Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Teknologi Web Firebase Adalah? Memahami Penggunaan Firebase dalam Pengembangan Aplikasi

Firebase Adalah? Memahami Penggunaan Firebase dalam Pengembangan Aplikasi

-

Dewasa ini, mengembangkan sebuah aplikasi berbasis web sangatlah memungkinkan dan dapat dilakukan dengan mudah. Banyak fitur-fitur terkini yang memungkinkan seorang developer untuk mempersingkat pengembangan sebuah aplikasi berbasis web atau mobile. Salah satu platform yang dewasa ini dipilih oleh developer baik yang profesional ataupun pemula adalah Firebase.

Apa itu Firebase? Firebase adalah platform pengembangan aplikasi dengan tagline ‘– application development platform that helps you build, improve and grow your app’. Firebase sendiri merupakan platform yang dikembangkan oleh perusahaan dengan nama yang sama, yaitu Firebase. inc pada tahun 2011 yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2014.

Artikel Terkait  Virtual Private Server Adalah? memahami tentang VPS

Definisi Firebase

 

firebase 

Atau, untuk pengertian firebase secara mendetail adalah, backend-as-a-service (BaaS) atau yang umumnya dikenal sebagai cloud service dimana developer men-outsource aspek-aspek dibalik layar dari sebuah pegembangan aplikasi seperti menjalankan server. Sehingga developer bisa berfokus pada pengembangan pengalaman pengguna. Penyedia layanan Baas – dalam hal ini firebase menyediakan serangkaian alat dan software yang telah ditulis sebelumnya yang berfungsi untuk pengembangan aplikasi seperti manajemen data, API, integrasi sosial media dan push notifications.

Jika kita taruh kedalam beberapa poin maka firebase adalah:

Database Realtime

 
Tidak seperti database yang masih menggunakan panggilan HTTP untuk mendapatkan dan mensinkronkan data, firebase menggunakan Websocket yang tidak memerlukan panggilan individu ke setiap database. Semua data anda telah disinkronkan secara otomatis melalui Websocket tersebut, secepat kemampuan kapasitas jaringan anda.

Firebase mengirimkan anda database baru sesegera mungkin setelah mereka mengadakan pembaruan. Ketika klien anda menyimpan perubahan kedalam suatu data dan memungkinkan semua klien yang terkoneksi mendapatkan pembaruan data hampir secara instan.

Penyimpanan Data

 
Firebase memungkinkan penggunanya untuk menyimpan file apapun kedalam Google cloud storage langsung dari klien.

Penyimpanan Firebase memiliki aturan keamanannya sendiri yang akan melindungi image anda dari pengguna lain sambil memberikan akses tulis yang mendetail kepada klien anda yang terautentikasi.

Merupakan Autentikasi

 
Sistem Firebase memiliki sistem autentikasi dibangun didalamnya yang menggunakan OAuth2 yang memiliki dokumentasi yang baik dan kebanyakan dalam penggunannya semudah meng copy-paste.

Selain itu, Firebase Auth terintegrasi langsung kedalam database Firebase sehingga anda dapat mengendalikan akses kendali data anda.

Merupakan Sebuah Hosting

 
Firebase juga menyediakan pelayanan hosting yang mudah digunakan untuk semua dokumen statis anda dengan menggunakan layanan CDN global dengan HTTP/2

Firebase juga menggunakan Superstatic (web server statis) yang dapat anda jalankan secara lokal untuk testing keseluruhan anda

Selain keuntungan dari segi teknis sebagai suatu platform yang dapat mempercepat pengerjaan suatu aplikasi dengan ‘meng-outsourcing’ dengan menggunakan layanan BaaS atau Backend-as-a-service, firebase adalah sebuah platform yang dapat memberikan keuntungan dari segi bisnis. Keuntungan dari segi bisnis sendiri sangat erat hubungannya dengan produktivitas pengerjaan suatu aplikasi dan adanya outsourcing tanggung jawab manajemen berbasis cloud. Selain itu, firebase juga memungkinkan penyelesaian pengerjaan yang lebih cepat, sehingga suatu aplikasi dapat dipasarkan kepada market dalam waktu yang tepat. Menunggu dalam waktu yang terlalu lama dalam mengenalkan suatu aplikasi kepada market dapat membunuh kesempatan yang ada atau membuat kita terlambat bersaing dalam suatu market. Sehingga, jika kita urutkan, keuntungan dari segi bisnis dalam penggunaan BaaS:

  • mengurangi waktu pengerjaan hingga ke market
  • mengurangi biaya pengembangan
  • menugaskan lebih sedikit developer backend kedalam sebuah proyek
  • meng-outsource manajemen infrastruktur cloud

 

Cara Penggunaan Firebase

 

cara-menggunakan-firebase 

Artikel Terkait  UKM Sukses | Sukseskan Bisnis Dengan Website UKM

Untuk mulai menggunakan firebase, anda dapat mengikuti langkah2 dibawah ini. Namun sebelum mengikuti step by step nya pastikan agar lingkungan pengembangan yang Anda gunakan memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

  • Pastikan Android Studio anda sudah dalam versi yang paling terbaru
  • API target level 16 (jelly bean) atau yang paling baru
  • Menggunakan Gradle 4.1
  • Gunakan Jetpack  (AndroidX) yang telah mencakup:  com.android.tools.build:gradle v3.2.1 atau yang terbaru
  • CompileSdkVersion 28 atau yang terbaru
  • Siapkan perangkat fisik atau jalankan emulator untuk menjalankan emulator anda.
  • Masuk kedalam akun Firebase anda

Setelah semua itu terpenuhi, Anda bisa melanjutkan untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini dalam proses pengembangan dengan menggunakan Firebase:

Langkah Pertama: Buat Proyek Firebase

 
Sebelum anda dapat menambahkan Firebase kedalam app Android anda, anda perlu membuat sebuah proyek Firebase untuk terhubung dengan app Android anda.

Langkah Kedua: Daftarkan Proyek Anda dengan Firebase

 
Setelah anda memiliki sebuah proyek Firebase, anda dapat menambahkan app Androind anda kedalamnya.

  1. Pergi ke Firebase console
  2. Ditengah-tengah halaman ulasan proyek, klik pada ikon android untuk menjalankan setup workflow. Jika anda sudah menambahkan sebuah app kedalam proyek Firebase, klik Add app, untuk menampilkan opsi platform.
  3. Masukkan nama package kedalam kolom Android package name.
  4. Kemudian klik Register app.

 

Langkah Ketiga: Tambahkan File Konfigurasi Firebase

 
Tambahkan file konfigurasi Firebase kedalam app anda:

  • Klik Download google-services.json untuk mendapatkan file konfigurasi Firebase Android anda. (google-services.json).
  • Pindahkan file konfigurasi kedalam direktori modul dari app anda.

Untuk memungkinkan produk Firebase dalam app anda, tambahkan     google-services plugin kedalam file Gradle anda.

Dalam level root anda (project-level) Gradle file (build.gradle), tambahkan rules untuk menyertakan plugin Google Services Gradle. Pastikan anda telah memiliki gudang Google Maven.

buildscript {

 

repositories {

// Pastikan anda telah memiliki line berikut (jika belum, tambahkan) :

    google()  // repository Google Maven 

}

 

dependencies {

// …

 

// Tambahkan line berikut:

    classpath ‘com.google.gms:google-services:4.3.3’  // Plugin Google Services 

}

}

 

allprojects {

// …

 

repositories {

//Pastikan anda telah memiliki line berikut (jika belum, tambahkan) :

 

    google()  // repository Google Maven

 

}

}

 

Dalam modul anda (app level) file Gradle (biasanya app/build.gradle ) gunakan plugin Gradle Google Service

apply plugin: ‘com.android.application’

// Add the following line:

apply plugin: ‘com.google.gms.google-services’  // Google Services plugin

android {

}

Langkah Keempat: Tambahkan SDK Firebase ke dalam App Anda.

 
Kedalam modul anda (app level) file Gradle (biasanya app/build.gradle) tambahkan dependencies untuk produk Firebase yang ingin anda gunakan dalam app anda.

dependencies {

// …

 

// Tambahkan SKD Firebase untuk Google Analytics

  implementation ‘com.google.firebase:firebase-analytics:17.4.1’

 

  // Tambahkan dependencies untuk tiap produk Firebase yang anda ingin tambahkan dalam app anda.

// Sebagai contoh, untuk juga menggunakan autentikasi Firebase

implementation ‘com.google.firebase:firebase-auth:19.3.1’

  1. Sinkronkan app anda untuk memastikan bahwa semua dependencies telah terpasang dengan versi terbaru.
  2. Jika anda menambahkan Analytics, jalankan app anda untuk melakukan verifikasi Firebase yang sudah di integrasi dengan Firebase. 

Artikel Terkait  Hati-Hati Serangan SAD DNS! (Serangan Hack Terbaru Pada DNS)

Catatan perangkat anda akan menampilkan verifikasi Firebase yang mengindikasikan inisialisasi telah komplit. Jika anda menjalankan app anda dalam emulator yang memiliki internet akses, konsol Firebase akan memberitahu bahwa koneksi telah komplit.

Kesimpulan

 
Firebase adalah sebuah backend-as-a-service (BaaS) atau yang umumnya dikenal sebagai cloud service dimana developer men-outsource aspek-aspek dibalik layar dari sebuah pegembangan aplikasi seperti menjalankan server. Dewasa ini, Firebase banyak menjadi pilihan sebagai platform untuk pengembangan aplikasi berbasis web atau mobile dikarenakan kemampuan firebase untuk meng-outsource pengembangan disisi backend sehingga developer bisa berfokus pada pengalaman pengguna melalui front end development.

Dalam penerapannya sendiri, Firebase atau Backend-as-a-Service  sendiri sebaiknya digunakan ketika anda sebagai developer ingin mengembangkan MVP – Minimum Viable Product, Aplikasi mandiri atau aplikasi yang tidak atau memerlukan integrasi minimum, atau aplikasi perusahaan yang tidak atau kurang penting. Sedangkan dari segi kegunaan, Firebase  atau platform BaaS lainnya cocok untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi seperti:

  • Aplikasi realtime (chat, aplikasi messenger)
  • Aplikasi transportasi (seperti Go-Jek)
  • Aplikasi bertipe social networking
  • Aplikasi e-commerce
  • Aplikasi streaming musik atau video dan
  • Game


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya