Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi GameTurn Based RPG : Mengenal Genre Game yang Lagi...

Turn Based RPG : Mengenal Genre Game yang Lagi Naik Daun!

-

Last Updated on June 12, 2023 by

Pernah mendengar tentang Honkai Star Rail? Game satu ini menjadi game yang naik daun saat ini dengan mengusung genre game yang unik. Genre unik tersebut adalah Turn Based RPG. Genre satu ini menawarkan pengalaman bermain yang seru dengan gameplay yang menarik bagi pecinta game. Artikel ini akan mengulas tentang pengertiannya, cara kerjanya, fitur-fitur yang ada serta contoh game terkenalnya. Yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah!

Apa itu Turn Based RPG?

turn based rpg

Turn Based RPG adalah jenis permainan yang menggabungkan unsur-unsur peran dan strategi di dalamnya. Pemain mengambil giliran secara bergantian dengan musuh atau karakter lain untuk melakukan tindakan dalam pertempuran atau menjalankan cerita di dalam game. Genre ini memungkinkan pemain untuk mengendalikan karakter atau tim dalam petualangan. Setiap pemain memiliki waktu untuk memikirkan tindakan yang ingin diambil. 

Salah satu keunikan genre ini adalah fokus pada strategi dan pengambilan keputusan yang cerdas. Pemain harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti statistik karakter, keahlian, kelemahan musuh, dan lingkungan sekitar untuk memilih tindakan terbaik yang akan menghasilkan hasil yang diinginkan. Keunikan genre ini menjadikannya naik daun belakangan ini dan gamenya menjadi salah satu game dengan penghasilan terbesar tahun ini.

Cara Kerja Game Turn Based RPG

Game Turn Based RPG memiliki mekanisme yang khas dalam menjalankan gameplay-nya. Pemain pada awal permainan akan diminta untuk memilih tim atau karakter yang akan mereka kendalikan selama permainan. Setiap karakter mungkin memiliki atribut, keterampilan, atau keahlian yang berbeda yang akan mempengaruhi cara mereka berperan dalam pertempuran.

Artikel Terkait  Empat Rekomendasi Game Horor Android Terbaik dan Seru

Setelah pemilihan tim atau karakter dilakukan, pemain akan memasuki pertempuran. Pertempuran dapat terjadi secara acak di dunia permainan atau sebagai bagian dari cerita yang sedang berlangsung. Pemain akan memiliki giliran untuk mengambil tindakan terlebih dahulu, seperti serangan fisik, penggunaan sihir atau kemampuan khusus, pemulihan kesehatan, penggunaan item, atau tindakan lain yang relevan dengan situasi pertempuran.

Setelah giliran pemain selesai, giliran akan beralih kepada musuh. Musuh akan mengambil tindakan mereka berdasarkan AI yang telah ditetapkan dalam permainan seperti menyerang, menghindar, atau menggunakan kemampuan mereka sendiri untuk mencoba mengalahkan pemain. Proses giliran bergantian antara pemain dan musuh akan berlanjut sampai pertempuran selesai.

Fitur dalam Genre Game ini

Genre game ini menawarkan berbagai fitur menarik yang membedakannya dari genre game lainnya. Berikut ini adalah beberapa fitur utama yang sering ditemukan dalam genre game satu ini.

1. Sistem Pertarungan Berbasis Giliran

Fitur yang paling mencolok dalam Turn Based RPG adalah sistem pertarungan berbasis giliran. Setiap karakter atau tim memiliki giliran untuk mengambil tindakan dalam pertempuran. mekanisme gameplay Ini memberikan waktu kepada pemain untuk merencanakan strategi mereka dengan hati-hati sebelum mengambil tindakan dan keputusan yang strategis.

2. Pengembangan Karakter dan Sistem Leveling

Turn Based RPG sering menawarkan sistem pengembangan karakter yang kompleks. Pemain dapat meningkatkan atribut, keterampilan, dan kemampuan karakter mereka melalui pengalaman yang diperoleh dalam pertempuran atau petualangan dalam cerita. Sistem leveling ini memungkinkan pemain untuk membuat karakter menjadi semakin kuat seiring dengan kemajuan dalam permainan.

3. Kelas Karakter dan Kemampuan Khusus

Genre ini sering menawarkan berbagai macam kelas karakter dengan keahlian dan kemampuan khusus yang unik. Misalnya, ada karakter yang memiliki keahlian dalam serangan fisik, sihir, penyembuhan, atau kemampuan jarak jauh. Pemain dapat memilih kelas karakter yang sesuai dengan gaya bermain atau menggabungkan kelas berbeda untuk membangun strategi yang kuat.

Artikel Terkait  Game Developer? Coba Game Engine Flutter Terbaik di Tahun Ini

4. Lingkungan Interaktif

Beberapa game dengan genre ini memiliki lingkungan interaktif yang dapat memengaruhi pertempuran. Lingkungan ini dapat memberikan keuntungan atau kerugian bagi pemain dan musuh. Hal ini mendorong pemain untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan mengambil keuntungan dari situasi yang ada.

5. Cerita dan Pilihan Naratif

Selain pertempuran, genre game satu ini sering menawarkan cerita yang baik dan pilihan naratif. Pemain dapat menjalankan misi, menjelajahi dunia yang luas, berinteraksi dengan karakter non-pemain, dan membuat keputusan yang mempengaruhi alur cerita. Fitur ini memberikan kedalaman dalam permainan serta memberikan pemain kontrol atas perkembangan cerita.

6. Customization dan Kustomisasi Karakter

Banyak game Turn Based RPG memungkinkan pemain untuk melakukan kustomisasi karakter yang dimainkan. Pemain dapat memilih tampilan, atribut, keterampilan, dan peralatan karakter sesuai dengan preferensi mereka. Pemain dapat dengan bebas menciptakan karakter yang unik dan sesuai dengan gaya bermain sang pemain.

7. Taktik dan Strategi

Genre ini menekankan taktik dan strategi dalam pertempuran. Pemain perlu mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan karakter serta musuh yang dihadapi. Pemain harus merencanakan langkah mereka dengan hati-hati, memilih tindakan yang tepat, dan memanfaatkan keterampilan karakter mereka secara efektif untuk mengalahkan musuh.

Contoh Game Turn Based RPG Terkenal

turn based rpg

Turn Based RPG adalah genre yang populer dan telah menghasilkan banyak game terkenal. Berikut ini adalah beberapa contoh game terkenal dari genre ini.

Android atau iOS:

  1. Final Fantasy Tactics: War of the Lions: Game yang terkenal dari seri “Final Fantasy” ini menawarkan pertempuran taktis yang menarik dengan grafis yang indah dan cerita yang kompleks. Pemain dapat mengendalikan karakter-karakter dengan kemampuan dan peran yang berbeda dalam pertempuran strategis.
  2. Fire Emblem Heroes: Merupakan spin-off dari seri Fire Emblem yang terkenal, game ini menampilkan pertempuran taktis berbasis giliran dengan karakter-karakter ikonik dari seluruh sejarah Fire Emblem. Pemain dapat mengumpulkan dan mengasah karakter-karakter untuk membangun tim yang kuat dalam pertempuran.
  3. Honkai Star Rail: Merupakan game Turn Based RPG yang menawarkan pengalaman pertempuran yang seru dengan elemen fantasi yang menarik. Pemain akan memimpin tim karakter yang berjuang melawan kekuatan jahat dalam pertempuran taktis berbasis giliran. Honkai Star Rail menampilkan grafis yang indah dan gameplay yang seru.
Artikel Terkait  Mengenal Amazon Lumberyard, Game Engine yang Bisa Dikustomisasi

PC atau Konsol Game:

  1. Divinity: Original Sin 2: Game Turn Based RPG yang sangat populer di platform PC ini menawarkan kebebasan dalam memilih jalan cerita dan gameplay yang kompleks. Pemain dapat memimpin tim karakter yang unik dalam petualangan epik yang penuh dengan pertempuran taktis, pilihan moral, dan elemen RPG yang mendalam.
  2. XCOM 2: Merupakan sekuel dari XCOM: Enemy Unknown, game ini menempatkan pemain dalam peran sebagai pemimpin pasukan elit yang melawan invasi alien. Pemain akan melakukan taktik pertempuran berbasis giliran, mengelola sumber daya, dan mengembangkan teknologi untuk melawan musuh yang kuat. 
  3. Octopath Traveler: Game RPG yang indah dengan gaya visual unik ini menggabungkan elemen Turn Based RPG dengan kisah yang menarik. Pemain dapat menjelajahi dunia yang luas dengan delapan karakter protagonis yang memiliki cerita dan kemampuan yang berbeda. 

Kesimpulan

Turn Based RPG menjadi genre game yang tengah populer dengan gameplay yang menarik dan strategis. Genre game ini bekerja dengan pemain dan musuh secara bergiliran mengambil tindakan dalam pertempuran atau cerita di dalam game. Beberapa contoh game terkenalnya kini menjadi game yang banyak dimainkan di dunia. Semoga pembahasan kali ini menambah wawasan Anda tentang game!

Ikuti WEBAPP untuk mendapatkan update artikel terbaru dan menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga website! Klik https://appkey.id/ agar tetap update dan tak ketinggalan info menarik dan artikel terbaru terkait teknologi serta pengembangan aplikasi setiap harinya! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya