Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi Game Menarik Inilah Game Engine Terbaik untuk Kamu Para Game...

Menarik Inilah Game Engine Terbaik untuk Kamu Para Game Developer

-

Game Engine adalah sebuah mesin berbasis software atau aplikasi yang biasa dipakai oleh para game developer untuk membuat sebuah game yang menarik. Aplikasi game developer ini memiliki arsitektur yang memungkinkan developer untuk menjalankan game di dalam mesin tersebut.

Rata-rata engine game menyediakan beberapa hal yang memungkinkan developer untuk menambahkan beberapa hal seperti, gerakan fisik, penginputan, rendering, scripting, collision detection, artificial intelligence dan berbagai hal yang diperlukan dalam suatu game tanpa perlu memprogramnya.

Pada artikel kali ini, WebApp akan mengajak Anda untuk mengetahui tentang Game Engine terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membangun game yang menarik dan intuitif.

Mengapa Game Engine sangat Penting?

Game engine memiliki berbagai komponen yang bisa digunakan kembali untuk membangun kerangka kerja dari suatu game. Dengan demikian, para game developer bisa berfokus untuk membuat elemen unik dalam game yang dibuatnya seperti seperti model karakter, tekstur, bagaimana suatu objek berinteraksi,  dan masih banyak lagi.

Dengan aplikasi pembangunan game khusus, Anda bisa membuat game yang keren, tanpa perlu kesulitan dengan pembuatan kode yang berulang-ulang. Hal ini pun lebih efisien dibandingkan menggunakan programming tools konvensional dan membangunnya dari awal.

Ada banyak sekali perusahaan dan game developer yang membuat mesin game mereka sendiri. Pembangunan game engine pun membutuhkan aplikasi interface seperti DirectX, OpenGL, and XNA yang sebagaimana library komersial dan open source berisikan physics agau fisik, scene grafis, dan library GUI.

Membuat engine untuk suatu game memang tidaklah mudah, tapi terkadang hal ini diperlukan oleh perusahaan-perusahaan tertentu yang ingin membuat game yang unik dan berbeda. Tapi untuk Anda yang masih pemula, Anda bisa mencoba engine berikut ini yang sudah ada. Berikut ini adalah game engine terbaik yang harus dicoba developer untuk membangun game terbaik yang intuitif dan menarik.

1. Unity

unity-1

Unity adalah engine game multi-platform yang memungkinkan developer untuk membuat konten game tiga dimensi dengan mudah. Banyak pengembang game-game indie menggunakan Unity karena fungsionalitasnya yang luar biasa, mampu membuat konten berkualitas tinggi, dan kemampuannya untuk digunakan di hampir semua jenis game. Satu lagi hal terbaik dari Unity 5 adalah Personal Edition, yang dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.

Unity pun sudah mencakup mesin dengan semua fitur dan dapat (sebagian besar) digunakan untuk membuat game di setiap platform. Kekurangannya terletak pada Edisi Profesional, yang memiliki sejumlah alat yang sangat baik namun Anda harus membayar setiap bulannya. Fitur-fitur dalam edisi ini pun meliputi, beta access, pelaporan kinerja game, layar splash yang dapat disesuaikan, lisensi tim, dan masih banyak lagi. Tertarik untuk coba? Cek di sini: https://unity.com/.

2. Unreal Engine

Salah satu aplikasi game developer yang paling populer dan banyak digunakan selain Unity adalah Unreal Engine oleh Epic Games. Versi asli dari software ini dirilis pada tahun 1998 dan telah berkembang pesat dalam 17 tahun. Hingga saat ini Unreal Engine masih terus digunakan untuk beberapa game besar setiap tahun.

Beberapa seri games yang dibuat menggunakan Unreal Engine adalah Gears of War, Mass Effect, Bioshock, dan Batman: Arkham. Kekuatan Unreal Engine adalah terletak pada kemampuannya untuk dimodifikasi sehingga game dapat dibuat menjadi pengalaman yang sangat unik.

Artikel Terkait  Programmer Aplikasi Android Terbaik

3. Godot Engine

Godot Engine adalah pilihan mesin yang sangat bagus untuk membuat game 2D dan 3D. Godot engine menyediakan seperangkat alat umum yang sangat besar, sehingga Anda dapat fokus membuat game Anda tanpa menciptakan kembali komponennya dari awal. Godot engine pun bisa digunakan gratis dan ia adalah engine open-source melalui lisensi MIT. Tanpa royalti, tanpa biaya berlangganan dan tanpa komitmen apapun, Anda bisa mengembangkan apapun melalui Godot.

Godot engine memiliki komunitas memperbaiki bug dan mengembangkan fitur baru secara konsisten. Komunitas yang aktif ini akan membantu Anda untuk mendapatkan dokumentasi yang baik. Godot juga menautkan ke HUBS internet lainnya agar Anda bisa saling bediskusi dengan para developer Godot seperti, forum Reddit, grup Facebook, forum Godot, dan banyak lagi.

4. Frostbite Engine

EA Digital Illusions adalah perusahaan game yang sangat terkenal. Ia telah mengeluarkan game yang terkenal di seluruh dunia seperti seri FIFA dan seri NFS. Game FIFA 21 pun diciptakan menggunakan Frostbite Engine dan game ini pun memperoleh respon yang baik di kalangan pecinta game FIFA.

FrostBite dirilis pada tahun 2008. Engine ini pun secara eksklusif ditujukan untuk judul dan penawaran Electronic Arts terutama di FPS shooter. Engine ini dikembangkan oleh EA DICE dan FrostBite Labs. Engine ini dapat ditemukan dan dimainkan di sejumlah konsol: PlayStation 4, Xbox One, Windows, Xbox 360, dan PlayStation 3. Frostbite didesain sebagai aplikasi lintas platform yang juga bisa digunakan di Microsoft Windows.

5. AppGameKit

AppGameKit adalah mesin pengembangan game yang mudah dipelajari, ideal untuk Pemula, Hobi & pengembang Indie. Apakah Anda salah satunya? Anda bisa coba aplikasi ini di https://www.appgamekit.com/.

AppGameKit digunakan khusus pembuatan aplikasi dengan cepat dan dapat dibagikan di seluruh platform. Sistem berbagi lintas platform ini diarahkan untuk pengembangan game seluler dan juga menangani sebagian besar platform seperti di bawah ini:

  • iPhone dan iPad
  • Linux
  • Browser HTML5
  • Raspberry Pi
  • macOS
  • Windows
  • Android

AppGameKit berharga $79,99, dengan opsi untuk menggabungkan produk dasar dengan add-on, seperti Editor Visual, untuk menghemat uang pada kedua produk tersebut.

6. Amazon Lumberyard

Amazon Lumberyard adalah mesin yang dibuat oleh Amazon, seperti namanya. Menurut situs tersebut, Lumberyard adalah engine gratis, kuat, dan dapat disesuaikan sepenuhnya. Engine game ini tidak memiliki royalti atau biaya, berintergrasi dengan Twitch dan AWS dengan baik.

AWS adalah singkatan dari Amazon Web Services, adalag platform cloud aman yang dibangun dan dikelola oleh Amazon. Integrasi melalui Lumberyard berarti mudah untuk membangun sebuah game dengan bermain online. Satu-satunya tangkapan adalah layanan AWS melalui Amazon membutuhkan biaya. Namun, Anda dapat memilih paket Anda (atau tidak menyertakan permainan online sama sekali).

Jika Anda menyukai game multipemain, Lumberyard memiliki alat untuk mewujudkannya. Ada seri video “Getting Started Guide” untuk Lumberyard yang akan membantu Anda mempercepat dan memandu Anda dalam membangun prototipe game pertama Anda dengan mesin.

Artikel Terkait  Langkah-Langkah Pengembangan Game dengan Cocos2D-X di Smartpone

7. CryEngine

Platform CryEngine adalah platform gratis untuk digunakan. Anda bisa mendapatkan kode sumber mesin lengkap dan semua fitur mesin tanpa harus membayar biaya lisensi, royalti, atau biaya lainnya. CryEngine adalah mesin yang menakjubkan secara visual. Grafiknya yang indah dan karakternya seperti hidup.

Anda dapat menggunakan CryEngine untuk mengembangkan beberapa platform berbeda seperti:

  • Xbox One
  • Playstation 4
  • PC Windows
  • Oculus Rift

Jika Anda ingin terjun ke dunia pembuatan game realitas virtual, CryEngine telah membantu Anda. Selain mesin itu sendiri, CryEngine juga menyediakan banyak sumber belajar gratis melalui tutorial, forum, dan dokumentasi memberi Anda alat yang Anda butuhkan untuk memulai. Hal ini dibantu oleh kekuatan di belakang CryEngine.

Jika Anda mencari jalan pintas untuk aset dalam game, kemungkinan besar Anda dapat menemukannya di pasar. Pasar CryEngine menawarkan paket seperti “montain cottage” atau “space sountrack” berbayar.  Ada juga aset yang tersedia secara gratis, seperti “CryEngine V Beginner Pack” dan paket “Explosive”.

8. GameMaker

Tidak seperti kebanyakan engine game lainnya, GameMaker sudah banyak digunakan karena tidak memerlukan pengetahuan pemrograman untuk menggunakannya. Sebagai gantinya, pengguna dapat menggunakan fitur “point-and-click” atau tunjuk dan klik untuk membuat game jauh lebih mudah dan lebih cepat daripada coding dengan menggunakan native language.

Beberapa judul terbaik yang dibuat dengan GameMaker termasuk Spelunky, Hotline Miami, Super Crate Box, dan Hyper Light Drifter. GameMaker populer karena aplikasi ini dapat membuat game tanpa harus belajar bahasa pemrograman terlebih dahulu, dan bagi mereka yang memiliki pengalaman coding dapat menggunakannya untuk membuat game mereka lebih baik dengan mudah dan cepat. Sangat efisien bukan? Ayo coba sekarang!

Artikel Terkait  Developer Aplikasi Game Berkualitas di Indonesia

9. RPG Maker

Hal terbaik tentang RPG Creator adalah alasan yang sama mengapa kadang-kadang mendapat rap yang buruk karena hampir semua orang dapat menggunakannya untuk membuat game. Perangkat lunak ini dirancang untuk memungkinkan Anda membuat game yang lengkap, dari awal hingga akhir bahkan saat Anda tidak memahami kode-kode apapun.

Seri RPG Maker memungkinkan Anda untuk menyesuaikan setiap aspek permainan Anda dengan antarmuka yang mudah digunakan, menjadikannya sempurna untuk pemula namun cukup kuat untuk para ahli di bidang game developer.  Ada beberapa produk RPG Maker yaitu,  MV RPG Maker berharga $79,99. Ada juga opsi uji coba gratis untuk pengguna Windows.

User berpengalaman dapat memanfaatkan pengetahuan Javascript mereka untuk mengubah game sesuai keinginan Anda, dari Battles ke Menu UI. Pengguna yang tidak memiliki pengetahuan Javascript akan dibatasi hanya pada apa yang ditawarkan oleh RPG. Meskipun demikian, masih banyak pilihan yang bisa dibuat dengan aplikasi ini.

10. LibGDX

Libgdx adalah framework pengembangan game berbasis Java yang menyediakan API terpadu yang berfungsi di semua platform yang didukung. Aplikasi ini hanya memiliki satu API. Hal inilah yang membuat libGDX menjadi pilihan tepat untuk pengembangan lintas platform. Tidak masalah platform mana yang Anda targetkan: Windows, iOS, Linux, Mac OS, dan lain sebagainya. Semua menggunakan API yang sama.

LibGDX memungkinkan Anda untuk menjalankan dan melakukan debug game Anda secara native di desktop Anda. Hal ini pun memudahkan untuk menghasilkan iterasi cepat dari game Anda dan menguji perubahan dengan cepat. Ini dikarenakan Anda tidak perlu menjalankan iOS/Android dan sebagainya, untuk menguji perubahan tersebut.

Forum libGDX juga aktif, dengan topik yang mencakup pengembangan dengan libGDX dan tutorial untuk memulai. Ada juga “Source” dengan demo dan contoh yang dapat Anda manfaatkan untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Itulah penjelasan Engine Game yang bisa Anda pakai untuk menciptakan game terbaik yang intuitif dan menarik. Anda bisa pilih engine terbaik sesuai kebutuhan Anda berdasarkan list ini.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak informasi terbaru seputar dunia koding dan pemrograman, kunjungi www.appkey.id dan allow notification dari situs kami supaya Anda tidak ketinggalan update terbaru. Anda juga bisa download aplikasi WebApp di Play Store sekarang juga!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya