Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Mobile Programming Daftar 10 Python IDE dan Editor Kode Terbaik di...

Daftar 10 Python IDE dan Editor Kode Terbaik di Tahun 2021

-

IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki berbagai fasilitas yang diperlukan developer dalam membangun suatu aplikasi atau website. Masing-masing IDE berisi tools yang berbeda, serta masing-masing IDE juga berisi sebuah teks editor untuk menulis kode, tools untuk melakukan kompilasi secara otomatis dan sebuah debugger yang menunjukkan potensi eror.

Beberapa IDE secara khusus berisi berbagai tool yang jauh lebih canggih daripada IDE pada umumnya seperti dukungan untuk melakukan pengkodean visual, serta dukungan integrasi Artificial Intelligent (AI).

Sementara editor kode (code editor) mirip seperti IDE namun jauh lebih ringan. Editor kode berisi tools untuk menulis kode seperti editor teks dengan penyorotan sintaks otomatis dan bug catching (penangkap bug) yang sederhana. Perbedaannya dengan IDE adalah, editor kode tidak berisi alat-alat kompleks yang disertakan dalam IDE.

Fitur-Fitur Penting dalam Python IDE dan Editor Kode

phyton-ide-2

1. Syntax highlighting

Syntax highlighting berfungsi untuk menyoroti berbagai tipe syntax yang berbeda secara otomatis. Fitur ini sangat penting agar syntax mudah dibaca. Misalnya dalam suatu kode, variabel memiliki warna putih, kata kunci atau keyword berwarna hijau.

Syntax highlighting inilah yang bertugas melakukan hal tersebut, sehingga Anda lebih mudah memahami syntax yang Anda lihat.

2. Automatic code formatting

IDE dan Code Editor yang mendukung Python dapat secara otomatis melakukan indentasi, menambahkan kolom dan memasukan seluruh end brackets yang hilang berdasarkan aturan style Python. Hal ini berarti Anda dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengubah-ubah format sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan pengkodean.

3. Debugging

Walaupun tools yang berbeda dapat melakukan debug secara langsung. Sebaiknya tool ini memiliki kemampuan untuk membuat kode Anda secara bertahap untuk melacak perubahan. Idealnya, Anda menginginkan tool yang dapat menunjukkan atau menyoroti potensi kesalahan dalam kode Anda sebelum dilakukan runtime.

4. Build automation

Anda memilih alat yang memungkinkan Anda untuk menulis dan menjalankan kode Python dalam jendela (window) yang sama. Anda dapat mengkopi dan menyalin source code atau kode sumber compiler eksternal untuk menjalankannya sehingga membebani Anda dengan waktu ekstra dan mengurangi hal-hal yang tidak perlu.

5. Save and reload

Seluruh IDE dan code editor semestinya berisikan beberapa cara untuk menyimpan dan memuat ulang kode dalam state yang sama. Fitur ini adalah tool terbaik dan menyertakan kontrol versi yang memungkinkan Anda untuk kembali ke versi sebelumnya jika dibutuhkan.

Artikel Terkait  Praktis Mengelola Database dengan “Database Inspector”

Berikut ini adalah 10 Python IDE dan Editor Kode terbaik yang kami sajikan untuk Anda

1. Pycharm

IDE ini menonjol dari segi persaingan karena produktivitas tools yang ada di dalamnya seperti quick fixes (perbaikan cepat). Tersedia dalam tiga versi, versi Komunitas berlisensi Apache, versi Pendidikan (Edu), dan versi Profesional berpemilik. Dua versi pertama adalah open source dan dapat Anda gunakan secara gratis, sedangkan versi Profesional merupakan berbayar.

Versi Komunitas dari IDE ini mungkin akan sangat menarik bagi Anda karena memiliki fitur berbeda seperti penyorotan sintaks, auto-completion, dan verifikasi kode secara langsung. Versi berbayar memiliki fitur yang lebih canggih seperti manajemen database penuh dan banyak framework yang lebih penting daripada versi komunitas seperti Django, Flask, Google App, Engine, Pyramid, dan web2py.

Keunggulan:

  • Dukungan komunitas yang aktif.
  • Verifikasi kode langsung dan penyorotan sintaksis
  • Menjalankan pengeditan dan debug kode Python tanpa persyaratan eksternal apa pun

Kekurangan:

  • Waktu pemuatan yang cenderung lambat
  • Pengaturan default mungkin memerlukan penyesuaian sebelum proyek yang ada dapat digunakan.

2. Pydev

Pydev adalah plugin yang memungkinkan Eclipse digunakan sebagai IDE Python yang juga mendukung Jython dan IronPython. Eclipse adalah lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) yang secara historis dirancang untuk bahasa Java. Namun, berkat sistem plugin atau ekstensi, Pydev pun dapat digunakan dengan bahasa pemrograman lain, termasuk C / C ++ dan PHP.

Pydev menggunakan teknik inferensi lanjutan untuk menyediakan elemen seperti penyelesaian kode dan analisis kode. IDE juga menyediakan fitur berikut: debugger, Django, konsol interaktif, penyorotan sintaks dasar, cakupan kode, dll. Ini adalah salah satu Ide terbaik untuk python dan Editor Python Terbaik juga.

Pydev tersedia secara gratis, tidak bergantung platform, dan mempromosikan integritas yang sangat baik dengan Eclipse. Berkat upaya para pengembang dan evolusi teknologi, pengembangan Python menjadi hampir sebanding dengan pengembangan Java di Eclipse, membuat pengalamannya jauh lebih baik.

Keunggulan:

  • Mudah dipelajari dan juga menyertakan beberapa fitur (CPython, Jython, IronPython)
  • Plugin Pydev untuk membuat kode dengan Python di Eclipse
  • Penyelesaian Kode dan Analisis Kode

Kekurangan:

  • Antarmuka pengguna tidak terlalu baik.

3. Visual Studio Code

Dikembangkan oleh Microsoft untuk berbagai sistem operasi. Visual Studio Code (atau disingkat pula dengan VS Code) adalah editor kode yang dapat diekstensi dan perangkat lunak ini adalah perangkat lunak open source di bawah lisensi MIT.

Inilah yang membedakan Visual Studio dengan VS Code. VS Code pertama kali diterbitkan pada tanggal 29 April 2015. IDE ini pun sebanding dengan Atom dalam hal fungsionalitas.

VS Code adalah proyek Microsoft dengan jumlah kontributor tertinggi di GitHub. Inisiatif ini telah meningkatkan ketenaran Microsoft dan memposisikannya sebagai salah satu pemain utama dalam perangkat lunak komunitas. Anda dapat menambahkan bahasa baru ke lingkungan, seperti Python menggunakan VS Code.

Cukup unduh dan instal plugin yang sesuai untuk menyesuaikannya dengan lingkungan. VS Code ditingkatkan dengan fitur seperti integrasi mesin penyelesaian otomatis kode yang kuat (IntelliSense), konsol debugging dan terminal untuk meluncurkan perintah server.

VS Code dirancang dengan sangat baik secara keseluruhan dan keuntungan utamanya adalah mereka menawarkan arsitektur berbasis ekstensi. Karena IDE dari Microsoft ini cukup ringan, ia pun dapat diperluas dengan menambahkan komponen berurutan sesuai kebutuhan.

Keunggulan:

  1. Memiliki lebih dari 4700 ekstensi
  2. Code Management Machine (Mesin Manajemen Kode) yang kuat

3 Impor pintasan keyboard sesuai permintaan dari editor Python lain seperti Sublime Text atau Atom

Kekurangan:

Anda akan kesulitan menemukan ekstensi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda karena ribuan ekstensi yang tersedia

Artikel Terkait  Apa itu "Pengembangan Agile"? Penjelasan yang Mudah Dipahami Tentang Fitur, Kelebihan, dan Kekurangan yang Dimilikinya

4. Atom IDE

Atom adalah salah satu editor teks terbaik untuk Python. Atom mencakup sebagian besar fungsi IDE dasar. Beberapa fitur yang dimiliki oleh Atom diantaranya adalah syntax highlighting dan auto-completion.

Pengembang dari Atom sendiri sedang mengerjakan integrasi bahasa pemrograman utama seperti Rust atau Go. Atom membuat kemajuan dalam meningkatkan kinerjanya, dan pengembang sangat memperhatikan kebutuhan dan pendapat komunitas, berusaha untuk membuat pengalaman pengguna lebih bermanfaat.

Ada peningkatan waktu tunggu untuk membuka perangkat lunak dan peningkatan kecil dalam waktu yang diperlukan untuk penghitungan penting guna mengurangi latensi. Namun, kemajuan yang lebih dan lebih diharapkan dalam beberapa bulan mendatang.

Salah satu alasan yang berkontribusi pada kesuksesan Atom adalah antarmukanya yang dapat disesuaikan sepenuhnya. Semuanya bisa diubah, dari antarmuka hingga fungsi dasar. Di sisi lain, inisiatif yang agak menguntungkan ini juga merupakan salah satu masalah yang menjadi akar dari latensi program.

Namun secara keseluruhan, Atom tetap merupakan IDE yang sangat praktis dan fungsional dan kami menantikan pembaruan program.

Keunggulan:

  • Antarmuka yang dapat disesuaikan sepenuhnya
  • Didokumentasikan dengan baik
  • Menawarkan fitur hampir semua fitur yang ada pada VS Code

Kekurangan:

  • Konsumsi RAM yang cukup besar.
  • Peningkatan lebih lanjut diperlukan dalam latensi dan pengoptimalan sistem.
  • Tidak terlalu cocok untuk menangani file kode besar

5. IDLE

phyton-3

IDLE merupakan singkatan dari Integrated Development and Learning Environment. IDLE dirilis pada bulan Desember 1998 oleh Guido Van Rossum untuk pengembangan Python. IDLE merupakan IDE sederhana dan oleh karena itu IDLE sangat cocok digunakan untuk pemula.

IDLE terdiri dari editor teks multi-window dengan syntax highlighting dan debugger terintegrasi dengan stepping, persistens breakpoint, dan call stack visibility.

Keunggulan:

  • IDLE dapat digunakan untuk menjalankan satu statement.
  • Dapat digunakan untuk membuat, memodifikasi, dan menjalankan skrip Python.
  • Menawarkan fitur seperti syntax highlighting, auto-completion & indentasi cerdas.
  • Memiliki debugger dengan fitur melangkah & breakpoint.

Kekurangan:

  • IDLE tidak tersedia secara default dalam distribusi Python untuk Linux.
  • Membutuhkan manajer paket masing-masing untuk instalasi.

6. Spyder

Pada versi pertamanya, Spyder dinamai sebagai Pydee yang dibuat oleh Pierre Raybaut pada tahun 2008. Spyder adalah IDE lintas platform dan di bawah lisensi non-copyleft (Perangkat lunak bebas non-copyleft dirilis oleh pembuatnya dengan izin untuk mendistribusikan dan memodifikasinya). Sejak 2012, komunitas ilmiah Python yang telah memelihara Spyder berkat kontribusinya.

Spyder memiliki fitur dasar seperti syntax highlighter dan auto-completion dan juga mengintegrasikan banyak pustaka penggunaan ilmiah seperti Matplotlib, Numpy, IPython, Scipy. Spyder adalah IDE bersifat open-source dan gratis dan juga instalasi sangat mudah berkat pengelola paket Python.

Spyder menawarkan kombinasi unik dari analisis lanjutan, debugging, pengeditan, eksekusi interaktif, inspeksi mendalam, dan kemampuan visualisasi dari paket perangkat lunak ilmiah. Komponen utama ini adalah konsol interaktif, penampil dokumentasi, penjelajah variabel, dan development tools.

Keunggulan:

  • Dukungan komunitas yang cukup besar.
  • Kaya akan fitur alat pengembangan.
  • Dokumentasi lengkap

Kekurangan:

  • Dependensi pada eksekusi
  • Dependensi opsional

7. Thonny

Thonny adalah IDE yang dikembangkan oleh University of Tartu di Estonia. Perangkat lunak ini telah dirancang terutama untuk mempermudah para developer pemula yang baru menggunakan Python dengan menyediakan IDE yang sederhana dan ringan. Namun, dengan fitur-fitur unggulan, ini agak mirip dengan beginner kit.

Oleh karena itu, perangkat lunak ini sangat cocok untuk pemula yang ingin memulai pemrograman dan pengembangan dengan Python dan oleh karena itu sama sekali tidak cocok untuk pakar pengembangan.

Antarmuka pengguna diisolasi dari semua fitur yang dapat mengalihkan perhatian para pemula. Hal ini adalah kursus pedagogis yang dipikirkan dengan matang untuk pemula yang ingin mengembangkan Python dengan cepat, mudah, dan sederhana.

Keunggulan:

  • IDE diadaptasi untuk pembelajaran pemula
  • Antarmuka pengguna dasar dan fungsional
  • Tidak membutuhkan memori yang besar untuk menjalankannya

Kekurangan:

  • Kurang cocok digunakan untuk para ekspertis.
  • Hanya menyediakan fungsi dasar

8. Sublime Text

Pertama kali dipahami sebagai ekstensi untuk Vim, Sublime Text adalah editor teks umum yang dikodekan dalam C ++ dan Python. Sejak versi 2.0, software ini mendukung 44 bahasa pemrograman utama, termasuk Python.

Sublime text ini dikembangakan oleh Jon Skinner dan pertama kali dirilis pada tahun 2007. Untuk membuat perangkat lunak ini, Jon Skinner mengadopsi tiga prinsip:

  • Antarmuka yang minimalis agar dapat fokus pada teks dan bukan pada banyak toolbar
  • Teks tidak disembunyikan oleh window
  • Gunakan ruang sebanyak mungkin: pengeditan file layar penuh, multi-layar, berdampingan harus dimungkinkan.

Setelah Anda menginstal Sublime Text sebagai Python IDE berkat plugin dan paket yang berbeda, Anda mendapatkan IDE berkualitas tinggi dan kuat yang memungkinkan Anda mengembangkan dengan sangat mudah dengan Python. Sublime Text menggabungkan sebagian besar fitur editor teks Python dasar, termasuk penyorotan sintaks yang dapat disesuaikan.

Keunggulan:

  • Cepat dengan sedikit bug (keuntungan besar)
  • Dapat membuka file besar
  • Mendukung banyak bahasa

Kekurangan:

  • Sulit untuk dimodifikasi karena seluruhnya melalui JSON.
  • Lisensi diperlukan
  • Mempelajari jalan pintas

Artikel Terkait  Hal-Hal yang Diajarkan Oleh Agile Project Management Dalam Mengembangkan Sebuah Konten

9. Vim

Vim adalah editor teks yang memungkinkan manipulasi file teks. Kode sumbernya dikembangankan oleh Bram Moolenaar dan pertama kali dirilis pada tahun 1991. Sejak itu, perangkat lunak telah berkembang dan ditingkatkan oleh pengembangnya dan juga oleh kontribusi komunitas pengembang.

Vim berbeda dari kebanyakan editor teks Python lainnya dalam mode operasinya, perhatikan bahwa Vim memiliki tiga mode dasar: mode insert, mode normal atau mode perintah dan mode baris perintah.

Vim adalah perangkat lunak gratis dan sebagian besar dapat disesuaikan dengan menambahkan ekstensi atau memodifikasi file konfigurasinya. Hal ini berarti Anda dapat dengan mudah menyesuaikannya untuk pengembangan dengan Python.

Perangkat lunak ini mencakup banyak fitur seperti multi-buffer yang mendukung pengeditan file secara bersamaan, indentasi otomatis yang disesuaikan dengan bahasa, dan banyak lainnya. Untuk mengunduh Vim, cukup klik tautan ini https://www.vim.org/download.php.

Keunggulan:

  • Perangkat lunak kaya fitur dan memberikan pengalaman pengguna yang baik dengan dukungan komunitas.
  • Pengenalan dan konversi format file (UNIX, MS-DOS atau Mac)

Kekurangan

  • Fitur inovatif tidak mencukupi

10. GNU/Emacs

Dibuat pada tahun 1976 oleh Richard Stallman, Emacs adalah keluarga editor teks dengan serangkaian fitur yang dapat diperluas. Emacs merupakan singkatan dari Editing MACroS Running on TECO. Perangkat lunak gratis ini sangat populer di komunitas pengembang.

Richard Stallman menekankan fakta bahwa perangkat lunak harus sepenuhnya gratis dan dapat disesuaikan tanpa batasan dalam pemrograman. Setelah beberapa tahun, banyak versi Emacs telah muncul, termasuk GNU Emacs, yang diprakarsai oleh Richard Stallman pada tahun 1984 dan XEmacs diluncurkan pada tahun 1991. GNU Emacs menggunakan bahasa ekstensi yang kuat yang disebut Emacs Lisp yang mendukung tugas-tugas tingkat lanjut seperti menulis, menyusun program, menjelajahi internet, membaca email, dan forum diskusi.

Perangkat lunak ini tersedia untuk diunduh gratis dan tersedia di semua platform. GNU Emacs menggunakan berbagai skrip penyesuaian untuk pengembangan dalam beberapa bahasa, termasuk Python.

Untuk pengembangan Python, Anda dapat menggunakan ekstensi Elpy di Emacs untuk mengerjakan proyek Python. Perangkat lunak ini sangat kaya fitur. Beberapa fitur yang dimiliki oleh Emacs diantaranya syntax highlighting untuk membedakan elemen dokumen seperti kata kunci dan komentar; Indentasi otomatis agar pemformatan yang konsisten dalam file dan berbagai fitur lainnya.

Keunggulan:

  • Emacs tersedia secara gratis dan dapat disesuaikan sepenuhnya.
  • Penyisipan otomatis elemen yang diperlukan oleh struktur dokumen, seperti spasi, baris baru, dan tanda kurung;
  • Dukungan yang dikodekan warna 24-bit untuk terminal yang mendukungnya.

Kekurangan:

  • Tidak mudah digunakan untuk pemula dalam pemrograman

Demikianlah penjelasan tentang Python IDE dan Editor Kode terbaik untuk Python di tahun 2021. Anda tidak perlu menggunakan semya IDE tersebut, Anda dapat menggunakan yang mana saja karena masing-masing platform ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Jika Anda seorang pemula, pilihan IDE seperti Pycharm dan Pydev adalah yang terbaik. Sementara untuk editor kode Anda dapat menggunakan Sublime Text. Sesuaikan pula pilihan IDE maupun editor kode dengan kemampuan Anda dalam melakukan pengkodingan.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya