Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi GameCloud Gaming : Revolusi Teknologi untuk Bermain Game!

Cloud Gaming : Revolusi Teknologi untuk Bermain Game!

-

Last Updated on May 11, 2023 by

Dalam dunia teknologi yang terus berkembang, cara untuk menikmati dan mengakses game terus berubah. Cloud gaming adalah salah satu teknologi yang sedang naik daun dalam industri permainan video yang menawarkan kemudahan dan fleksibilitas dalam bermain game tanpa memerlukan perangkat keras yang mahal. 

Artikel ini akan membahas apa itu cloud gaming, fitur, keuntungan dan kerugiannya, cara kerjanya serta layanan yang paling populer saat ini. Yuk langsung saja simak ulasan lengkap tentang gaming berbasis cloud dibawah ini!

Apa itu Cloud Gaming?

cloud gaming

Cloud gaming adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk memainkan game melalui streaming dari server jarak jauh. Teknologi ini disebut “cloud” karena tidak bergantung pada perangkat lunak atau perangkat keras yang diinstal di lokal. Sebagai gantinya, pemain masuk ke layanan terpusat yang beroperasi dari server jarak jauh di pusat data di seluruh dunia. Game dengan intensitas grafis yang lebih tinggi dapat diakses pada layanan cloud yang akan memungkinkan pengguna untuk tetap memainkannya.

Manfaat utama dari teknologi ini adalah memainkan game tanpa perlu membeli perangkat keras kelas atas. Komputer spesifikasi rendah atau perangkat mobile seperti ponsel dan tablet dapat digunakan dengan adanya teknologi ini. Gaming berbasis cloud juga ditujukan kepada pengembang untuk dapat menjual game mereka sebagai layanan daripada harus menghadapi salinan fisik dan unduhan.

Fitur Cloud Gaming

Dengan cloud gaming, game dapat dimainkan pada perangkat apapun dengan koneksi internet, termasuk komputer atau perangkat mobile. teknologi ini membantu pengguna untuk menikmati game favorit mereka dengan kualitas tinggi tanpa menggunakan perangkat komputer yang mahal. Fitur utama dari teknologi ini adalah fleksibilitasnya dalam bermain game dimana saja dan kapan saja. 

Pengguna dapat mengakses pembaruan konten secara jarak jauh dengan teknologi ini sebelum perusahaan merilisnya secara lokal offline melalui perangkat penyimpanan hard drive. Hal ini sangat berguna untuk game multipemain online yang memerlukan pembaruan rutin agar pemain dapat mengikuti perubahan dan patch terbaru dalam game.

Artikel Terkait  Rekomendasi Sistem Operasi Terbaik Untuk Game di Tahun Ini

Cloud gaming memungkinkan pengguna untuk memainkan game favorit mereka di beberapa perangkat secara bersamaan. Selain itu, pengguna dapat mengakses perpustakaan game yang sama terlepas dari di mana mereka berada hanya dengan koneksi internet dan perangkat yang mampu menjalankan game tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Gaming

Cloud gaming merupakan cara baru untuk memainkan video game. Teknologi ini memiliki banyak keuntungan maupun kerugian yang perlu diperhatikan oleh pengguna. Berikut beberapa keuntungan dan kerugian dari gaming berbasis cloud

Kelebihan

  1. Akses instan: Pengguna tidak perlu menunggu unduhan atau pembaruan saat memainkan game favorit di cloud karena sudah tersedia setiap saat. Pengguna langsung bisa bermain begitu alat pendukung disambungkan.
  2. Hemat ruang di komputer: Daripada memiliki beberapa salinan game di hard drive atau beberapa konsol, semuanya disimpan di satu tempat dengan sedikit ruang. Waktu dan uang dapat dihemat karena tidak ada biaya instalasi yang terkait dengan sistem ini.
  3. Tidak ada persyaratan perangkat keras: Pengguna tidak perlu membeli komputer atau konsol tetapi hanya membutuhkan koneksi internet dan kontroler. Pengguna dapat memainkan game tanpa harus mengunduhnya ke perangkat.
  4. Bermain di perangkat apa pun dengan koneksi internet: Pengguna dapat memainkan game dari mana saja, baik di rumah maupun saat bepergian selama terdapat layanan internet pada tempat tersebut.
  5. Akses jarak jauh: Dengan cloud gaming, pengguna dapat memainkan video game di ponsel maupun tablet meskipun tidak memiliki perangkat gaming.

Kekurangan

  1. Latensi tinggi: Ini adalah kelemahan utama dari cloud gaming. Karena bergantung pada server untuk berjalan, ada sedikit penundaan antara saat Anda menekan tombol dan saat aksi terjadi di layar. Inilah sebabnya mengapa ini direkomendasikan bagi yang tidak keberatan menunggu game dimuat.
  2. Sulit menemukan game favorit: Jika pengguna memiliki perpustakaan yang luas dan ingin memainkan sesuatu yang berbeda, mungkin memerlukan waktu untuk menemukan game melalui akun cloud.
  3. Tidak selalu andal: Teknologi ini bergantung pada internet untuk berfungsi dengan baik, jadi semuanya akan terhenti jika koneksi lambat atau terputus. Jika ini terjadi secara berkala, mungkin lebih baik untuk tetap menggunakan salinan fisik game.
Artikel Terkait  CryEngine adalah : Mana yang Lebih Baik? CryEngine VS Unreal

Cara Kerja Cloud Gaming

cloud gaming

Cara kerja dari gaming berbasis cloud adalah menggunakan teknologi yang sama dengan berbagai layanan streaming lainnya. Game merespons input perintah yang terus menerus dari perangkat yang mengirimkannya ke server cloud melalui internet. Server kemudian mengembalikan gambaran dari apa yang terjadi pada saat itu yang ditampilkan oleh perangkat di layar secepat mungkin.

Setiap kali pemain memberikan input ke game, apakah menekan tombol pada mouse atau kontroler, menggerakkan karakter dalam tampilan orang pertama, atau mengetik dalam obrolan, semuanya diproses dalam hitungan milidetik. Jika terjadi masalah pada layanan internet, maka akan ada penundaan antara saat pemain memberikan input dan saat tampilan visual muncul di layar.

Server cloud gaming menyediakan game langsung ke komputer atau perangkat. teknologi ini membuat pengguna tidak perlu mengunduh file berukuran besar atau instalasi berat. Hal ini membantu memudahkan untuk memainkan game tanpa harus mengkhawatirkan mengunduh dan menginstalnya di perangkat.

Platform Cloud Gaming Populer

Saat ini terdapat banyak platform yang bisa dicoba untuk menikmati teknologi bermain game berbasis cloud yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun oleh pengguna. Berikut adalah tiga platform populer yang bisa dicoba.

1. Google Stadia

Google Stadia adalah layanan cloud gaming yang menawarkan pengalaman bermain game konsol melalui cloud. Layanan ini pada dasarnya gratis, tetapi Anda perlu membeli game yang ingin dimainkan. Model gratis ini memungkinkan streaming semua game yang dibeli melalui Stadia dengan kualitas Full HD. Langganan bulanan dapat meningkatkan resolusi hingga 4K dan menawarkan perpustakaan game gratis yang dapat dimainkan selama masa langganan tersebut aktif. Meskipun telah melakukan pembelian, game tersebut hanya dapat dimainkan melalui Stadia yang mirip dengan membeli aplikasi game di Play Store. Google Stadia telah bekerja sama dengan beberapa penerbit terkemuka seperti Ubisoft, Bethesda, Square Enix, dan THQ Nordic serta menginvestasikan pada game eksklusif.

2. GeForce Now

GeForce Now memiliki pendekatan yang berlawanan dengan Google Stadia. GeForce Now lebih memilih untuk bekerja dengan game yang sudah dimiliki di Steam, Epic Games Store, dan platform gaming PC lainnya daripada harus menjadi sebuah konsol game di cloud. Layanan ini juga gratis, dengan pemain dapat bermain selama satu jam menggunakan game yang sudah mereka miliki, meskipun mungkin perlu mengantri. Langganan berbayar $5 per bulan memberikan akses langsung, durasi sesi hingga 6 jam, dan mengaktifkan ray tracing pada game yang mendukungnya. GeForce Now tersedia di Windows, Mac, Android TV, Android, Safari, dan iOS, dengan versi peramban Chrome sedang dalam tahap beta. 

Artikel Terkait  Unreal Engine 5 : Apa yang Baru dari Engine Generasi Kelima?

3. Xbox Cloud Gaming

Diluncurkan sebagai bagian dari Xbox Game Pass Ultimate pada September 2020, Xbox Cloud Gaming menjadi pesaing utama di tahun 2021. Terdapat dua komponen dalam platform ini: satu layanan untuk Xbox Game Pass dan satu untuk game yang diinstal. Komponen Xbox Game Pass memberikan daftar game tertentu yang didukung cloud dan dikunci di balik langganan Ultimate. Streaming game dapat dilakukan hingga Microsoft menggantinya dengan judul lain atau membeli dengan diskon dan melakukan streaming secara terus-menerus.

Komponen dari Xbox Game Pass saat ini masih terbatas. Komponen ini hanya kompatibel dengan perangkat mobile dengan Android 6.0 atau yang lebih baru dan Bluetooth. Microsoft sedang mengembangkan aplikasi web untuk Safari pada perangkat Apple. Dukungan untuk Windows 10 diharapkan tiba pada musim semi 2021, sementara dukungan untuk smart TV dan stick streaming akan ditambahkan nantinya.

Penutup

Cloud gaming telah mengubah cara kita mengakses dan menikmati game dengan menawarkan berbagai keuntungan bagi pengguna dalam bermain game. Namun, teknologi ini juga tidak lepas dari beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Saat ini telah terdapat banyak platform untuk bermain game berbasis cloud yang bisa pengguna gunakan untuk menikmati kemudahan dari teknologi gaming ini. Selamat mencoba dan semoga ulasan kali ini dapat menambah wawasan anda terkait dunia game!

Ikuti terus WEBAPP untuk mendapatkan banyak info terbaru dan menarik seputar dunia pengembangan aplikasi dan website! Klik https://appkey.id/ agar tidak ketinggalan seluruh info menarik serta artikel terbaru seputar dunia teknologi dan pengembangan software setiap harinya! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya