Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Backend Solusi Mengatasi ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR di Browser

Solusi Mengatasi ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR di Browser

-

Siapa yang tidak suka melakukan browsing di internet? Di masa teknologi modern sekarang ini, kita semua pasti sempat saja meluangkan waktu untuk melakukan browsing di internet. Internet memang terkenal sebagai gudangnya informasi dan ilmu pengetahuan; mulai dari informasi berita terkini, gosip dan entertainment, games, resep memasak, artikel menarik, dan masih banyak lagi.

Namun bagaimana jika Anda justru bertemu dengan kode error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR saat hendak mengakses web?

Di balik semua kemudahan dan manfaatnya, pada kenyataannya masih banyak error atau kendala yang bisa menghadang jalan kita saat browsing website. Salah satu error yang tergolong menjengkelkan itu adalah ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR. Meskipun error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR cukup sering menimpa kita saat berjejaring, ternyata masih banyak pula yang belum memahami apa arti error ini dan cara memperbaiki ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR di Chrome. Apakah Anda juga sama?

Jika iya, maka Anda telah berhasil menemukan jawaban yang tepat! Pada artikel edisi kali ini, kami akan mengajak Anda untuk memahami arti, penyebab dan cara memperbaiki ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR di Chrome. Yuk langsung saja simak pembahasannya berikut ini!

Mengenal ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR: Definisi, Tipe, Penyebab

error1

Saat sedang asyik browsing, tiba-tiba Anda layar browser Anda menampilkan kode “ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR”? Rasanya pasti menyebalkan! Tapi tenang saja, sebab tipe error SSL ini masih dapat diatasi jika Anda sudah memahami pengertian dan penyebabnya.

Apa itu error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR? Rangkaian kode ini sesungguhnya adalah sebuah pesan kode yang kerap muncul jika terjadi kesalahan pada protokol SSL. Akibatnya, Anda tidak dapat mengakses website tersebut. Kode error ini juga bisa muncul sebagai upaya perlindungan dari browser Anda karena ia mendeteksi sesuatu yang tidak aman dari website yang hendak dituju.

Artikel Terkait  10 Website Builder Gratis dan Terbaik di tahun 2020 | No.5 Paling Ngetren Lo!

Akan tetapi, masih ada sejumlah faktor lain yang bisa mengakibatkan kemunculan error ini pada browser Anda. Adapun faktor-faktor tersebut adalah:

Salah Setting Tanggal dan Waktu (Date and Time) di Gadget

Kesalahan pertama munculnya error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR adalah kekeliruan mengatur tanggal dan waktu pada gadget yang Anda pakai untuk melakukan browsing. Andai kata rincian tanggal dan waktu yang tertera pada gadget Anda salah atau tidak sesuai kenyataan, maka sistem akan langsung menganggap sertifikat SSL telah kadaluarsa. Alhasil, Anda tidak bisa melakukan penelusuran apa-apa di internet. Jadi, cara memperbaiki ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR yang satu ini adalah dengan mengecek dan menyesuaikan tanggal dan waktu di gadget atau komputer Anda.

Sertifikat SSL Sudah Kadaluarsa

Jika waktu dan tanggal di komputer Anda sudah benar tapi error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR masih terjadi, bisa jadi penyebabnya adalah sertifikat SSL yang sudah kadaluarsa. Permasalahan ini sering menimpa pengguna SSL gratis versi terbatas seperti untuk 3 bulan dan mereka tidak memperbaharui sertifikat SSL tersebut. Sehigga, cara memperbaiki ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR ini adalah dengan selalu memerhatikan kapan sertifikat SSL kadaluarsa dan memperbaharuinya.

Tidak Pernah Mengupdate Browser

Penyebab timbulnya error yang ketiga adalah tidak pernah mengupdate browser. Masih banyak orang yang malas mengupdate browser mereka karena dirasa tidak penting. Padahal, ada sejumlah website yang hanya memperbolehkan akses dari perangkat dengan browser terbaru. Tujuan pengaturan ini tak lain demi kenyamanan pengunjung itu sendiri. Alhasil, cara memperbaiki ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR ini adalah dengan semudah mengupdate browser Anda.

Diblokir oleh Antivirus Bawaan Gadget

Penyebab kemunculan ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR yang terakhir adalah efek kinerja dari program antivirus bawaan gadget atau komputer Anda. Bisa jadi antivirus sengaja memblokir akses Anda ke website tersebut karena ia mendeteksi hal-hal mencurigakan dari website.

Anda perlu sangat berhati-hati mengatasi error dengan alasan ini karena jika Anda memilih mematikan antivirus dan mengakses website ‘beresiko’ tersebut, besar kemungkinan komputer Anda akan terjangkit oleh malware berbahaya. Kami sarankan, Anda boleh mengakses web beresiko tersebut tanpa proteksi antivirus hanya jika Anda sudah yakin bahwa website tersebut aman atau terpercaya.

Itulah beberapa jenis dan penyebab error SSL yang sering kita jumpai. Nyatanya, masih ada lebih banyak tipe dan jenis kode error SSL yang bisa mengganggu proses browsing Anda. Bahkan, tampilan kode error SSL sering kali berbeda-beda tergantung pada tipe browser yang Anda pakai. Untuk memperluas wawasan Anda, di bawah ini kami sajikan informaasi tambahan tentang jenis-jenis error SSL lainnya:

Error NET::ERR_CERT_INVALID

Tipe error SSL ini hanya akan dijumpai pada browser Google Chrome. Sedangkan untuk browser lainnya, tampilan error ini akan berbeda. Tipe error NET::ERR_CERT_INVALID ini memberikan pesan kepada Anda bahwa website yang hendak dikunjungi tidak aman atau beresiko. Beberapa penyebab dari error ini adalah browser tidak bisa menerima sertifikat SSL web karena:

  • Sertifikat SSL dipakai untuk nama domain dan subdomain yang berbeda
  • Sertifikat SSL sudah kadaluarsa
  • Terjadi kegagalan verifikasi sertifikat pada browser

Private Key Missing

Jenis error selanjutnya adalah Private Key Missing. Pesan error yang satu ini dapat dikenali dengan ciri-ciri:

  • Muncul tulisan ‘Private Missing Key’ atau ‘Bad Tag Value’
  • Website tidak bisa dimuat memakai HTTPS
  • Sertifikat SSL hilang setelah web di-refresh meskipun Anda sudah mengimpor sertifikat tersebut ke web server.

Error Mixed Content

Error Mixed Content ini tidak dapat terlihat dengan jelas seperti 2 tipe kode error lainnya sebab website masih dapat dimuat (loading) dengan baik. Namun, error ini dapat dikenali jika Anda menemukan tanda seperti huruf “i” (i) di sebelah tulisan URL web pada browser. Error ini disebabkan karena konten website mengandung mixed content seperti gambar, stylesheet, ataupun skrip dengan HTTP Not Secure.

Too Many Redirects

Jika Anda mendapati error “Too Many Redirect”, maka besar kemungkinan Anda tidak sengaja melakukan redirect berulang kali saat menerapkan SSL di website. Penyebab lainnya bisa jadi karena ada lebih dari satu plugin SSL dalam sistem.

Banyak sekali, ya, error SSL yang bisa terjadi pada sistem internet? Namun Anda tidak perlu cemas, karena kami sudah menyiapkan cara memperbaiki ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR terbaik dan termudah untuk dipraktekkan pada browser. Penasaran bagaimana caranya? Mari lanjutkan membaca ke bagian berikutnya!

Cara Memperbaiki ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR di Chrome Termudah

error2

Begitu memahami arti dan penyebab dari error kode SSL, kini Anda dapat dengan lebih mudah mengaplikasikan cara memperbaiki ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR sendiri. Di bawah ini, kami akan menjelaskan secara rinci cara memperbaiki ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR pada browser Google Chrome. Yuk langsung sembari dipraktekkan bersama!

Artikel Terkait  Mengenal Lebih dalam Mengenai Algoritma

Membersihkan SSL State Browser

Metode pertama cara memperbaiki ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR adalah dengan membersihkan SSL State Browser. Setiap browser pasti menyimpan sertifikat SSL berupa cache dengan tujuan untuk mempercepat koneksi, terlebih jika website tersebut pernah diakses berulang kali oleh user.

Sayangnya, besar kemungkinan cache browser Anda masih menyimpan sertifikat SSL yang sudah lama dan kadaluarsa, sehingga error pun terjadi.

Solusinya tak lain adalah dengan membersihkan SSL State Browser. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Buka Google Chrome > klik settings
  2. Dari dashboard setting, search ‘proxy settings’
  3. Klik ‘open your computer’s proxy settings’
  4. Anda akan otomatis diarahkan ke setting pada komputer.
  5. Ketik ‘internet option’ di kolom search. Klik menu yang sama setelah berhasil ketemu.
  6. Buka internet properties > menu content > clear SSL state. Selesai!

Mengatur Setting Waktu dan Tanggal Komputer

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kesalahan SSL bisa terjadi karena komputer atau gadget Anda masih di-setting pada waktu dan tanggal yang keliru. Jadi, Anda bisa mencoba mengatasi error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR dengan mengatur setting waktu dan tanggal komputer.

Jika Anda menggunakan komputer berbasis Windows, maka Anda bisa mengikuti cara berikut untuk melakukan setting waktu dan tanggal:

  1. Pilih menu settings (shortcut: Windows + I)
  2. Klik ‘Date & Time’
  3. Matikan (OFF) ‘set time automatically’
  4. Klik change di ‘set the date and time manually’
  5. Atur tanggal dan waktu yang benar. Jika sudah, klik ‘change’. Selesai, kini waktu di komputer Anda sudah tepat dan sesuai.

Kini coba lakukan pencarian di browser untuk mengetes apakah permasalahan error terletak pada setting waktu atau bukan. Jika masih terjadi ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR padahal setting waktu dan tanggal di komputer Anda sudah benar, maka Anda bisa mencoba cara berikutnya.

Aktivasi Semua Tipe / Versi SSL

Metode ketiga adalah dengan mengaktivasi semua tipe atau versi SSL di browser. Berikut adalah cara-caranya:

  1. Buka Google Chrome > klik settings
  2. Klik ‘security’
  3. Klik menu ‘Manage Certificates’. Nantinya Anda akan menemukan pop-up.
  4. Klik menu ‘advanced’ pada pop-up.
  5. Beri tanda checklist (centang) pada semua pilihan di menu advanced. Klik ‘OK’.

Selesai! Kini semua versi SSL di browser Anda sudah aktif. Cobalah untuk mengakses website kembali dengan browser seperti biasa.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi Android

Mematikan Antivirus Sementara

Antivirus bisa menjadi salah satu penyebab kemunculan ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR, di mana antivirus dapat memblokir website yang ia nilai berbahaya. Jadi, solusi untuk permasalahan ini adalah dengan mematikan sementara antivirus pada komputer Anda. Namun cara ini tidak terlalu kami sarankan karena sangat beresiko, terutama jika website yang Anda hendak tuju ternyata benar-benar mengandung malware.

Proteksi antivirus adalah salah satu cara terbaik untuk Anda tetap aman saat menelusuri dunia maya. Kami sarankan untuk Anda mengakses web tanpa proteksi antivirus hanya jika Anda sudah yakin bahwa website tersebut aman atau terpercaya.

Menghapus Cookie dan Cache

Tak sedikit juga user yang malas menghapus cache dan cookie pada browser mereka. Padahal, timbunan cache dan cookie bisa menimbulkan ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR. Untuk menghapus cookie dan cache di Chrome, langkah-langkahnya adalah:

  1. Buka Google Chrome > klik ‘more tools’
  2. Klik ‘clear browsing data’
  3. Anda bebas menghapus cache dan cookie berdasarkan rekomendasi halaman ‘basic’ atau ‘time range’
  4. Klik ‘clear data’. Tunggu sejenak hingga proses penghapusan selesai. Begitu selesai, cobalah kembali untuk melakukan browsing seperti sebelumnya.

Mengupdate Browser Secara Berkala

Sama seperti menghapus cookie dan cache, masih banyak orang malas mengupdate browser secara berkala. Padahal, memperbaharui browser secara rutin dapat menghindarkan Anda dari ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR.

Bagaimana cara mengupdate browser? Sangat mudah! Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Google Chrome > klik ‘help’
  2. Klik dashboard ‘About Google Chrome’
  3. Chrome bisa langsung melakukan update otomatis jika saat itu sudah terdapat update browser versi terbaru. Anda cukup menunggu hingga browser selesai di-update. Jika sudah, Anda bisa kembali melakukan browsing.

Menonaktifkan Ekstensi pada Browser

Masih belum menemukan solusi terbaik untuk mengatasi ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR? Tenang, Anda masih bisa mencoba metode selanjutnya yakni dengan menonaktifkan ekstensi pada browser. Sebab, bisa jadi ekstensi pada browser lah yang menjadi penyebab kemunculan error SSL. Berikut langkah-langkah mematikan ekstensi di Chrome:

  1. Buka Google Chrome > klik ‘more tools’
  2. Klik dashboard ‘extentions’
  3. Matikan (OFF) semua ekstensi yang terpasang di browser
  4. Anda bisa menghapus (klik ‘remove’) ekstensi jika diperlukan

Menonaktifkan Protocol QUIC

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Indonesia

Cara terakhir untuk mengatasi ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR di Chrome adalah dengan mematikan Protocol QUIC di browser. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mengikuti 3 langkah mudah berikut:

  1. Buka Chrome, cari kolom URL, lalu ketik kode chrome://flags/#enable-quic
  2. Klik ‘enter’. Nanti Anda akan menemukan jendela bernama ‘experiments’
  3. Ubah status QUIC Protocol dari enable > disabled. Klik ‘relaunch’. Selesai!

Itulah pembahasan lengkap tentang mengenai cara memperbaiki cara memperbaiki ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR di Chrome. Semoga artikel kali ini mampu menjadi pencerahan sekaligus solusi bagi Anda yang sedang kebingungan menghadapi ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR. Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, maka jangan lupa untuk membagikan wawasan ini ke rekan-rekan Anda yang lain, ya!

Yuk temukan juga lebih banyak artikel menarik dan berwawasan lainnya seputar dunia IT hanya dari website dan media sosial kami. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya