Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteBackendBeta Testing : Tahapan Penting Pengembangan Aplikasi!

Beta Testing : Tahapan Penting Pengembangan Aplikasi!

-

Last Updated on May 12, 2023 by

Dalam era digital saat ini, memastikan kualitas dan fungsionalitas aplikasi atau perangkat lunak adalah kunci utama untuk keberhasilan produk. Oleh karena itu, beta testing memainkan peran yang sangat penting dalam proses pengembangan sebuah aplikasi. 

Artikel kali ini akan menjelaskan secara mendalam apa itu beta testing, pentingnya tahapan ini dalam pengembangan aplikasi seluler, proses pengujiannya, serta jenis-jenisnya. Yuk langsung simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

Apa Itu Beta Testing?

beta testing, beta testing adalah

Beta testing adalah tahap kedua dari pengujian perangkat lunak setelah pengujian alfa. Pada tahap ini sekelompok terbatas pengguna akhir akan menguji versi hampir lengkap dari perangkat lunak atau aplikasi seluler. Tujuan utama pengujian beta adalah untuk mengidentifikasi bug, masalah kegunaan, atau masalah lain yang mungkin terlewat oleh tim pengembang selama pengujian internal. 

Dengan mengumpulkan umpan balik dari pengguna nyata, pengembang dapat memperoleh hasil yang berharga tentang bagaimana produk mereka berfungsi dalam lingkungan dunia nyata dan membuat perbaikan yang diperlukan sebelum rilis final pada App Store maupun Google Play Store.

Pentingnya Beta Testing untuk Pengembangan Aplikasi Seluler

Pengujian beta adalah tahap pengujian yang sangat penting dalam pengembangan aplikasi seluler karena melibatkan pengguna nyata untuk mencoba aplikasi yang dibangun. Berikut beberapa alasan pentingnya tahapan ini dalam pengembangan aplikasi.

  1. Pengalaman Pengguna: Aplikasi seluler harus intuitif, responsif, dan mudah digunakan. Beta testing memungkinkan pengembang mengumpulkan umpan balik dari pengguna sebenarnya dan melakukan penyesuaian untuk memastikan aplikasi memberikan pengalaman pengguna yang baik.
  2. Kompatibilitas Perangkat: Dengan banyaknya perangkat, ukuran layar, dan sistem operasi, memastikan kompatibilitas di semua platform sangat penting. Beta testing membantu pengembang mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah kompatibilitas yang mungkin timbul pada perangkat yang berbeda.
  3. Peringkat di App Store: Ulasan positif dan peringkat tinggi dari pengguna sangat penting untuk peluncuran aplikasi yang sukses, karena mereka sangat mempengaruhi peringkat di app store. Dengan mengatasi masalah selama pengujian beta, pengembang dapat meningkatkan kemungkinan mendapatkan ulasan positif saat rilis.
Artikel Terkait  Tutorial Membuat Visualisasi Data Dengan Phyton dan Seaborn

Langkah-langkah Beta Testing

Dalam penerapannya, proses beta testing dapat dipecah menjadi enam langkah yang saling berhubungan. Berikut adalah enam langkah pengujian beta yang harus diketahui.

1. Perencanaan dan Persiapan

Sebelum memulai proses beta testing, menentukan tujuan yang jelas untuk tes adalah hal yang sangat penting. Tujuan ini mungkin mencakup identifikasi bug, validasi fitur, dan penilaian kepuasan pengguna secara keseluruhan. Tujuan yang jelas akan membantu memandu proses pengujian dan memastikan produk akhir memenuhi standar yang diinginkan.

Target audiens aplikasi atau perangkat lunak juga perlu diidentifikasi . Pengujian beta harus mewakili audiens target yang akan memberikan umpan balik paling relevan selama tes. Pertimbangkan faktor seperti demografi, keahlian teknis, dan penggunaan perangkat saat memilih pengujian Anda. Pastikan untuk memberikan pengujian dengan semua sumber daya yang diperlukan, termasuk build tes, manual pengguna, dan dokumentasi pendukung lainnya. 

2. Rekrutmen dan Seleksi Pengujian Beta

Saat memilih pengujian, pertimbangkan keahlian teknis, keakraban dengan aplikasi serupa, dan ketersediaan. Penting untuk memiliki kelompok pengujian yang beragam untuk membantu mengidentifikasi berbagai masalah dan memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang kinerja aplikasi.

Untuk merekrut kelompok pengujian yang beragam, pengembang dapat menjangkau basis pengguna yang ada, menggunakan platform media sosial, atau berkolaborasi dengan komunitas pengujian online. Pastikan untuk mengkomunikasikan tujuan dan harapan pengujian secara jelas kepada calon pengujian untuk membantu menarik individu yang benar-benar tertarik dalam memberikan umpan balik yang berharga.

3. Melakukan Pengujian Beta

Bagikan versi beta aplikasi dan materi pendukung yang diperlukan kepada pengujian yang dipilih. Pengembang perlu menggunakan metode distribusi tertentu seperti program pengujian beta app store atau alat distribusi pihak ketiga tergantung platform dan jenis pengujian beta.

Komunikasikan secara jelas proses pengujian, tujuan, dan harapan kepada pengujian. Berikan mereka instruksi langkah-demi-langkah untuk menginstal aplikasi, melaporkan masalah, dan mengirimkan umpan balik. Hal ini akan memastikan pengujian dapat berpartisipasi secara efektif dalam proses pengujian dan memberikan hasil pengujian yang berharga.

Artikel Terkait  Mengenal Style Guide Kotlin Android dari Google untuk Ngoding Mudah

Pengembang juga harus menyiapkan saluran khusus untuk pengujian seperti forum online, sistem pelacakan bug, atau alamat email untuk mengirimkan umpan balik dan berkomunikasi dengan tim pengembang. Pastikan anggota tim pengembang tersedia untuk menjawab pertanyaan dan kekhawatiran pengujian dalam waktu yang tepat.

4. Pengumpulan dan Analisis Umpan Balik

Seiring masuknya umpan balik, organisasi dan kategorikan berdasarkan faktor seperti tingkat keparahan, frekuensi, dan dampak pada pengalaman pengguna. Ini akan membantu Anda menentukan prioritas masalah mana yang harus diatasi terlebih dahulu dan mengalokasikan sumber daya secara efektif.

Kemudian, pengembang dapat menganalisis umpan balik yang dikumpulkan untuk mengidentifikasi pola atau tren. Dengan mengenali pola hasil pengujian, pengembang dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang perubahan apa yang harus diimplementasikan. Umpan balik awal yang dikumpulkan dalam pengujian beta akan membantu menyiapkan siklus umpan balik Anda untuk iterasi dan pengujian masa depan.

5. Iterasi dan Penyempurnaan Produk

Berdasarkan analisis umpan balik, lakukan perubahan yang diperlukan pada aplikasi seperti memperbaiki bug, meningkatkan fitur, atau membuat penyesuaian pada antarmuka pengguna. Pastikan tim pengembang sepaham tentang perubahan dan bahwa perubahan tersebut diimplementasikan secara efektif.

Setelah perubahan telah dibuat, lakukan pengujian lebih lanjut untuk memvalidasi bahwa masalah telah diselesaikan dan kinerja aplikasi telah meningkat. Pengembang mungkin dapat memilih untuk melibatkan grup pengujian yang sama atau merekrut grup baru untuk perspektif yang baru tergantung pada cakupan perubahan.

6. Persiapan untuk Rilis

Tahapan terakhir adalah perbarui manual pengguna, panduan bantuan, dan dokumen lainnya untuk mencerminkan perubahan yang dibuat selama proses pengujian beta. Ini membantu memastikan bahwa pengguna memiliki akses ke informasi yang akurat saat rilis aplikasi.

Pengembanga juga perlu menginformasikan tentang kemajuan aplikasi dan tanggal rilis yang direncanakan kepada semua pemangku kepentingan, termasuk anggota tim pengembang, pengujian, dan investor untuk membantu mempertahankan keterlibatan dan dukungan sepanjang proses pengembangan.

Artikel Terkait  Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jenis Beta Testing

beta testing, beta testing adalah

Beta testing secara umum dibagi menjadi dua jenis. Berikut dua jenis pengujian beta yang dapat dipilih sesuai dengan tujuan pengujian aplikasi.

Pengujian Beta Tertutup (Closed Beta Testing)

Pengujian beta tertutup adalah fase pengujian pribadi dimana sekelompok pengguna terpilih diundang untuk menguji aplikasi. Akses ke aplikasi dibatasi, dan pengujian mungkin diminta untuk menandatangani perjanjian non-pengungkapan (NDA) untuk menjaga kerahasiaan.

Metode ini memungkinkan kondisi pengujian yang lebih terkontrol sehingga memungkinkan pengembang menerima umpan balik yang ditargetkan dari sekelompok pengguna spesifik. Closed Beta Testing dapat mengarah ke proses pengujian yang lebih fokus dan efisien. Namun, jumlah pengujian yang terbatas dapat menghasilkan umpan balik yang kurang beragam dan mungkin tidak menemukan seluruh masalah potensial.

Pengujian Beta Terbuka (Open Beta Testing)

Opened Beta Testing juga dikenal sebagai pengujian beta publik melibatkan pembukaan aplikasi ke khalayak yang lebih besar dan seringkali tanpa batasan atau undangan. Pengguna dapat secara sukarela berpartisipasi dalam pengujian, memberikan berbagai umpan balik dan membantu mengidentifikasi masalah yang mungkin terlewat selama pengujian beta tertutup.

Pengujian beta terbuka menyediakan kolam pengujian yang lebih besar untuk meningkatkan kemungkinan mengidentifikasi berbagai masalah dan mengumpulkan umpan balik yang beragam. Jenis pengujian ini juga dapat menghasilkan buzz dan menciptakan rasa komunitas di sekitar aplikasi sebelum rilis resminya. Namun, mengelola umpan balik dari sejumlah besar pengujian bisa menjadi tantangan, dan ada resiko menerima umpan balik yang berkualitas rendah atau tidak relevan.

Penutup

Beta testing adalah tahap kritis dalam siklus pengembangan perangkat lunak yang membantu mengidentifikasi dan memperbaiki bug atau masalah sebelum peluncuran resmi produk. Dengan melakukan pengujian beta secara efektif, pengembang dapat menjamin kualitas produk dan memastikan bahwa aplikasi atau perangkat lunak yang dikembangkan memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Selamat mencobanya dalam pengembangan dan semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk menambah wawasan Anda dalam proses pengembangan aplikasi!

Ikuti terus WEBAPP untuk mendapatkan seluruh info terbaru dan menarik seputar dunia pengembangan aplikasi dan website! Klik https://appkey.id/ agar tidak ketinggalan info-info menarik dan artikel terbaru dari dunia teknologi dan pengembangan software setiap hari! Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya