Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Front end Laman Google Tidak Nyaman Dilihat? Ini Cara Menghapus CSE...

Laman Google Tidak Nyaman Dilihat? Ini Cara Menghapus CSE Tanpa Ganti Browser

-

Pernahkah Anda mendapati tampilan Google di browser Anda berubah menjadi lebih sederhana, kuno dan tidak menarik atau nyaman untuk dilihat? Jika iya, besar kemungkinan laman penelusuran Google di browser Anda telah berubah menjadi penelusuran CSE (Google Custom Search Engine).

Mayoritas user (pengguna) Chrome dan Firefox yang “terjangkit” oleh Google Custom Search Engine ini mengaku merasa tidak nyaman lagi saat melakukan penelusuran online. Hal ini sangat dimaklumi, sebab pada tampilan Google Custom Search Engine, Anda justru diarahkan ke halaman pencarian yang tidak jelas atau tidak sesuai dengan keyword. Bayangkan betapa jengkelnya Anda sendiri jika hendak mencari sebuah informasi namun justru diarahkan ke hasil penelusuran yang tidak sesuai keinginan!

Sayangnya, tidak banyak orang mengetahui bagaimana cara menghapus tampilan Google Custom Search Engine dan memperbaiki laman browser mereka seperti sedia kala. Banyak yang mencoba cara-cara perbaikan sementara yang hanya berlaku sesaat. Jadi, saat Anda menutup dan membuka browser kembali, maka tampilan Google Custom Search Engine masih tetap ada di hadapan Anda.

Namun Anda tidak perlu risau jika saat ini browser Anda terjangkit oleh Google CSE! Di bawah ini kami sudah menyediakan pedoman cara menghapus search engine di Google Chrome dan Mozilla Firefox. Yuk langsung simak pembahasannya bersama-sama!

Apa Itu CSE (Google Custom Search Engine)? Bahaya CSE untuk Anda

cse1

Faktanya, sebagian besar masyarakat awam masih belum mengenal apa itu Google Custom Search Engine (CSE). Sebelum mengetahui bagaimana cara menghapus search engine di Google Chrome, ada baiknya Anda memahami apa itu CSE terlebih dahulu. Pada pemahaman kali ini, kami akan menjelaskan bahaya dari CSE untuk Anda.

Banyak ahli IT berpendapat bahwa Google Custom Search Engine adalah tampilan bak penelusuran Google yang diakibatkan oleh sebuah virus malware. Jika browser Anda sampai “terjangkit” oleh Google CSE, besar kemungkinan Anda pernah mengklik sebuah tautan berisi virus saat menggunakan browser. Virus ini pun dapat mengubah sejumlah pengaturan di komputer, laptop, PC hingga smartphone Anda, terutama tampilan browser menjadi cse.google.com.

Sebagian besar masyarakat awam berpikir cepat mencari solusi termudah untuk mengembalikan tampilan awal Google Search mereka dengan melakukan restart gadget. Padahal, cara menghapus search engine di Google Chrome ini tidak akan berfungsi sama sekali. Mau Anda me-restart gadget hingga ratusan kali pun, tampilan Google CSE di browser Chrome atau Mozilla Firefox akan tetap muncul dan mengganggu penelusuran.

Artikel Terkait  Spam Email Adalah? Pengertian, Akibat dan cara mencegahnya

Dari segi tampilan, Google CSE memang tampak lumayan mirip dengan Google asli. Mulai dari desain, deskripsi, hingga ekstensi dari Google CSE dibuat semenjanjikan mungkin. Alhasil, ada banyak orang juga yang tertarik memakai CSE untuk memasang iklan online.

Bahkan ada juga perusahaan yang menjadikan CSE Google ini sebagai salah satu strategi SEO mereka. Meski demikian, banyak penelitian justru mengungkap bahwa situs web yang tertera di Google CSE mayoritas terkoneksi ke akun-akun pembajak (hacker) dan berpotensi menimbulkan masalah cyber.

Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati saat melihat aneka iklan pop-up, banner atau potongan artikel yang memamerkan penawaran transaksi yang terlalu “muluk-muluk” saat melakukan browsing internet. Jika Anda sampai tergiur mengklik sembarangan iklan, maka Anda bisa langsung diserang oleh Google CSE.

Dari sini, hacker dapat segera mengubah setting browser Anda menjadi CSE, mengganti tampilan default homepage dan search engine, atau “menjebak” Anda agar tidak bisa menemukan hasil penelusuran sesuai keyword.

Lebih mengerikannya lagi, bahaya dari Google CSE ternyata tidak berhenti hanya sampai di sana. Hacker juga bisa merekam data-data diri Anda, history penelusuran web, alamat IP, lokasi, alamat kode pos, password, dan masih banyak lagi data-data Anda yang selama ini terunggah dan disimpan online. Data-data ini pun sangat rentan untuk dijual oleh hacker guna mendapatkan uang, atau dimanfaatkan oleh mereka untuk membuat transaksi palsu.

Mengerikan sekali bukan? Jadi kami sarankan untuk segera mencari cara menghapus search engine di Google Chrome jika browser Anda positif terinjeksi oleh Google CSE. Apabila dibiarkan begitu saja, maka hacker dapat leluasa mencuri data-data atau informasi diri Anda untuk disalahgunakan.

Lantas bagaimana cara menghapus search engine di Google Chrome? Mari lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya untuk mengetahui cara menghapus search engine di Google Chrome.

Cara Menghilangkan Google Custom Search di Chrome

Anda telah memahami apa itu Google CSE beserta bahayanya terhadap Anda secara online. Apabila tidak segera diatasi, maka Google CSE yang menjangkiti browser Anda dapat dengan mudah merusak pengaturan browser dan mencuri data-data diri Anda.

Anda tidak perlu panik, sebab menghilangkan Google Custom Search sesungguhnya mudah untuk dilakukan. Sekarang pun banyak ahli IT berhasil menemukan cara menghilangkan Google Custom Search untuk semua platform browser, termasuk Chrome dan Mozilla Firefox yang menjadi 2 tipe browser dengan pengguna terbanyak.

Anda bisa mempraktekkan cara menghapus search engine di Google Chrome secara permanen berikut ini:

  1. Buka Google Chrome.
  2. Klik menu “Setting”, kemudian scroll ke bawah.
  3. Teruskan scroll hingga Anda menemukan “Show Advanced Setting”. Klik menu tersebut.
  4. Anda akan menemukan sejumlah tab. Pertama-tama Anda klik tab “network” kemudian klik “change proxy settings”, setelah itu klik “LAN Settings”.
  5. Terakhir, hapus tanda rumput / checklist di pilihan “Use proxy server for your LAN”.
  6. Jika sudah semua, lanjutkan dengan me-refresh halaman pencarian di Google Chrome. Kini seharusnya tampilan halaman Google Search Anda akan berubah normal seperti sedia kala.

Artikel Terkait  Membandingkan Tipe Database: Bagaimana Tipe Database Berevolusi Untuk Memenuhi Kebutuhan Yang Berbeda

Mudah, bukan? Namun apabila cara di atas tidak berhasil, maka Anda bisa menggunakan bantuan sejumlah tools atau software untuk menghapus Google CSE. Salah satu aplikasi terbaik untuk menghapus malware Google CSE adalah Adwcleaner. Hebatnya, aplikasi ini bisa langsung digunakan untuk menghapus Google CSE pada semua tipe browser. Anda bisa mendownload Adwcleaner secara gratis di: https://www.bleepingcomputer.com/download/adwcleaner/

Kemudian, Anda bisa mengikuti cara menghapus search engine di Google Chrome dengan Adwcleaner berikut ini:

  1. Download dan install Adwcleaner.
  2. Buka aplikasi, klik “scan”. Tunggu sampai proses ini selesai.
  3. Klik “clean”. Tunggu sejenak, perangkat Anda akan melakukan restart otomatis.
  4. Aplikasi akan memberikan data-data yang ia hapus pasca proses restart selesai. Dari sini, Anda seharusnya sudah bisa menggunakan browser seperti sedia kala. Untuk lebih memastikan, Anda bisa mematikan proxy setting pada Chrome dengan mengikuti alur berikut: setting > network > proxy > klik OFF pada “use a proxy server” dan klik ON pada “automatic detect setting”. Selesai!

Sebagai catatan, sebelum melakukan semua proses pembersihan di atas, Anda dianjurkan untuk melakukan proses reboot di Safe Mode. Cara melakukan reboot berbeda-beda, tergantung pada tipe Windows perangkat Anda:

Reboot Windows 8

  1. Klik “Start”
  2. Pilih “Control Panel”
  3. Pilih “Sistem dan Keamanan”
  4. Klik “Administrative Tools” > klik “konfigurasi sistem”
  5. Cek opsi reboot > klik OK > pilih restart. Selesai.

Reboot Windows 10

  1. Klik “Start”
  2. Klik “tombol daya”
  3. Klik “restart” sembari menekan tombol “shift”. Reboot akan berjalan secara otomatis.

Cara Menghilangkan CSE Google di Firefox

cse2

Kita telah membahas bagaimana cara menghapus search engine di Google Chrome. Lalu bagaimana untuk Anda yang memakai Google di Firefox? Apakah ada cara menghilangkan CSE Google di Firefox? Jawabannya tentu saja ada!

Untuk menghilangkan CSE Google di Firefox secara tidak permanen, Anda cukup membuka setting > pilih menu “canggih” > klik jaringan > klik setting > klik OFF / NO pada proxy, dan terakhir klik “ok”. Namun cara ini jelas tidak terlalu efektif untuk menghapus CSE secara total. Begitu Anda me-restart browser, maka Google CSE akan kembali lagi ke Firefox.

Artikel Terkait  Firebase Adalah? Memahami Penggunaan Firebase dalam Pengembangan Aplikasi

Menghapus Google CSE di Firefox jauh lebih simpel dibandingkan Chrome. Yuk ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka Mozilla Firefox
  2. Klik bagian pojok kanan atas > pilih “pengaya” > pilih “ekstensi
  3. Aktivasi penghapusan ekstensi yang tidak dikenal atau mencurigakan.
  4. Sistem akan menghapus semua ekstensi mencurigakan, termasuk CSE Google. Selesai! Browser Anda kini sudah bersih.

Jika cara tersebut tidak berhasil, Anda bisa mencoba alternatif selanjutnya:

  1. Buka Mozilla Firefox > open menu (tanda garis 3 berjajar di pojok kanan atas)
  2. Klik tombol “options”
  3. Muncul box “connection settings” > klik “no proxy”
  4. Selesai! Anda bisa me-refresh halaman browser dan membuka Google Search seperti biasa.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang cara menghapus search engine di Google Chrome dan Mozilla Firefox. Tetaplah waspada dan berhati-hati saat melakukan penjelajahan di internet, ya. Sekali lagi, jangan sampai Anda teledor dan sembarangan meng-klik iklan spam. Bisa jadi, Anda justru akan menjadi korban selanjutnya dari Google CSE.

Terima kasih sudah mengikuti artikel ini. Temukan lebih banyak artikel menarik, informatif dan berwawasan lainnya pada situs dan kami. Sampai jumpa di artikel lainnya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya