Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign UIReferensi Kombinasi Warna yang Cocok Untuk Logomu!

Referensi Kombinasi Warna yang Cocok Untuk Logomu!

-

Last Updated on September 22, 2023 by

Warna adalah salah satu hal fundamental yang sangat berpengaruh terhadap desain. Seringkali ketika akan membuat desain logo, kalian pasti bingung menggunakan kombinasi warna apa yang cocok agar logo kalian terlihat bagus, unik dan mudah dikenali oleh orang lain. Selain itu juga, penggunaan warna yang tepat juga dapat membuat pelihat akan merasa betah karena enak dipandang. Lalu warna apa saja yang cocok untuk dikombinasikan? Berikut adalah ulasannya!

Sebelum itu yuk simak apa itu kombinasi warna?

Kombinasi Warna

Kombinasi warna mengacu pada penggunaan dua atau lebih warna yang disusun bersama-sama dengan tujuan menciptakan tampilan yang estetis, mudah dibaca dan memadukan elemen desain secara visual. Kombinasi warna dapat diterapkan dalam berbagai konteks seperti desain grafis, desain web, interior, fashion, seni dan banyak lagi.

Ketika kalian berbicara tentang kombinasi warna, beberapa konsep yang mungkin relevan adalah:

Roda Warna

Roda warna adalah alat yang digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara warna-warna dasar. Warna-warna pada roda warna dapat dikelompokkan menjadi berbagai skema warna, seperti skema monokromatik (berdasarkan satu warna), skema komplementer (berdasarkan warna yang saling berlawanan), skema analog (berdasarkan warna-warna yang berdekatan di roda warna) dan lainnya.

Kontrast Warna

Kontrast adalah perbedaan yang terlihat antara dua warna. Menggunakan warna dengan kontrast yang tepat dapat membantu elemen-elemen dalam desain terlihat lebih jelas dan mudah dibaca. Kontrast juga digunakan untuk menyoroti atau membedakan elemen-elemen penting dalam desain.

Artikel Terkait  Kesalahan Desain Olshop yang Sering Tidak Disadari

Harmoni Warna

Harmoni warna adalah kombinasi warna yang menyatu dengan baik dan menciptakan tampilan yang estetis. Beberapa jenis harmoni warna yang umum digunakan meliputi harmoni triad, harmoni split-complementary, harmoni tetrad dan lainnya. Harmoni warna membantu menciptakan keseimbangan visual dalam desain.

Psikologi Warna

Warna memiliki pengaruh psikologis yang dapat memengaruhi perasaan dan reaksi orang terhadap suatu desain. Misalnya warna merah sering dikaitkan dengan kegembiraan atau semangat sementara biru sering dianggap menenangkan atau profesional. Pemahaman tentang psikologi warna dapat digunakan untuk mencapai efek yang diinginkan dalam desain.

Tone dan Nuansa

Tone dan nuansa mengacu pada variasi dari satu warna. Menggunakan tone dan nuansa yang berbeda dari warna yang sama dapat menambah kedalaman dan kompleksitas dalam desain.

Konsistensi Warna

Konsistensi warna adalah prinsip desain yang menekankan penggunaan warna yang konsisten di seluruh proyek atau merek. Ini mencakup penggunaan palet warna yang konsisten untuk membangun identitas merek yang kuat.

Kombinasi warna yang baik dapat meningkatkan daya tarik visual dapat membantu menyampaikan pesan dan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pemirsa. Oleh karena itu pemilihan dan penggunaan warna yang tepat adalah salah satu aspek penting dalam desain grafis, desain web dan berbagai bidang lainnya yang melibatkan aspek visual.

Referensi Kombinasi Warna

Berikut adalah referensi kombinasi warna yang mungkin dapat menjadi inspirasimu dalam membuat desain logo.

Kombinasi Warna Bold

Warna bold memiliki kesan yang tegas, dan penuh energi.

Merah, Oranye dan Hitam

Jika dibayangkan warna diatas sangat full dengan energi, warna merah yang melambangkan keberanian, oranye yang melambangkan kegembiraan dan hitam melambangkan kekuatan.

kombinasi warna

Photo by Merek Okon on Unsplash

Biru dan Emas

Biru yang melambangkan kesejukan dan juga kepercayaan juga warna emas yang melambangkan kemewahan. Sangat cocok untuk kalian yang ingin membuat logo dengan nuansa lembut namun tetap menunjukkan wibawa.

Artikel Terkait  Makna Warna: Membantu dalam Pemilihan Warna Desain

Kuning dan Ungu

Kedua warna ini jika digabungkan, memperlihatkan kesan kebersamaan yang ceria.

Merah dan Hitam

Untuk kedua warna ini jangan ditanya lagi, dengan kemencolokannya, kedua warna ini dapat memberikan kesan berani serta dapat memberikan dampak yang serius.

Merah, Hitam dan Putih

Jika menurut kalian penggunaan warna merah dan hitam sangat mencolok atau bahkan terkesan sangar, kalian bisa menambahkan putih sebagai penengah diantara kedua warna tersebut.

Hitam dan Kuning

Hitam merupakan warna yang pekat dan kuning menunjukkan cahaya yang indah, kalian bisa menggunakan kedua warna ini untuk memberikan fokus kepada logo kalian. Seperti hitam menjadi latar dan kuning diberikan untuk elemen logo di dalamnya.

Merah dan Biru

Merah seperti api dan biru seperti es, perpaduan ini akan menghasilkan warna yang unik.

Kombinasi Warna “Menyenangkan”

Warna cerah dan neon kesannya seperti warna kaula muda dan terlihat menyenangkan. Berikut adalah beberapa kombinasi warna yang terkesan menyenangkan.

Hijau, Pink dan Kuning

Kombinasi warna hijau, pink dan kuning adalah kombinasi warna yang cerah dan penuh kehidupan yang sering digunakan dalam berbagai konteks desain dan seni. Kombinasi ini menciptakan tampilan yang kontras dan berenergi yang dapat memberikan berbagai pesan dan perasaan tergantung pada cara penggunaannya.

Warna Pelangi

Mungkin untuk saat ini warna pelangi sangat sensitif dengan kesan LGBT, namun sejatinya warna ini mengandung makna yang sangat beragam. Warna pelangi menyiratkan keajaiban, jauh dari kesan suram dan sangat disukai anak-anak.

Pink dan Turquoise

Turquoise sering dikaitkan dengan air laut dan pantai tropis sementara pink dapat melambangkan bunga-bunga yang mekar di pantai. Ini bisa digunakan dalam desain yang terinspirasi oleh pantai, perjalanan, atau liburan.

Biru, Hijau dan Kuning

Kombinasi warna biru, hijau dan kuning adalah kombinasi yang sering dikaitkan dengan unsur-unsur alam, terutama elemen-elemen alam seperti langit (biru), tumbuhan dan tanaman (hijau) serta matahari (kuning). Ini adalah kombinasi warna yang sering digunakan dalam desain dengan tema alam atau lingkungan.

Artikel Terkait  Desain User Experience : Pengenalan dan Tahap Pembuatannya

Ungu dan Pink

Kombinasi warna pink dan ungu adalah kombinasi yang sering dikaitkan dengan perasaan keceriaan, kegembiraan dan nuansa yang cerah. Ini adalah kombinasi warna yang memiliki elemen feminin dan artistik yang dapat memberikan kesan yang sangat positif.

Kombinasi Warna “Serius”

Berikut adalah kombinasi dari warna “serius”

Hitam dan Putih

Kombinasi warna hitam dan putih adalah kombinasi klasik yang sering dikaitkan dengan keseriusan, ketegasan dan elegansi. Ini adalah kombinasi warna yang sangat kontras dan sederhana yang memberikan tampilan yang bersih dan terorganisir.

Biru dan Hitam

Kombinasi ini sering digunakan dalam lingkungan profesional, desain dan berbagai konteks lainnya.

kombinasi warna

Photo by Max Kleinen on Unsplash

Coklat, Krem dan Hitam

Hitam sering dikaitkan dengan ketegasan dan profesionalisme dan ketika digabungkan dengan coklat dan krem, kombinasi warna ini menciptakan tampilan yang serius dan formal. Ini cocok untuk lingkungan bisnis dan profesional.

Coklat dan Emas

Kombinasi warna coklat dan emas adalah kombinasi yang sering dikaitkan dengan kemewahan, kehangatan dan keanggunan. Kombinasi ini menciptakan tampilan yang kaya dan eksklusif.

Penjelasan diatas hanyalah referensi untuk kalian yang saat ini sedang bingung untuk memilih warna kombinasi untuk pembuatan logo. Jika kalian memiliki kombinasi warna kalian sendiri tentunya akan sangat bagus dan melatih daya kreatifitas kalian.

Kesimpulan

Kombinasi warna adalah cara kita menggabungkan dua atau lebih warna agar terlihat bagus dan berpadu harmonis. Ini penting dalam desain grafis, mode, dekorasi dan banyak lagi.

Referensi Kombinasi Warna untuk Logo, yaitu:

Kombinasi warna bold seperti merah, oranye dan hitam memberi kesan berani dan kuat. Kombinasi warna “menyenangkan” seperti adalah hijau, pink dan kuning yang memberikan kesan ceria dan hidup. Kombinasi warna “Serius” seperti hitam dan putih yang menciptakan tampilan bersih dan formal.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya