Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design App Yuk Bedah User Experience (UX) Desain dari Game Among...

Yuk Bedah User Experience (UX) Desain dari Game Among Us!

-

Among Us adalah game seluler dan PC multipemain yang tiba-tiba menjadi sangat populer tahun ini. Video game yang sangat sukses ini dirilis pada November 2018 oleh InnerSloth Games, sebuah perusahaan game indie yang berbasis di Redmond, Washington. Game ini tersedia di iOS (iPhone / iPad), Android, dan Microsoft Windows. Selain itu, Among Us juga tersedia di Steam, platform distribusi gim video online, untuk PC tetapi tidak untuk Mac.

Among Us menjadi sangat booming karena beberapa influencer dan gamer populer memainkan dan membicarakannya dan secara tidak langsung menggaet pengikut mereka untuk memainkan game ini juga. YouTube sendiri melaporkan bahwa video tentang Among Us telah mengumpulkan lebih dari empat miliar penayangan pada bulan September.

Video di TikTok yang menggunakan #AmongUs mengumpulkan lebih dari 13 miliar penayangan hingga hari ini. Saat ini, video game tersebut memiliki 60 juta pengguna aktif. Namun, kesuksesan dari games ini tidak dibuat dalam semalam. Karena jika dibandingkan dengan 2 tahun lalu yakni pada tahun 2018, jumlah rata-rata pengguna aktifnya hanya sekitar 30-50 pengguna.

Kegembiraan menjadi crewmate atau impostor berasal dari interaktivitas, kesederhanaan, dan percakapan game yang cepat dengan pemain lain. Dalam artikel ini, saya akan mengajak kalian semua untuk sama-sama menganalisis kelebihan dan kekurangan User Experince pada desain game ini!

Kelebihan dan Keunikan UX Among Us

keunikan-among-us

Penggunaan Suara untuk Visibilitas dan Feedback Langsung

Suara adalah penanda dan memberikan feedback langsung. Sebagai mekanik dasar, pemain dapat mendengar langkah kaki mereka saat berjalan di sekitar pesawat luar angkasa yang membenamkan mereka dalam permainan.

Suara juga berperan dalam gameplay dengan membimbing pemain saat menyelesaikan tugas. Misalnya, game akan memainkan suara untuk membantu pengguna mengingat pola dalam urutan tombol. Mengklik tombol individual mana pun yang akan memicu suara unik.

Suara adalah penanda dan memberikan visibilitas karena permainan akan memutar suara saat pemain menyelesaikan tugas atau melakukan kesalahan. Dalam hubungannya dengan elemen visual, suara dalam game merupakan elemen yang bagus untuk verifikasi.

Artikel Terkait  Penggunaan Aplikasi AR dalam Pengembangan Aplikasi Game

Tombol dengan Batasan untuk Memandu Pengguna

Tombol dalam game memanfaatkan kendala fisik untuk mencegah kesalahan dan membuat pengguna berperilaku sesuai dengan cara game diprogram. Dalam permainan, tombol di sisi kanan digunakan untuk melaporkan TKP atau mengakses item di peta untuk menyelesaikan tugas.

Game ini unggul dalam mengomunikasikan kapan harus menggunakan fungsi tertentu karena tombol menyala saat pemain berdiri di dekat item yang dapat berinteraksi. Namun, jika item tersebut jauh, tombol dinonaktifkan.

Tombol laporan / report hanya bisa ditekan ketika pemain melihat mayat. Among Us berhasil dalam kegunaan karena memudahkan pemain, terutama yang masih pemula, untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dapat mereka gunakan untuk berinteraksi.

Keterlibatan Kreatif dari Memori Kerja

Memori kerja adalah informasi sementara yang saat ini digunakan dalam pikiran seseorang. Banyak kesenangan dalam permainan berputar di sekitar mengumpulkan informasi tentang pemain lain untuk “keluar” atau mengekspos si impostor.

Pemain harus melacak di mana mereka bertemu pemain lain, di mana mereka berada, tugas apa yang mereka lakukan, dan bagaimana semua itu bisa terhubung. Informasi tersebut secara bersamaan masuk ke dalam sketsa visuospasial (informasi visual atau spasial) dari memori kerja dan lingkaran fonologis (informasi auditori dan verbal).

Ketika tiba waktunya untuk mengobrol dengan pemain lain melalui kotak obrolan atau panggilan suara eksternal, pemain yang lebih berpengalaman mengawasi apa yang pemain lain katakan tentang urutan yang mereka lakukan, sehingga mereka dapat mencocokkannya dengan urutan mereka sendiri.

Praktis karena Tidak Perlu Membuat Akun

Pemain hanya perlu mendownload game ini di ponsel atau PC, dan tidal perlu repot untuk membuat akun. Cukup ketik nama pengguna yang akan digunakan dan bersiaplah untuk bermain.

Artikel Terkait  PWA dan aplikasi native, apa bedanya? Beberapa PWA yang berhasil.

Navigasi Kontrol yang Mudah

Waktu yang dibutuhkan pemain untuk mencapai targetnya di layar bergantung pada (1) jarak dari kursor ke target dan (2) ukuran target itu. Untuk layar sentuh, yang menjadi kursor adalah tangan si pemain. Kontrol game ini mudah dinavigasi dengan asumsi pemain memiliki kendali motorik penuh di tangan mereka.

Pemain dapat menggunakan ibu jari mereka untuk mengontrol fitur joystick di tepi kiri bawah iPad, yang berarti jarak untuk mencapai target yang mengontrol gerakan berkurang secara signifikan dengan memegang perangkat. Praktis tidak ada jarak.

Pemain juga dapat meningkatkan ukuran fitur joystick di pengaturannya.  Meskipun beberapa tugas mengharuskan pengguna untuk menyeret dan memindahkan barang di sekitar layar dalam jarak tertentu, targetnya relatif besar dan mudah diakses. Juga mudah untuk keluar dari layar tugas. Meski terdapat tombol x di kiri atas, pengguna tetap bisa keluar dengan menekan sembarang tempat.

Kekurangan dan Kelemahan UX Among Us

Masalah Keterjangkauan dengan Beberapa Tugas

Terkadang, tugas yang diberikan dapat membuar pemain kesulitan untuk menyelesaikannya. Hal ini dibarengi dengan tidak disediakannya tutorial dalam game untuk mengajari pemain cara menyelesaikan setiap tugas, jadi mereka harus merujuk ke sumber luar.

Meskipun hal ini tidak menjadi suatu masalah besar bagi sebagian pemain, namun ini dapat mengganggu gameplay, ini mungkin agak sedikit mengecewakan bagi pemain pemula.

Informasi yang Menyesatkan karena Basis Pemain yang Besar

Ada informasi yang menyesatkan karena game ini memiliki banyak pemain. Misalnya, jika pemain mencoba untuk bergabung dengan permainan publik, sebuah ruang terkadang mengatakan terbuka untuk lebih banyak orang, tetapi ketika mereka mengekliknya, permainan terkadang akan berbohong dan mengatakan bahwa ruangan tersebut sebenarnya penuh.

Untuk bergabung dengan sebuah ruangan dapat membutuhkan beberapa upaya, dan karena itu sulit untuk memilih sebuah ruangan berdasarkan nama layar. Ini bisa sangat membuat frustrasi para pemain.

Platform Ekstra Dibutuhkan untuk Komunikasi yang Lebih Cepat

Pemain dapat memilih untuk mengobrol dengan teman mereka atau pemain lain menggunakan panggilan suara, yang merupakan cara berkomunikasi yang lebih cepat daripada fitur kotak obrolan dalam game. Ini lebih menguntungkan karena jika menggunakan pesan dalam game perlu waktu yang lebih lama untuk mengirim pesan.

Jadi, seseorang harus mengunduh atau masuk ke layanan lain seperti Discord, Zoom, Skype, atau Facetime selama bermain game. Ini mungkin pengalaman yang kikuk bagi pengguna karena mereka harus melacak kebeberapa aplikasi sekaligus.

Artikel Terkait  Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Pembuatan Aplikasi

Dampak Sosial Among Us

dampak-sosial-among-us

Among Us telah menjadi salah satu game favorit banyak orang baru-baru ini, dan keuntungan serta dampak sosialnya yang positif, pasti lebih besar daripada kerugiannya untuk memberikan pengalaman bermain game yang hebat.

Dari gamer profesional hingga pemula, semua orang bermain di beberapa perangkat seperti komputer, tablet, atau ponsel. Orang-orang dapat dengan mudah memainkan game ini karena hambatan minimal untuk masuk juga berkontribusi pada mengapa game ini sangat populer.

Di masa lalu, para gamer dan streamer pro hanya akan memainkan game komputer atau video game rumit yang membutuhkan perangkat keras dan konsol yang mahal. Sekarang, bermain game bisa sedikit lebih inklusif berkat kehadiran Among Us.

Selain itu, game ini juga memfasilitasi sosialisasi secara online. Game ini menyediakan cara lain bagi teman untuk terhubung dan selama pandemi orang mungkin mencari lebih banyak cara untuk bersenang-senang secara sosial. Game ini memungkinkan pembangunan komunitas dengan cara yang serba cepat.

Implikasi sosial lainnya berfokus pada regulasi permainan dalam menghadapi anonimitas. Pemain Among Us dapat tetap sepenuhnya anonim. Karena game ini tidak memerlukan akun, apa pun yang terjadi dalam game tidak dapat diikat kembali secara virtual ke pemain mana pun.

Hal ini mungkin mendorong sebagian orang untuk menggunakan kata-kata kotor atau bahkan mengatakan hal-hal berbahaya yang mendiskriminasi komunitas lain dan meski ada fungsi sensor, namun kata-kata umpatan tidak disensor sebagai nama layar. Anonimitas permainan menimbulkan kekhawatiran akan penindasan terutama karena tidak ada persyaratan usia.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya