Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cross-platform Kotlin Multiplatform Mobile Alpha | Integrasi iOS, Plugin dan...

Kotlin Multiplatform Mobile Alpha | Integrasi iOS, Plugin dan Lainnya

-

Kotlin Multiplatform Mobile (KMM) adalah SDK yang memungkinkan Anda menggunakan kode logika bisnis yang sama di aplikasi iOS dan Android.

Mulai saat ini Kotlin Multiplatform Mobile beralih ke Alpha, dan Anda dapat mulai berbagi logika bisnis di aplikasi seluler Anda dengan segera. Ini termasuk Plugin KMM baru untuk Android Studio, yang memungkinkan Anda menulis, menjalankan, menguji, dan men-debug kode bersama dalam IDE yang sama.

Bergabunglah dengan tim hebat seperti VMWare, Autodesk, dan Yandex yang berbagi kode di aplikasi seluler mereka menggunakan Kotlin. Menggunakan kembali kode antar platform seluler tidak pernah semudah ini!

Apa Itu Kotlin Multiplatform Mobile?

apa-itu-kotlin

Kotlin Multiplatform Mobile (KMM) adalah SDK untuk pengembangan seluler lintas platform yang disediakan oleh JetBrains. Ini menggunakan kemampuan multiplatform Kotlin dan mencakup berbagai alat dan fitur yang dirancang untuk membuat pengalaman ujung ke ujung dalam membangun aplikasi lintas platform seluler senyaman dan seefisien mungkin.

Versi Android dan iOS dari suatu aplikasi sering kali memiliki banyak kesamaan, tetapi keduanya juga dapat sangat berbeda – terutama dalam hal UI dari variasi halus dalam perilaku pengguliran hingga logika navigasi yang sepenuhnya berbeda. Pada saat yang sama, logika bisnis aplikasi, termasuk fitur-fitur seperti manajemen data, analitik, dan otentikasi, seringkali identik. Itulah mengapa wajar untuk membagikan beberapa bagian aplikasi di seluruh platform sambil tetap memisahkan bagian lain sepenuhnya.

Dengan Kotlin multiplatform mobile, Anda bisa mendapatkan fleksibilitas ini dan mempertahankan manfaat pemrograman asli. Gunakan basis kode tunggal untuk logika bisnis aplikasi iOS dan Android dan tulis kode khusus platform hanya jika diperlukan, untuk mengimplementasikan UI asli atau saat bekerja dengan API khusus platform.

Artikel Terkait  Manfaat dan Apa yang Bisa Kita Lakukan dengan Menggunakan Website, SNS, PWA dan Aplikasi Native (Versi 2021)

KMM terintegrasi mulus dengan proyek seluler Anda. Kode bersama dalam Kotlin, dikompilasi ke bytecode JVM dengan Kotlin / JVM dan ke biner native dengan Kotlin / Native. Sehingga modul logika bisnis Kotlin Multiplatform Mobile dapat Anda gunakan, misalnya seperti pustaka seluler reguler lainnya.

Berbagi kode Kotlin antar platform seluler telah menghemat banyak waktu dan tenaga bagi banyak perusahaan. Berikut beberapa kisah inspiratif:

  • Quizlet memigrasikan logika bisnis mereka dari pendekatan JavaScript bersama ke KMM dan secara drastis meningkatkan kinerja aplikasi Android dan iOS mereka.
  • Fastwork memperkenalkan KMM untuk domain dan lapisan data aplikasi mereka untuk berbagi logika bisnis dan layanan API antar platform seluler, yang secara signifikan meningkatkan produktivitas tim mereka.
  • Disk memulai dengan bereksperimen dengan integrasi fitur kecil, dan ketika percobaan terbukti berhasil, mereka menerapkan logika sinkronisasi data keseluruhan di KMM.

Nikmati Membuat Aplikasi Seluler dengan KMM

KMM masih cukup baru di dunia pengembangan seluler, tetapi kami yakin bahwa Kotlin Multiplatform Mobile adalah pengubah permainan yang sebenarnya. Itulah mengapa kami memutuskan perlunya mengalokasikan tim terpisah di dalam Kotlin untuk mendorong KMM maju dan memberikan pengalaman pengembang terbaik untuk pembuatan aplikasi seluler lintas platform dengan Kotlin.

Bekerja di Lingkungan yang Akrab

Dengan plugin KMM baru, Anda dapat menulis, menjalankan, menguji, dan men-debug kode bersama di Android Studio, tanpa beralih ke IDE lain. Untuk menginstalnya, pilih Preferences | Plugins, cari plugin Kotlin Multiplatform Mobile di Marketplace, dan klik tombol Install.

Konfigurasikan Aplikasi Baru dengan Beberapa Klik

Dengan wizard Proyek Seluler Multiplatform Kotlin Baru , Anda dapat membuat proyek aplikasi seluler yang siap dijalankan dengan basis kode bersama hanya dalam beberapa klik. Untuk melihat cara kerjanya di kedua platform, cukup pilih konfigurasi proses yang Anda perlukan dan klik tombol Jalankan.

Proyek yang dihasilkan akan berisi contoh cara menghubungkan ke API khusus platform dan cakupan pengujian dasar. Anda dapat menggunakan wizard ini untuk menjelajahi fitur dasar KMM atau sebagai alat perancah untuk aplikasi produksi KMM baru Anda.

Perkenalkan KMM ke Proyek Anda yang Sudah Ada dalam Satu Langkah

Anda juga dapat memulai perjalanan KMM Anda langsung di proyek Anda saat ini: kode Kotlin bersama dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam kode yang sudah ada seperti dependensi reguler lainnya.

Kotlin Multiplatform Mobile Module wizard baru akan membantu Anda menambahkan modul KMM baru untuk proyek Anda, sehingga Anda dapat menggunakan kode yang sudah ditulis dalam Kotlin dan refactor untuk membuatnya kompatibel dengan iOS.

Bekerja dengan Kedua Platform dalam Satu IDE

Anda tidak perlu lagi mengganti IDE dan menjalankan Xcode untuk memeriksa apakah kode Anda berfungsi dengan benar di kedua platform seluler. Dengan plugin baru, Anda mendapatkan integrasi dengan perangkat iOS dan simulator langsung di Android Studio. Ini memberi Anda kemampuan berikut:

Artikel Terkait  Hal-hal yang Penting Diperhatikan Dalam Membuat Aplikasi yang Digunakan Sehari-Hari

  • Jalankan dan debug aplikasi iOSdi simulator atau perangkat dengan konfigurasi run yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Jalankan dan debug pengujian umum dan khusus iOSpada simulator iOS cukup dengan mengklik ikon talang pada kelas atau metode pengujian.

Untuk aplikasi dan pengujian, Anda dapat menyetel breakpoint dan men-debug kode Anda di iOS.

Terintegrasi dengan Ekosistem iOS Tanpa Biaya Tambahan

integrasi-kotlin

Seperti disebutkan di atas, Kotlin Multiplatform Mobile terintegrasi mulus dengan proyek seluler Anda. Untuk Android, Anda dapat menggunakan Kotlin untuk setiap bagian dari proyek Anda.

Pada saat yang sama, KMM menyediakan integrasi yang erat dengan proses pengembangan iOS, karena interoperabilitas Kotlin / Native dengan Objective-C / Swift, integrasi dengan pengelola ketergantungan CocoaPods , dan kemampuan untuk menggunakan API khusus platform dengan ekspektasi / aktual pola.

Nikmati Bekerja dengan Kotlin dari Kode Swift dengan Kotlin / Native.

Kotlin / Native menyediakan interoperabilitas dua arah dengan Objective-C / Swift. Modul Kotlin dapat digunakan sepenuhnya di Swift / Objective-C. Anda dapat menggunakan framework dan library Objective-C dalam kode Kotlin, serta library Swift jika API-nya diekspor ke Objective-C dengan @objc.

Kelola Dependensi iOS dengan Mudah

Kotlin / Native menyediakan integrasi dengan pengelola dependensi CocoaPods. Anda dapat menambahkan dependensi pada library Pod yang disimpan di repositori CocoaPods atau secara lokal, dan Anda juga dapat menggunakan project multiplatform dengan target asli sebagai dependensi CocoaPods (Kotlin Pod). Kelola dependensi Pod langsung di Android Studio dan nikmati dukungan coding lengkap, termasuk penyorotan dan penyelesaian.

Pelajari Cara Membuat Aplikasi Seluler Multiplatform yang Lebih Baik di Portal Pengembang Baru

Portal Pengembang Kotlin Multiplatform Mobile baru dirancang untuk membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan produktif, dari pengalaman pertama Anda dengan KMM hingga menggunakannya dalam produksi.

Bagian dokumentasi adalah sumber terpercaya Anda saat Anda bekerja dengan KMM. Anda akan menemukan konten untuk semua tingkat keahlian, dari tutorial untuk membantu Anda memulai hingga topik pengembangan yang lebih maju. Ini berisi informasi berguna tentang tugas umum, seperti mengatur jaringan dan lapisan penyimpanan data dan bahkan mengatur proses pengembangan di sekitar KMM.

Mencari ide baru tentang manfaat menggunakan Kotlin Multiplatform Mobile dalam aplikasi Anda? Belajar dari pengalaman langsung dari berbagai tim yang sudah menggunakan KMM di produk mereka di bagian studi kasus.

Coba Kotlin Sekarang!

Dengan semua fitur keren ini, KMM kini dalam versi Alfa. Artinya, tim Kotlin berkomitmen penuh untuk meningkatkan teknologi ini dan membantunya berkembang. Ini juga merupakan sinyal bahwa produk akan berkembang dengan cepat.

Artikel Terkait  Software Pembuat Aplikasi Android Secara Offline

Going Alpha berarti semuanya sudah siap bagi Anda untuk mulai menggunakan Kotlin Multiplatform Mobile untuk berbagi kode logika bisnis antar platform seluler.

Anda dapat membuat proyek baru atau dengan mudah mengintegrasikan modul KMM ke yang sudah ada. Dalam kedua skenario, pekerjaan dapat diselesaikan dengan biaya minimal dan Anda selalu dapat kembali ke pengembangan asli sepenuhnya. Komunitas berkembang pesat, dan Anda dapat memengaruhi perkembangan seluruh ekosistem dengan berpartisipasi di dalamnya. Jadi sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai menggunakan KMM!

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik mempelajari Kotlin Multiplatform Mobile lebih dalam dan mendiskusikan semua fitur yang ingin Anda jelajahi, bergabunglah dengan komunitas penggemar multiplatform di Slack dan berlangganan tag “kotlin-multiplatform” di Stack Overflow.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya