Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile ProgrammingApa itu Compiler Python? Mengenal 7 Compiler Python Terbaik

Apa itu Compiler Python? Mengenal 7 Compiler Python Terbaik

-

Pernahkah Anda mendengar istilah compiler? Banyak bahasa pemrograman yang melibatkan compiler dalam melakukan programming maupun developing. Compiler adalah fitur bawaan yang digunakan untuk mengonversi kode dalam bahasa pemrograman menjadi bahasa yang dapat dibaca mesin agar interpreter dapat mengeksekusinya.

Fungsi utama dari compiler adalah mengonversi kode sumber yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi, menjadi bahasa pemrograman tingkat bawah yang lebih mudah dipahami. Sebagai contoh yaitu kode mesin atau machine code untuk membuat sebuah program yang mudah dieksekusi.

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang melibatkan compiler di dalamnya. Dalam bahasa Python, file sumber .py diubah menjadi kode batang .pyc, yang diteruskan ke juru bahasa untuk dieksekusi.

Dengan alasan pengembangan python dapat terjadi di berbagai lingkungan pengembangan terintegrasi, ada juga opsi untuk pemilihan kompiler. Beberapa compiler yang paling umum digunakan dalam pemrograman python adalah Pycharm, Spyder, Idle, Wing, Eric python, Rodeo dan Pydev.

7 Compiler Python Terbaik

python-2

Meskipun kompiler CPython (-cum-interpreter) adalah kompiler Python de-facto karena termasuk dalam implementasi referensi Python yaitu CPython, ada beberapa kompiler Python lain yang sering digunakan oleh developer Python.

Sesuai dengan judul, kami akan merekomendasikan kepada Anda 7 compiler Python terbaik yang dapat Anda gunakan.

1. PyJS

Anda mungkin sedikit kebingungan, mengapa nama compiler ini mengandung JS, di mana ini biasanya digunakan oleh library, framework, dan perangkat lainnya yang berhubungan dengan JavaScript. Python compiler satu ini mendukung sampai dengan Python 2.7.

Bagi Anda yang ingin menulis kode Python dan menjalankannya di browser web, PyJS adalah salah satu opsi terbaik untuk melakukan hal tersebut. PyJS Compiler menerjemahkan kode Python menjadi kode JavaScript yang setara sehingga dapat dijalankan di dalam browser web. Hal ini juga yang menjadi cikal bakal nama PyJS.

Aspek penting dari PyJS adalah ia hadir dengan kerangka kerja AJAX yang mengisi celah yang tersisa antara dukungan JS dan DOM yang tersedia untuk berbagai browser web. Untuk menghasilkan kode JS yang setara, PyJS memanfaatkan pohon sintaksis abstrak Python.

Dengan PyJS, Anda dimungkinkan untuk menjalankan kode sumber aplikasi web Python sebagai aplikasi desktop mandiri menggunakan modul PyJS Desktop. Menariknya, Beberapa sistem Unix menampilkan versi PyJS dan PyJS Desktop yang sudah diinstal sebelumnya.

Terlepas dari perbedaan antara Python dan JavaScript, sebagian besar tipe data identik di antara dua bahasa pemrograman populer. Saat menggunakan PyJS, beberapa tipe data Python dikonversi ke objek khusus, seperti daftar.

PyJS adalah aplikasi yang sangat ringan sehingga tidak akan membuat berat laptopmu. Selain itu, dapat digunakan langsung dari browser web dan memungkinkan menjalankan program dari konsol JS browser web.

Dukungan runtime untuk kesalahan runtime juga ditawarkan oleh kompiler PyJS. Karena dimungkinkan untuk menyematkan kode Python dalam kode JS, pengembang JS dapat merancang dan mengembangkan aplikasi dalam paradigma berorientasi objek murni menggunakan PyJS.

2. Brython

Brython dikenal sebagai ‘implementasi Python 3 untuk pemrograman web sisi klien,’ Brython adalah kompiler Python populer yang mengubah kode Python menjadi kode JavaScript. Diadaptasi ke lingkungan HTML5, Brython hadir dengan antarmuka ke objek dan acara DOM.

Brython adalah singkatan dari Browser Python. Compiler ini menawarkan fungsionalitas yang luas mulai dari membuat elemen dokumen sederhana dan menyeret dan menjatuhkan hingga navigasi 3D. Kompiler Python berkinerja jauh lebih baik di Firefox daripada di Google Chrome.

Brython tidak hanya menyediakan dukungan untuk semua browser modern, tetapi juga untuk browser web seluler. Kompiler Python ini dilengkapi dengan konsol JavaScript yang dapat digunakan untuk mengevaluasi waktu eksekusi beberapa program JS dibandingkan dengan Python yang setara di editor.

Menurut blog resmi Pierre Quentel, pencipta dan pengembang utama Brython, Brython jauh lebih cepat daripada Pypy.js dan Skulpt. Dalam kasus tertentu, kompiler Python bahkan lebih cepat daripada implementasi referensi Python yaitu CPython.

Brython mendukung sebagian besar sintaks Python 3, seperti pemahaman, generator, dan impor. Ini juga menyediakan dukungan untuk beberapa modul milik distribusi CPython dan dilengkapi dengan perpustakaan untuk berinteraksi dengan elemen dan peristiwa DOM.

Dukungan untuk spesifikasi terbaru HTML5/CSS3 juga tersedia di Brython dan compiler Python dapat menggunakan framework CSS populer seperti BootStrap3 dan LESS.

3. Skulpt

Compiler Python satu ini ditulis dalam JavaScript dan tersedia di bawah lisensi MIT, Skulpt menawarkan lingkungan asli di mana kode yang dikompilasi dieksekusi dalam bentuk JS. Karena Skulpt adalah implementasi Python dalam browser, tidak diperlukan pemrosesan tambahan, plugin, atau dukungan sisi server yang diperlukan untuk menjalankan Python di browser web. Setiap kode Python yang ditulis dalam Skulpt langsung dieksekusi di browser web.

Skulpt adalah pilihan yang baik untuk pengembang yang ingin membuat aplikasi web yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan program Python di dalam browser web sambil menjaga server latar belakang tetap aman. Kompiler Python yang populer dapat dengan mudah disematkan ke blog atau halaman web yang ada juga.

Untuk integrasi khusus, kode Skulpt dapat ditambahkan ke HTML. Anda juga dapat mengajari Skulpt cara mengimpor modul kustom Anda sendiri agar memiliki kontrol lebih. Meskipun Skulpt menerjemahkan kode Python ke dalam kode JS, itu tidak memfasilitasi menjalankan yang terakhir.

4. Nuitka

python-3

Nuitka adalah compiler Python sumber-ke-sumber, Nuitka mengambil kode Python dan mengompilasinya ke kode sumber C/C++ atau executable. Dimungkinkan untuk menggunakan Nuitka untuk mengembangkan program mandiri bahkan ketika Anda tidak menjalankan Python di mesin Anda.

Ditulis sepenuhnya dalam Python, Nuitka memungkinkan penggunaan berbagai pustaka Python dan modul ekstensi. Kompiler Python tersedia untuk platform FreeBSD, Linux, macOS X, NetBSD, dan Windows dan dilisensikan di bawah Lisensi Apache, Versi 2.0.

Nuitka juga tersedia dengan Anaconda bagi mereka yang lebih menyukainya untuk mengembangkan proyek yang melibatkan ilmu data dan pembelajaran mesin. Ia mendukung Python 2.6, 2.7, 3.3, sampai 3.7.

Artikel Terkait  Android Developer Wajib Tahu Android 12 Versi Beta!

5. Shed Skin

Shed Skin adalah Python populer lainnya adalah Shed Skin. Hal ini mengubah program Python yang diketik secara statis menjadi program C++ murni yang setara. Diketik secara statis berarti bahwa variabel yang digunakan hanya boleh disimpulkan ke satu tipe data. Compiler ini pun mendukung Python 2.4 sampai 2.6.

Shed Skin tidak menyediakan dukungan untuk beberapa fitur umum, seperti menggunakan fungsi bersarang dan mendefinisikan fungsi yang menerima sejumlah argumen yang bervariasi. Hanya beberapa fungsi pustaka Python standar yang tersedia untuk digunakan dengan Shed Skin.

Sebagai program kompiler eksperimental, Shed Skin menawarkan untuk menerjemahkan program Python yang diketik secara statis ke dalam kode C++ yang dioptimalkan dengan beberapa batasan. Selain itu, Shed Skin tidak dapat menskalakan lebih dari beberapa ribu baris kode.

Jika ada modul yang tidak didukung oleh Shed Skin yang Anda butuhkan dalam kode Anda, Anda harus menghapusnya dan menambahkan kode biasa untuk mereplikasi fungsi yang diinginkan.

Terlepas dari status eksperimentalnya, Shed Skin dapat menghasilkan program mandiri atau modul ekstensi, yang dapat diimpor dan digunakan dalam program Python besar.

Keuntungan terbesar menggunakan Shed Skin adalah memungkinkan peningkatan kinerja yang signifikan. Ini terutama karena kompiler Python telah mengimplementasikan kembali tipe data Python bawaan ke dalam set kelasnya sendiri, diimplementasikan dalam kode C++ yang efisien.

6. Transcrypt

Compiler Python populer lainnya adalah Transcrypt. Hal ini memungkinkan kompilasi subset Python yang cukup luas menjadi kode JavaScript yang ringkas, mudah dibaca, dan mudah di-debug. Kompiler Python mengikuti sintaks yang sederhana dan kuat tanpa memerlukan ekstensi tambahan.

Transkripsi pra-kompilasi ke kode JS yang cepat dan dapat dibaca yang dapat di-debug dari kode sumber Python menggunakan peta sumber. Kompiler Python yang ringan menyediakan dukungan untuk pemotongan dengan operasi matriks dan vektor [i:j:k] dengan operator +, -, *, dan /.

Sebuah linter, minifier, dan validator tipe statis datang built-in dengan Transcrypt. Dengan demikian, kompiler Python meningkatkan kerjasama tim yang bekerja pada proyek skala penuh. Selain menawarkan akses tanpa batas ke perpustakaan JS apa pun, Transcrypt juga memiliki kemampuan untuk berjalan di atas Node.js.

Berkat dukungan untuk modul hierarkis, kelas lokal, dan pewarisan berganda, Transcrypt menawarkan struktur keseluruhan yang fleksibel dan stabil. Compiler ini mendukung Python 3 hingga 3.7.

Artikel Terkait  Cara Menggunakan Aplikasi Android Device Manager | Aplikasi Pembuka Lock Screen Smartphone

7. WinPython

WinPython adalah distribusi Python yang khusus dibuat untuk sistem operasi Windows. Versi CPython sebelumnya tidak dirancang dengan baik untuk Windows dan karena itu, mereka memiliki banyak bug. WinPython diinkubasi sebagai solusi untuk masalah tersebut.

Meskipun iterasi CPython saat ini sangat stabil pada sistem operasi Windows, WinPython memiliki beberapa fitur eksklusif. Karena WinPython adalah distribusi mandiri untuk Python, Anda hanya perlu mengunduh dan membongkarnya untuk memulai.

WinPython juga dilengkapi dengan beberapa perpustakaan Python Ilmu Data dan Pembelajaran Mesin yang paling populer, seperti NumPy, Pandas, dan SciPy. Oleh karena itu, memungkinkan Anda untuk langsung bekerja dengan pustaka Python ini.

WinPython hadir dengan banyak fitur yang dibundel, yang dalam banyak kasus, tidak diperlukan, seperti kompiler C dan C++. Ini bisa menjadi batasan serius karena tidak ada pilihan untuk memilih dan mengunduh hanya fitur-fitur yang diperlukan.

Meskipun demikian, WinPython tersedia dalam opsi paket nol yang hanya hadir dengan kompiler Python dan tidak lebih. Mendukung sampai dengan Python 3.7.

Itulah 7 Compiler Python Terbaik yang bisa kamu gunakan untuk bekerja dengan kode-kode Python. Masing-masing dari Python Compiler tersebut dirancang dengan persyaratan khusus dan memiliki fokusnya masing-masing, Anda dapat menggunakannya untuk memenuhi serangkaian kebutuhan yang berbeda.

Dalam pemrograman, semakin banyak programmer tahu, semakin baik. Kamu bisa gunakan compiler yang kamu suka dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya