Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi Android Maksimalkan Aplikasi Android dengan “Dark Mode” | Tips Buat...

Maksimalkan Aplikasi Android dengan “Dark Mode” | Tips Buat Dark Mode Termudah

-

Tampilan dark mode android kini tersedia pada banyak aplikasi belakangan ini. Besar kemungkinan, smartphone android yang sekarang sedang Anda gunakan pun dapat diubah tampilannya menjadi dark mode. Hampir semua aplikasi milik Google mempunyai tampilan dark mode, mulai dari Play Store, Google Duo, YouTube, Gmail, Assistant, dan seterusnya.

Dark mode Google memang menjadi pelopor tampilan layar serba hitam ini. Hingga akhirnya aplikasi-aplikasi ternama lain seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram pun turut membuat dark mode android dan iOS. Namun apa, sih, sesungguhnya dark mode itu? Apa pula kegunaan dari membuat dark mode android?

Jika Anda masih belum memahami kegunaan dark mode atau bagaimana cara membuat dark mode pada aplikasi sendiri, maka Anda berada di halaman yang tepat. Berikut ini kami sudah menyajikan penjelasan lengkap terkait kegunaan dan cara membuat dark mode sendiri pada aplikasi android Anda. Tanpa basa-basi lagi, yuk check this article out!

Cara Membuat Dark Mode pada Aplikasi Sendiri

darkmode1

Sebagian besar orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan tampilan layar smartphone mereka yang sepenuhnya berwarna hitam (gelap). Ya, fitur tersebutlah yang dinamakan dengan dark mode. Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya, dark mode Google adalah pelopor tampilan layar dengan pencahayaan rendah ini pada gadget. Tak perlu waktu lama berselang hingga akhirnya banyak aplikasi dan perusahaan smartphone yang turut memproduksi fitur tema gelap selayaknya dark mode Google.

Mungkin sampai di sini Anda bertanya-tanya mengapa fitur dark mode sangat digandrungi oleh masyarakat pengguna teknologi? Banyak studi ilmiah telah membuktikan bahwa tampilan user interface dengan cahaya yang rendah (gelap) lebih mampu mengurangi ketegangan mata dan menjadikan pengguna nyaman meski berlama-lama menggunakan aplikasi. Oleh sebab itu, jika Anda ingin aplikasi lebih disukai oleh masyarakat, maka Anda wajib membuat dark mode pada aplikasi Anda.

Bagaimana cara membuat dark mode? Anda tidak perlu cemas! Berikut ini kami sudah menyajikan tutorial lengkap dan mudah membuat dark mode android dengan widget switch di Android Studio.

Artikel Terkait  7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Membuat Project Baru

Pertama-tama, tentunya kita akan mulai membuat dark mode dengan membuat project baru di android studio. Anda bisa bebas menamai project sesuai kebutuhan dan keinginan. Gunakan bahasa pemrograman Java. Kemudian, Anda akan membutuhkan file xml (activity_main.xml) dan file java activity (MainActivity.java)

Begitu semua sudah disiapkan, terakhir Anda harus memastikan angka minimum SDK—versi android terendah yang bisa menjalankan aplikasi Anda—adalah API 15. Sebagai catatan, dark mode tidak tersedia pada semua versi android. Fitur gelap ini hanya bisa dijalankan pada tipe android 10 ke atas.

Mengubah Tema Aplikasi

Membuat dark mode pada dasarnya adalah mengubah atau menambahkan tema gelap (dark) pada theme aplikasi Anda. Akses file styles.xml (kode: res/values/styles.xml) pada aplikasi. Kemudian, ganti tema menjadi “DayNight” pada file tersebut. Nantinya, tampilan aplikasi Anda pun sudah bisa diganti menjadi mode terang (day) dan mode gelap (dark).

Memasang Widget Switch

Apakah pekerjaan Anda sudah selesai sampai di sana? Jawabannya adalah belum. Saat Anda mengubah tema dari project aplikasi, maka Anda juga harus mendesain tampilan (layout) pada aplikasi. Caranya?

Di sini, tugas Anda adalah menambahkan widget switch ke layout linear pada main file xml (kode: res/layout/activity_main.xml). Widget switch inilah yang akan membantu user (pengguna) untuk mengaktifkan dan mematikan tampilan dark mode. Langkah-langkahnya adalah: akses main file > tambahkan widget switch di layout linear > tambah atribut id ke widget switch.

Memprogram Widget Switch

Setelah memasang widget switch, kini widget tersebut harus diprogram. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti langkah ini:

Akses file java activity (kode: java/com.namaprojectanda.darkmode/MainActivity.java) > tambah operasi Boolean dengan variabel “false” > panggil widget switch > aktivasi setOnCheckedListener di SwitchCompat > run.

Menjalankan/Uji Coba Aplikasi

Tugas terakhir adalah menjalankan aplikasi untuk menguji coba penambahan fitur dark mode dengan widget switch. Jika coding yang Anda lakukan benar, maka Anda akan menemukan “tombol switch” khusus berupa day-night di bagian tengah layar. Fitur dark mode akan otomatis tampil saat tombol tersebut diklik.

Dengan begini, user smartphone dan aplikasi dapat mengatur kapan ia hendak menggunakan tampilan dark mode atau day mode sesuka hati. Simpel, bukan, cara-cara membuat dark mode pada aplikasi di atas? Yuk langsung dicoba ke aplikasi sendiri!

Artikel Terkait  7 Tahap Pengembangan Aplikasi Mobile yang Perlu Anda Pahami!

Manfaat Dark Mode: Bikin Pengguna Betah Pakai Aplikasi Anda

darkmode2

Kita telah membahas cara simpel menambahkan fitur switch day-night mode untuk mengganti tampilan layar gelap dan terang pada aplikasi buatan sendiri di smartphone. Untuk Anda yang kini sudah memiliki aplikasi sendiri tetapi belum mempunyai fitur dark mode, ada baiknya Anda segera menambahkan tampilan antar muka layar yang gelap ini.

Sebab di masa sekarang ini, masyarakat lebih menyukai aplikasi dengan fitur dark mode ketimbang aplikasi yang hanya menyediakan fitur terang (day) saja. Jika aplikasi Anda tidak update, maka besar kemungkinan aplikasi Anda akan langsung kalah saing di pasar aplikasi.

Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Masih tidak banyak pengembang aplikasi yang tahu bahwa fitur dark mode dapat memberikan banyak manfaat untuk memaksimalkan user experience (pengalaman penggunaa) terhadap aplikasi. Apa sajakah kira-kira manfaat dari fitur dark mode ini untuk pengguna? Berikut ini adalah jawabannya:

Menurunkan Radiasi Blue Light

Tingginya radiasi blue light (cahaya biru) selalu menjadi permasalahan yang menimpa pengguna gadget. Efek radiasi blue light yang tinggi ini pun sering kali menimbulkan banyak masalah kesehatan, seperti mata minus dan perih. Bahkan jika paparan cahaya blue light terlalu tinggi, bisa jadi efek dari radiasi ini adalah kemunculan resiko kanker.

Tampilan dark mode adalah solusi terbaik untuk permasalahan tersebut. Tampilan layar yang serba gelap dapat menurunkan radiasi blue light dari gadget, sehingga Anda dan keluarga dapat merasa lebih aman dan nyaman meski harus sering menggunakan gadget sehari-hari.

Lebih Nyaman

Dibandingkan dengan tampilan day mode (terang), fitur dark mode dinilai jauh lebih nyaman saat digunakan oleh masyarakat. Banyak studi ilmiah telah membuktikan manfaat dan keunggulan fitur dark mode yang satu ini. Salah satunya adalah penelitian dari Universitas Cambridge yang menemukan bahwa tampilan dark mode pada aplikasi lebih mampu membuat mata pengguna terasa nyaman karena desain aplikasi tampak lebih menonjol dan goresan di layar smartphone tidak tampak.

Selain itu, dengan tampilan dark mode, otot-otot mata Anda akan terasa lebih rileks dan tidak tegang saat menatap layar yang berwarna gelap. Hal inilah yang akan menjadikan aplikasi dengan tampilan gelap lebih disukai sebab tidak akan membuat mata perih dan cepat lelah. Dengan cahaya yang minim, mata tidak akan cepat kering dan kelopak mata Anda tidak perlu berkedip secara intens.

Hemat Baterai Smartphone

Smartphone Anda cepat kehabisan baterai? Yuk atasi permasalahan ini dengan mengganti tampilan smartphone dan aplikasi dengan fitur dark mode!

Tunggu, memangnya apa hubungannya fitur dark mode dan menghemat baterai smartphone?

Artikel Terkait  Cara Membuat Aplikasi Bisnis Dengan Mudah

Banyak orang tidak tahu bahwa mode terang (day) bisa enam kali lipat lebih cepat menghabiskan daya baterai gadget! Fitur mode terang tampil dengan kontras cahaya yang sangat besar, sehingga wajar saja jika mode ini lebih boros memakan daya baterai.

Tentunya fitur dark mode tidak demikian. Sedikitnya kontras cahaya yang ditampilkan pada smartphone dark mode, maka akan semakin sedikit dan hemat pula pemakaian daya baterai saat menjalankan aplikasi.

Membantu Anda Bekerja dengan Lebih Fokus

Manfaat terakhir dari penggunaan tampilan dark mode di aplikasi adalah membantu user untuk lebih fokus saat bekerja. Tampilan dark mode mempermudah tulisan-tulisan di layar untuk tampak dan lebih jelas saat dibaca, sehingga user dapat lebih fokus ketika membaca.

Studi lain juga menemukan bahwa fitur dark mode membantu otak bekerja maksimal, tubuh lebih rileks, dan terhindar dari insomnia karena paparan blue light. Bagaimana, masih yakin untuk tidak menambahkan fitur dark mode ke aplikasi Anda?

Demikianlah pembahasan kali ini tentang cara mudah membuat dark mode ke aplikasi sendiri beserta manfaat tema gelap ini untuk user! Semoga artikel edisi kali ini mampu membantu Anda dalam menyempurnakan aplikasi milik sendiri, ya. Temukan juga lebih banyak artikel menarik, informatif dan berwawasan tentang dunia IT hanya dari situs appkey.id! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya