Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi Android Manfaat Penting User Story Untuk Pengembangan Aplikasi Menjadi...

Manfaat Penting User Story Untuk Pengembangan Aplikasi Menjadi Lebih Baik

-

Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi seluler atau web, User story akan membantu Anda menemukan kesamaan dengan tim pengembang, terutama jika Anda tidak memiliki keterampilan pemrograman dan tidak tahu bahasa teknisnya.

Singkatnya, User Story:

  • menghilangkan jembatan antara bisnis dan tim teknis,
  • bantuan dengan pemahaman produk,
  • melibatkan pengguna aplikasi dalam pemodelan proses.

Tapi, bagaimana kita bisa mencapai level ini dan menggunakan semua keuntungan ini?

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu User story, bagaimana membangunnya dengan benar, dan mengapa Anda harus mengetahuinya jika ingin mengembangkan aplikasi seluler atau web.

kami akan mencoba menjawab pertanyaan itu dan menjelaskan kepada Anda mengapa menggunakan user story sangat efisien dan berharga dari sudut pandang bisnis.

Apa Sebenarnya User Story?

User story adalah adalah deskripsi fungsionalitas aplikasi dan harus dapat dipahami oleh semua orang yang terlibat dalam proses pengembangan produk – baik untuk pengembang maupun anggota tim non-teknis.

User story biasanya terdiri dari ringkasan dan deskripsi. Pada artikel ini, kita akan fokus pada Ringkasan karena ini adalah bagian penting dari User Story, yang sebagian besar diremehkan dan sulit untuk dirumuskan.

6 Atribut dari User Story yang baik

User Story yang baik dapat dijelaskan melalui enam atribut ( INVESTASI oleh Bill Wake ):

  • Independen  – ini berarti kita harus menghindari ketergantungan antara kisah pengguna sebanyak mungkin. Lebih baik membuat story yang lebih besar daripada cerita dengan dependensi, yang dapat menyebabkan masalah pada estimasi dan prioritas.
  • Dapat dinegosiasikan – cerita bukanlah deskripsi fungsionalitas yang tetap dan mereka harus berisi dalam deskripsi mereka hanya informasi singkat tentang spesifikasi dasar. Jika informasi lebih lanjut diperlukan, tim pengembangan harus memulai diskusi dengan Pemilik Produk.
  • Berharga – cerita harus dihargai oleh pengguna perangkat lunak atau Pemilik Produk (klien). Berkat arahan ini, Pemilik Produk dapat dengan mudah menangani penentuan prioritas dan penjadwalan.
  • Dapat diperkirakan – dalam banyak kasus, Kisah Pengguna tidak dapat diperkirakan jika terlalu besar, tidak dijelaskan dengan baik, atau pengembang tidak memiliki cukup pengetahuan untuk melakukannya. Dalam semua kasus ini, tim harus menyelesaikan masalah dan mencoba membuat cerita siap untuk diperkirakan.
  • Kecil – ukuran Kisah Pengguna yang tepat didasarkan pada tim, pengetahuannya, teknologi yang digunakan, dan jenis proyek.
  • Diuji  – cerita harus didefinisikan sebagai bagian diuji dari suatu sistem, jika sebuah cerita memiliki kelayakan dan lulus saat diuji serta dapat meningkatkan pengalaman pengguna, itu membuktikan bahwa mereka telah telah  berhasil dikembangkan.
Artikel Terkait  Apa itu JRE? Mengenal Istilah Java Runtime Enviroment
Artikel Terkait  Cara Menggunakan Aplikasi Android Device Manager | Aplikasi Pembuka Lock Screen Smartphone

Untuk mencapai semua titik-titik ini, seluruh tim harus bekerja sama dan membahas setiap user story pada pertemuan rapat selama pengembangan.

Berkat pendekatan ini, ruang lingkup proyek akan jelas untuk semua orang yang pasti, akan memiliki sebuah impact pada kualitas proses pembangunan.

Template Kisah Pengguna

Anda dapat menggunakan pola bermanfaat yang kami ajukan pada pembahasan kali ini:
Pengguna  memberikan akses ke perpustakaan foto  untuk membuat album baru

Kita dapat membagi User Story menjadi tiga elemen:
1. Siapa
2. Apa
3. Mengapa / Untuk apa / Dari mana

Terlihat jelas siapa aktornya, bagaimana dia berinteraksi dengan komponen sistem dan mengapa atau di mana interaksi itu terjadi. Menggunakan pola ini dan mengingat ketiga elemen ini memungkinkan kita untuk menulis cerita yang sederhana dan mudah dipahami setiap saat dan biasanya untuk setiap kasus.

User Story Instagram // Contoh 1:

Coba tebak mana dari dua opsi ini yang lebih baik:

Data pribadi pengguna dapat diedit oleh pengguna  atau  Pengguna mengedit profilnya untuk memperbarui data pribadinya

Sekilas, cerita pertama sepertinya sudah cukup bagus. Tapi, apakah kita tahu  Mengapa / Untuk apa / Dari mana tindakan pengeditan data harus tersedia  di Instagram? Ingatlah bahwa, terkadang, hal itu jelas bagi seorang penulis , meskipun  kita tidak dapat memastikan bahwa seseorang yang akan mengerjakannya akan memahaminya juga.

Jadi, mari kita lihat mengapa, dalam versi ini ketika Pengguna mengedit profilnya untuk memperbarui data pribadinya, itu  lebih baik . Kita tahu siapa yang (menggunakan) adalah melakukan, apa (suntingan profilnya) , dan mengapa (untuk memperbarui data pribadinya).

Artikel Terkait  7 Aplikasi Pembuat Aplikasi Android Secara Offline
Artikel Terkait  Apa itu JRE? Mengenal Istilah Java Runtime Enviroment

gambar-1

User Story Instagram // Contoh 2

Kita bisa mulai dengan cerita di mana Aplikasi harus memungkinkan pengguna menambahkan cerita. Apakah Anda melihat bagian mana dari pola User Story yang baik yang hilang di sini ?

Bagaimana seharusnya versi yang benar terlihat? Mari kita bandingkan dengan contoh saat Pengguna menambahkan cerita ke profilnya dari tab profil untuk ditampilkan kepada teman-temannya.

gambar-2

Tabel menunjukkan bagian mana yang hilang dalam User story pertama. Tanpa Siapa dan Mengapa / Untuk apa / Dari mana, tindakan sama sekali tidak dapat dipahami.

Berdasarkan dua perbandingan ini, kami dapat mempelajari cara mengenali pola yang baik, yang akan membantu tim kami membuat produk yang sesuai dengan harapan Pemilik Produk.

Jadi, ingatlah untuk memeriksa apakah Kisah Pengguna menjelaskan Siapa, Apa dan Mengapa/Untuk apa/Dari mana membuat tindakan dalam aplikasi dan Anda akan dapat membuat cerita Anda jelas bagi seluruh tim!

8 Keuntungan Besar Dari User Story Untuk Bisnis Anda

Mike Cohn menulis tentang 8 keuntungan besar dari User story dalam bukunya, yang dengan sempurna menunjukkan mengapa mereka berharga untuk bisnis:

  1. User Story adalah komunikasi verbal – alih-alih menulis deskripsi atau dokumentasi yang sangat mendetail untuk setiap persyaratan, Pemilik Produk harus menghubungi tim pengembangan. Formulir Kisah Pengguna memaksa kedua belah pihak untuk berkomunikasi dan membuat umpan balik sesingkat mungkin. Hanya dengan cara ini Anda akan mendapatkan apa yang Anda inginkan; dalam kasus sebaliknya, ini mungkin hanya merupakan interpretasi pengembang dari dokumen tertulis.
  2. User Story dapat dipahami oleh semua orang – berlawanan dengan persyaratan teknis terperinci, Kisah Pengguna yang baik jelas bagi pengembang dan pebisnis, yang membantu dalam mengimplementasikan perangkat lunak yang tepat .
  3. User Story adalah ukuran yang tepat untuk perencanaan – perencanaan rilis, prakiraan risiko, dan prioritas adalah proses yang jelas ketika persyaratan memiliki ukuran yang tepat dan tidak terlalu erat digabungkan dengan bagian lain dari perangkat lunak, baik untuk pengembang maupun klien.
  4. User Story berfungsi untuk pengembangan berulang – tidak perlu melengkapi daftar Kisah Pengguna di awal proyek. Tim dapat memulai dengan beberapa di antaranya dan menambahkan yang baru selama proses pengembangan melalui rapat Refinement berikutnya. Keunggulan ini terutama mendukung produk yang kurang dikenal di awal dan akan sering berubah selama pengembangan.
  5. User Story mendorong penundaan detail – cerita dapat ditulis selama keseluruhan proyek, sehingga Anda, sebagai Pemilik Produk, dapat menambahkan epik yang lebih besar kapan pun Anda mau dan kemudian, bekerja sama dengan pengembang, Anda dapat dengan mudah mendeskripsikan atau membaginya nanti.
  6. User Story mendukung desain oportunistik – perangkat lunak harus dikembangkan secara oportunistik, karena sebagian besar waktu produk kami berubah selama proses implementasi dan kami tidak mampu mengingat banyak detail dan memprediksi semua kemungkinan masalah atau ketergantungan.
  7. User Story mendorong desain partisipatif – Kisah Pengguna membantu melibatkan pengguna nyata dalam proses dan memungkinkan Anda bereaksi dengan cepat terhadap kebutuhan atau harapan mereka.
  8. User Story membangun pengetahuan diam – diam – pengetahuan dibangun di dalam tim, bukan hanya Pemilik Produk.
Artikel Terkait  Belajar Coding dengan 8 Aplikasi Bahasa PemrogramanTerbaru untuk Sistem Pemrograman Android
Artikel Terkait  Bisakah Merubah Aplikasi Web Menjadi Aplikasi Android? Yuk Intip Caranya!

Pengalaman menunjukkan kepada kami bahwa bagian terpenting dari proses pengembangan aplikasi seluler adalah pemahaman yang baik tentang kebutuhan pelanggan dan nilai-nilai nyata, yang berdiri di balik ide-ide yang harus diterapkan.

Ini hanya mungkin jika pengembang dan Pemilik Produk menggunakan metode yang sama untuk menjelaskan fungsionalitas perangkat lunak dan, seperti yang kami tulis di atas, User story membuat ini terjadi.

Kesimpulan

User Story adalah sesuatu yang bersifat universal dan dapat digunakan dalam semua jenis proyek, termasuk proses pengembangan aplikasi seluler & web. Jika dipersiapkan dengan benar, mereka dapat sangat membantu tim dan pemilik produk.

Jika Anda ingin mempelajari topik ini lebih dalam, kami sangat menyarankan Anda buku Mike Cohn “User Stories Applied”, yang berisi contoh kasus, penjelasan dan kesimpulan yang baik tentang User story.

Inilah saatnya untuk menguji pengetahuan baru Anda dalam kehidupan nyata


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya