Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteMaintenanceMari Kenali Apa Itu Spyware Pegasus dan Cirinya!

Mari Kenali Apa Itu Spyware Pegasus dan Cirinya!

-

Last Updated on September 23, 2023 by

Berbicara tentang spyware yaitu merupakan salah satu hal yang menakutkan bagi para pengguna perangkat apalagi jika di perangkat tersebut menyimpan banyak hal-hal penting yang dapat mempengaruhi hidup seseorang atau bahkan banyak orang. Seperti namanya, spyware adalah salah satu virus yang bertujuan untuk memata-matai pengguna perangkat yang telah terinfeksi. Lantas apa itu spyware pegasus dan bagaimana cara mengenalinya? Yuk simak selengkapnya dibawah ini!

spyware pegasus

Image by Freepik

Apa Itu Spyware Pegasus?

Pegasus adalah perangkat lunak mata-mata yang dikembangkan oleh perusahaan bernama NSO Group. Perangkat lunak ini telah menjadi kontroversi karena digunakan untuk memata-matai individu oleh pemerintah dan organisasi yang berwenang. Pegasus mampu mengambil alih perangkat seluler dengan sistem operasi iOS dan Android dan memungkinkannya untuk mengakses pesan, panggilan, email dan data pribadi lainnya dari targetnya.

Pegasus telah digunakan dalam berbagai konteks seperti pemantauan aktivis hak asasi manusia, jurnalis dan individu lain yang dianggap sebagai ancaman oleh pihak yang menggunakan perangkat ini. Karena sifatnya yang invasif dan penggunaannya yang kontroversial, Pegasus telah menjadi topik perdebatan terkait privasi dan etika pengawasan digital.

Pemerintah dan organisasi hak asasi manusia di seluruh dunia telah memperingatkan tentang ancaman yang ditimbulkan oleh perangkat lunak seperti Pegasus dan telah meminta regulasi yang lebih ketat terkait penggunaannya. Keamanan siber dan perlindungan privasi menjadi perhatian utama dalam upaya mengatasi spyware semacam ini.

Artikel Terkait  10 Jenis Kejahatan Online yang bisa Menyerang Keamanan E-commerce Anda

Ciri-Ciri Spyware Pegasus

Pegasus adalah salah satu perangkat lunak mata-mata yang sangat canggih dan sulit dideteksi. Namun ada beberapa ciri-ciri yang dapat menjadi indikasi kemungkinan adanya Pegasus di perangkat seluler kalian. Beberapa ciri-ciri tersebut yaitu:

Penggunaan Baterai yang Tidak Biasa

Spyware seperti Pegasus dapat mengakibatkan penggunaan baterai yang lebih tinggi daripada biasanya. Jika perangkat kalian tiba-tiba menjadi lebih cepat kehabisan baterai ini bisa menjadi tanda adanya perangkat lunak mata-mata.

Perangkat yang Panas

Jika perangkat kalian terasa lebih panas dari biasanya dan meskipun kalian tidak sedang menggunakannya secara intens ini juga bisa menjadi tanda adanya aktivitas mata-mata yang berjalan di latar belakang.

Koneksi Data yang Meningkat

Spyware seperti Pegasus mungkin mengirimkan data yang dikumpulkan ke server pihak penyerang secara berkala. Jika kalian melihat lonjakan luar biasa dalam penggunaan data kalian tanpa alasan yang jelas ini bisa menjadi petunjuk.

Pesan dan Panggilan Tidak Biasa

Pegasus dapat mengakses pesan teks, panggilan telepon dan aplikasi pesan instan. Jika kalian melihat pesan atau panggilan yang tampak aneh atau jika teman-teman kalian melaporkan menerima pesan dari kalian yang tidak kalian kirim, ini bisa menjadi tanda adanya perangkat lunak mata-mata.

Perangkat Terkunci atau Terkendali Secara Jarak Jauh

Pegasus memiliki kemampuan untuk mengendalikan perangkat kalian secara jarak jauh. Jika kalian mulai melihat tindakan aneh atau aplikasi yang terbuka sendiri tanpa izin kalian, ini bisa menjadi tanda bahwa perangkat kalian telah terinfeksi.

Aktivitas Aplikasi yang Tidak Dikenal

Perangkat lunak mata-mata seperti Pegasus mungkin menginstal aplikasi atau modul tambahan yang tidak dikenal pada perangkat kalian. Periksa daftar aplikasi kalian secara berkala untuk melihat apakah ada yang mencurigakan.

Perubahan pada Konfigurasi Perangkat

Pegasus dapat mengubah pengaturan perangkat kalian tanpa izin. Periksa pengaturan perangkat kalian secara teratur untuk melihat apakah ada perubahan yang tidak kalian lakukan sendiri.

Artikel Terkait  Sigap Atasi Web Hack : Ini Tanda Website Kena Hack yang Wajib Dihafal

Pesan atau Pemberitahuan yang Mencurigakan

Jika kalian menerima pesan atau pemberitahuan yang mencurigakan yang mengarahkan kalian untuk mengklik tautan atau mengunduh sesuatu, waspadalah. Spyware dapat mencoba memasang dirinya sendiri melalui trik semacam itu.

spyware pegasus

Image by Freepik

Data Apa Saja yang Disadap?

Spyware Pegasus adalah salah satu perangkat lunak mata-mata yang paling canggih dan invasif yang pernah ada. Ketika terinstal di perangkat target, Pegasus dapat mengakses dan mengumpulkan berbagai jenis data pribadi dan informasi rahasia. Data yang biasanya dapat disadap oleh Pegasus yaitu:

Pesan Teks dan Pesan Instan

Pegasus dapat mengakses pesan teks, pesan instan dan konten pesan lainnya yang dikirim dan diterima di perangkat target. Ini termasuk pesan dari aplikasi seperti WhatsApp, iMessage, Facebook Messenger, Telegram dan banyak lagi.

Panggilan Telepon

Pegasus dapat merekam panggilan suara dan video yang dibuat atau diterima di perangkat target. Informasi tentang kontak telepon juga dapat diakses.

Kontak

Spyware ini dapat mengakses daftar kontak lengkap di perangkat target seperti nomor telepon, alamat email dan informasi kontak lainnya.

Email

Pegasus dapat mengakses email yang terkait dengan aplikasi email di perangkat target.  Seperti akses ke kotak masuk, pesan dan lampiran email.

Lokasi GPS

Perangkat ini dapat melacak lokasi GPS perangkat target secara real-time. Ini memungkinkan penyerang untuk memantau pergerakan dan lokasi target.

Kamera dan Mikrofon

Pegasus dapat mengakses kamera dan mikrofon perangkat sehingga memungkinkan penyerang untuk mengambil foto dan merekam suara tanpa izin target.

File dan Dokumen

Perangkat ini dapat mengakses file dan dokumen yang disimpan di perangkat target. Ini termasuk foto, video dan dokumen pribadi.

Kata Sandi dan Informasi Akses

Pegasus dapat mencuri kata sandi dan informasi akses ke akun online seperti media sosial, email dan layanan berbasis web lainnya.

Data Aplikasi

Data dari berbagai aplikasi yang terinstal di perangkat seperti aplikasi perbankan, media sosial, dan aplikasi lainnya dapat diakses dan disadap.

Artikel Terkait  Adware adalah : Cara Terbaik Anti Ribet Mengatasi Adware pada PC

Informasi Perangkat

Pegasus juga dapat mengumpulkan informasi tentang perangkat itu sendiri seperti informasi perangkat keras, sistem operasi, nomor seri dan informasi teknis lainnya.

Kunci Enkripsi dan Sertifikat Keamanan

Spyware ini dapat mengakses kunci enkripsi dan sertifikat keamanan yang digunakan untuk melindungi data dan komunikasi di perangkat.

Pegasus dirancang untuk mengoperasikan dengan sangat rahasia dan sulit dideteksi sehingga perangkat ini dapat mengakses informasi sensitif tanpa sepengetahuan atau izin dari pemilik perangkat. Oleh karena itu penting untuk melindungi perangkat kalian dari potensi ancaman keamanan dan menjaga aplikasi keamanan kalian selalu diperbarui. Jika kalian memiliki kecurigaan bahwa perangkat kalian mungkin terinfeksi, segera ambil langkah-langkah keamanan untuk menghapus spyware dan melindungi data kalian.

Kesimpulan

Spyware Pegasus adalah perangkat lunak mata-mata yang dikembangkan oleh NSO Group dan telah digunakan untuk memata-matai individu oleh pemerintah dan organisasi yang berwenang.

Ciri-ciri yang mungkin menunjukkan keberadaan Pegasus di perangkat seluler kalian yaitu penggunaan baterai yang tidak biasa, perangkat yang terasa lebih panas, lonjakan dalam penggunaan data, pesan dan panggilan yang tidak biasa, perangkat terkunci atau terkendali secara jarak jauh, aktivitas aplikasi yang tidak dikenal, perubahan pada konfigurasi perangkat, pesan atau pemberitahuan mencurigakan dan banyak lagi.

Data yang dapat disadap oleh Pegasus mencakup pesan teks, panggilan telepon, kontak, email, lokasi GPS, kamera dan mikrofon, file dan dokumen, kata sandi dan informasi akses, data aplikasi, informasi perangkat, kunci enkripsi dan sertifikat keamanan.

Pegasus dirancang untuk beroperasi secara rahasia dan sulit dideteksi sehingga penting untuk menjaga perangkat kalian tetap aman dan mengambil tindakan keamanan jika kalian memiliki kecurigaan bahwa perangkat kalian mungkin terinfeksi oleh spyware semacam ini. Keamanan siber dan perlindungan privasi menjadi perhatian utama dalam menghadapi ancaman seperti Pegasus.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya