Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiBiaya pembuatan aplikasiPerkiraan Biaya Membuat Aplikasi di Tahun 2021

Perkiraan Biaya Membuat Aplikasi di Tahun 2021

-

Setiap tahun dunia aplikasi seluler mengalami perubahan yang signifikan, dengan pasar yang berkembang dan ekonomi yang stabil yang sama-sama mendorong bisnis ini.

Pada tahun 2020, aplikasi diunduh lebih dari 200 miliar kali, dengan App Store dan Google Play menghasilkan pembayaran sebesar $ 112 miliar.

Rata-rata pengguna ponsel cerdas menghabiskan 3,7 jam per hari di depan layar, tetapi angka itu jauh lebih besar untuk generasi Milenial yang mencapai 5,7 jam per hari.

Pernahkah Anda berpikir untuk membuat aplikasi Anda sendiri?

Baik Anda adalah startup revolusioner yang benar-benar baru, merek UKM, atau perusahaan besar dengan posisi yang kuat di pasar, setiap orang yang ingin membuat solusi seluler berkualitas tinggi menanyakan pertanyaan yang sama: “Berapa biaya untuk mengembangkan sebuah aplikasi?”

Dalam pembahasan kali ini, Anda akan melihat semua biaya membuat aplikasi seluler – apa pengaruhnya, elemen yang disertakan di dalamnya, bagaimana pilihan fitur aplikasi menentukan langkah-langkah di masa mendatang dan siapa yang dapat mengumpulkan tim pengembangan Anda.

Pada akhirnya, Anda akan melihat tabel estimasi dengan biaya rata-rata pengembangan aplikasi seluler. Ingatlah bahwa perkiraan biaya rinci hanya mungkin setelah menentukan semua persyaratan; ini hanyalah alat contoh.

Faktor teknologi yang mempengaruhi biaya pengembangan aplikasi seluler

Banyak faktor yang memengaruhi biaya pengembangan aplikasi, dengan basis estimasi utama untuk proyek tertentu yang ditentukan oleh teknologi yang Anda pilih untuk digunakan.

Perbedaan utamanya adalah antara aplikasi seluler asli dan aplikasi seluler lintas platform. Perusahaan pengembang perangkat lunak berpengalaman harus menawarkan lebih dari satu opsi – tetapi apa perbedaan sebenarnya dan mengapa itu penting?

Pengembangan aplikasi asli vs Pengembangan aplikasi lintas platform vs Aplikasi Web Progresif

pengembangan-aplikasi

Aplikasi seluler Anda dapat menjangkau pasar menggunakan teknologi yang berbeda, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi hanya beberapa yang dapat bersaing satu sama lain dalam hal kualitas. Saat mengevaluasi berapa biaya membuat aplikasi Anda, pilihan teknologi ini adalah salah satu faktor terpenting.

Solusi untuk pengembangan aplikasi native

Saat ini, aplikasi navite mendominasi pasar. Pengembang beralih dari Objective-C dan Java (populer hingga saat ini) ke pengembangan aplikasi seluler menggunakan Swift (iOS) dan Kotlin (Android), dan teknologi ini terus berkembang dan meningkat.

Aplikasi asli memungkinkan pengembang aplikasi untuk membuat kode tingkat yang lebih rendah, yang memberikan kontrol yang lebih baik atas seluruh lingkungan, membuat solusi ini lebih mudah diakses dan ramah pengguna.

Solusi untuk pengembangan aplikasi seluler lintas platform

Baru-baru ini, aplikasi lintas platform mulai mendapatkan popularitas. Pada tahun 2018 terjadi ledakan teknologi React Native, dan tahun lalu, pesaing utamanya – Flutter – memperkuat posisinya di pasar.

Di sini kami juga memiliki kendala besar, karena React Native adalah kerangka kerja yang dibuat oleh Facebook dan Flutter adalah produk Google.

Teknologi ini telah ada di pasar untuk sementara waktu, menjadi populer dalam dua tahun terakhir dengan memperbarui pendekatan pengembangan aplikasi seluler.

Artikel Terkait  Jasa Pembuat Aplikasi + Website Terpercaya

PWA (Progressive Web Apps) untuk pengembangan aplikasi

Solusi peringkat teratas ketiga yang digunakan untuk pengembangan aplikasi seluler adalah PWA. Aplikasi Web Progresif tidak asli karena tidak dikompilasi ke platform tertentu (iOS atau Android). Membuat aplikasi seperti itu dimungkinkan berkat teknologi web dan nyaman digunakan dengan browser yang diinstal pada ponsel cerdas.

Jenis fitur aplikasi yang dapat Anda kembangkan

Biaya pengembangan aplikasi akan bervariasi tergantung pada jumlah fungsi dan kerumitannya. Apakah produk Anda merupakan aplikasi sederhana dengan satu fitur utama atau produk perangkat lunak lengkap dengan pembelian dalam aplikasi, iklan, dan berbagai opsi? Mungkin Anda ingin menambahkan fitur baru ke produk yang sudah ada? Ini semua akan memengaruhi tarif per jam dan waktu yang dibutuhkan dalam proyek pengembangan aplikasi Anda.

Misalnya, fitur aplikasi seperti notifikasi push atau koneksi GPS dapat lebih mudah dikembangkan saat menggunakan teknologi asli. Itu berarti aplikasi terpisah untuk Google Play dan App Store, bukan satu produk lintas platform. Biaya pembuatan aplikasi seluler seperti itu akan sedikit lebih tinggi, tetapi apa perbedaan tepatnya?

Teknologi apa yang harus saya pilih untuk pengembangan aplikasi saya?

mengembangkan-aplikasi-1

Memilih tumpukan teknologi yang tepat sangat penting untuk proyek aplikasi seluler yang sukses. Karena tidak ada teknologi atau kerangka kerja yang cocok untuk semua, keputusan harus didasarkan pada kebutuhan masing-masing proyek.

Tren, persaingan, dan upaya pemasaran dari pengembang aplikasi cenderung menambah kebingungan seputar pilihan yang tersedia dan berlaku.

Alasan utama untuk mempertimbangkan penggunaan kerangka kerja lintas platform seperti Flutter dan React Native adalah biaya yang tampaknya lebih rendah dan kecepatan pengembangan aplikasi yang lebih cepat. Berkat satu basis kode, desain dan pengembangan, serta pemeliharaan aplikasi, dapat lebih mudah dikelola.

Bagaimana setiap peran dalam proyek aplikasi seluler memengaruhi biayanya

Komposisi tim pengembangan adalah faktor penting lainnya yang dapat menurunkan biaya aplikasi – mengapa demikian? Mempekerjakan lebih banyak orang untuk menurunkan biaya pengembangan aplikasi tampaknya kontra-intuitif, tetapi ini adalah pendekatan yang terbukti.

Setiap orang dalam regu bertanggung jawab atas tugas yang berbeda, semuanya bekerja untuk satu tujuan,  untuk memberikan aplikasi seluler yang sempurna yang akan memenuhi harapan Anda dan membuat pelanggan Anda jatuh cinta padanya.

Jadi apa peran dalam proses pengembangan aplikasi?

Lokakarya UX / UI dan desain aplikasi

Meskipun orang cenderung berfokus pada teknologi, salah satu hal terpenting saat membuat aplikasi adalah tampilannya. 10-15 tahun yang lalu, semua orang tertarik dengan apa yang dapat dilakukan aplikasi seluler dan apakah fiturnya berfungsi dengan benar.

Kemampuan produk tertentu masih relevan hingga saat ini,  namun lebih penting untuk menyesuaikannya agar sesuai dengan audiens tertentu dan perilaku mereka, ekspektasi, dll.

Hal ini telah mendorong desain UX ke garis depan industri, terutama untuk pengembangan aplikasi seluler. Karenanya, kami percaya pada pertumbuhan proses desain UI / UX dan peningkatan permintaan dan kualitas layanan tersebut.

Manajer proyek – peran penting untuk kelancaran kerjasama

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana manajer proyek dapat memengaruhi biaya pengembangan aplikasi – jawabannya sangat signifikan. Perusahaan pengembang perangkat lunak berpengalaman selalu menyediakan spesialis manajemen proyek yang berdedikasi untuk setiap klien, terutama dalam metodologi Agile Scrum.

Manajer proyek adalah bagian integral dari tim pengembangan aplikasi, yang tanggung jawabnya meliputi pengaturan tugas, komunikasi dengan pemilik produk, dan bereaksi terhadap masalah yang tidak terduga. Dengan Manajer Proyek berpengalaman yang memegang kendali, Anda dapat tenang dan menyerahkan kendali terus-menerus atas proses pengembangan aplikasi.

Yang penting, Anda juga menghemat anggaran – karena tim pengembangan Anda tahu apa yang harus dilakukan dan dipandu oleh rekan kerja yang berpengalaman.

Apakah jaminan kualitas penting untuk mengembangkan aplikasi seluler?

Tentu saja, dan Anda harus selalu memasukkan tes dalam rencana proyek Anda. Ini adalah bagian penting dari proses pengembangan, dan dalam hal perincian biaya – selalu sepadan dengan investasi.

Anda mungkin membayar lebih untuk jaminan kualitas yang tepat, tetapi pada akhirnya, Anda akan menghemat uang. Mencegah bug dan menemukan cacat lebih awal berarti menghabiskan lebih sedikit biaya untuk pemeliharaan aplikasi setelah rilis.

Mengembangkan aplikasi dengan banyak fitur baru adalah proses yang rumit dengan banyak langkah dalam perjalanan, itulah sebabnya kami selalu menguji perangkat lunak kami dari awal – mengikuti metode praktik terbaik.

Artikel Terkait  Jasa Pembuat Aplikasi Android dan iPhone Terpercaya

Estimasi biaya membuat aplikasi berdasarkan solusi seluler populer

Di bawah ini kami menyajikan contoh perkiraan untuk proyek paling populer sekitar Rp 100.000.000 – Rp 300.000.000.  Dalam setiap contoh ini, kami mengadopsi asumsi berikut:

  • setiap proyek dikerjakan dari awal, dimulai dengan tahap reparasi dan desain UX / UI
  • kode sumber dikembangkan dari awal, hanya berdasarkan pada pustaka sumber terbuka yang populer
  • tim bekerja menggunakan metodologi Agile Scrum dengan pemilik produk di sisi pihak yang memesan
  • ukuran dan keterlibatan tim dioptimalkan untuk mengalokasikan anggota yang relevan dalam waktu
  • Estimasi memengaruhi proses pengembangan aplikasi secara keseluruhan – manajemen proyek, implementasi semua komponen yang ditentukan dalam ringkasan proyek, termasuk waktu yang dibutuhkan untuk Quality Assurance , penerapan, dan upaya untuk memelihara aplikasi.

Berapa biaya membuat aplikasi dengan fitur media sosial?

Terkait aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, atau LinkedIn – jumlah dan jenis fungsi sangat penting.

Beberapa mekanisme platform media sosial didasarkan pada pembelajaran mesin, termasuk pengenalan wajah, notifikasi push, berbagi konten dan rekomendasi orang yang mungkin Anda kenal, menampilkan umpan pengguna menggunakan preferensi yang dihitung dengan algoritme khusus dan banyak lagi.

Aplikasi media sosial perlu menawarkan skalabilitas yang sesuai karena sering digunakan oleh ribuan (atau bahkan jutaan) pengguna. Menyimpan konten dan data pribadi harus aman tetapi juga mempertahankan tingkat kinerja berkualitas tinggi.

TikTok adalah contoh luar biasa dari aplikasi media sosial baru yang sangat populer di kalangan anak muda di seluruh dunia.

Berapa biaya untuk mengembangkan aplikasi untuk layanan pemesanan?

Bagaimana cara membuat aplikasi untuk layanan pemesanan dan janji temu? Ada banyak jawaban, karena mereka hadir di hampir setiap industri saat ini, tetapi beberapa penerima manfaat utama adalah:

  • Industri pariwisata (hotel, apartemen, pesawat dan tiket kereta api)
  • Industri kecantikan (janji dengan penata rambut dan ahli kecantikan)
  • Industri transportasi (disebutkan Uber dan aplikasi serupa)
  • Industri makanan (memesan makanan, reservasi di restoran)
  • Industri hiburan (bioskop, teater dan tiket konser)

Yang penting, dalam hal jenis pengembangan aplikasi seluler ini, tidak ada satu tren dominan – beberapa mengembangkan aplikasi seluler, yang lain lebih memilih solusi web, dan ada juga perusahaan yang berinvestasi di keduanya.

Industri kecantikan ini unik karena sistem pemesanannya sudah ada – biasanya melalui panggilan telepon.

Kesimpulannya – berapa biaya untuk membangun sebuah aplikasi pada tahun 2021?

Sebagai perusahaan pengembang aplikasi yang berpengalaman dan terbukti, kami tahu bahwa biaya membuat aplikasi seluler dan web dipengaruhi oleh banyak faktor  mulai dari industri, jumlah dan jenis fitur hingga teknologi pilihan.

Tentu saja, kami mencoba memperkirakan beberapa contoh aplikasi berdasarkan proyek kami sebelumnya dan kami membagikan kesimpulan kami di sini di blog kami.

Perlu diingat bahwa setiap proyek berbeda karena persyaratan dan kebutuhan individu – dan kami selalu mempertimbangkan hal ini saat menganggarkan dan melaksanakan proyek.

Cara terbaik untuk menetapkan anggaran Anda untuk membuat aplikasi adalah dengan menghubungi agen pengembangan dan mendiskusikan proyek Anda.

Kami mendorong Anda untuk menghubungi kami. Kami ingin mendiskusikan kebutuhan bisnis Anda dan bagaimana kami dapat membantu mencapainya. Kami akan mengusulkan solusi terbaik yang sesuai untuk jenis aplikasi yang Anda inginkan dan keinginan pengguna potensial Anda.

Ayo buat aplikasi di tahun 2021 bersama Appkey, segera hubungi kami jika Anda ingin mendiskusikan proyek pengembangan aplikasi bisnis di https://appkey.co.id/


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya