Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign UIUI Designer Harus Coba! 10 Animation Library untuk UI...

UI Designer Harus Coba! 10 Animation Library untuk UI Design

-

UI Designer adalah pekerjaan yang sangat diminati belakangan ini. Sebagai seorang desainer user interface, Anda harus membuat UI design yang keren dan outstanding. Salah satu cara membuat UI yang keren adalah dengan menambahkan animasi ke dalamnya.

Membuat desain UI yang keren, Anda pasti akan membutuhkan tools khusus untuk membuat desain UI. Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi animation library atau pustaka animasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membuat animasi desain UI.

10 Animation Library untuk UI Design

ui-designer..

Ada banyak sekali tools yang bisa digunakan untuk membuat animasi keren pada desain UI Anda. Sepuluh tools terbaik akan kami rekomendasikan kepada Anda. Inilah 10 Animation Library untuk UI Design Anda.

1. LottieFiles

LottieFiles adalah tools multi-platform tanpa kode dengan kombinasi alat dan fitur yang tepat untuk membantu UI Developer maupun UI Designer dalam menemukan, membuat, menguji, mengubah, dan mengimplementasikan animasi interaktif ringan untuk aplikasi web dan seluler.

LottieFiles juga menawarkan plug-in untuk integrasi yang mudah dengan alat pembuatan terkemuka di industri seperti After Effects, Figma, dan Framer X untuk memungkinkan konversi dan ekspor file desain atau animasi berbasis vektor ke format file Lottie yang sederhana dan siap digunakan.

Animasi Lottie ini bekerja pada sistem operasi populer seperti Android OS, iOS, Windows dan bahasa pemrograman perangkat lunak terkemuka seperti Vue.js, Flutter, Angular, dan React Native. Fitur dan fungsi platform lainnya termasuk Pustaka Animasi Lottie yang sempurna untuk digunakan pada proyek Anda berikutnya,

2. Animate.css

Saat ini, Animate.css merupakan salah satu library animasi yang paling populer dan memiliki banyak pengguna. Pustaka animasi ini mencakup lebih dari 77 animasi CSS siap pakai dari transisi dasar seperti Bounce dan Fade-in hingga yang lebih menggembirakan. Animasi yang disediakannya bagus untuk penekanan, petunjuk perhatian, penggeser, dan halaman beranda, untuk menyebutkan beberapa saja.

Kesederhanaan tools ini, ukuran yang diperkecil, dan kompatibilitas lintas-browser membuatnya lebih disukai untuk situs web dan proyek seluler. Animate.css juga terintegrasi dengan baik dengan tools pendukung fungsi CSS lainnya.

Dalam hal aksesibilitas, Animate.css mendukung kueri “prefers-reduced-motion media” dengan sensitivitas gerakan untuk memilih keluar dari animasi. Pada dasarnya, pengguna dapat memilih untuk mengurangi gerakan pada preferensi sistem operasi perangkat mereka untuk mematikan transisi CSS dengan mudah. Fungsionalitas ini saat ini tersedia di semua browser dan sistem operasi utama, termasuk seluler.

Pustaka Animate.css diperbarui dengan gaya animasi CSS baru secara teratur. Para UI Designer pun dapat melihat pratinjau setiap jenis animasi di halaman arahan hanya dengan mengklik setiap item di bilah sisi kanan.

Artikel Terkait  10 Rekomendasi Aplikasi Desain UI Terbaik untuk Pemula

3. Bounce.js

Bounce.js adalah alat dan Library JavaScript yang memungkinkan Anda membuat animasi keyframe CSS3 yang menarik. Pustaka ini terdiri dari sepuluh preset shake animation yang halus, bagus, dan menyenangkan untuk digunakan. Preset yang menyenangkan ini melakukan semua pekerjaan berat, jadi Anda tidak perlu menulis kode animasi yang rumit.

Pustaka yang diperkecil ini memiliki dampak yang jauh lebih kecil pada ukuran situs web atau waktu pemuatan Anda, yang merupakan faktor penting untuk diingat saat menambahkan animasi. Seperti namanya, bounce.js umumnya menarik bagi UI Designer yang ingin menarik perhatian pengguna dengan animasi goyang yang bergaya.

Bounce.js sangat berguna dalam kasus di mana Anda mungkin ingin membuat perpustakaan animasi Anda sendiri. Biasanya, animasi ini dibuat menggunakan opsi transformasi lanjutan di halaman arahan, setelah itu diekspor sebagai file CSS dan diterapkan sesuai keinginan.

4. AnimeJS

AnimeJS adalah perpustakaan animasi JavaScript yang kuat dan intuitif, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk sebagian besar proyek. Pustaka ringan ini memiliki satu API kuat yang memungkinkan Anda menganimasikan elemen HTML, properti CSS, objek JS, atribut SVG, dan DOM dengan lancar.

Memanfaatkan sistem bawaannya, Anda dapat dengan mudah membuat riak, gerakan terarah, tindak lanjut, dan efek animasi keren yang tumpang tindih. Namun, masih banyak yang dapat Anda lakukan menggunakan fungsi panggilan balik dan kontrol bawaannya seperti putar, menjeda, mengontrol, membalikkan, dan memicu peristiwa.

Fitur penting dari AnimeJS adalah dokumentasi terperincinya. Secara keseluruhan, ini menghadirkan paket lengkap yang siap dibuka oleh UI Designer. Untuk melihat apa lagi yang mungkin menggunakan perpustakaan ini, Anda dapat mengunjungi halaman arahan.

5. Popmotion

Popmotion adalah perpustakaan animasi fungsional yang memungkinkan Anda membuat animasi pengalaman pengguna yang mendebarkan. Dengan kata lain, kami setuju dengan klaim mereka bahwa mereka adalah “Toolbox JavaScript Animator.”

Ini adalah perpustakaan yang kuat yang memungkinkan animasi keyframe, pegas, dan inersia pada angka, warna, dan string yang kompleks. Fungsi Popmotion yang sederhana dan dapat dikomposisi membuatnya portabel untuk lingkungan yang mendukung JavaScript.

Pustakanya saat ini mendukung animasi di Framer Motion. Sebagian besar fungsinya memiliki ukuran file kecil kurang dari 5kb, sehingga memungkinkan untuk menenun rangkaian animasi atau fungsi apa pun saat membuat konfigurasi yang dipersonalisasi.

Selain itu, ia ditulis dalam TypeScript dan bekerja dengan API apa pun yang menerima angka sebagai input, seperti React atau Three.js.

6. Mo.js

Mo.js adalah pustaka animasi JavaScript kaya yang menggunakan efek gerakan untuk menambahkan bumbu ke situs web Anda. Dibandingkan dengan pustaka JavaScript lainnya, ia mengadopsi pendekatan yang berbeda untuk kode dan struktur animasinya.

Fitur utama yang membuat perpustakaan ini menonjol meliputi : Kecepatan membuat animasi dan efek halus untuk pengalaman pengguna yang menarik, efek bebas kepadatan layar tinggi yang membuatnya terlihat bagus di perangkat apa pun.

API yang sederhana memungkinkan kontrol penuh atas animasi Anda. Modularitas animasi dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan proyek Anda. Selain komponen bawaan untuk membuat animasi dari awal, Mo.js menawarkan alat untuk membuat proses animasi Anda jauh lebih mudah.

Di dalam toolkit ini terdapat Player untuk mengontrol animator, Curve Editor dan Timeline Editor untuk membuat custom ease dan pengeditan umum. Meskipun API mungkin tampak relatif sederhana, masih banyak yang dapat Anda lakukan dengannya. Selain itu, beberapa tutorial telah disediakan di halaman arahan untuk membantu pemula bangun dan berlari.

7. GreenSock Animation Platform (GSAP)

GSAP adalah perpustakaan animasi kuat lainnya yang dibangun di atas HTML5 dan JavaScript. Ini memastikan bahwa animasi berjalan lancar di browser web modern dan solusi HTML5 dengan mengikat beberapa properti animasi dan menghilangkan bug browser.

GSAP menghadirkan kumpulan alat untuk membuat proses pembuatan animasi Anda sesederhana mungkin. Mereka termasuk TweenLite, yaitu inti yang kuat dan cepat yang mendukung perpustakaan JavaScript-nya, TweenMax, yang memperluas TweenLite dengan fitur-fitur baru, TimelineLite, yang membantu mengelola urutan animasi dan TimelineMax, yang memperluas fungsionalitas TimelineLite.

Struktur modularnya memungkinkan Anda memilih fungsi spesifik yang diperlukan dan membuat apa pun yang Anda inginkan. GSAP mengeluarkan sekumpulan file JavaScript kecil yang membuat animasi Anda tampak hebat di semua browser web utama.

Dengan GSAP, UI Designer dapat membuat animasi yang halus dan berkinerja tinggi menggunakan jQuery, Canvas, dan SVG. Ini juga bekerja dengan baik dengan perpustakaan lain dan aplikasi perangkat lunak seperti SVGPlugins, PixiPlugin, WebGL, Adobe Animate, dan EaseJS.

Artikel Terkait  Cara Mewujudkan Pengalaman Onboarding Terbaik pada Aplikasi

8. Velocity.js

Velocity.js adalah pustaka animasi canggih yang menggabungkan transisi jQuery dan CSS terbaik, memungkinkan Anda melakukan banyak hal seperti easing, animasi warna, transformasi, dukungan SVG, dan banyak lagi. Ini memiliki mesin animasi yang sangat cepat dan menawarkan sejumlah fitur dan fungsionalitas.

Di antara penggunanya yang menonjol adalah merek besar seperti MailChimp, Windows, Uber, Samsung, dan WhatsApp. Beberapa fungsi intinya termasuk looping, reversing, delay, menyembunyikan/menampilkan elemen, fungsi matematika (+,-,*, /), dan akselerasi perangkat keras. Hebatnya, Velocity.js bekerja sempurna dengan dan tanpa jQuery dan bahkan dapat membatalkan animasi sebelumnya.

9. CSSshake

CSSshake adalah perpustakaan animasi bertenaga CSS yang berputar di sekitar membuat elemen UI  bergerak. Library Animasi ini terdiri dari berbagai kelas CSS untuk memungkinkan Anda membuat elemen goyang animasi yang berbeda di seluruh proyek Anda. Jadi, tidak akan sulit menemukan preset ‘shake’ yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Khususnya, pola ‘shake animation’ dipopulerkan oleh iOS Apple. Hal ini terlihat ketika pengguna iOS memasukkan kredensial yang salah ke bidang input atau mencoba melakukan tindakan yang tidak diizinkan oleh sistem.

Baru-baru ini, shake animation pun telah menjadi standar dalam desain interaksi. Umumnya, animasi ini dibuat menggunakan keyframe dan properti transform.

10. Hover.css

Hover.css adalah Animation Library dengan efek hover CSS3 yang powerful untuk menghidupkan tombol, logo, tautan, dan elemen UI situs web Anda. Mirip dengan Animate.css, perpustakaan terdiri dari berbagai transisi 2D dan cukup cocok dengan proyek interaksi apa pun.

Menggunakan Hover.css semudah menyalin dan menempelkan efek yang diinginkan di style sheet Anda atau mereferensikan seluruh style sheet sekaligus. Selanjutnya, tambahkan nama kelas CSS ke elemen yang ingin Anda terapkan. Demikian pula, banyak efek menggunakan fitur CSS3 seperti transisi dan transisi.

Perhatikan bahwa browser lama mungkin tidak mendukung fitur ini dan perhatian khusus mungkin diperlukan untuk memastikan bahwa efek hover komentar tetap ada.

Itulah 10 Tools untuk membuat animasi keren pada desain UI Design Anda. Animasi UI telah menjadi komponen yang semakin penting dalam desain, pengembangan, dan penyampaian pengalaman produk yang menyenangkan.

Animasi UI secara alami membangkitkan rasa interaksi, mengubah tata letak statis menjadi antarmuka yang dinamis, dan membantu pengguna memusatkan perhatian mereka pada elemen visual utama. Saat ini, sebagian besar pengguna mengharapkan beberapa bentuk interaktivitas saat menggunakan produk dan layanan digital.

Jika Anda tertarik untuk tahu lebih banyak seputar UI design, jangan lupa kunjungi Web App di https://appkey.id/ dan nyalakan notifikasi dari website kami agar Anda tidak ketinggalan artikel terbaru.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya