Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design Web Prinsip Membuat Rancangan Web yang akan Disukai Pengguna

Prinsip Membuat Rancangan Web yang akan Disukai Pengguna

-

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat website, salah satunya adalah membuat rancangan yang sesuai dengan pengguna website anda. Untuk membuat desain situs web yang efektif harus memenuhi fungsi yang dimaksudkan dengan menyampaikan pesan khususnya sekaligus untuk menarik pengunjung ke halaman website.

Ada beberapa faktor seperti konsistensi, warna, tipografi, citra, kesederhanaan, dan fungsionalitas semuanya berkontribusi untuk membuat desain situs web yang baik. Saat mendesain situs web, ada banyak faktor kunci yang akan berkontribusi untuk menentukan tampilan website.

Situs web yang dirancang dengan baik dapat membantu membangun kepercayaan dan memandu pengguna saat mengunjungi website. Hal yang perlu diperhatikan untuk memuaskan pengguna terhadap website Anda adalah desain situs yang dioptimalkan baik dalam segi kegunaan (bentuk dan estetika) maupun kemudahan pengguna (fungsionalitas).

9 Pedoman untuk Merancang Proyek Situs Web

rancanganweb1

1. Tujuan Anda Membuat Website

Sebelum membuat website, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tujuan pembuatan website sehingga anda juga bisa menargetkan pengguna dari website yang akan di rancang. Situs web Anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Memiliki maksud yang jelas dan sederhana di semua halaman akan membantu pengguna berinteraksi dengan apa yang Anda tawarkan. Apa tujuan situs web Anda?

Apakah Anda menyampaikan informasi praktis seperti ‘Bagaimana memandu?’ Ada banyak tujuan berbeda yang mungkin dimiliki situs web, tetapi ada tujuan inti yang umum untuk semua situs web.

Artikel Terkait  Pengertian Web Service : Bagaimanakah Penerapan, Contoh dan Cara Kerjanya?

2. Kesederhanaan

Setelah menentukkan tujuan pembuatan website dan menargetkan pengunjung, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah rancangan website yang sederhana dan simple. Kesederhanaan adalah cara terbaik untuk menunjukkan tampilan dan kegunaan website anda kepada pengunjung.

Dengan membuat rancangan website yang sederhana akan membuat pengguna menjadi lebih mudah saat menjelajahi website anda. Di bawah ini adalah beberapa faktor untuk mencapai kesederhanaan melalui desain.

Warna

Dalam merancang situs web yang sederhana, warna adalah salah satu faktor pendukung untuk membuat pengunjung merasa nyaman menggunakan situs web anda. Warna memiliki kekuatan untuk mengkomunikasikan pesan dan membangkitkan respons emosional.

Menemukan pilihan palet warna yang sesuai dengan situs web Anda akan memungkinkan Anda memengaruhi perilaku pelanggan terhadap situs web Anda. Batasi pemilihan warna kurang dari 5 warna. Warna pelengkap bekerja dengan sangat baik. Kombinasi warna yang menyenangkan pastinya akan membuat pengguna merasa nyaman.

Tipe

Tipografi memiliki peran penting untuk dimainkan di situs web Anda. Dengan memperhatikan tipografi ini dapat menarik perhatian dari pengguna website, serta berfungsi sebagai interpretasi visual dari situs web anda. Selain itu, jenis huruf harus terbaca dan hanya menggunakan maksimal 3 font berbeda di situs web.

 

Perumpamaan/Rasio/Imagery

Citra adalah setiap aspek visual yang digunakan dalam komunikasi. Ini termasuk fotografi diam, ilustrasi, video dan semua bentuk grafik. Semua citra harus ekspresif dan menangkap semangat perusahaan dan bertindak sebagai perwujudan kepribadian merek mereka.

Sebagian besar informasi awal yang kami konsumsi di situs web bersifat visual dan sebagai kesan pertama, penting bahwa gambar berkualitas tinggi digunakan untuk membentuk kesan profesionalisme dan kredibilitas di benak pengunjung.

3. Navigasi

rancanganweb2

Untuk membuat rancangan website yang efektif juga perlu memperhatikan navigasi. Navigasi adalah sistem pencarian, cara yang digunakan di situs web tempat pengunjung berinteraksi dan menemukan apa yang mereka cari. Navigasi situs web adalah kunci untuk mempertahankan pengunjung.

Jika navigasi situs web membingungkan maka pengunjung akan menyerah dan menemukan apa yang mereka butuhkan di tempat lain. Oleh karena itu,  menjaga navigasi tetap sederhana, intuitif, dan konsisten di setiap halaman adalah kuncinya.

Artikel Terkait  HTML 5 adalah? Pengertian dan Fungsi HTML

4. Pembacaan Pola Bentuk F

Pembacaan pola bentuk F ini untuk membantu pengunjung apabila ingin mencari kata kunci yang diinginkan hany dengan menkan huruf “F”. Pola berbasis F adalah cara paling umum yang digunakan pengunjung untuk memindai teks di situs web. Studi pelacakan mata telah menemukan bahwa sebagian besar dari apa yang dilihat orang ada di area atas dan kiri layar.

Tata letak berbentuk F meniru pola alami kita dalam membaca di Barat (kiri ke kanan dan atas ke bawah). Situs web yang dirancang efektif akan bekerja dengan pola alami pembaca dalam memindai halaman. Jadi dengan adanya pembacaan pola bentuk F ini adalah salah satu cara efektif untuk membantu pengunjung dalam menjelajahi website anda.

5. Hierarki Visual

Cara selanjutnya untuk membuat rancangan website yang efektif adalah hierarki visual. Hierarki visual adalah menunjukkan susunan elemen dari urutan kepentingannya. Untuk menunjukkan dan membedakan urutan pentingnya suatu informasi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti melalui ukuran, warna, citra, kontras, tipografi, spasi, tekstur dan gaya.

Dengan dibedakannya dari segitu tersebut, maka pengunjung akan lebih mudah untuk memindai informasi dari urutan yang terpenting. Dengan ini maka salah satu fungsi terpenting dari hierarki visual adalah menetapkan titik focus dimana menunjukkan kepada pengunjung di mana informasi terpenting berada.

6. Konten

Menentukan konten yang menarik dan sesuai adalah salah satu cara dalam membuat rancangan website yang efektif. Desain web yang efektif memiliki desain yang bagus dan konten yang bagus. Selain itu, menggunakan bahasa yang menarik, konten yang bagus sehingga dapat menarik dan memengaruhi pengunjung dengan mengubah mereka menjadi pelanggan.

7. Layout yang Berbasis Grid

Grid membantu menyusun desain Anda dan menjaga konten Anda tetap teratur. Selain itu,  membantu menyelaraskan elemen pada halaman dan menjaganya tetap bersih. Tata letak berbasis grid mengatur konten menjadi struktur grid kaku yang bersih dengan kolom, bagian yang berbaris dan terasa seimbang dan memaksakan ketertiban dan menghasilkan situs web yang estetis.

8. Waktu Loading Halaman

Apabila waktu loading pada halaman website terlalu lama maka akan membuat pengunjung menunggu dan meninggalkan situs web anda. Pengunjung website hampir setengannya mengharapkan agar situs dapat loading dalam 2 detik atau kurang.

Apabila halaman dimuat dalam 3 detik atau lebih maka pengunjung dapat berpotensi meninggalkan situs web anda. Dengan demikian, mengoptimalkan ukuran gambar akan membantu memuat situs Anda lebih cepat.

9. Mendukung Perangkat Seluler

Semakin banyak orang menggunakan ponsel atau perangkat lain untuk menjelajahi web. Penting untuk mempertimbangkan membangun situs web Anda dengan tata letak responsif di mana situs web Anda dapat menyesuaikan dengan layar yang berbeda.

Tim kami akan menghidupkan situs web Anda dan menceritakan kisah Anda. Kami adalah tim ‘keluarga’ praktisi kreatif di bidang desain, marcom, dan teknologi. Hubungi untuk mengetahui lebih lanjut.

Kesimpulan

Artikel Terkait  Apa Itu Sitemap? Fungsi dan Cara Membuatnya

Sebelum Anda memutuskan untuk membuat proyek situs website, ada beberapa hal yang perlu benar-benar Anda persiapkan. Mulai dari tujuan pembuatannya hingga dukungan pada perangkat seluler menjadi bahan pertimbangan penting untuk kesuksesan situs website Anda. Kenyamanan pengguna dalam menggunakan website Anda berperan penting di sini untuk membuat mereka betah mengakses situs Anda. Jangan sampai nantinya Anda merugi ketika sudah bersusah payah merancang sebuah website, tetapi tak ada pengunjung yang tertarik mengunjungi website Anda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya