Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiBiaya pembuatan aplikasiMengenal Aplikasi Clubhouse | Kepopuleran, Fitur dan Estimasi...

Mengenal Aplikasi Clubhouse | Kepopuleran, Fitur dan Estimasi Biaya Pembuatan

-

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa Clubhouse akhir-akhir ini banyak diminati oleh pengguna? Aplikasi ini menjadi pembicaraan terutama di kalangan selebgram.

Dalam sebulan, hampir semua platform media sosial lainnya ramai dengan berita tentang siapa yang telah memiliki akun di aplikasi clubhouse dan betapa serunya karena dapat secara mudah berbicara bersama para pesohor negeri.

Selama era pandemi, Clubhouse mendesain ulang percakapan virtualnya, dan popularitasnya semakin meningkat dari hari ke hari.

Apa itu Clubhouse?

Clubhouse adalah aplikasi media sosial yang sedang naik daun yang memungkinkan pengguna untuk meng-host obrolan audio. Percakapan berbasis suara yang dapat membuat sebuah grup untuk memulai percakapan ini dibagi menjadi tiga bagian : pembicara, pendengar diikuti oleh pembicara dan pengguna lainnya mendengarkan.

Setiap orang yang ingin berpartisipasi dalam percakapan dapat “mengangkat tangan” dan dengan persetujuan moderator bergabung dengan “pembahasan”. Itu pada dasarnya cara kerjanya.

Tidak ada jarak antara pengguna: pembicara atau pendengar. Anda dapat bergabung dengan pakar, selebgram ataupun artis favorit Anda atau berpartisipasi dalam diskusi di ruang yang lebih kecil kapan saja bersama dengan teman-teman Anda.

Apa yang membedakannya dari webinar dan streaming langsung adalah Anda dapat menjadi bagian aktif dari setiap percakapan dan berbagi pemikiran dan pengalaman Anda dengan orang lain. Mungkin itulah alasan mengapa basis pengguna Clubhouse meningkat di tahun 2021 ini!

Saat ini, Clubhouse tidak terbuka untuk semua orang. Untuk menjadi pengguna, Anda memerlukan undangan dari orang lain yang sudah terdaftar di aplikasi. Rasa eksklusivitas ini adalah salah satu faktor yang membuat Clubhouse begitu unik.

Seberapa populer Aplikasi Clubhouse?

aplikasi-clubhouse-2

Pada Desember 2020, ada sekitar 600 ribu pengguna yang menggunakan aplikasi ini. Pada awal Februari, Anda bisa menemukan 6 juta. Pada akhir Februari, itu melebihi 10 juta pengguna aktif mingguan. Terlebih banyaknya pesohor seperti Jerome polin, Keanu agl maupun beberapa selebgram terkenal lainnya yang aktif di aplikasi tersebut

Selain itu, Clubhouse sudah bernilai $4 miliar karena diunduh hampir 18,5 juta kali. Nilai aplikasi ini naik dari $100 juta pada Mei 2020 lalu. Pada titik ini, lebih dari 180 organisasi dan pemodal telah berinvestasi di Clubhouse.

Dengan nilai $4 miliar, Clubhouse sekarang dianggap sebagai startup Unicorn yang bergabung dengan jajaran Airbnb dan Uber. Dalam kategori “Jejaring Sosial” AppStore, Clubhouse pernah menduduki peringkat ke-7, tepat di belakang aplikasi raksasa seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Whatsapp dan Telegram.

Artikel Terkait  Panduan Belajar Bahasa Pemrograman Kotlin Untuk Pengembangan Aplikasi Android

Apa yang bisa kamu lakukan di Clubhouse?

Sebagai pengguna aplikasi Clubhouse, Anda memiliki banyak cara untuk terlibat dengan komunitas. Pertama, Anda bisa menjadi pendengar dengan memasuki berbagai ruangan berdasarkan minat Anda.

Mendengarkan dapat menawarkan banyak manfaat, karena pengguna Clubhouse sering menjadi tempat mereka bertukar pengetahuan, perdebatan dan tips tentang sejumlah topik.

Kedua, Anda dapat berpartisipasi aktif dalam diskusi atau membuat room Anda sendiri, sehingga memperluas jaringan Anda, bertemu orang baru, atau menampilkan diri Anda sebagai seorang ahli.

Anda dapat bertemu orang-orang yang berpikiran sama dan terlibat dalam percakapan dengan mereka yang tidak setuju dengan Anda. Tentu saja hal ini dapat menawarkan wawasan yang menarik.

Last but not least, seperti semua platform media sosial, Anda dapat fokus untuk membangun kehadiran Anda, mengembangkan akun Anda sendiri dan mendapatkan lebih banyak pengikut.

Terutama sekarang, karena Clubhouse masih dalam mode beta, jauh lebih mudah untuk menemukan audiens yang kemudian dapat Anda pindahkan ke saluran lain dan dikonversi menjadi klien Anda.

Fitur yang harus dimiliki untuk pengembangan aplikasi seluler seperti Clubhouse

aplikasi-clubhouse-5

Aplikasi Clubhouse mirip dengan radio (dalam hal ini, Anda melakukan percakapan alih-alih musik) dengan aplikasi sosial.

Setelah Anda membuka aplikasi, Anda akan melihat fitur berikut:

  • Bilah pencarian tempat Anda dapat mencari pengguna dan klub
  • Jumlah undangan yang dapat Anda kirim ke teman Anda
  • Jadwal di mana Anda dapat melihat semua acara di aplikasi, dikategorikan ke dalam “semua acara” dan “acara Anda”
  • Pemberitahuan yang memberi tahu Anda tentang pengikut baru Anda dan room baru orang-orang yang Anda ikuti
  • Profil pribadi Anda
  • Daftar acara mendatang yang Anda ikuti
  • Daftar peristiwa yang terjadi saat ini
  • Kemungkinan untuk membuat room Anda sendiri: pribadi atau publik
  • Daftar kontak Anda dan ketersediaannya

Dari perspektif teknis, aplikasi ini terbuat dari:

  • Front-end aplikasi seluler (iOS dan Android),
  • back-end yang mengelola logika aplikasi,
  • (mungkin) panel admin yang memungkinkan untuk memoderasi pengguna dan konten.

Berapa biaya untuk membuat aplikasi seperti Clubhouse?

aplikasi-clubhouse-3

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui dari pembahasan Appkey kali ini, kami ingin berbagi pengetahuan mengenai berapa biaya pengembangan jenis aplikasi seperti clubhouse ini.

Tentu bukan berarti harga yang dibahas dalam artikel ini sesuai dengan budget yang Anda butuhkan. Setiap proyek memiliki persyaratan individual yang memengaruhi biaya akhir aplikasi. Tapi di sini adalah perkiraan yang telah kami rancang.

Apakah menggunakan iOS saja merupakan ide yang bagus?

Dalam kasus Clubhouse, mereka tidak dapat memprediksi “booming” besar mereka dan berinvestasi dalam dua aplikasi untuk Android dan iOS akan menghabiskan lebih banyak sumber daya daripada yang mereka harapkan. Skalabilitas selalu dapat ditambahkan nanti, tetapi fase pengujian sangat penting.

Kami juga menyarankan bahwa memilih kerangka kerja lintas platform mungkin menjadi solusi yang sangat baik bagi banyak pemilik startup yang ingin membangun audiens mereka di kedua sistem operasi sekaligus.

Kami merekomendasikan penggunaan Flutter karena ia menawarkan fungsionalitas yang luar biasa dan UI yang menarik secara visual. Anda dapat menghubungi situs resmi Appkey di https://appkey.co.id/  untuk berkonsultasi bagaimana mengembangkan aplikasi jenis ini dengan flutter.

Artikel Terkait  Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Skill Coding yang Mumpuni

Aplikasi Clubhouse – aspek teknis

Kami memutuskan untuk membuat estimasi contoh untuk aplikasi mirip Clubhouse yang tersedia di kedua sistem sekaligus. Ini tidak berarti bahwa kami mengklaim bahwa jumlah yang dibayarkan developer untuk mengembangkan clubhouse sesuai dengan pembahasan ini.

Ingatlah bahwa mereka membuat aplikasi hanya untuk Ios di awal peluncuran, karena hanya ingin menguji produk dengan pengguna nyata. Kami hanya menghadirkan solusi serupa dengan fitur yang sama yang didedikasikan untuk iOS dan Android.

Clubhouse tidak banyak menyimpang dari versi awal Instagram atau Facebook, menjadikannya contoh klasik dari aplikasi media sosial. Fitur sosialnya termasuk pendaftaran dan profil, pencarian pengguna, follow, dan pembuatan konten (dalam hal ini, membuka ruang obrolan) dan undangan acara. Ini adalah aplikasi mobile-first yang tidak memiliki versi website.

Dari sisi teknis, keseluruhan produk dimulai dengan back-end. Di situlah logika bisnis disimpan. Ini bertanggung jawab atas pemrosesan data untuk semua fitur media sosial yang disebutkan di atas. Fungsionalitas inti memberikan kemungkinan bagi pengguna untuk berinteraksi secara real-time. Modul ini mirip dengan yang kita ketahui dari aplikasi kerja jarak jauh yang memungkinkan orang untuk saling menghubungi (Zoom, Microsoft Teams, Google Meet).

Ini bukanlah inovasi yang signifikan. Satu-satunya perbedaan adalah antarmuka tidak menyertakan panggilan video, hanya audio. Namun, ini bisa menjadi tantangan dalam hal skalabilitas aplikasi harus menangani ratusan atau bahkan ribuan percakapan langsung sekaligus.

Ada beberapa cara untuk memperkenalkan solusi semacam itu ke dalam aplikasi seluler. Salah satu pilihannya adalah memproses semua aliran audio melalui server, yang dapat menjadi luar biasa dalam kasus popularitas produk yang tiba-tiba terkenal.

Tim yang dibutuhkan untuk pengembangan aplikasi seluler Clubhouse

Sekarang, mari kita bicara lebih banyak tentang tim, yang sangat penting dalam setiap proyek pengembangan perangkat lunak.

Untuk membuat dua produk digital Android dan iOS asli, Anda memerlukan empat pengembang – dua untuk setiap aplikasi. Jika Anda ingin mengikuti jalur yang berbeda dan membuat aplikasi hanya untuk satu platform atau membangun solusi lintas platform, bagian tim ini bisa sedikit lebih kecil.

Untuk back-end, kami akan merekomendasikan empat spesialis dan tiga atau empat penguji untuk memastikan kualitas dan mencegah terjadinya kemungkinan gagal. Mereka perlu dilibatkan dalam proyek sejak awal untuk memastikan tidak ada bug yang dapat meningkat dari tahap awal produksi.

Tentu saja, setiap klien yang bekerja sama dengan Appkey mendapatkan konsultan khusus. Ini adalah perantara antara Anda dan tim kami. Tugas mereka termasuk komunikasi, mengorganisir pertemuan, membuat semua orang up to date dengan kemajuan proyek dan memperkirakan adanya krisis yang kemungkinan terjadi.

Memiliki dua desainer, satu UX dan satu UI  berarti Appkey dapat menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa yang tercermin dalam antarmuka pengguna. Estetika visual, kegunaan dan aksesibilitas sangat penting.

Selain itu, kami dapat mengundang satu Developer operasional ke tim jika proyek membutuhkannya yang akan semakin memperkuat tim pengembang yang Anda butuhkan.

Artikel Terkait  Pembuat Aplikasi Android Dengan Mudah Tanpa Ngoding

Jadi berapa biaya aplikasi seperti Clubhouse?

Kami memperkirakan bahwa proses produksi aplikasi clubhouse dapat berlangsung sekitar 5-8 bulan. Dengan tarif $50 per jam dan komposisi tim yang kita diskusikan, proyek ini akan menelan biaya sekitar $600-800 ribu.

Ringkasan

Clubhouse adalah produk yang berkembang pesat yang telah memperoleh jutaan pengguna. Orang-orang jatuh cinta dengan ruang diskusi melalui audio yang baru ditemukan ini.

Kemungkinan untuk berbicara tentang berbagai topik dengan para ahli dan pesohor di mana orang dapat berbagi pemikiran mereka tidak peduli berapa banyak pengikut yang mereka miliki sangat dihargai.

Karena aplikasi ini relatif muda, lebih mudah untuk berbicara dan menampilkan diri Anda kepada pengguna lain. Ada juga banyak pembahasan bertema yang menyambut berbagai kalangan. Ini adalah media untuk semua, meskipun saat ini masih eksklusif platform dan hanya diperuntukkan untuk undangan.

Kemungkinan para perusahaan aplikasi terkenal akan mencoba membuat solusi serupa relatif tinggi. Ada juga kemungkinan bahwa persaingan akan muncul. Aplikasi Clubhouse bisa menjadi pemimpin pasar, tetapi itu tidak berarti harus menjadi satu-satunya.

Mereka telah membangun sesuatu yang unik, meskipun mungkin menjadi tantangan bagi mereka jika seseorang melakukannya dengan lebih baik seperti twitter dengan spacesnya.

Jadi dimungkinkan untuk membangun aplikasi seluler serupa. Anda dapat memanfaatkan fitur serupa dalam proyek yang lebih besar atau mencoba memberi pengguna sesuatu yang lebih  keputusan ada di tangan Anda.

Jika Anda mencari mitra IT yang akan membantu Anda mengembangkan aplikasi seperti Clubhouse, hubungi kami.

Appkey memiliki pengalaman dalam aplikasi berbasis audio dan produk digital yang tangguh. Tim ahli kami dapat mengubah ide Anda menjadi sesuatu yang spektakuler. Mari bekerja bersama!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya