Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteWordpressTrik Mudah Membuat Pop-Up Website WordPress

Trik Mudah Membuat Pop-Up Website WordPress

-

Pernahkah Anda mengunjungi sebuah website dan mendapatkan pop up notifikasi muncul dengan beragam pesan info menarik di dalamnya?

Website yang seperti itu memang sengaja menggunakan popup WordPress plugin gratis untuk bisa memunculkan sebuah ‘pop up’ ketika user ingin meninggalkan web. Tujuan penggunaan pop up tak lain agar Anda serta pengunjung lainnya tidak cepat-cepat pergi dari web.

Ternyata, ada banyak sekali manfaat dari sebuah pop up kecil yang ‘menjaga’ rasa betah pengunjung berlama-lama di website! Anda tidak boleh melewatkan pembahasan menarik kali ini, sebab kami sudah menyiapkan daftar keuntungan pemasangan popup WordPress plugin gratis untuk website.

Ada juga cara membuat pop up di website khusus untuk Anda. Yuk langsung saja kita mulai ke pembahasan pertama di bawah ini – Selamat membaca!

Mulai Dari Promosi Hingga Menaikkan Leads, Inilah 5 Keuntungan Pop Up untuk Web

pop-up-wordpress-3

Masih banyak pengelola website yang tidak tahu manfaat dari mempraktekkan cara membuat pop up di website. Banyak pula pemilik web yang bersusah payah menempuh cara rumit untuk meningkatkan aspek-aspek performa dalam website seperti conversion rate dan leads.

Padahal, cukup dengan mempraktekkan cara membuat pop up di website saja, Anda sudah bisa memaksimalkan banyak aspek kinerja website seperti di bawah ini:

Menaikkan Leads

Mempraktekkan cara membuat pop up di WordPress terbukti efektif untuk menaikkan leads alias calon-calon pembeli potensial produk-produk Anda secara online. Banyak pemilik website memanfaatkan pop up berisi pesan hadiah produk gratis untuk visitor web.

Dari pop up inilah juga Anda bisa mengarahkan visitor untuk menginput e-mail dan identitas mereka sebagai syarat mendapat produk.

Nantinya, data-data yang Anda dapatkan dapat digunakan kembali untuk melakukan e-mail marketing atau penawaran lainnya. Menarik bukan? Keuntungan ini sudah dapat diperoleh hanya dengan 1 pop up kecil saja!

Artikel Terkait  Review Adobe Muse : Sebuah Software untuk Web Design

Promosi yang Tidak Mengganggu

Anda juga bisa menjadikan notifikasi pop up sebagai sarana promosi yang tidak mengganggu visitor website. Biasanya, pengunjung akan merasa kesal kalau konten yang ingin ia simak justru terganggu oleh banyaknya iklan. Namun dengan mempraktekkan cara membuat pop up di WordPress, Anda bisa membuat menu promosi yang tidak mengganggu visitor.

Anda bisa mempraktekkan cara membuat pop up di WordPress agar website mampu memunculkan informasi promosi produk atau event yang tengah berlangsung. Notifikasi pop up ini akan muncul otomatis sebanyak 1 kali kapanpun visitor mengunjungi website Anda. Dengan begini, visitor sudah akan mengetahui bahwa website Anda sedang mengadakan sebuah event penting.

Pada notifikasi pop up Anda tidak perlu menginput informasi banyak-banyak. Cukup cantumkan informasi utama beserta ‘klik di sini’ sebagai arahan visitor untuk menuju halaman event yang memuat keterangan lengkap.

Menaikkan Jumlah Conversion Rate

Satu lagi fakta keuntungan mengejutkan dari cara membuat pop up di WordPress, sebuah pop up kecil terbukti bisa menaikkan jumlah conversion rate hingga 600%! Pop up terbukti mampu mendorong seseorang untuk membuat pembelian dari website Anda, seperti contohnya pada website resmi Zalora.

Web Zalora ‘dengan sengaja’ menyodorkan kode kupon diskon untuk visitor yang sedang berada di sebuah halaman produk dan masih menimbang-nimbang hendak membeli produk atau tidak.

Setelah penawaran kupon diskon muncul, tentunya sang calon pembeli tidak akan menyia-nyiakan kesempatan dan segera membeli produk. Dari kejadian seperti pada contoh inilah tingkat conversion rate website Anda akan meningkat tajam.

Mengurangi Bounce Rate dari Visitor

Manfaat yang satu ini merupakan tujuan utama dari cara membuat pop up di WordPress. Pop up berfungsi untuk mencegah visitor yang baru tiba ke website untuk langsung pergi lagi. Bounce rate sendiri merupakan jumlah persentase visitor yang langsung pergi setelah membuka 1 halaman web saja.

Mungkin Anda sendiri pernah melakukan hal seperti ini, lalu tiba-tiba website memberikan pop up notifikasi ‘Jangan pergi dulu! Ingin tahu lebih banyak informasi?’. Nah, seperti itulah contoh pengaplikasian nyata dari cara membuat pop up di WordPress.

Di sini, Anda bisa memanfaatkan pop up untuk mengarahkan visitor ke informasi menarik dan terhangat lainnya dari website Anda. Dengan demikian, rasa ketertarikan pengunjung mungkin akan muncul kembali dan menjadikannya berada lebih lama di website Anda.

Membantu Mengumpulkan Data Buyer Persona

Manfaat terakhir dari menggunakan pop up di website adalah membantu mengumpulkan data buyer persona. Buyer persona adalah gambaran nyata dari tipe-tipe konsumen di website Anda, seperti usia, jenis kelamin, status pekerjaan, lokasi asal dan tingkat pendidikannya.

Pop up akan membantu Anda lebih mudah memperoleh data-data tersebut dari setiap konsumen website. Bagaimana? Caranya adalah dengan memberikan aneka hadiah atau kupon gratis. Namun sebelum visitor bisa mendapatkan hadiah menarik tersebut, ia harus memberikan data-data dirinya ke sistem web melalui pop up.

Step by Step Cara Membuat Pop Up di WordPress

pop-up-wordpress-2

Tibalah kita pada poin pembahasan yang sudah ditunggu-tunggu: cara membuat pop up di WordPress. Sesungguhnya, cara membuat pop up di WordPress amat gampang. Anda bisa menggunakan bantuan pop up WordPress plugin gratis bernama ‘CM Popup’. CM Popup ini pun sudah tersedia gratis siap pakai di sistem WordPress.

Lalu bagaimana cara membuat pop up di WordPress dengan CM Popup? Berikut tahap-tahapannya, disimak yuk!

Masuk ke WordPress

Pertama, masuk (login) ke akun WordPress Anda untuk bisa memasang plugin. Begitu login, Anda bisa langsung masuk ke menu dashboard.

Memasang Plugin

Kedua, mulailah memasang plugin. Di dashboard, cari dan klik menu plugin. Kemudian, pilih opsi ‘add new’ untuk menambahkan plugin baru ke WordPress Anda. Untuk mempermudah menemukan plugin, gunakan fitur search box dan ketikkan CM Popup lalu tekan enter.

Saat Anda sudah menemukan CM Popup, klik tombol ‘install now’ yang tersedia. Tunggu sejenak hingga proses install diselesaikan secara otomatis. Jika instalasi sudah sukses, maka Anda akan menemukan tombol ‘activate’. Cukup klik tombol tersebut, dan selesai! Pop up kini sudah terpasang. Untuk memastikan, Anda bisa mengecek dashboard WordPress dan mencari fitur menu ‘CM Popup’ di sana.

Artikel Terkait  Cloudflare Adalah? Apa Kelebihan dan Kekurangannya

Buat Isi Popup

Sekarang mulailah membuat pop up. Masuk ke menu ‘CM Pop Up Banners’, selanjutnya klik ‘Add New Campaign’. Anda akan diarahkan ke halaman baru editor ‘New Campaign’ berupa kolom judul dan isi konten. Silahkan isi bagian judul promo sesuai dengan keinginan Anda.

Begitu pula dengan bagian isi pop up yang bisa Anda input dengan teks promosi, gambar atau video event/promo. Kalau perlu, Anda bisa menambahkan keterangan tambahan setelah gambar atau video di kolom bagian bawah.

Konfigurasi Pop Up Anda

Tahap terakhir adalah melakukan konfigurasi pop up yang Anda sudah buat. Klik menu ‘Campaign Optipn’, lalu Anda bisa mengatur hal-hal berikut sesuai keinginan:

  • Background color (input warna latar pop up memakai kode warna hexadecimal).
  • Type (pilih tipe pop up yang ingin digunakan).
  • Width and height (atur tinggi dan lebar pop up).
  • Disable campaign (klik kalau Anda ingin mematikan pop up; biarkan saja jika Anda ingin menampilkan pop up).
  • Show on (pilih pop up hendak ditampilkan pada every page (semua halaman), selected page (halaman tertentu), atau home page (halaman beranda saja)).
  • Shape (pilih bentuk pop up yang ingin ditampilkan).
  • Hide device with width less than (tentukan ukuran minimal layar gadget yang tidak bisa menampilkan pop up).
  • Underlay type (pilih fitur untuk menambah efek artistik pada pop up seperti light, dark, atau no underlay sama sekali).

Jika semua pengaturan di atas sudah ditetapkan, terakhir Anda cukup mengklik tombol ‘publish’. Selesai! Kini pop up WordPress Anda sudah tayang pada website. Sangat mudah, bukan tutorial di atas?

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang cara membuat pop up di WordPress. Bagaimana, sudahkah kini Anda siap untuk mencoba mempraktekkan cara membuat pop up di WordPress dengan popup WordPress plugin gratis? Selamat mencoba berpraktek membuat pop up sendiri di website!

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini, ya. Jangan lupa untuk mengikuti sosial media dan website Appkey.id untuk mengetahui lebih banyak informasi terkini seputar dunia IT lainnya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya