Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi AndroidMengenal Android Stetho : Debugging Tools Terbaik untuk Aplikasi...

Mengenal Android Stetho : Debugging Tools Terbaik untuk Aplikasi Android

-

Debuging adalah sebuah proses untuk para developer menemukan dan menghilangkan bug atau potential eror di dalam kode yang dibuatnya di mana bug tersebut berfungsi merusak sistem sehingga menyebabkan sistem tidak berfungsi dengan baik (crash).

Untuk melakukan debugging dengan lebih mudah Anda akan membutuhkan debugging tools. Salah satu debugging tools terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Android Stetho. Ingin tahu apa itu Android Stetho? Mari simak artikel ini sampai akhir!

Android Stetho: Mengenal Android Stheto

Stetho adalah library untuk debug yang open-source. Stetho sendiri dikembangkan oleh Facebook. Library ini memungkinkan Anda untuk menggunakan alat debugging chrome untuk memecahkan masalah lalu lintas jaringan, sehingga memberikan pengalaman debugging yang kaya dan interaktif untuk pengembang android.

Stetho dengan membantu Anda untuk men-debug mudah dan lancar panggilan jaringan. Hal ini adalah jembatan debug canggih untuk aplikasi Android. Saat diaktifkan, pengembang memiliki jalur ke fitur Alat Pengembang Chrome yang merupakan bagian asli dari browser desktop Chrome.

Developer juga dapat memilih untuk mengizinkan alat dumpapp opsional yang memungkinkan antarmuka baris perintah yang kuat ke internal aplikasi. Tanpa membatasi fungsinya hanya untuk inspeksi jaringan, konsol JavaScript, inspeksi basis data dan lain sebagainya.

Proyek Stetho Facebook memungkinkan Anda menggunakan alat debugging Chrome untuk memecahkan masalah lalu lintas jaringan, file database, dan melihat tata letak. Dengan perpustakaan ini, Anda harus menjalankan emulator atau perangkat aktif, dan Anda menggunakan akan Chrome untuk terhubung ke perangkat dengan mengetik chrome://inspect.

Artikel Terkait  Cara Membuat Aplikasi Website Sederhana

Mengapa menggunakan Stetho?

android-stetho-2

Beberapa alasan untuk Anda harus menggunakan Stetho. Salah satunya, Stetho bisa membantu Anda untuk men-debug aplikasi Anda. Beberapa hal lain yang bisa Anda pertimbangkan untuk menggunakan Android Stetho Debugging Tools:

  • Stetho adalah platform debugging open-source.
  • Alat ini memberikan pengalaman yang kaya dan sangat interaktif.
  • Dengan bantuan aplikasi asli Stetho, debugging menjadi sangat sederhana.
  • Stetho menawarkan Anda untuk menggunakan alat debugging Google Chrome untuk berbagai kegiatan.
  • Alat ini memberikan inspeksi hierarki selama debugging.
  • Stetho juga memungkinkan jaringan, manajemen basis data dan lebih banyak fitur yang saling berinteraksi.
  • Stetho menggunakan soket web HTTP untuk mengirim data.
  • Stetho mudah untuk digunakan.
  • Menyediakan ekstensibilitas di mana Anda bisa menulis dumpapps kustom milik Anda sendiri.
  • Menyediakan interface dengan baris perintah untuk plugin sendiri.

Masalah dalam Melakukan Debug

Anda mungkin memerlukan kesabaran dan waktu untuk mempelajari berapa kali permintaan jaringan.  Saat menangani banyak perangkat, Anda perlu beralih antar perangkat untuk melihat log atau melampirkan debugger yang membuat pemeriksaan permintaan jaringan menjadi sedikit bermasalah.

Masalah dengan men-debug lalu lintas jaringan saat mengembangkan aplikasi android, debugger yang menghadapi masalah dengan alat debugging tradisional menjadi kacau dan inspeksi menjadi sangat rumit saat mengganti perangkat.

Solusi yang Diberikan oleh Stetho

Debug lebih dapat diandalkan dan mudah dengan menggunakan library Stetho karena menggunakan alat debugging chrome yang mendukung soket web dan menggunakannya untuk debugging jaringan. Stetho mengotomatiskan pemeriksaan panggilan, sehingga menjadi lebih penting bagi pengembang Android.

Caveats

Pemecahan masalah jaringan bekerja paling baik dengan OkHttp atau Retrofit. Pustaka pihak ketiga yang lebih lama berdasarkan klien HTTP Apache lama seperti pustaka yang satu ini saat ini tidak didukung oleh Stetho seperti yang disebutkan dalam masalah ini.
Tutorial Menggunakan Android Stetho Debugging Tools

Langkah 1: Tambahkan Dependensi di build.grade

Untuk menambahkan dependensi Anda bisa ikuti kode di bawah ini:

implementation 'com.facebook.stetho:stetho:1.5.1'

Hanya dependensi stetho utama yabf benar-benar diperlukan. Namun, kami juga dapat menggunakan salah satu pembantu jaringan:

implementation ‘com.facebook.stetho:stetho-okhttp3:1.5.1′

Atau

implementation ‘com.facebook.stetho:stetho-urlconnection:1.5.1′

Anda juga bisa memungkinkan konsol JavaScript

implementation ‘com.facebook.stetho:stetho-js-rhino:1.5.1′

Langkah 2: Inisialisasikan Kode tersebut di dalam Kelas Aplikasi dengan satu line kode

Untuk menginisialisasi kode di kelas aplikasi kamu bisa gunakan contoh kode di bawah ini:

public class MyApplication extends Application {
  public void onCreate() {
    super.onCreate();
     if(BuildConfig.DEBUG) {
      Stetho.initializeWithDefaults(this)
     }
  }
}

 

Jangan lupa register kelas kamu ke sini: AndroidManifest.xml

<manifest
        xmlns:android=”http://schemas.android.com/apk/res/android”
        …>
        <application
                android:name=”MyApplication”
                …>
         </application>
</manifest>

Langkah 3 : Aktifkan inspeksi jaringan

Jika Anda menggunakan pustaka OkHttp yang populer pada rilis 3.x, Anda dapat menggunakan sistem pencegat untuk menghubungkan ke tumpukan yang ada secara otomatis. Saat ini ini adalah cara paling sederhana dan paling mudah untuk mengaktifkan inspeksi jaringan:

OkHttpClient.Builder()
.addNetworkInterceptor(StethoInterceptor())
.build()

Interceptors adalah mekanisme yang kuat yang dapat memantau, menulis ulang, dan mencoba kembali panggilan. Lihat lebih lanjut tentang interceptors.

Sekarang sambungkan ponsel Anda ke komputer, luncurkan aplikasi, dan ketik chrome://inspect ke browser Chrome Anda. Stetho pun sudah siap digunakan.

Artikel Terkait  Manfaat Pengembangan Aplikasi Xamarin Bagi Kelancaran Bisnis Anda

Menggunakan DevTools Chrome

android-stetho-4

Setelah mengkompilasi dan menginstal aplikasi Anda di perangkat Android (atau emulator), mulai Google Chrome dan ketik chrome://inspect di bilah alamat. Klik inspect link untuk membuka Developer Tools.

Langkah 1: Inspeksi Koneksi Jaringan

Stetho memungkinkan Anda untuk memeriksa, secara real time, koneksi jaringan yang dibuat oleh aplikasi Anda. Namun, di Stetho versi 1.1.1, ini hanya berfungsi dengan pustaka jaringan OkHttp.

Saat menggunakan OkHttp dengan Stetho, Anda harus ingat untuk menambahkan StethoInterceptor ke Daftar pencegat jaringan objek OkHttpClient. Berikut beberapa contoh kode yang terhubung ke HttpBin dan mengambil dokumen JSON:

// Create an instance of OkHttpClient

OkHttpClient httpClient = new OkHttpClient();

// Add Stetho interceptor

httpClient.networkInterceptors().add(new StethoInterceptor());

try {

// Fetch the contents of http://httpbin.org/ip

Response response = httpClient.newCall(

new Request.Builder().url("http://httpbin.org/ip").build()

).execute();

} catch(IOException ioe) {

Log.d(“StethoTut”, ioe.getMessage());

}

Ketika kode dijalankan, Anda akan melihat berikut ini di tab Network dari Jendela Developer Tools:

Jika kamu klik URL di kolom pertama, Anda akan dibawa ke layar yang menampilkan informasi lebih lanjut tentang respons:

Langkah 2: Melakukan Query Database SQLite

Dengan Stetho, Anda dapat melakukan banyak operasi pada database SQLite aplikasi Anda. Klik tab Sumber Daya dan pilih SQL Web. Jika aplikasi Anda memiliki database SQLite, database tersebut akan dicantumkan di sini. Memilih database menunjukkan daftar tabel dalam database. Terakhir, mengklik tabel akan menampilkan catatan tabel:

Anda bisa eksekusi kueri SQL setelah memilih database SQLite

Langkah 3: Manipulasikan Preferensi Aplikasi Kamu

Untuk melihat SharedPreferences aplikasi Anda, buka tab Resources pada jendela Developer Tools dan pilih LocalStorage. Anda akan melihat nama file yang digunakan aplikasi Anda untuk menyimpan preferensi. Mengklik file menampilkan pasangan nilai kunci yang disimpan dalam file tersebut:

Anda bisa mengedit nilai yang tersimpan di file. Perlu diingat bahwa perubahan nilai ini adalah permanen.

Demikianlah penjelasan tentang Stetho yang perlu Anda ketahui. Stetho bisa menjadi pilihan Debugging Tools untuk kamu Anda debugging tools lainnya yang ada. Menggunakan Stetho pun terbilang mudah sehingga tidak akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga Anda.

Anda juga bisa menggunakan banyak cara untuk melakukan debugging melalui Stetho. Meskipun Stetho belum dapat sepenuhnya menggantikan debugger Android Studio, Anda pasti menawarkan fitur yang dapat meningkatkan pengalaman debugging Anda secara signifikan. Namun, Stetho tetap bisa menjadi pilihan terbaik debugging tools untuk Anda dan developer lainnya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya