Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign UILangkah Tepat Membuat UI Design Games agar Lebih Apik

Langkah Tepat Membuat UI Design Games agar Lebih Apik

-

Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

User Interface (UI) atau rancang muka menjadi bagian penting dalam membangun aplikasi. Mengapa UI menjadi penting? Karena jika tidak dirancang dengan baik, maka akan mempengaruhi kualitas dari suatu perangkat lunak. Tidak kalah pentingnya ketika ingin membangun sebuah proyek game. Desain UI dapat dikatakan dapat mempengaruhi keberhasilan proyek game itu sendiri dan meningkatkan peluang bisnis. Maka dari itu, pada artikel ini akan dibahas secara tuntas langkah tepat membuat UI design games yang baik, mulai dari menyusun visi, strategi, hingga tahap desain itu sendiri.

ui design games

Pentingnya Visi dalam Desain Game

Selama proses membuat UI design games, gagasan utama atau ide pokok menjadi suatu hal penting yang diambil dari visi yang telah didefinisikan dengan jelas dan memiliki maksud serta tujuan yang jelas pula. Visi menjadi suatu titik acuan yang nantinya sebagai pengarah suatu tindakan. Jika visi tidak ada, tentunya membangun proyek ini menjadi tidak terarah dan akan menyulitkan tim dalam penyelesaian game.

Artikel Terkait  Mengintip Trend Desain UI/UX di Tahun Ini

Visi Desain Game yang Harus Dimiliki

Ada beberapa elemen yang dapat dipertimbangkan ketika menyusun visi UI design games dengan lebih jelas dan ringkas, yaitu:

  1. Alur cerita

Banyak di antara video games mengambil konsep berdasarkan dunia nyata agar lebih meningkatkan pengalaman para gamer ketika bermain. Pada elemen ini, desain game penting untuk membenamkan pengguna dalam dunia game agar mereka merasa terhubung dan terlibat dalam peristiwa yang terjadi sepanjang game. Jadi, alur ceritanya harus jelas dan dapat menjembatani kesenjangan antara fiksi dan kenyataan. Narasi video game dapat digambarkan melalui video atau animasi, bahkan bisa keduanya.

  1. Gameplay

Istilah elemen ini mendefinisikan cara bagaimana seseorang bermain atau berinteraksi dengan video game yang memiliki ciri cara bermain itu sendiri, tujuan, dan aturan, serta pengalaman pemain dalam game.

  1. Rasa dan emosi

Mengapa elemen ini dibutuhkan? Komponen besar dari bermain video game berpusat pada emosi dan perasaan yang ditimbulkan dalam pikiran dan hati para pemain. Skor atau hasil game juga memiliki peran besar dalam suasana hati para pemain. Selain itu, music, desain grafis, warna, gambar, animasi juga berkontribusi dalam membangun suasana dan perasaan yang sejalan dengan alur cerita.

Artikel Terkait  Ini Dia Python Module Terbaik untuk Graphical User Interface

Strategi UI Design Games

Setelah membuat visi yang jelas, tidak kalah penting dalam menerapkan strategi untuk membuat UI design games sebelum masuk dalam tahap desain. Berikut adalah strategi yang dapat diterapkan.

  1. Melakukan Riset Produk

Mengumpulkan informasi seputar produk yang dikembangkan adalah hal yang dapat berguna dalam proses desain, terutama ketika membuat konsep layout dan fungsionalitas desain game yang menarik.

Misalnya, jika Anda sedang mengembangkan game terkait pertarungan dua orang yang menjadi gameplay, Anda dapat mengumpulkan informasi beberapa video game yang paling populer yang menyerupai pola desain yang Anda kembangkan. Atau, Anda ingin berpusat pada gameplay mode petualangan dengan single player seperti RPG, maka Anda dapat mengumpulkan informasi melalui game serupa pula yang populer di pasaran.

Setelah mengumpulkan informasinya, lakukan analisis pada setiap aspek visi yang telah dijelaskan sebelumnya beserta aspek-aspek lain, di antaranya, desain grafis, alur cerita, animasi, penggunaan warna, efek suara, penempatan head-up display (HUD). Jika Anda menemukan beberapa kekurangan pada informasi game yang Anda dapatkan, Anda dapat memanfaatkannya pada game desain Anda.

Dengan melakukan riset ini, Anda mendapatkan catatan aset-aset kuat apa yang nanti Anda pilih untuk desain UI Anda serta menambahkan sentuhan dari ide Anda sendiri yang membuatnya unik dan berbeda dari yang lain pada produk game yang dikembangkan.

  1. Melakukan Riset Pengguna

Berbeda dengan sebelumnya, riset pengguna merupakan aspek penting lainnya yang perlu Anda lakukan. Pada riset ini yaitu melibatkan dengan mempelajari kebiasaan, perilaku, status, dan karakteristik pengguna target Anda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan spesifik mereka. Dalam artian, game yang Anda kembangkan sesuai dengan harapan dan kebutuhan pengguna.

  1. Open Innovation

Open innovation merupakan strategi yang tidak boleh dilewatkan. Dalam hal ini, para gamer diundang untuk berkontribusi dalam proses desain UI/UX melalui versi ‘open alpha’ yang dibuat untuk pengujian kegunaan langsung. Para gamer dapat berpartisipasi dengan menawarkan saran, komentar, bahkan mengutak-atik elemen UI secara real-time.

Artikel Terkait  Hati-Hati Merugi! Inilah Kesalahan Desain Olshop yang Sering Anda Tidak Sadari

Tahap Desain

Setelah mendefinisikan visi dan menerapkan strategi di atas, artinya Anda telah menghasilkan ide yang jelas dan terarah. Anda sudah siap untuk melakukan praktik yang sesungguhnya dan paling memakan waktu, yaitu melakukan desain.

Karena proses desain merupakan sebuah proses kreatif yang memprioritaskan aksesibilitas dan pengalaman pengguna, tidak ada formula untuk desain yang bagus, tetapi ada serangkaian praktik terbaik dan tren yang dapat Anda coba untuk dimasukkan ke dalam UI design games Anda.

  1. Vibrant dan contrast

Pada dasarnya, video game adalah antarmuka visual. Salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan daya tarik visual adalah dengan menyandingkan pola warna terang dan gelap dalam animasi. Dalam hal ini, mari kita ambil salah satu contohnya, yaitu pada game Helix Jump.

Pada game Helix Jump terdapat kontras dua warna pada potongan bata yang ditampilkan pada tingkat yang berbeda. Saat bola turun dan mengenai batu bata, warnanya berubah seiring dengan objek yang dihancurkan. Menariknya, game ini menampilkan lebih dari satu skema warna. Penjajaran yang konstan antara warna membuat pengguna tetap waspada karena tata letaknya yang terus berubah.

  1. Shading dan tones

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa emosi juga menjadi bagian penting untuk keberhasilan game anda. Nah, shading dan tones ini dapat digunakan untuk menangkap emosi itu sendiri.

Music memang memiliki cara yang ampuh untuk mengatur suasana saat bermain, warna dan citra juga memiliki dampak yang sama besarnya.

Shading yang dalam, overlay, dan pencampuran tone bila dikombinasikan membantu dalam menciptakan emosi tertentu.

  1. Narasi yang Komprehensif

Grafis dan animasi pada game tentunya tidak cukup ketika ingin menyusun narasi. Sebaliknya, warna, tone, background music, kedalaman cerita karakter, dan dialog adalah elemen penting yang bekerja sama untuk menarik para gamer.

Misalnya, terdapat game yang digambarkan di mana dua karakter terlibat dalam dialog. Bahasa yang digunakan dalam dialog menampilkan bahasa dapat membangkitkan emosi, konflik, atau kemarahan akan semakin menarik gamer ke dalam alur cerita.

Setelah desain disempurnakan dengan menggunakan tools desain seperti SketchUp atau Augment jika melibatkan pengalaman Augmented Reality (AR), dokumen desain kemudian dibuat yang mengkompilasi semua rencana, template, mockup, arahan seni, grafik, dan ide-ide desain lainnya dikonseptualisasikan.

Dokumen ini kemudian diteruskan ke game developer yang kemudian menghidupkan desainnya. Mendokumentasikan berbagai tahap desain selama proses desain juga menjadi hal yang sangat penting dan tidak disarankan memulai dokumentasi ketika proses sudah selesai.

 

Itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk UI design games. Pada intinya, untuk membuat UI yang bagus adalah dengan menentukan visi dan melakukan riset yang baik tentang game sejenis, membentuk tim pengembang atau desainer yang kompeten dan memahami fitur game Anda, dan menggabungkan tren dan teknologi industri terbaru. Selain itu, desain UI yang baik memiliki hirearki visual yang terdefinisi dengan baik di mana fitur yang kompleks dapat dipahami dengan lebih mudah.

Untuk artikel menarik lainnya dapat Anda simak di Appkey.id, ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya