Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi GameUnreal Engine 5 : Apa yang Baru dari Engine...

Unreal Engine 5 : Apa yang Baru dari Engine Generasi Kelima?

-

Last Updated on June 12, 2023 by

Industri game telah mengalami perkembangan yang signifikan. Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah penggunaan mesin game yang handal dan mampu menghasilkan grafis yang memukau. Salah satu mesin game yang populer di dunia pengembangan game adalah Unreal Engine. Epic Games di tahun 2021 mengumumkan perilisan Unreal Engine 5 yang menjanjikan sejumlah fitur baru yang mengesankan. Artikel kali ini akan menjelajahi apa saja yang baru dari Unreal Engine generasi kelima. Yuk simak pembahasannya dibawah ini!

Apa itu Unreal Engine 5?

unreal engine 5

Unreal Engine 5 adalah mesin game generasi terbaru yang dikembangkan oleh Epic Games. Sebagai salah satu mesin game paling populer di industri, Unreal Engine versi terbaru membawa sejumlah fitur dan peningkatan yang menakjubkan. Didesain untuk memberikan pengalaman pengembangan game yang lebih baik dan grafis yang lebih realistis, Unreal Engine telah menjadi perbincangan di kalangan pengembang game di seluruh dunia.

Fitur dan peningkatan yang ditawarkan Unreal Engine 5 membuat pengembang game memiliki alat untuk menciptakan pengalaman game yang lebih mengesankan bagi para pemain. Mesin game ini telah menjadi pilihan utama dalam pengembangan game dengan kualitas visual yang tinggi. Unreal Engine versi ini membawa inovasi baru ke dalam industri game, memperkaya dunia pengembangan game dan menjadi pusat perhatian para pengembang di seluruh dunia.

Fitur Menarik Unreal Engine 5

Sejumlh fitur menarik yang dibawa pada generasi terbaru saat ini menjadi pembaruan yang cukup signifikan dari generasi sebelumnya. Berikut beberapa fitur baru dari versi saat ini.

Artikel Terkait  Cara Membuat Game 2D dengan Flutter

1. Nanite

Salah satu fitur paling menarik dari mesin game versi terbaru ini adalah teknologi Nanite. Teknologi ini membuat pengembang game dapat membuat objek dengan jumlah poligon yang sangat besar. Nanite membuat poligon yang ditampilkan lebih banyak seribu kali lipat dari generasi sebelumnya, lebih tepatnya fitur ini mampu menghasilkan satu milyar polygon dengan mempertahankan performa game tetap baik.

2. Lumen

Fitur lain yang patut diperhatikan dari Unreal Engine 5 adalah Lumen. Lumen adalah teknologi pencahayaan global yang canggih. Pengembang game dapat menghasilkan pencahayaan yang realistis secara real-time, termasuk refleksi, pantulan cahaya, serta bayangan objek juga akan berubah sesuai dengan perubahan lingkungannya. Perkembangan pada bagian ini memberikan perubahan signifikan pada grafis yang menjadi sangat realistis..

3. Toolset Open World Baru

Unreal Engine versi kelima juga menawarkan toolset Open World yaitu World Partition baru yang memudahkan pengembang game untuk menciptakan dunia game yang luas dan terbuka. Pengembang dapat dengan mudah membuat peta besar, mengelola level of detail (LOD), dan mengoptimalkan kinerja game dengan lebih efisien. Fitur ini sangat berguna bagi pengembang yang ingin membuat game dengan skala dunia yang luas.

4. Animation Tools

Unreal Engine versi baru memperkenalkan alat animasi baru yang canggih. Alat animasi ini memungkinkan pengembang untuk membuat gerakan karakter yang lebih halus dan realistis serta sesuai gameplay yang berjalan. Aspek animasi seperti pose, penggabungan animasi, dan interpolasi dapat diatur oleh pengembang dengan lebih mudah. 

5. In-editor Modeling

Unreal Engine 5 menyediakan fitur in-editor modeling yang memungkinkan pengembang untuk membuat objek dan lingkungan secara langsung di dalam editor. Fitur ini membuat pengembang dapat dengan cepat dan mudah membuat perubahan pada model 3D dan mengatur detail lingkungan tanpa harus keluar dari lingkungan pengembangan untuk meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas dalam proses pengembangan game.

6. UI Editor Baru

Mesin game ini juga dilengkapi dengan UI Editor baru yang memudahkan pengembang untuk merancang antarmuka pengguna yang menarik dan interaktif. Pengembang dapat membuat tombol, panel, dan elemen UI lainnya dengan mudah yang membantu pengembang untuk menyajikan informasi dan kontrol yang lebih baik kepada pemain.

Artikel Terkait  Membuat Game Mudah dan Simpel Dengan Game Engine Love2D

Pengaruhnya Pada Dunia Pengembangan Game

unreal engine 5

Unreal Engine 5 telah memiliki pengaruh yang signifikan pada dunia pengembangan game sejak perilisannya. Berikut adalah beberapa pengaruhnya dalam dunia pengembangan game:

  1. Kualitas Grafis yang Mengagumkan: Unreal Engine versi terbaru membawa kualitas grafis yang memukau ke dalam game. Pengembang dapat menciptakan lingkungan dan karakter dengan tingkat detail dan realisme yang baik untuk memberikan pengalaman visual yang lebih imersif dan mendalam bagi para pemain.
  2. Pengembangan yang Lebih Efisien: Unreal Engine versi ini dilengkapi dengan berbagai alat dan fitur yang mempermudah pengembangan game. Pengembang dapat menghemat waktu dan sumber daya dalam pengembangan game berkat adanya fitur baru tersebut.
  3. Fleksibilitas dalam Gaya dan Genre Game: Unreal Engine 5 menyediakan fleksibilitas yang luas dalam menciptakan berbagai jenis game. Mesin game ini dapat menangani berbagai genre dengan baik untuk memberikan kebebasan kepada pengembang untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif mereka tanpa batasan teknis yang signifikan.
  4. Daya Tarik untuk Pengembang Indie: Meskipun versi kali ini memberikan kemampuan untuk menghasilkan game dengan kualitas grafis yang tinggi, mesin ini juga dapat diakses oleh pengembang indie. Unreal Engine 5 telah membantu meningkatkan daya tarik pengembangan indie. Pengembang indie sekarang dapat menghasilkan game yang berpotensi bersaing dengan game-game besar dalam hal kualitas visual dan gameplay.

Game yang Bisa Dikembangkan dengan Unreal Engine 5

Semenjak perilisannya, Unreal Engine generasi ke-5 telah digunakan untuk membangun berbagai jenis game dengan kualitas visual yang tinggi. Berikut adalah beberapa jenis game yang dapat dikembangkan menggunakan Unreal Engine versi kelima.

1. Game Aksi dan Petualangan 

Unreal Engine 5 memberikan dukungan yang kuat untuk pengembangan game aksi dan petualangan yang intens. Pengembang dapat menciptakan pengalaman gameplay yang mendebarkan dan penuh aksi dengan grafis memukau. Game seperti shooter, game platformer, dan game eksplorasi dunia terbuka dapat dihasilkan dengan game engine ini.

Artikel Terkait  Panduan Membuat Game Android Terbaik Beserta Tipsnya

2. Game RPG (Role-Playing Game) 

Engine satu ini juga cocok untuk pengembangan game RPG yang menawarkan dunia yang luas, karakter yang mendalam, dan cerita yang kaya. Pengembang dapat menggunakan toolset Open World baru untuk menciptakan dunia game yang luas dan mengeksplorasi berbagai fitur seperti sistem pertarungan, leveling, dan perkembangan karakter yang kaya.

3. Game Open World 

Salah satu keunggulan Unreal Engine versi 5 adalah kemampuannya dalam menghasilkan game open world dengan skala yang besar. Pengembang dapat membuat lingkungan yang luas, mendetail, dan memikat untuk pemain menjelajahi dengan toolset yang baru. Game seperti game petualangan dunia terbuka, game eksplorasi, dan game aksi open world dapat dikembangkan dengan baik menggunakan Unreal Engine.

4. Game Simulasi dan Strategi 

Unreal Engine versi 5 juga dapat digunakan untuk pengembangan game simulasi dan strategi yang kompleks. Pengembang dapat menciptakan lingkungan simulasi yang realistis dan detail dengan strategi yang cukup kompleks. Game seperti game manajemen kota, game simulasi kehidupan, dan game strategi dapat dibangun dengan Unreal Engine 5.

5. Game VR (Virtual Reality) 

Mesin game ini juga menawarkan dukungan yang kuat untuk pengembangan game VR. Pengembang dapat menghasilkan pengalaman VR yang visual dan atmosferik dengan nanite dan lumen. Game-game VR seperti game petualangan VR, game aksi VR, dan game eksplorasi VR dapat diwujudkan menggunakan engine ini.

Kesimpulan

Itu dia ulasan mengenai Unreal Engine 5 yang membawa banyak inovasi dan fitur menarik bagi pengembang game. Unreal Engine memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada pengembang untuk menciptakan pengalaman game yang lebih baik. Pengaruhnya pada dunia pengembangan game sangat besar dan menjadi pilihan yang populer bagi pengembang game di seluruh dunia. Semoga ulasan kali ini menambah wawasan game development Anda!

Ikuti WEBAPP untuk mendapatkan update artikel terbaru dan menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga website! Klik https://appkey.id/ agar tetap update dan tak ketinggalan info menarik dan artikel terbaru terkait teknologi serta pengembangan aplikasi setiap harinya! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya