Anda dapat mengembangkan setiap layanan independen sebagai microservice. Anda dapat melakukan modifikasi, pengujian, deploy, dan menskalakan microservice ini secara independen.

 

Tools untuk Desain Arsitektur Perangkat Lunak

Ada beberapa tools yang bagus untuk membuat desain arsitektur perangkat lunak, di antaranya IcePanel, Enterprise Architect, Archi, StarUML, GenMyModel, LucidChart, Draw.io, Visio, Brainboard, Hava, Cloudcraft, PlantUML, Graphviz.

 

Itulah beberapa penjelasan terkait software architecture dan mengapa hal tersebut penting dalam pengembangan perangkat lunak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Artikel lainnya yang seputar pemrograman dapat Anda simak di Appkey.id, ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya