Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design Web Membuat Trend Desain Minimalis pada Website Untuk Menarik Minat...

Membuat Trend Desain Minimalis pada Website Untuk Menarik Minat Pengguna

-

Minimalisme bekerja karena mata dan otak kita hanya memiliki jumlah perhatian yang terbatas untuk diberikan pada sebuah desain. Dengan memberi mata kita lebih sedikit item untuk dipertimbangkan, kita mencurahkan lebih banyak perhatian pada item yang ada di sana.

Hal ini membuat minimalis menjadi sangat serbaguna: mulai dari aplikasi hingga logo bahkan pada pengemasan dan produk cetak, tidak ada desain yang tidak dapat memanfaatkan tren ini.

Penting untuk diingat bahwa menambahkan lebih banyak elemen ke desain Anda tidak sama dengan menambahkan nilai lebih. Elemen yang dihilangkan dari desain Anda sama pentingnya dengan apa yang disimpan. Sama seperti dalam disiplin apa pun, desain tidak boleh berlebihan ataupun terlalu minim yang justru membuat audiens Anda bertanya-tanya.

Desain minimalis pertama kali muncul pada tahun 1950-an dan 60-an sebagai respons terhadap budaya yang semakin beragam dan maju secara teknologi. Tiba-tiba kesederhanaan, garis yang bersih, dan banyak sekali ruang putih mulai muncul lebih banyak lagi dalam seni visual, arsitektur, dan desain grafis.

Gaya monokrom yang digerakkan oleh kolase dari tahun 90-an digantikan oleh warna-warna cerah di awal tahun 2000-an, dan pada tahun 2010, minimalis lebih dari siap untuk kembali digunakan.

Baru sekarang kita melihat kemampuannya untuk menarik perhatian di dunia media sosial atau mobile experience yang terus bergulir. Dari situs web yang bersih dan sederhana hingga feed Instagram penuh gaya yang penuh dengan fotografi yang berselera tinggi, merk di seluruh spektrum sepenuhnya merangkul tren desain minimalis.

Dimana Desain Minimalis Digunakan?

desain-minimalis 2

1. Desain Logo

Desain logo adalah salah satu tempat di mana minimalis diaplikasikan. Mengapa? Karena jika menyangkut logo, kanvas yang Anda kerjakan tidak boleh lebih kecil. Semua orang menginginkan logo yang menonjol, yang menciptakan reaksi instan, dan meninggalkan kesan menarik tentang keunikan dan ikoniknya merk Anda.

2. Desain Kemasan

Minimalisme meningkatkan minat pembeli. Jika Anda menempatkan sebuah kemasan simple di sebelah barang-barang dengan label kuno yang berantakan dan bertanya kepada konsumen rata-rata mana yang lebih mahal, sebagian besar pembeli langsung tertarik pada desain minimalis.

Sama seperti kita mengharapkan toko mahal tidak dipenuhi barang-barang, otak kita melihat minimalis sebagai sesuatu yang mewah, terkurasi dan selektif.

3. Desain Sampul Buku

Penulis, terutama mereka yang ingin menerbitkan buku mereka sendiri sekarang menyadari pentingnya sampul yang rapi yang akan berfungsi untuk penempatan thumbnail yang kecil. Terlalu banyak penempatan gambar dapat membuat pembaca bingung menemukan Judul buku Anda.

4. Desain Website dan Aplikasi

Tidak ada yang dapat membantah bahwa kedua platform ini sangat membantu Anda dalam memasarkan produk yang Anda miliki. Terlalu banyak  elemen yang ditampilkan bersamaan dapat membuat UI yang Anda tampilkan menjadi kekacauan di mata audiens Anda.

Menjadi minimalis dapat menarik minat audiens karena terfokus pada konten produk yang Anda tawarkan, dan kali ini kami akan membahas desain website yang minimalis secara mendalam.

Artikel Terkait  Tips untuk Membuat Desain Web Portofolio Kreatif yang Sempurna

Statistik menunjukkan Anda memiliki waktu sekitar 5 detik untuk menarik perhatian Audiens.

Jika situs Anda sangat berantakan sehingga audiens tidak dapat mengetahui apa penawaran Anda dalam 5 detik, Anda telah kehilangan klien potensial.

Membuat desain yang menarik, sederhana, dan minimalis akan dengan mudah menunjukkan kepada pengunjung Anda apa yang Anda tawarkan dan menyampaikan pemasaran Anda secara efisien.

Elemen Kunci Yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Sebuah Website

1. Ruang Negatif

Hal utama yang harus diperhatikan dalam desain minimalis adalah penggunaan ruang negatif. Ini digunakan untuk memfokuskan perhatian pengguna pada konten yang sangat penting. Ruang negatif ini tidak perlu berwarna putih; itu bisa berupa latar belakang penuh warna.

2. Desain datar

Dalam minimalis klasik, desainer menghindari penggunaan bentuk, efek, dan gradien volumetrik. Tetapi tren minimalis yang lebih modern memungkinkan lebih banyak kreativitas dan kejelasan bahkan dalam desain mereka.

Jadi Anda sering dapat menemukan situs yang tampaknya dibuat dengan gaya minimalis tetapi dengan elemen yang lebih menarik dan eksperimental.

3. Palet Monokrom

Warna dapat mengalihkan perhatian pengguna dengan cara yang sama seperti game dapat mengalihkan perhatian siswa dari tugas akademik. Tetapi dalam kedua situasi tersebut ada jalan keluar: siswa dapat membayar agar orang lain menulis esai mereka, dan perancang web dapat menggunakan palet monokrom.

Omong-omong, menggunakan palet monokrom bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan warna-warna cerah. Yang paling penting adalah dengan terampil mengembangkan skema warna berdasarkan satu warna.

4. Foto & Ilustrasi

Foto dan ilustrasi ini biasanya digunakan untuk menyampaikan makna dan emosi alih-alih kata-kata. Foto dan ilustrasi dengan jumlah detail minimum biasanya digunakan. Jika terlalu banyak detail dalam gambar, konsep minimalis akan rusak.

5. Tipografi Spektakuler

Kemasan minimalis harus selalu didahulukan. Sederhananya, jika seorang mahasiswa membuat sebuah tugas akhir, akan tetapi tidak mengatur tugas sesuai dengan persyaratan dosen pembimbing, maka semuanya akan sia-sia.

Hal yang sama terjadi dalam desain web. Penting untuk mendesain teks dengan benar sehingga terlihat mencolok. Misalnya, jika Anda menyorot frasa “Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi” dalam font yang berbeda, maka itu pasti akan menarik perhatian pengguna pada pandangan pertama.

6. Kontras

Menggunakan kontras antar komponen adalah kesempatan untuk menekankan konten penting. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat elemen sederhana dan menarik perhatian pengguna.

Prinsip Dalam Pembuatan Minimalis Website

desain-minimalis-website 3

1. Fokus pada konten

Mengkomunikasikan konten Anda secara efektif harus menjadi fokus utama desain Anda. Desain cantik yang tidak memiliki copywriting yang menarik, tidak ada ajakan untuk pengunjung mengklik penawaran Anda dan tidak ada konten yang relevan tidak akan mendapatkan banyak hasil.

Desain harus digunakan untuk membantu mengomunikasikan konten secara efektif  perbedaan antara daftar berpoin dan tampilan informasi bergambar yang interaktif. Kedua opsi bisa sederhana dan bersih, tetapi yang terakhir akan lebih fokus pada konten daripada yang pertama sederhana, tetapi tidak terlalu disederhanakan atau kurang menarik perhatian audiens.

2. Pastikan kegunaan

Ketika berhadapan dengan sebuah situs web, fungsinya hampir selalu lebih penting daripada bentuk. Banyak yang kecewa dengan teori “form over function”, jika situs web Anda tidak dapat digunakan, tidak ada gunanya.

Desain minimalis Anda harus intuitif bagi pengguna untuk menavigasi. Jadilah kreatif dengan gaya dan perawatan desain, tetapi perhatikan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan situs Anda.

Di web, tautan adalah elemen fungsional yang sangat penting. Penampil harus dapat dengan mudah mengetahui elemen apa yang merupakan tautan dan harus selalu dapat menavigasi kembali ke halaman sebelumnya.

Desain minimalis sering distereotipkan sebagai teks kecil yang tidak terbaca dalam template desain hitam putih. Ini seharusnya tidak boleh terjadi. Pastikan audiens dapat membaca semua teks di situs Anda di semua platform termasuk ponsel dan tablet.

3. Perbaiki, perbaiki, perbaiki.

Anda harus bekerja melalui beberapa iterasi penyempurnaan desain Anda dan menghilangkan elemen yang tidak perlu, yang tidak menambah perhatian audiens Anda pada desain website. Apa pun yang tidak menambah nilai adalah mengurangi nilai.

Saat mendesain, tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar membutuhkan setiap elemen yang Anda sertakan atau hanya menyesuaikan menurut selera Anda saja.

Bahkan jika Anda ragu untuk membangun website dengan desain minimalis sendiri, Anda dapat melibatkan perusahaan developer seperti Appkey, tidak hanya menawarkan jasa pembuatan website Appkey juga terbuka dalam konsultasi dan membantu Anda memperbaharui website Anda yang ketinggalan tren.

Banyak sekali jenis jasa pembuatan website yang dapat Anda pilih dan Anda konsultasikan dengan Programmer kami. Appkey dapat memberi Anda saran mengenai bagaimana desain website Anda menarik minat pengunjung.

4. Pastikan semuanya disengaja

Setiap elemen dalam desain Anda harus kohesif dan disengaja. Warna, tipografi, dan elemen desain lainnya yang sama harus diterapkan ke seluruh situs. Ketika sebuah elemen menonjol, itu harus dilakukan dengan sengaja dan tetap cocok dengan tampilan dan nuansa keseluruhan.

Gunakan warna dengan sengaja untuk menunjukkan kepentingan dan menambahkan hierarki. Desain minimalis tidak harus hitam putih, tetapi palet warna harus disederhanakan. Menggunakan terlalu banyak warna pada satu halaman dapat membingungkan.

Artikel Terkait  Panduan Definitif untuk Membuat Aplikasi Landing Page yang Berkonversi Tinggi

5. Sisakan ruang untuk spasi

Hanya karena ada ruang untuk menambahkan sesuatu, bukan berarti Anda harus melakukannya! Pernah mendengar klien berkata, “Mari kita singkirkan ruang kosong itu” atau “Ada terlalu banyak ruang kosong”? Tetap berpegang pada strategi Anda dan komunikasikan bahwa setiap elemen desain membutuhkan ruang untuk bernafas.

Menambahkan terlalu banyak elemen desain pada satu halaman atau dalam satu desain tidak akan efektif. Ruang kosong membantu menentukan area konten dan memastikan elemen tidak menjadi campur aduk. Ini juga membantu audiens menavigasi melalui desain.

Penyelesaian dan Ringkasan

Lebih dari sekadar tampilan yang elegan, desain situs web minimalis akan memberikan situs Anda interface yang sederhana dan menarik yang memenuhi kebutuhan pengunjung Anda. Terlepas dari elemen desain minimalis seperti apa yang Anda terapkan, pastikan mereka sesuai dengan gaya produk yang akan Anda pasarkan.

Ingat, membangun situs web apa pun, entah itu minimalis ataupun multi-page, jangan sampai salah pilih perusahaan pembuat website, carilah perusahaan yang berpengalaman dan dapat memberikan Anda jaminan produk yang Anda inginkan sesuai dengan ekspektasi Anda.

Appkey berpengalaman dalam membangun sebuah website bergaya minimalis dan dapat membantu Anda menciptakan website impian Anda dengan target audiens yang sesuai dengan pasar Anda.

Jangan ragu untuk konsultasikan kepada kami bagaimana Anda ingin website Anda terwujud. Tim programmer kami dapat memberikan Anda gambaran bagaimana proses pembangunan website ini nantinya, tidak hanya website, apabila Anda ingin membangun aplikasi jangan ragu hubungi kami. Mari kita bangun bersama produk yang dapat menarik minat pasar dan memberikan Anda banyak keuntungan.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya