Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi AndroidMengenal Threads App: Saingan Twitter

Mengenal Threads App: Saingan Twitter

-

Last Updated on July 7, 2023 by

Lagi-lagi soal prahara twitter, kini Mark Zuckerberg meluncurkan aplikasi baru bernama Threads App yang digadang-gadang sebagai saingan dari aplikasi Twitter, sebelumnya kita sudah membahas mengenai Truth Social yang menjadi pelarian masyarakat Twitter karena memiliki kemiripan dengan aplikasi berlambang burung dengan latar biru tersebut. Penasaran dengan informasi selengkapnya? Yuk kita kupas mendalam!

threads

Latar Belakang

Sama dengan kasus hype nya aplikasi Truth Social, aplikasi Threads muncul di tengah kekecewaan warga Twitter terhadap kebijakan Elon Musk karena telah membatasi tayangan postingan kepada akun yang tidak tersemat centang biru.

Akun centang biru pun sebenarnya juga dibatasi namun dengan jumlah yang lebih banyak daripada akun tanpa centang biru. Kini aplikasi Threads hadir untuk ‘memuaskan’ warga Twitter akan kebutuhan kebebasan ber sosial media.

threads

Namun dengan adanya aplikasi Threads sepertinya tidak membuat Elon Musk senang. Twitter mengancam akan mengambil tindakan hukum terhadap Meta karena dianggap telah mempekerjakan mantan karyawan Twitter dan secara tidak sah menyalahgunakan rahasia dagang dan kekayaan intelektual yang telah dimiliki Twitter. Elon Musk ingin Meta segera berhenti untuk menggunakan rahasia dagang Twitter dan informasi rahasia lainnya.

Elon Musk menuduh Mark telah mempekerjakan mantan karyawan Twitter selama setahun terakhir untuk membuat Threads sehingga dengan mudah untuk mengambil segala rahasia tentang Twitter juga untuk mempercepat pengembangan aplikasi Meta tersebut. Meski begitu, Mark menepis dugaan tersebut dan mengatakan bahwa tidak ada satu pun mantan karyawan dari Twitter yang dipekerjakan pada tim Teknik Threads.

Apa Itu Aplikasi Threads? 

Threads merupakan salah satu aplikasi yang diluncurkan oleh Mark Zuckerberg pada hari kamis kemarin tepatnya pada tanggal 6 Juli 2023. Aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Twitter dan terhubung dengan Instagram.

Artikel Terkait  Aplikasi Clubhouse: Fitur dan Estimasi Biaya Pembuatan

Sejak 12 jam sejak diluncurkan, Threads telah menggaet pengguna sebanyak 30 juta orang dan angka tersebut kemungkinan masih bisa bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Fitur yang terdapat pada Threads sangat mirip dengan Twitter sehingga untuk menggunakan aplikasi yang terbilang sangat baru ini, tidaklah susah.

Pada ikon home, kalian dapat melihat postingan dari teman atau orang-orang yang telah bergabung dengan Threads. Mulai dari artis terkenal bercentang biru sampai akun-akun yang telah memiliki nama dan lumayan dikenal banyak orang.

Pada ikon search, kalian dapat mencari akun teman kalian atau akun siapapun yang kalian ingin diikuti.

Pada ikon yang terletak di tengah berbentuk kotak, disanalah kalian dapat menulis apa yang kalian ingin unggah.

Disebelah ikon ini terdapat ikon love dimana kalian dapat melihat siapa saja yang menyukai unggahan kalian, balasan, mention ataupun dari akun terverifikasi.

Lalu ada ikon profil dimana kalian dapat melihat profil kalian dan unggahan apa saja yang telah kalian upload. Isi profil meliputi nama akun kalian, bio, foto, edit profil dan bagikan profil.

Di setiap unggahan, terdapat empat ikon lagi yaitu love, komentar, posting ulang/kutipan dan bagikan. Yang masing-masing fungsinya tentu kalian sudah tidak asing.

Cara mendaftar akun Threads

Bagi kalian yang penasaran atau masih bimbang untuk mendaftar aplikasi ini, berikut adalah cara untuk mendaftar aplikasi Threads ini. Aplikasi ini sudah mendukung penggunaannya pada Android dan iOS.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Threads by Instagram.
  2. Klik login, karena aplikasi ini terhubung dengan Instagram, secara otomatis nama Instagram kalian langsung terlihat.
  3. Setelah itu akan ada pilihan untuk impor dari Instagram, kalian bisa memilihnya bisa juga untuk melewatinya.
  4. Pilih apakah akun kalian akan di privat atau public.
  5. Setelah itu akan ada pilihan apakah kalian akan mengikuti semua akun yang sudah di follow di Instagram atau tidak, kalau tidak kalian tinggal klik tanda panah di pojok kanan untuk next.
  6. Kalau sudah selesai, tinggal pilih “gabung ke Threads”
  7. Selesai
Artikel Terkait  Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Perbedaan Aplikasi Threads dan Twitter

Meskipun mirip, namun kedua aplikasi ini tetap memiliki perbedaan, berikut beberapa perbedaan yang telah kami rangkum untuk kalian.

Logo

Untuk Twitter pasti kalian sudah tidak asing lagi bukan? Yaitu memiliki logo burung mengepakkan sayap dengan latar biru, sedangkan Threads memiliki logo berupa lengkungan garis yang menyerupai bentuk “@” berwarna putih dengan latar hitam.

Panjang Postingan

Pada Threads kita dapat menulis postingan sebanyak 500 karakter sedangkan untuk Twitter sebanyak 280 karakter. Dengan perbandingan ini dapat dikatakan kalian dapat lebih bebas untuk mengungkapkan pikiran kalian melalui teks dengan aplikasi Threads.

Video

Durasi video yang dapat kita unggah maksimal 5 menit sedangkan pada Twitter kita dapat mengunggah video maksimal 2 menit 20 detik.

Verification

Pada Threads, jika kalian telah mendapat centang biru pada Instagram, secara otomatis akun Threads kalian akan mendapat centang biru juga. Hal ini karena Threads terhubung dengan Instagram sehingga teman kalian atau informasi apapun yang telah ada di Instagram kalian akan secara otomatis muncul pada akun Threads, sedangkan jika pada Twitter jika Instagram kalian bercentang biru belum tentu akun Twitter kalian akan sama.

Direct Messaging

Pada aplikasi Twitter terdapat fitur direct messaging yang memungkinkan kalian untuk berkomunikasi langsung dengan akun tertentu dan bersifat rahasia sedangkan pada Threads fitur ini belum ada.

Trending Stories

Pada aplikasi Twitter terdapat fitur trending stories yang memungkinkan kalian untuk mengetahui apa saja yang sedang menjadi pembicaraan atau topik hangat pada hari tertentu sedangkan pada Threads fitur ini belum ada.

Hashtags

Pada aplikasi Twitter tentu kalian dapat menyematkan hashtags untuk mencari langsung tentang topik apa yang kalian inginkan, pada Threads belum dapat mendukung untuk hashtags.

Artikel Terkait  Kesalahan Umum yang Harus Dihindari oleh Java Programmer

Kesimpulan

Pada artikel ini kita telah membahas tentang Threads App, sebuah aplikasi yang dianggap sebagai pesaing Twitter. Diluncurkan oleh Mark Zuckerberg, aplikasi ini muncul sebagai alternatif bagi pengguna Twitter yang merasa kecewa dengan kebijakan Elon Musk membatasi tayangan postingan kepada akun dengan centang biru. Threads hadir untuk memenuhi kebutuhan kebebasan bermedia sosial bagi pengguna Twitter.

Twitter mengancam akan mengambil tindakan hukum terhadap Meta, perusahaan di balik Threads, karena diduga telah menggunakan rahasia dagang dan kekayaan intelektual Twitter secara tidak sah. Namun, Mark Zuckerberg membantah tuduhan tersebut dan menyatakan bahwa tidak ada mantan karyawan Twitter yang terlibat dalam pengembangan Threads.

Threads App memiliki fungsi yang hampir serupa dengan Twitter dan terhubung dengan Instagram. Aplikasi ini telah berhasil menggaet 30 juta pengguna dalam waktu 12 jam sejak peluncurannya.

Disini kita juga telah membahas tentang cara mendaftar akun Threads, yang tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Selain itu, terdapat perbandingan antara Threads dan Twitter, seperti logo, panjang postingan, durasi video, verifikasi, direct messaging, trending stories, dan penggunaan hashtags.

Meskipun Threads masih baru, aplikasi ini berhasil menarik perhatian pengguna dengan cepat. Dengan fungsionalitas yang mirip dengan Twitter, Threads App menjadi alternatif menarik bagi mereka yang mencari pengalaman bermedia sosial yang berbeda.

Artikel ini memberikan gambaran yang cukup lengkap tentang Threads App dan perbedaannya dengan Twitter, memungkinkan pembaca untuk memahami lebih lanjut tentang aplikasi ini sebagai pesaing yang potensial.

Bagaimana dengan informasi diatas?Menarik bukan?Ikuti WEBAPP untuk terus mendapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga website! Klik https://appkey.id/agar tak ketinggalan artikel terbaru dan menarik terkait teknologi serta pengembangan aplikasi setiap harinya! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya