Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Teknologi Web Mengenal Novi HTML Visual Editor: Membangun Website Keren Tanpa...

Mengenal Novi HTML Visual Editor: Membangun Website Keren Tanpa Coding

-

Jika Anda seorang developer pemula maupun ekspertis dalam bidang ‘web and app builder’ yang menginginkan suatu builder tanpa melibatkan kode-kode, Novi HTML Visual Editor bisa menjadi jawaban untuk Anda.

Novi adalah builder yang bersifat What You See Is What You Get (WYSIWYG) yang memungkinkan Anda membuat website atau aplikasi hanya dengan melakukan drag and drop tanpa melibatkan kode-kode.

Novi pertama kali dirilis pada tahun 2016. Novi bukan hanya sebuah builder drag dan drop. Tidak hanya memiliki antarmuka yang nyaman, Novi juga berisi banyak opsi gaya (style).

Novi memungkinkan Anda untuk membuat tata letak situs yang bersih dan terstruktur dengan baik tanpa melakukan koding. Desain halaman dari setiap web maupun aplikasi menggunakan modul konten yang siap pakai. Novi juga memudahkan Anda dalam membuat navigasi situs web yang ramah pengunjung.

Apa saja fitur Novi HTML Visual Editor?

pembuatan-website

Dalam hal penyesuaian pembangunan, Novi editor sangat fleksibel. Berikut ini adalah fitur umum yang membuktikan editor visual Novi layak digunakan untuk para developer pemula maupun yang sudah mahir:

1. Page manager

Fitur ini akan sangat membantu Anda dalam membuat, menduplikasi, dan menghapus halaman untuk website Anda. Page Manager sangat mudah digunakan dan dalam beberapa kasus dari beberapa masalah yang dapat Anda lihat pada dokumentasi.

2. Page Settings

Fitur ini sangat berguna untuk mengedit halaman Anda, mengatur beranda Anda, menambahkan judul halaman, atau mengunggah Favicon. Fitur ini pun cukup sederhana dan bahkan pemula yang belum berpengalaman akan mengetahui cara mengubah halaman editor HTML menggunakan fitur ini.

3. Tiga mode dashboard

Novi dilengkapi tiga mode dashboard yaitu design mode, edit mode, dan preview mode. Design mode memungkinkan Anda untuk mengatur konten pada halaman, mengkonfigurasi plugin, mengedit kode sumber (source code), dan masih banyak lagi.

Edit mode membiarkan Anda untuk menggunakan visual tools untuk mengedit konten. Preview mode berguna untuk Anda mengecek website Anda dalam mode pratinjau di setiap kesempatan.

4. Layer tool/ Konfigurasi

Fitur ini akan memungkinkan Anda untuk mengedit halaman, menambahkan font Google, mengubah bahasa dan mendapatkan update terbaru.

5. Presets Tool

Preset diperlukan untuk menyimpan komponen halaman independen seperti bagian, spanduk, formulir, bilah sisi, kolom, dan banyak lagi.

6. Content Editor

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghilangkan, menggantingkan, menduplikasi dan melewati dari halaman preset konten Anda.

7. Drag & drop tool

Fitur ini secara sederhana akan membantu Anda untuk memilih opsi teks serta menyesuaikan dengan situs web Anda.

8. Code Editor

Fitur code editor ini memungkinkan Anda melakukan mengedit kode sumber, termasuk melakukan validasi CSS dan HTML dan memungkinkan Anda untuk berpindah file JavaScript, CSS, dan HTML dengan mudah.

9. Media Library

Fitur ini berguna untuk menyimpan file grafik yang disertakan dengan template. Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk menambah atau menghapus berbagai elemen grafik seperti gambar atau ikon.

Artikel Terkait  Mengenal Hugo, Framework untuk Membuat Website Statis yang Ramah Pemula

Plugin yang ada pada Novi HTML Visual Editor

pembuatan-website-2

Selain fitur-fitur tersebut, Novi juga memiliki berbagai plugin yang berguna untuk Anda. Untuk menggunakan plugin ini, Anda harus menginstal plugin package. Berikut adalah plugin yang ada pada Novi:

1. Background Image Plugin

Plugin ini dimaksudkan untuk membuat item gambar background. Penggunaan plugin ini pun sederhana, seperti plugin lainnya yang ada pada Novi. Dengan adanya plugin ini, developer dapat menyeting background dan mengubahnya dalam hitungan detik.

2. Background Plugin

Plugin ini memungkinkan untuk mengkostumisasi background Anda. Dengan plugin ini Anda dapat menyeting warna background dari suatu elemen.

3. Image Plugin

Plugin ini adalah plugin yang harus dimiliki yang memungkinkan Anda menggantikan gambar dari proyek Anda secara online. Anda akan mendapat list yang penuh dengan pengaturan untuk mengkustomisasi setiap gambar berdasarkan preferensi personal.

4. Iframe Plugin

Jika Anda lebih suka menyesuaikan setiap bagian situs, plugin Iframe sesuai dengan hal tersebut. Adanya plugin ini memungkinkan  Anda untuk dapat memilih sumber daya dalam menampilkan konten dalam bingkai (frame)

5. Link Plugin

Plugin ini memiliki cara kerja yang sederhana yaitu memungkinkan Anda untuk mengubah link. Anda akan memiliki 3 jenis tautan di area manajemen plugin, termasuk Page, Favorites, dan Custom.

6. Material Parallax Plugin

Plugin Novi ini bekerja dengan skrip Material Parallax. Plugin ini menciptakan efek visual yang luar biasa di situs web. Pada dasarnya, Material Parallax Plugin memungkinkan pengguna mengganti gambar sumber yang akan digunakan untuk Parallax. Secara tradisional, ada banyak fitur untuk menyesuaikan gambar yang dipilih.

7. Label Plugin

Plugin Label ini berfungsi untuk mengubah label bidang formulir dengan cepat

8. Countdown Plugin

Dengan bantuan plugin  Novi ini, Anda dapat mengatur dan menyesuaikan penghitung waktu mundur.

9. Plugin Google Maps

Plugin ini memungkinkan Anda mengubah pengaturan peta secara visual. Nantinya, saat Anda sudah menginstal plugin package, akan ada panel pengaturan pin peta yang berguna. Anda dapat mengatur lokasi penanda, menentukan deskripsi penanda, dan masih banyak lagi.

10. Plugin Ikon.

Plugin ini akan membantu Anda mengganti ikon situs web.

11. Owl Carousel Plugin

Plugin Owl Carousel ini memungkinkan konfigurasi carousel tanpa menyentuh satu baris kode pun.

12. Campaign Monitor Plugin

Campaigb monitor plugin ini memungkinkan Anda melakukan konfigurasi formulir untuk bekerja dengan layanan Monitor Kampanye.

13. Plugin MailChimp

Plugin lain yang harus dimiliki untuk bekerja dengan layanan MailChimp.

14. Plugin RD Mailform

Plugin RD Mailform ini membantu Anda dalam melakukan pengeditan visual.

15. RD Instagram Feed Plugin

Plugin ini membantu website Anda untuk terintegrasi dengan Instagram.

16. RD Twitter Feed Plugin

Plugin ihi membantu untuk menghubungkan feed Twitter Anda dengan alat editing visual yang ada pada Novi.

17. Camera Slider Plugin

Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasikan penggeser kamera (camera slider).

18. Swiper Slider Plugin

Plugin ini menghubungkan Swiper Slider yang ada pada Novi untuk menyesuaikan dengan selera Anda.

19. Video Plugin

Plugin ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan etalase visual Anda.

20. Light Galerry Plugin

Plugin ini memungkinkan Anda untuk membuat suatu galeri sendiri.

Artikel Terkait  Mengenal Apache Solr, Search Engine Sekaligus Database yang Layak Anda Coba di Tahun Ini

Keunggulan dan Kekurangan Novi HTML

Sebagai sebuah perangkat lunak, Novi tentunya memiliki keunggulan dan kelebihan sebagaimana builder dan editor lainnya.

Keunggulan Novi:

  1. Novi adalah sebuah perangkat lunak editor HTML yang merupakan platform B2B/B2C (Business to Business / Business to Commerce) yang berarti Novi cocok digunakan untuk membangun website bisnis maupun e-commerce.
  2. Mudah digunakan karena Novi tidak membutuhkan koding untuk menjalankannya.
  3. Dilengkapi dengan tiga mode dashboard yang membantu developer mulai dari membangun, mengedit, dan melakukan pratinjau untuk website yang sudah dibuat.
  4. Dilengkapi berbagai instrument yang dibutuhkan developer.
  5. Memungkinkan developer untuk membuat desain.
  6. Meskipun bukan platform gratis dan open-source, namun Novi memiliki pricing plans yang cukup terjangkau khususnya untuk Anda yang ingin menggunakan Novi untuk bisnis.
  7. Tersedia template HTML gratis.
  8. Anda dapat menjual template yang Anda buat didukung oleh Novi Builder.
  9. Anda dapat membuat berbagai proyek tanpa batas.
  10. Didukung oleh service yang sangat baik.

Kekurangan Novi:

  1. Anda tidak dapat menjual template Anda jika belum membeli salah satu plan yang dikhususkan untuk developer atau plan yang paling mahal diantara plan lainnya.
  2. Membership termurah hanya memberi beberapa template HTML. Tidak semua template dapat digunakan oleh membership termudah tersebut.

Demikianlah penjelasan tentang Novi. Kesimpulan yang dapat diambil adalah, Novi adalah satu editor atau builder yang cukup baik karena berbagai keunggulan yang dimilikinya. Anda dapat membangun, mengedit, dan meninjau website buatan Anda dengan sangat mudah dan cepat tanpa perlu melakukan koding.

Novi bisa menjadi salah satu platform yang dapat Anda gunakan dalam pembangunan website.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya