Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign AppTren Desain Aplikasi yang Menarik di Tahun Ini!

Tren Desain Aplikasi yang Menarik di Tahun Ini!

-

Last Updated on September 21, 2023 by

Semakin zaman melaju, semakin banyak tentunya yang berubah. Mulai dari munculnya berbagai alat baru yang dapat dikatakan memudahkan manusia sampai kepada kesukaan manusia itu sendiri. Sebagai masyarakat yang hidup di tengah-tengah arus teknologi dan selalu mengikuti angin zaman, kita harus selalu siap untuk menghadapi tantangan terhadap hal baru, termasuk juga tren desain aplikasi yang berkembang di tahun ini. Agar bisnis dan skill kita tidak tertinggal, kalian perlu mengetahui apa saja tren desain aplikasi yang sedang naik daun di tahun ini. Yuk kita lihat ulasan lengkapnya!

Neo-Brutalisme

Kalau mendengar namanya pasti kalian akan mengira ini tentang pertengkaran dan kekerasan. Namun dalam desain, neo brutalisme merujuk pada desain yang tegas, tidak menyembunyikan apapun, berani namun tetap estetik. Dalam bahasa prancis, brutalisme diartikan sebagai beton mentah. Jadi bisa dikatakan desain ini memperlihatkan dasar dari pikiran seperti halnya dengan beton yaitu dasar ketika kita akan membuat rumah.

Neo-Brutalisme sudah ada sejak tahun 1950-an dan sangat jaya pada masa itu hingga sekarang. Desain ini sangat menekankan gambar yang datar, dengan tipografi yang aneh, tata letak tidak simetris dan foto yang tidak banyak dipoles.

Jika kalian ingin menggunakan gaya desain ini, gunakan latar yang polos, letakkan elemen secara agak serampangan dan tidak terlalu dipoles, usahakan tetap mempertahankan keminimalisannya sehingga nampak serampangan namun masih estetik dan tidak membingungkan.

Text Overlay

Text overlay adalah tampilan teks yang bergabung dengan gambar atau menaruhnya diatas gambar latar belakang. Desain ini sebenarnya hampir mirip dengan konsep Neo-Brutalisme yaitu tidak terpaku dengan aturan desain tradisional.

Namun jika kalian tertarik menggunakan desain ini, kalian harus memilih dengan baik gambar, warna dan jenis tulisan yang kalian akan gunakan agar tidak menimbulkan kebingungan dan menghindari tulisan kalian menjadi tidak terbaca sehingga tidak membingungkan orang yang melihatnya.

Artikel Terkait  Kumpulan Library Animasi Terbaik Android

Untuk pemilihan gambar kalian bisa menggunakan apa saja entah itu gambar pemandangan, sungai, rumah dan lainnya. Namun tolong perkirakan apakah gambar tersebut bisa ditempatkan teks atau tidak.

Untuk teks, kalian juga bisa menggunakan teks apa saja sesuai dengan prefensi kalian atau disesuaikan dengan gaya tulisan merek dagang kalian. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kalian gunakan untuk membantu agar tulisan dalam desain kalian dapat terbaca.

desain aplikasi

Photo by Daniel Schludi on Unsplash

  • Menggunakan Scrim

Scrim adalah istilah yang mengacu pada lapisan transparan atau semi-transparan yang ditempatkan di atas elemen desain, gambar atau teks untuk menciptakan efek visual. Lapisan ini biasanya berupa warna solid atau gradient yang sangat transparan sehingga elemen di bawahnya tetap terlihat tetapi dengan sedikit modifikasi visual.

Scrim sering digunakan dalam beberapa konteks desain, yaitu

Peningkatan Kontras

Dengan menambahkan scrim dengan warna atau gradient ringan di atas elemen desain atau gambar kalian dapat meningkatkan kontras dan membantu teks atau elemen lainnya lebih mudah terbaca.

Efek Fokus

Scrim dapat digunakan untuk menciptakan efek fokus pada elemen tertentu dalam desain. Dengan mengaburkan elemen-elemen lainnya dengan scrim menjadikan elemen yang difokuskan akan lebih menonjol.

Pengaturan Mood

Mengubah warna atau intensitas scrim dapat membantu mengatur mood atau suasana dalam desain. Scrim dengan warna dingin seperti biru dapat menciptakan atmosfer yang berbeda dari scrim dengan warna hangat seperti oranye.

Transisi Halus

Dalam desain web atau aplikasi, scrim dapat digunakan dalam efek hover atau interaksi pengguna untuk memberikan transisi yang lebih halus ketika pengguna mengarahkan kursor mouse atau melakukan tindakan tertentu.

Privasi Data

Dalam aplikasi atau desain yang melibatkan tampilan data sensitif, scrim dapat digunakan untuk mengaburkan atau menyembunyikan sebagian data tersebut sehingga hanya pengguna yang berwenang yang dapat melihatnya.

  • Menggelapkan Gambar
Artikel Terkait  AI Art Generator : Ulasan Lengkap Pilihan Generator Teratas!

Jika kalian tidak terlalu mementingkan gambar dan berfokus pada label teks, kalian bisa menggelapkan seluruh gambar sekitar 40% agar tulisan kalian bisa terlihat lebih jelas.

  • Menyamakan Warna

Selain menggelapkan gambar, menyamakan warna juga dapat menjadi opsi untuk ini. Dengan menyamakan warna, kalian dapat meminimalisir warna-warna lain yang menjadikan gambar menjadi ramai warna.

  • Memburamkan Gambar

Keuntungan dalam memburamkan gambar adalah dapat menonjolkan teks namun kalian harus rela untuk mengorbankan gambar kalian.

Neon Mist

Desain ini mungkin dapat dikatakan sangat cocok dengan gen Z. Warna-warna pastel yang cerah dan dipadukan dengan neon, mungkin bisa menjadi makna harapan, sisi positif dan kegembiraan sebagaimana hal itu sangat digemari dan dibutuhkan oleh para gen Z saat ini didalam dunia yang semakin keras dan gelap.

Desain Neon Mist mengacu pada konsep desain yang menggabungkan elemen neon dan elemen kabut (mist) dalam satu desain. Ini bisa digunakan dalam berbagai konteks desain seperti desain grafis, desain interior atau bahkan seni jalanan.

Sebagai contoh dalam desain grafis, Neon Mist mengacu pada gaya desain yang menggunakan efek neon yang terang dan berkilauan seperti huruf-huruf neon yang bersinar di malam hari. Di sisi lain efek kabut atau kabut dapat digunakan untuk menciptakan suasana misterius atau mengaburkan latar belakang sehingga elemen neon lebih menonjol.

desain aplikasi

Images by Freepik

Desain Neon Mist memiliki elemen berikut.

Efek Neon

Penggunaan warna-warna terang yang mengingatkan pada cahaya neon serta efek pencahayaan yang menciptakan kesan neon yang bersinar.

Efek Kabut

Efek kabut atau kabut dapat dicapai dengan menambahkan lapisan transparan atau dengan menggunakan filter dalam perangkat lunak desain untuk menciptakan tampilan yang berkabut atau seperti ada asap.

Kombinasi Warna

Desain ini mungkin memanfaatkan palet warna neon seperti merah terang, biru neon, hijau terang atau ungu berkilauan yang kontras dengan efek kabut yang lebih netral atau lembut.

Kontras Visual

Kontras antara elemen neon yang tajam dan berkilauan dengan latar belakang yang berkabut atau kabut menciptakan efek visual yang menarik.

Artikel Terkait  Tren Desain Grafis Pada Tahun 2024: Sudah Siap?

Atmosfer Misterius

Kombinasi neon dan kabut dapat menciptakan atmosfer yang misterius, futuristik atau retro tergantung pada gaya desain yang diinginkan.

Desain ini sering digunakan untuk menciptakan tampilan yang mencolok dan berkesan dalam berbagai konteks kreatif.

Kesimpulan

Dalam era yang terus berubah tren desain aplikasi menjadi semakin beragam. Sebagai individu yang berada dalam aliran teknologi modern penting untuk memahami tren desain terkini agar tetap relevan.

Neo-Brutalisme

Walaupun namanya terkesan keras, Neo-Brutalisme dalam desain mengacu pada gaya yang tegas, berani, dan tetap estetik. Desain ini menonjolkan gambar datar, tipografi yang unik dan tata letak yang asimetris. Untuk mengadopsi gaya ini, gunakan latar belakang yang minimalis, susun elemen secara agak acak dan pertahankan kesan estetik meskipun terkesan kasar.

Text Overlay

Text overlay adalah konsep desain yang menggabungkan teks dengan gambar latar belakang. Seperti Neo-Brutalisme, gaya ini tidak terikat pada aturan konvensional. Pemilihan gambar, warna dan jenis teks yang tepat sangat penting agar pesan terbaca dengan jelas tanpa kebingungan.

Neon Mist

Desain Neon Mist menggabungkan elemen neon yang cerah dengan elemen kabut atau “mist.” Gaya ini sangat cocok untuk generasi Z yang mengharapkan kecerahan, harapan dan kegembiraan dalam dunia yang kompleks. Neon Mist digunakan dalam berbagai konteks desain, menciptakan tampilan yang mencolok dan atmosfer yang misterius.

Dengan pemahaman tentang tren desain ini, kalian dapat menciptakan aplikasi yang menarik dan sesuai dengan perkembangan zaman dan mengikuti arus teknologi yang terus berkembang.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya