Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Mobile Programming Apa itu PyCharm? Mengenal PyCharm Python, Kekurangan, serta Kelebihannya

Apa itu PyCharm? Mengenal PyCharm Python, Kekurangan, serta Kelebihannya

-

Python telah menjadi bahasa pemrograman yang disukai untuk pengembangan aplikasi di tahun 2021. Alasan di balik popularitas Python terletak pada kesederhanaannya dalam mendesain kode. Untuk menulis kode Python yang sederhana dan efisien, kita membutuhkan Integrated Development Environment (IDE).

Saat ini telah diperkenalkan PyCharm sebagai IDE untuk mengembangkan aplikasi berbasis Python. Di artikel ini kami akan membahas tentang tentang Pycharm Python, kelebihan, serta kekurangannya.

Apa itu IDE?

Pycharm adalah salah satu IDE yang ada dalam Python. Sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang IDE. Kali ini kami akan membahas sedikit tentang IDE untuk mengingatkan Anda kembali.

Integrated Development Environment atau IDE dilengkapi editor kode dan kompiler untuk menulis dan menyusun program dalam satu atau banyak bahasa pemrograman. Selain itu, IDE hadir dengan banyak fitur yang memfasilitasi pengembangan perangkat lunak yang komprehensif.

Karena IDE mengalokasikan warna yang berbeda ke entitas pemrograman yang berbeda, biasanya dikenal sebagai penyorotan sintaks, itu menjadi lebih mudah diakses dengan:

  1. Bedakan antara berbagai entitas pemrograman, seperti kelas dan fungsi, dan untuk menemukannya.
  2. Cari kata kunci yang salah.
  3. Baca dan pahami kodenya.

Kebanyakan IDE menampilkan fitur pelengkapan otomatis yang menghasilkan saran saat menulis kode. Hal ini membuat penulisan kode lebih efisien, cepat, dan tidak terlalu rentan terhadap kesalahan dan kesalahan ketik. Fitur standar lain yang ditawarkan oleh IDE modern adalah:

  1. Jendela editor proyek untuk mengelola dan mengatur file yang diperlukan untuk suatu program atau proyek secara efisien.
  2. Memeriksa keluaran dari kode yang ditulis menggunakan jendela keluaran.
  3. Saran untuk mengatasi kesalahan dan peringatan.
  4. Berbagai modul dan paket tersedia di satu tempat.

Artikel Terkait  Django, Framework Terbaik Untuk Kamu Para Maniak Python

Pycharm Python: Apa itu Pycharm?

pycharm-python 1

Bagi Anda yang belum tahu atau belum familiar dengan Pycharm, Anda mungkin bertanya-tanya “Apa itu PyCharm?” dan “Mengapa Pycharm begitu penting untuk dibahas?”

Pertama-tama, kami akan membahas tentang latar belakang kisah dibalik terbentuknya Pycharm. PyCharm adalah salah satu IDE Python paling populer. Pycharm menjadi begitu populer dikembangkan oleh JetBrains, yang merupakan developer di balik IntelliJ IDEA IDE yang populer.

IntelliJ IDEA IDE merupakan salah satu dari 3 besar Java IDE dan WebStorm “IDE JavaScript yang paling cerdas”. Selain itu, Pycharm memiliki dukungan untuk pengembangan web dengan memanfaatkan Django menjadi alasan lain Pycharm begitu populer dibanding IDE Python lainnya.

Ada banyak sekali faktor yang menjadikan PyCharm salah satu lingkungan pengembangan terintegrasi terlengkap dan komprehensif untuk bekerja dengan bahasa pemrograman Python.

PyCharm kompatibel dengan platform Linux, macOS, dan Windows. Pycharm merupakan salah satu IDE Python terbaik. PyCharm menyediakan dukungan untuk versi Python 2 (2.7) dan Python 3 (3.5 ke atas).

PyCharm hadir dengan sejumlah besar modul, paket, dan alat untuk mempercepat pengembangan Python sambil mengurangi upaya yang diperlukan untuk melakukan hal yang sama secara besar-besaran secara bersamaan. Selanjutnya, PyCharm dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan pengembangan, dan panggilan preferensi pribadi.

Pycharm dirilis ke publik untuk pertama kalinya pada bulan Februari 2010. Selain menawarkan analisis kode, beberapa fitur lainnya yang dimiliki PyCharm:

  1. Debugger grafis.
  2. Penguji unit terintegrasi.
  3. Dukungan integrasi untuk sistem kontrol versi (Version Control System).
  4. Dukungan untuk data science dengan Anaconda.

Alasan utama Pycharm digunakan sebagai pembuatan IDE ini  untuk pemrograman Python, dan untuk beroperasi di berbagai platform seperti Windows, Linux, dan macOS. Pycharm terdiri dari alat analisis kode, debugger, alat pengujian, dan juga opsi kontrol versi. Hal ini juga membantu pengembang dalam membangun plugin Python dengan bantuan berbagai API yang tersedia.

Pycharm memungkinkan Anda untuk bekerja dengan beberapa database secara langsung tanpa mengintegrasikannya dengan alat lain. Meskipun dirancang khusus untuk file Python, HTML, CSS, dan Javascript juga dapat dibuat dengan IDE ini. Hal itu juga dilengkapi dengan antarmuka pengguna yang indah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan menggunakan plugin.

Fitur-Fitur Pycharm Python

Pycharm memiliki beberapa fitur yang sangat berguna untuk pengembangan Anda.

1. Intelligent Editor Code

PyCharm hadir dengan editor kode pintar yang memfasilitasi penulisan kode Python berkualitas tinggi. Hal ini menawarkan tingkat pemahaman kode dan keterbacaan yang ditingkatkan melalui skema warna yang berbeda untuk kata kunci, kelas, dan fungsi, yaitu, sintaksis dan penyorotan kesalahan.

Selain menawarkan fitur penyelesaian kode pintar, editor kode menghasilkan instruksi untuk menyelesaikan kode saat ini. Mengidentifikasi kesalahan dan masalah jauh lebih nyaman, bersama dengan integrasi linter dan perbaikan cepat.

2. Ketersediaan Alat yang Terintegrasi

PyCharm memberikan dukungan untuk mengintegrasikan berbagai alat. Alat-alat ini bervariasi dari membantu meningkatkan produktivitas kode hingga memfasilitasi penanganan proyek ilmu data. Beberapa alat integrasi paling penting yang tersedia untuk PyCharm meliputi:

– Anaconda

Berfungsi distribusi Python gratis dan open-source yang diarahkan pada komputasi ilmiah dengan pengelolaan dan penerapan paket yang disederhanakan.

– IPython

Shell perintah yang kuat untuk komputasi interaktif.

– Kite

Plugin pelengkapan otomatis bertenaga AI.

– Pylint

Kode sumber, bug, dan pemeriksa kualitas.

– pytest

Kerangka kerja untuk menulis tes kecil untuk kode Python.

– WakaTime

Dasbor pengembang dengan metrik produktivitas dan pelacakan waktu otomatis

3. Ilmu Data dan Pembelajaran Mesin [Hanya Tersedia dalam Edisi Profesional]

PyCharm hadir dengan dukungan untuk pustaka ilmiah, seperti Matplotlib dan SciPy, untuk membantu pengembang Python menyelesaikan proyek sains data dan pembelajaran mesin.

4. Google App Engine [Hanya Tersedia dalam Edisi Profesional]

Google App Engine, atau App Engine, adalah platform komputasi awan yang ditargetkan untuk mengembangkan dan menghosting aplikasi web. Ini menawarkan penskalaan otomatis untuk aplikasi web. PyCharm edisi profesional memberikan dukungan untuk Google App Engine.

5. Debugging dan Pengujian Terintegrasi

pycharm python 3

Pycharm Python dilengkapi dengan dukungan untuk program debugging dan pengujian. Untuk mencapai hal yang sama, PyCharm menampilkan debugger Python terintegrasi dan pengujian unit terintegrasi dengan cakupan kode baris demi baris.

6. Pengembangan Multi-teknologi [Hanya Tersedia dalam Edisi Profesional]

Pengembang Python juga dapat menggunakan PyCharm untuk membuat aplikasi web. Dengan demikian, Python IDE memberikan dukungan untuk teknologi web populer, termasuk CoffeeScript, CSS, HTML, JavaScript, TypeScript. Selain itu, ini juga termasuk dukungan untuk Cython, bahasa template, dan SQL.

Pengeditan langsung juga tersedia di PyCharm, yaitu pengembang dapat membuat / memodifikasi halaman web sambil mendorongnya secara langsung secara bersamaan. Karenanya, perubahan dapat diikuti langsung di browser web. Membangun aplikasi web menggunakan AngularJS atau NodeJS juga tersedia.

Artikel Terkait  Belajar Ngoding: Rangkuman Lengkap Tipe Data Python

7. Proyek dan Navigasi Kode

Fitur navigasi kode mempermudah pengembang untuk menavigasi ke kelas, fungsi, atau file. Hal ini juga membantu dalam mengurangi upaya dan waktu yang diperlukan untuk mengedit dan meningkatkan kode Python secara signifikan. Tampilan struktur file dan tampilan proyek khusus sudah tersedia.

Mode lensa memungkinkan pengembang untuk memeriksa dan melakukan debug seluruh kode sumber Python secara menyeluruh. Dengan navigasi kode, menemukan elemen, variabel, dan lain sebagainya. Dilakukan hampir dalam waktu singkat. Pengembang dapat dengan cepat beralih antar kelas, file, dan metode.

8. Refactoring

Fitur refactoring di PyCharm membantu dalam meningkatkan struktur internal program Python tanpa mempengaruhi kinerja eksternal yang sama. Membuat perubahan pada variabel lokal dan global efisien dan cepat. Metode ekstrak juga ada untuk membagi kelas dan fungsi yang diperluas. Fitur pemfaktoran ulang kode berguna lainnya termasuk:

– Memperkenalkan konstanta

– Merkenalkan variabel

– Menarik

– Menekan

9. Pengembangan Jarak Jauh

PyCharm memungkinkan menjalankan, melakukan debug, menguji, dan menerapkan aplikasi pada host jarak jauh atau mesin virtual. Untuk tujuan tersebut, Python IDE menawarkan:

– Terminal SSH terintegrasi

– Integrasi Docker dan Vagrant

– Penerjemah jarak jauh

10. Dukungan untuk Kerangka Web Python Populer [Hanya Tersedia dalam Edisi Profesional]

PyCharm memungkinkan pengembang memanfaatkan Django dalam proyek pengembangan Python mereka. Python IDE menawarkan fitur pelengkapan otomatis dan menghasilkan saran untuk Django.

Kode debug yang ditulis menggunakan Django juga tersedia. PyCharm juga menyediakan dukungan untuk kerangka kerja Python populer lainnya, yaitu Flask, Pyramid, dan web2py.

11. Integrasi Sistem Kontrol Versi (VCS)

Dalam kesederhanaannya, sistem kontrol versi (VCS) melacak perubahan yang dibuat pada file, aplikasi, dan sumber informasi lainnya. Ini dapat dianggap sebagai database perubahan. PyCharm menyediakan antarmuka pengguna terpadu untuk CVS, Git, Mercurial, Perforce, dan Subversion.

Kekurangan dan Kelebihan Pycharm

Dalam hal pengembangan Python, PyCharm adalah pilihan yang pasti. Meskipun memiliki berbagai keunggulan, Pycharm juga memiliki beberapa kekurangan. Oleh Karena itu, sebelum Anda menggunakannya pastikan bahwa Anda pada akhirnya mendapat manfaat darinya. Berikut adalah prestasi dan kekurangan penting PyCharm untuk dipertimbangkan:

Keuntungan Pycharm

  1. Pycharm merupakan jalan pintas produktif dalam pengembangan Python.
  2. Pycharm memiliki kemampuan untuk melihat seluruh kode sumber Python dengan satu klik
  3. Ketersediaan berbagai plugin
  4. Pycharm tergolong mudah digunakan.
  5. Pycharm memiliki dukungan komunitas yang sangat baik.
  6. Memfasilitasi pengembangan kode yang lebih cepat
  7. Lebih kuat, versi komersial tersedia
  8. Proses instalasi yang mudah

Artikel Terkait  Java vs Python: Pilihan Terbaik Untuk Membangun Aplikasi Web Dinamis?

Kekurangan Pycharm

  1. Versi berbayar mahal
  2. Dapat menimbulkan masalah saat mencoba memperbaiki alat seperti venv
  3. Tidak cocok untuk pemula Python
  4. Aplikasi intensif sumber daya, yaitu membutuhkan banyak memori dan ruang penyimpanan

PyCharm ditawarkan dalam tiga varian penggunaan yang dapat Anda gunakan. Beberapa versi yang dapat Anda pilih saat menggunakan Pycharm. Berikut kami sajikan untuk Anda pilihan berbayar dari Pycharm.

– Versi freemium yang dijuluki The Community Edition tersedia di bawah Lisensi Apache.

– Versi komersial (commercial version) yang berlabel Edisi Profesional tersedia di bawah lisensi kepemilikan.

– Versi pendidikan gratis (free-to-use educational version) yang dijuluki Edu Edition, ditujukan untuk pelajar dan profesional yang tertarik mempelajari Python, tersedia di bawah Lisensi Apache.

Demikianlah penjelasan tentang Pycharm Python. Dari sekian banyak IDE Python yang ada, Pycharm adalah pilihan terlengkap dan terbaik yang dapat Anda gunakan. Namun, Anda juga perlu menyiapkan biaya dan dana yang besar untuk menggunakan versi berbayarnya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya