Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign UICara Menggunakan Pola Desain UI Terbaik

Cara Menggunakan Pola Desain UI Terbaik

-

Bagi banyak orang, pola desain UI bisa jadi sulit diterapkan dengan benar karena konsepnya sangat sederhana. Yaitu kumpulan pola yang secara estetika menyenangkan dan fungsional.

Tetapi jika Anda memperlakukannya hanya sebagai pola, situs Anda dapat mulai terasa seperti pemotong kue. Kami akan menjelaskan berbagai klasifikasi pola desain UI terbaik dan menjelaskan cara memilih yang tepat berdasarkan kebutuhan Anda. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut!

4 Jenis Utama Pola Desain UI

Pola desain UI bukanlah fitur situs web yang dapat dipotong dan disisipkan begitu saja ke dalam desain Anda. Definisi yang lebih akurat adalah strategi visual untuk memecahkan masalah kegunaan umum.

Lebih lanjut, pola desain UI bukanlah bagian yang Anda satukan untuk membuat antarmuka. Sebaliknya, mereka lebih dekat ke bagian dasar tempat Anda dapat membangun situs kustom Anda. Pola desain UI bukanlah template, jadi tidak boleh diperlakukan seperti itu. Kecuali Anda ingin situs web Anda terasa steril.

Pola UX hanya berguna jika digunakan berdasarkan kasus desain tertentu. Biasanya mereka menargetkan fungsi situs inti seperti:

  • Input dan Output
    Pola ini berhubungan dengan bagaimana pengguna berinteraksi, atau mengirimkan input, ke situs, dan juga bagaimana situs merespon, atau mengirimkan umpan balik.
  • Navigasi

Bantuan ini memandu pengguna di sekitar situs, memastikan orientasi mereka benar dan mengetahui cara menemukan jalan jika tersesat.

  • Penataan Konten
    Apakah konten Anda dapat diakses dan mudah untuk diakses? Pola ini membantu Anda mengatur konten sehingga pengguna dapat menikmati situs Anda sepenuhnya.
  • Berbagi Sosial
    Ini adalah pola yang memungkinkan untuk mempromosikan, dan memfasilitasi berbagi situs Anda di tempat media sosial mana pun yang Anda sukai.

3 Tingkat Pola Desain UI

pola-desain-ui-1

Pola desain UI selanjutnya dapat diklasifikasikan berdasarkan cara mereka membantu suatu situs. Pola desain UI terbaik dapat membantu situs dalam tiga cara berikut:

1. Implementasi

Tingkat terendah adalah kontekstual untuk setiap kasus desain. Ini mendefinisikan bahwa untuk situs tertentu, kotak pencarian harus ditempatkan di kanan atas, bahwa label formulir harus ditempatkan tepat di atas kolom masukan, dan thumbnail persegi gambar harus memiliki dimensi 100×100 piksel. Saat mendefinisikan pola desain antarmuka pada tingkat khusus ini, mereka hanya dapat menjadi kontekstual untuk kasus desain tertentu.

Jika Anda ingin fokus memberikan pengalaman yang konsisten, diperlukan pola desain pada level ini. Pola implementasi hanya berkaitan dengan konsistensi di seluruh halaman Anda. Menentukan dan menyetujui tentang cara menerapkan fitur tertentu (carousel atau kotak login) membantu memastikan konsistensi di setiap halaman.

Artikel Terkait  Rahasia untuk Memperlancar Pengembangan Aplikasi? Perbedaan antara Mockup dan Prototipe

2. Arus

Tingkat menengah menjelaskan blok bangunan apa dari solusi berulang yang memecahkan masalah desain umum yang kita miliki di kotak peralatan sebagai desainer. Level ini menjelaskan fungsionalitas dan bagaimana pengaruhnya terhadap aliran.

Di sini, desainer memilih di antara alternatif yang memecahkan masalah yang sama, tetapi akan mempengaruhi aliran dan komposisi pengalaman yang bertentangan dengan konsistensi pengalaman yang dibahas pada tingkat implementasi.

Dimana pola implementasi bersifat taktis, pola aliran bersifat strategis. Pola aliran membantu pengguna mengalami aliran yang konsisten di seluruh situs Anda. Mereka adalah interpretasi abstrak dari beberapa implementasi yang berbeda.

3. Konteks

Tingkat tertinggi dari pola desain UI adalah orang-orang yang menentukan konteks kita saat ini. Apakah kita sedang membangun situs artis, museum, otomotif, majalah, atau e-Commerce? Dalam memilih membangun situs artis, ada beberapa hal yang wajib ada.

Seperti: kalender acara, biografi, diskografi, dan mungkin portofolio. Jika Anda membuat situs e-Commerce, Anda tidak memerlukan kalender acara, tetapi Anda tidak akan berhasil tanpa sistem pembayaran.

Langkah untuk Menggunakan Pola Desain UI yang Benar

Sebelum Anda menyusun detail halus dari desain UI web Anda – bagaimana pengguna memasukkan data, bagaimana situs memberikan umpan balik dan sebagainya – pertama-tama Anda perlu menentukan hierarki visual situs Anda. Pola desain UI adalah solusi berulang yang memecahkan masalah desain umum. Pola desain adalah titik referensi standar untuk desainer antarmuka pengguna yang berpengalaman.

Pola desain UI memberikan bahasa yang sama antar desainer. Mereka memungkinkan perdebatan tentang alternatif, di mana hanya menyebutkan nama pola desain secara implisit membawa lebih banyak makna daripada sekadar nama.

Mengetahui tampilan dan nuansa situs Anda akan membantu Anda menyadari pola mana yang cocok untuk Anda. Setelah itu ditetapkan, Anda dapat memulai proses memilih pola UI. Proses pemilihan dapat disederhanakan menjadi empat langkah dasar:

  • Tentukan masalah yang perlu diselesaikan
  • Jelajahi bagaimana orang lain memecahkan masalah yang sama
  • Periksa penggunaan solusi di situs lain
  • Detail pola penggunaan yang tepat sehingga Anda dapat membuatnya kembali.

Proses di atas difokuskan untuk menemukan pola desain UI. Tetapi bagaimana Anda memutuskan pola desain UI terbaik yang tepat untuk Anda? Berikut uraian yang mengilustrasikan poin melalui contoh pola gaya ‘peringkat’, seperti yang disebutkan oleh Melissa Joy Kung, Pemimpin Redaksi Technori.

  1. Tentukan pola UX

    Pertama dan terpenting, Anda harus memahami apa yang dilakukan oleh pola tersebut. Fungsi utama pola peringkat adalah memberikan masukan cepat kepada pengguna, memungkinkan suara pengguna didengar, dan mengumpulkan data pengguna secara kualitatif dan kuantitatif.

  2. Temukan pola yang digunakan dengan baik

    Telusuri web hingga Anda menemukan situs yang menggunakan pola tersebut dengan sangat baik

  3. Buat daftar masalah yang dipecahkan pola

    Mirip dengan mendefinisikan fungsi utama pola, penting untuk mengetahui masalah mana yang mereka targetkan. Pola penilaian memuaskan masukan, meningkatkan interaktivitas, dan memberi bobot lebih pada pendapat pengguna, yang mereka hargai.

  4. Ketahui kapan harus menggunakan pola

    Ini kembali ke pola UI untuk konteks. Pola penilaian digunakan saat produk Anda memerlukan masukan tambahan, atau saat Anda ingin memperluas masukan yang sudah ada seperti ulasan tertulis. Tetapi hal itu tidak masuk akal untuk blog jurnalistik.

  5. Ketahui cara menggunakan pola

    Pada tahap ini, Anda masuk ke detail teknis sebuah situs. Pola peringkat menggunakan rata-rata gabungan dari peringkat pengguna, opsi untuk mengubah peringkat nanti, tampilan yang menyala saat Anda mengarahkan kursor ke atasnya, isyarat untuk memberi tahu pengguna bahwa peringkat mereka diterima, dan sebagainya.

Artikel Terkait  Flat Desain Dan 10 Tips Untuk Membuat Desain Yang Menarik

Perpustakaan & Sumber Daya Pola Desain UI

pola-desain-ui-2

Kecuali Anda adalah seorang desainer UI berpengalaman dengan pengalaman bertahun-tahun, sulit untuk melacak semua pola UX yang Anda inginkan. Di bawah ini adalah beberapa sumber daya yang mengumpulkan dan mengumpulkan semua pola terbaru dan paling berguna. Ini dapat membantu Anda tetap up-to-date, yang kita semua tahu sangat penting dalam bidang yang bergerak cepat seperti desain web.

UI Pattern

Perpustakaan pola web yang memiliki sistem organisasi untuk memudahkan penelusuran. Fakta menyenangkan: itu baru saja didesain ulang dan direstrukturisasi.

Pattern Tap

Komunitas desainer ini memposting dan memperbarui banyak sumber daya berguna untuk pendidikan desain web.

UXPatterns

Transformasi desain low-fi ke hi-fi dari perusahaan top seperti Lyft, Uber, Pinterest, dan lainnya.

UseYourInterface

Pustaka GIF yang bergulir tanpa batas dan fantastis yang menunjukkan kekuatan interaktif pola UI.

Capptivate

Kumpulan pola UI seluler yang sangat lengkap. Hampir semuanya dianimasikan, jadi Anda dapat melihat cara melapisi interaksi di atas pola populer.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya