Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Wordpress Cara Terlengkap dan Termudah Membangun Website Bisnis Travel Menggunakan...

Cara Terlengkap dan Termudah Membangun Website Bisnis Travel Menggunakan WordPress

-

Indonesia terkenal sebagai sebuah negara yang unik karena mempunyai banyak sekali objek wisata alam. Dari tanah Sabang sampai Merauke, Indonesia menyimpan banyak kekayaan panorama alam yang bisa dijadikan objek wisata bagi turis domestik dan mancanegara. Bahkan sudah bukan rahasia lagi bahwa industri pariwisata merupakan salah satu aset penting bagi devisa Indonesia.

Besarnya potensi wisata di Indonesia menjadi salah satu peluang bisnis yang tidak boleh untuk Anda lewatkan. Adapun peluang bisnis tersebut adalah membuka bisnis travel milik sendiri secara online. Dengan mendirikan sebuah website travel agent, maka Anda bisa mempromosikan objek wisata yang terdapat di wilayah tempat tinggal sekitar. Anda akan memperoleh uang ketika ada turis yang tertarik berkunjung dan menggunakan jasa travel Anda.

Akan tetapi bagaimana cara membuat website usaha travel sendiri? Tidakkah cara membuat website bisnis travel adalah hal yang sulit? Jangan khawatir, kali ini, kami akan mengajak Anda untuk mempelajari cara membuat website usaha travel sendiri dengan mudah plus praktis! Yuk mulai baca pembahasan berikutnya dengan seksama.

6 Cara Membuat Website Bisnis Travel Termudah

webtravel1

Saat ini, membuat website merupakan sebuah hal yang mudah, berbeda dengan dulu ketika teknologi belum secanggih saat ini. Membuat website pada zaman dulu terkenal rumit dan hanya ada segelintir orang saja yang mampu membuat sebuat web (programmer). Oleh sebab itulah, dulu, pembuatan sebuah website bisa menjadi sangat mahal.

Namun bagaimana untuk Anda yang sekarang ingin membuat sebuah website bisnis travel sendiri? Anda tidak perlu cemas. kali ini, kami sudah menyiapkan cara membuat website bisnis travel termudah menggunakan domain WordPress.

Domain WordPress memang terkenal sebagai platform untuk blogging. Namun, domain WordPress pun bisa dikustomisasi menjadi sebuah website menggunakan plugin-plugin yang sudah disediakan secara gratis. Membuat sebuah web dari WordPress juga banyak dilakukan oleh masyarakat umum karena caranya yang mudah plus harganya yang murah.

Artikel Terkait  Bandwidth Adalah? Apa yang Dimaksud dengan Bandwidth?

Untuk membuat website bisnis travel sendiri, Anda akan perlu memperhatikan sejumlah hal seperti konten-konten dan tema wisata yang menarik. Nantinya, begitu Anda sukses menerapkan cara membuat website bisnis travel ini, Anda bisa mengisi website dengan aneka konten seperti lokasi-lokasi liburan yang indah dan menarik, spot-spot foto terbaik, artikel tips pariwisata, hingga tawaran paket berlibur yang murah.

Sudah penasaran ingin tahu cara membuat website bisnis travel sendiri? Yuk mulai catat poin-poin berikut ini!

Membuat Sebuah Blog WordPress

Tahap pertama dalam cara membuat website bisnis travel adalah membuat sebuah blog WordPress terlebih dahulu. Nantinya, blog ini dapat Anda ubah menjadi website menggunakan plugin.

Untuk membuat sebuah blog WordPress, Anda cukup mengakses link www.wordpress.com. Kemudian, buat akun menggunakan alamat email aktif yang dipunyai. Begitu selesai, Anda akan langsung mendapatkan sebuah blog WordPress kosong yang bisa Anda isi.

Saat membuat nama blog WordPress, usahakan untuk menggunakan nama yang unik serta mudah untuk diingat. Buatlah nama website yang singkat, merepresentasikan isi dari blog, mampu memikat minat para pengunjung, dan diakhiri dengan ekstensi domain .com. Kenapa harus diakhiri dengan .com? Ini dikarenakan kebanyakan orang lebih mempercayai website yang diakhiri dengan .com ketimbang ekstensi yang lain.

Tips ini juga wajib untuk dipraktekkan meskipun Anda tidak membuat website menggunakan WordPress. Untuk Anda yang membuat website tanpa melalui blog WordPress, maka Anda perlu mencari nama unik untuk web usaha travel Anda terlebih dahulu. Kemudian, beli nama domain tersebut agar nama itu sepenuhnya menjadi hak penggunaan Anda. Terakhir, daftarkan nama domain web Anda.

Memilih Provider Hosting Terbaik

Langkah kedua adalah memilih provider hosting yang terbaik untuk digunakan. Langkah ini wajib dipraktekkan, baik saat Anda menggunakan website berbasis WordPress ataupun tidak. Saat ini, sudah ada banyak penyedia atau provider hosting website dengan harga murah. Bahkan ada provider hosting yang menyediakan paket hosting website dari harga 10 ribu rupiah saja.

Saat memilih provider hosting terbaik untuk digunakan, Anda harus memerhatikan sejumlah hal. Seperti, memilih paket dengan harga sesuai budget, memilih fitur-fitur hosting yang mudah dipakai, mencari provider hosting dengan kualitas layanan terbaik, hingga memilih paket hosting sesuai dengan kebutuhan dan kondisi web. Website baru tentunya akan memerlukan paket hosting yang simpel dibandingkan website yang sudah berkembang dan banyak traffic.

Memilih Platform CMS (Platform Blogging)

Apa itu platform blogging? Platform blogging atau CMS (Sistem Manajemen Konten) adalah platform untuk mengelola aneka konten blog. Tools ini tentunya akan sangat membantu jika Anda belum punya pengetahuan dan pengalaman mengembangkan sebuah web, termasuk web travel bisnis.

Artikel Terkait  10 Langkah Dasar Algoritma Pemrograman yang Penting Untuk Diketahui Pemula

Ada banyak platform blogging yang gratis dan mudah dipakai, semisal WordPress, Joomla!, dan Drupal. Ketiga platform blogging ini menawarkan banyak template website gratis siap pakai, fitur-fitur add-ons terlengkap, hingga riset analisis statik kunjungan web. Dari ketiganya, platform WordPress adalah CMS yang paling terkenal. Sampai hari ini, ada sekitar 30% website di dunia yang menggunakan WordPress sebagai platform sistem manajemen kontennya.

WordPress terpilih sebagai platform terbaik untuk membuat website karena ada banyak opsi kustomisasi yang bisa anda lakukan di WordPress dibandingkan dengan di platform CMS lain. Untuk Anda yang sudah membuat atau memiliki akun WordPress sendiri, maka selanjutnya kita akan melihat bagaimana cara mengkustomisasi tema WordPress agar sesuai dengan tema bisnis travel Anda. Mari lanjutkan membaca!

Memilih Tema Web

webtravel2

WordPress menyediakan banyak sekali tema website siap pakai secara gratis. Setelah mempunyai akun WordPress sendiri, maka langkah berikutnya adalah memilih tema atau template yang paling sesuai dengan visi misi dari website perusahaan travel Anda.

Ada banyak manfaat dari penggunaan tema web khusus untuk mendongkrak performa web travel agent Anda. Penggunaan tema website yang tepat atau sesuai dengan isi konten akan lebih mampu menarik minat dari para pengunjung untuk datang dan melihat-lihat. Pengunjung juga akan mendapatkan kesan yang unik dari website anda. Selain itu, pengunjung pun dapat lebih mudah membedakan web travel bisnis anda dengan web jasa sejenis milik para kompetitor.

Saat memilih tema web di WordPress, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Semisal memilih tema yang mempunyai banyak review positif sesuai dengan kebutuhan web dan tema, atau tema dengan tutorial khusus jika Anda baru pertama kali mencoba mengaplikasikan tema WordPress.

Tutorial ini akan sangat berguna untuk mempermudah Anda memahami cara kerja dari tema dan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Untuk web travel bisnis, tentunya kami menyarankan Anda memilih tema WordPress yang bernuansa wisata atau travelling.

Begitu menemukan tema yang pas dengan web travel bisnis Anda, kini Anda bisa mulai menginstal tema tersebut. Caranya adalah:

  1. Klik dashboard.
  2. Klik appearance, lalu pilih menu themes.
  3. Klik tema yang ingin diinstal ke web.
  4. Klik tombol install, tunggu sejenak.
  5. Klik add. Selesai.

Sebagai tambahan, ada dua nama tema yang sering digunakan untuk menunjang website travel bisnis di WordPress. Adapun kedua nama tema tersebut adalah Travel Tour dan Trendy Travel. Anda bisa mencoba salah satu dari kedua tema ini juga untuk membangun website travel agent yang menarik.

Artikel Terkait  Mudah Membuat Blog dengan Laravel 7 | Seri Set-Up Front End Layout

Instalasi Plugin

Sebelum mulai membuat konten pada website travel bisnis baru Anda, ada baiknya Anda menginstalasi plugin-plugin WordPress terlebih dahulu. Plugin adalah software tambahan yang bisa memberikan aneka fitur tambahan ke platform website Anda.

Biasanya sejumlah plugin sudah terinstal dan aktif secara otomatis di WordPress. Namun Anda masih bisa menambahkan fitur-fitur lain secara gratis melalui plugin yang tersedia di WordPress, seperti plugin anti spam, plugin pembayaran aman via kartu kredit, plugin membership, dan seterusnya.

Cara menginstal plugin di WordPress adalah:

  1. Klik dashboard
  2. Pilih menu plugin
  3. Cari plugin yang hendak dipakai
  4. Klik install pada plugin yang ingin dipasang
  5. Begitu instalasi selesai, klik add.

Begitu Anda merefresh web, maka web Anda sudah akan memiliki plugin yang baru dipasang.

Salah satu contoh plugin WordPress untuk website agen travel adalah WP Travel Engine. Dengan plugin ini Anda bisa menyediakan aneka paket perjalanan wisata, memfasilitasi pengunjung untuk mem-booking paket, dan membayar paket liburan yang ia pilih.

Selain itu, ada juga plugin Travelpayouts yang yang bisa mendatangkan uang, meskipun Anda hanya menjalankan sebuah blog traveling biasa. Plugin ini bekerja menggunakan sistem afiliasi. Jadi, Anda bisa bekerjasama dengan sejumlah travel bisnis yang ingin dibantu dipromosikan di website Anda.

Mulai Membuat Konten

Selamat! Kini website bisnis travel Anda sudah dapat digunakan. Sekarang tibalah waktunya untuk Anda mulai membuat konten sebanyak-banyaknya yang sesuai dengan tema dari usaha travel Anda.

sebelum membuat konten, Anda bisa melakukan brainstorming ide-ide terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat dengan lebih mudah menyusun konten pertama, disusul dengan konten kedua, ketiga dan seterusnya.

Jika Anda tidak memiliki inspirasi konten untuk ditulis, maka Anda bisa melihat-lihat terlebih dahulu aneka web bisnis travel yang sejenis. Selain itu, cari tahu juga objek wisata daerah mana yang ingin Anda tonjolkan ke pengunjung melalui web.

Mengamati potensi objek wisata alam yang ada di sekitar Anda pun sudah bisa menjadi sebuah inspirasi untuk konten. Selamat berkarya membuat aneka konten yang menarik!

Demikianlah pembahasan kali ini tentang cara membuat website bisnis travel yang baik dan mudah untuk pemula. Semoga pembahasan cara membuat website bisnis travel kali ini mampu menginspirasi dan membantu Anda untuk memulai bisnis online di website!

Agar usaha travel agen Anda tetap eksis dan berkembang, maka Anda perlu rajin-rajin meng-upload konten dan memelihara performa website. Jangan patah semangat, ingatlah bahwa kesuksesan telah menanti Anda di depan mata!

Terima kasih sudah mengikuti artikel kali ini sampai di sini. Temukan lebih banyak tips mengelola bisnis online hanya dari website dan media sosial kami, ya. Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya